Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 Dilaksanakan? Ini Niat dan Keutamaannya

 

Samudranesia.id – Disini kami akan memberikan penjelasan lengkap serta informasi mengenai kapan puasa Tarwiyah dan Arafah tahun 2022 sekarang ini? Serta bagaimana niat dan amalan yang di anjurkan saat ibadah Puasa Arafah?, Untuk mendapatkan ilmu mengenai puasa Arafah silahkan simak dibawah ini.

Bagi ummat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan berpuasa Arafah yaitu puasa pada hari ke sembilan sebelum hari Raya Idul Adha tahun 2022 tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah dimana ummat islam sedang melaksanakan wukuf di padang Arafah bagi yang melaksanakan ibadah haji

Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 Dilaksanakan?

Kapan Puasa Arafah 2022 Dilaksanakan

Penentuan pelaksanaan puasa Arafah 2022 dapat diambil dari keterangan hadits Rasulullah SAW. Berikut bunyi hadits yang diriwayatkan dari Hafshah binti Umar bin Khattab tentang amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah,

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, “Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh,” (HR Ahmad dan An Nasa’i).

Puasa Arafah ini diketahui mengandung banyak keutamaan bagi yang menjalankannya. Salah satunya yang disebut dalam hadits sebagai puasa yang dapat menghapuskan dosa setahun lalu,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)Puasa Arafah ini diketahui mengandung banyak keutamaan bagi yang menjalankannya. Salah satunya yang disebut dalam hadits sebagai puasa yang dapat menghapuskan dosa setahun lalu,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

BACA JUGA  Siapa Saja Yang Berhak Menerima Fidyah? Ini Golongan Penerima Fidyah

Sebab itu, puasa Arafah yang diyakini banyak muslim dilaksanakan pada 9 Zulhijah atau tepat sehari sebelum Idul Adha. Sementara menurut penanggalan Masehi, jadwal puasa Arafah 2022 baru dapat diketahui setelah sidang isbat penentuan awal Zulhijah digelar pada Rabu, 29 Juni 2022.

Abduh Zulfidar Akaha dalam buku 165 Kebiasaan Nabi SAW berpendapat, puasa sepuluh hari yang dimaksud adalah puasa sepuluh hari bulan Zulhijah di luar hari Idul Adha dan hari-hari Tasyriq. Puasa sepuluh hari bulan Zulhijah inilah yang mencakup puasa Arafah.

Apakah Puasa Tarwiyah dan Arafah Berlaku bagi Jemaah Haji?

Bagi ummat islam yang sedang melaksanakan ibadah haji puasa Arafah tidak disunnahkan,justru kesunnahan puasa Arafah ini diperuntukkan bagi ummat islam yang tidak menjalankan ibadah haji

Pernyataan tersebut didasarkan dari cerita Ibnu Umar ketika ditanya soal pengamalan puasa Arafah di bukit Arafah oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. Berikut bunyi hadits yang dishahihkan oleh Syekh Al Bani dalam Shahih At Tirmidzi,

“Ibnu Umar ditanya tentang puasa Arafah ketika berada di bukit Arafah. Dia menjawab, ‘Aku pernah melaksanakan haju bersama Nabi Muhammad SAW dan dia tidak puasa di Arafah, aku juga pernah haji bersama Abu Bakar, beliau juga tidak puasa Arafah. Pernah juga bersama Umar dan dia tidak berpuasa, demikian halnya bersama Utsman, beliau juga tidak berpuasa. Aku sendiri tidak berpuasa dan tidak menyuruh orang lain untuk berpuasa, dan tidak juga melarangnya.'” (HR Tirmidzi).

“Ahlul ilmi berkata, puasa pada hari Arafah kecuali di Arafah. Maksudnya, puasa Arafah dilakukan kecuali bagi yang wukuf di Arafah. Makruh menurut jumhur melakukan puasa Arafah di tanah Arafah,” jelas Tirmidzi yang diterjemahkan Hasan Ayyub dalam Fikih Ibadah.

Dalam hadits lain pun dijelaskan, Rasulullah SAW menerima semangkuk susu dari Ummul Fadhl saat hari Arafah. Berikut haditsnya,

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: “Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkuk susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR Bukhari).

Untuk itu, ketentuan puasa Arafah 2022 baru bisa dilaksanakan setelah mendapatkan ketentuan dari Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan hasil sidang isbat pada 29 Juni 2022 mendatang. Jadi, jangan sampai terlewat ya?,

BACA JUGA  Hukum Bermesraan Dengan Istri Saat Puasa Ramadhan

Jangan sampai terlewat! Ini jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah jelang Idul Adha 2022.

Sebentar lagi, umat Islam akan merayakan Idul Adha atau yang kerap disebut sebagai Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

Sebelum Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa selama 10 hari.

Setidaknya ada tiga puasa yang dianjurkan dilakukan jelang Idul Adha, yaitu puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah.

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 Dilaksanakan

Jadwal Puasa Arafah 2022 Dilaksanakan

Lantas, kapan umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah jelang Idul Adha 2022? Ijtimak jelang Dzulhijjah 1443 H terjadi pada Rabu, 29 Juni 2022.

Dengan demikian, Idul Adha 2022 jatuh pada Sebtu, 9 Juli 2021 karena bertepatan dengan 10 Zulhijah 1443 H. Sementara itu, Hari Arafah (9 Dzulhijjah 1443 H) jatuh pada Jumat, 8 Juli 2022.

1 Dzulhijjah = Kamis, 30 Juni 2022

2 Dzulhijjah = Jumat, 1 Juli 2022

3 Dzulhijjah = Sabtu, 2 Juli 2022

4 Dzulhijjah = Minggu, 3 Juli 2022

5 Dzulhijjah = Senin, 4 Juli 2022

6 Dzulhijjah = Selasa, 5 Juli 2022

7 Dzulhijjah = Rabu, 6 Juli 2022

8 Dzulhijjah = Kamis, 7 Juli 2022

9 Dzulhijjah = Jumat, 8 Juli 2022

HARAM PUASA

10 Dzulhijjah = Sabtu, 9 Juli 2022

11 Dzulhijjah = Minggu, 10 Juli 2022

12 Dzulhijjah = Senin, 11 Juli 2022

13 Dzulhijjah = Selasa, 12 Juli 2022

Puasa Dzulhijjah 1-7 Dzulhijjah = Kamis, 30 Juni 2022 hingga Rabu, 6 Juli 2022

Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijah = Kamis, 7 Juli 2022

Idul Adha 10 Dzulhijjah = Sabtu, 9 Juli 2022

Sementara itu, tanggal 10-12 Juli 2022 adalah hari Tasrik. Umat Muslim dilarang berpuasa di ketiga hari tersebut.

Niat Puasa Sunnah Tarwiyah Dan Arafah

Simak pula sejumlah keutamaan melaksanakan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah jelang Idul Adha 2022.

Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah2

Berikut niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah jelang Idul Adha 2022 dengan lafal latin dan artinya.

1. Niat Puasa Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

3. Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Tarwiah, dan Arafah

Dilansir babel.kemenag.go.id, Ustazah Dra Risnawati menyebutkan bulan Dzulhijjah adalah suatu bulan yang di dalamnya terdapat banyak keutamaan.

BACA JUGA  Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab, Latin & Artinya

Ia menjelaskan, pada bulan Dzulhijjah, ada sejumlah ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dengan imbalan pahala berlipat ganda. Satu di antaranya puasa sunnah pada sembilan hari pertama bulan tersebut.

Keutamaan Puasa 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Berikut keutamaan Puasa Dzulhijjah, Tarwiah, dan Arafah, silahkan ikuti penjelasannnya dibawah ini:

  • Tanggal 1 Dzulhijjah

Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa di hari itu akan diampuni dosa-dosanya.

  • Tanggal 2 Dzulhijjah

Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka orang yang berpuasa di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.

  • Tanggal 3 Dzulhijjah

Allah mengabulkan doa Nabi Zakariya AS, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dikabulkan doanya.

  • Tanggal 4 Dzulhijjah

Nabi Isa AS dilahirkan, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat.

  • Tanggal 5 Dzulhijjah

Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya, maka orang yang berpuasa di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.

  • Tanggal 6 Dzulhijjah

Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

  • Tanggal 7 Dzulhijjah

Pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah.

Maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

  • Tanggal 8 Dzulhijjah (Tarwiyah)

Keistimewaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa yang dibuat tahun lalu.

  • Tanggal 9 Dzulhijjah (Arafah)

Khusus untuk Puasa Arafah, fadhillahnya adalah mendatangkan kemuliaan bagi yang menjalankannya, antara lain:

  1. Allah akan memberi keberkahan pada kehidupannya.
  2. Bertambah harta.
  3. Dijamin kehidupan rumah tangganya.
  4. Dibersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu.
  5. Dilipatgandakan amal dan ibadahnya.
  6. Dimudahkan kematiannya.
  7. Diterangi kuburnya selama di alam Barzah.
  8. Diberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
  9. Diselamatkan dari kejatuhan kedudukan di dunia, serta dinaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.

Penutup

Demikian keterengan dari Samudranesia.id tentang Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 Dilaksanakan, semoga kita sebagai ummat muslim yang taat beribadah bisa melaksakan sunnah rosul yang dianjurkan dibulan mulia yaitu Dzulhijjah.

Terimakasih sudah mengunjungi artikel kami, semoga informasi yang kita bagikan bisa bermanfaat bagi kalian semua. Apabila ada salah kata dalam penulisan kami mohon ampun. Sampai bertemu diartikel selanjutnya ya dear!