Samudranesia.id – Kenapa Shopee tidak bisa memilih jasa pengiriman sedang menjadi topik di antara pengguna Shopee beberapa waktu lalu.
Shopee menetapkan kebijakan baru untuk penggunanya. Kebijakan baru ini membuat para penggunanya tidak bisa memilih jasa pengiriman di Shopee seperti dulu lagi.
Namun kebijakan baru Shopee yang tidak bisa memilih jasa kirim ini ternyata ada solusinya lho!
Kenapa Shopee Tidak Bisa Memilih Jasa Pengiriman?
Shopee beberapa waktu lalu telah mengubah kebijakan untuk jasa kirimnya. Kini para pengguna Shopee tidak bisa memilih ekspedisi yang kita inginkan seperti biasanya.
Kalau dulu pengguna Shopee bisa memilih jasa kirim saat check out sekarang pihak Shopee yang akan memilih jasa kirim yang tersedia.
Dulu saat anda ingin check out akan muncul beberapa jenis ekspedisi yang bekerja sama dengan Shopee seperti:
- JNE
- J&T
- SiCepat REG
- SiCepat HALU
- Ninja Express
- Shopee Express
- Anteraja
- Dll
Namun sejak perubahan kebijakan diterapkan, pada saat ingin check out hanya akan keluar opsi seperti ini :
- Instant
- Same Day
- Next Day
- Reguler
- Hemat
- Kargo
List di atas mungkin sedikit membingungkan user pembeli yang terbiasa dengan memilih langsung jasa kirim yang mereka inginkan.
Ekspedisi yang digunakan tetap sama dari sebelumnya, menggunakan JNE, J&T, SiCepat, Shopee Express, dll. Namun jasa pengiriman ini otomatis dipilih oleh Shopee untuk anda.
Kini sudah terjawab kenapa Shopee tidak bisa memilih jasa pengiriman lagi. Lalu apakah shopee tidak bisa memilih jasa pengiriman sama sekali? Tentu saja tidak, para penjual dan pembeli masih bisa memilih jasa kirim yang mereka inginkan.
6 Jasa Kirim Terbaru Shopee dan Penjelasannya
Kebijakan jasa kirim baru Shopee memang sedikit berbeda dengan sebelumnya, tetapi kebijakan baru ini sebenarnya memudahkan pembeli mengetahui estimasi datangnya paket.
Untuk anda yang masih bingung dengan opsi pilihan terbaru ini berikut adalah penjelasan dari jenis jasa kirim terbaru ini:
1. Instant
Seperti namanyan, jasa kirim ini melakukan proses secara cepat dan bisa mengirim secara langsung dan bisa sampai dalam 1 – 3 jam setelah check out.
Oleh karena itu pengiriman ini tidak bisa digunakan untuk pengiriman luar kota/luar pulau.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- Shopee Xpress Instant
- GoSend Instant
- GrabExpress Instant
2. Same Day
Jasa kirim ini mungkin hampir sama dengan jasa kirim instant. Paket akan datang pada hari yang sama, namun bedanya paket akan sampai kurang lebih 6 – 8 jam setelah check out.
Seperti jasa kirim instant, pengiriman ini tidak bisa dilakukan untuk luar kota/luar pulau.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- Shopee Xpress Sameday
- GoSend Sameday
- GrabExpress Same Day
- SiCepat Sameday
3. Next Day
Paket akan datang pada hari setelahnya atau 1 hari setelah check out. Jasa kirim ini bisa digunakan pengiriman luar kota namun tidak bisa untuk luar pulau.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- JNE YES
- SiCepat BEST
4. Reguler
Jasa kirim ini memakan waktu 2 – 4 hari untuk sampai untuk pengiriman dalam kota dan 2 – 7 hari untuk luar kota/luar pulau.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- Shopee Xpress Standard
- J&T Express
- SiCepat REG
- Anteraja Reguler
- Pos Kilat Khusus
- Ninja Xpress
- ID Express
- JNE Reguler
5. Hemat
Estimasi pengiriman menggunakan jasa kirim ini sekitar 2 – 8 hari untuk pengiriman dalam kota, dan sekitar 2 – 14 hari untuk luar kota/luar pulau.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- Shopee Xpress Hemat
- J&T Economy
- SiCepat HALU
- Anteraja Economy
6. Kargo
Estimasi pengiriman menggunakan jasa kirim ini sekitar 2 – 11 hari untuk pengiriman dalam kota, dan sekitar 2 – 14 hari untuk luar kota/luar pulau.
Berbeda dengan jasa kirim lainnya, pengiriman Kargo memiliki kebijakan tersendiri untuk pengirimannya. Seperti, minimal berat barang yang akan dikirim adalah 5kg.
Ekspedisi yang digunakan untuk jasa kirim ini adalah:
- JNE Trucking (JTR)
- SiCepat Gokil
- J&T Cargo
Walaupun ada 6 jenis jasa kirim baru yang disediakan Shopee terkadang pada toko tertantu hanya tersedia 3 atau 4 pilihan. Biasanya tergantung pada barang yang dijual.
Contohnya jika menjual cake ulang tahun, atau makanan frozen. Pihak toko hanya akan menyediakan opsi Instant atau Same Day pada pilihan jasa kirim.
Ini Solusi Saat Tidak Bisa Memilih Jasa Pengiriman di Shopee
Setelah tahu kenapa Shopee tidak bisa memilih jasa pengiriman dan juga apa saja jasa kirim terbarunya, ternyata kebijakan ini ada solusinya.
Perubahan kebijakan ini sebenarnya hanya mengubah tampilan muka jasa kirim saja, para pengguna masih bisa mengubah ekspedisi yang diinginkan dengan syarat:
- Perubahan ini hanya diperuntukan pada opsi Reguler dan Hemat.
- Pembeli dapat merubah ekspedisi dalam waktu 1 jam dan saat status pesanan anda masih dalam “sedang dikemas”.
- Pembeli hanya bisa mengubah ekspedisi 1 kali.
- Ekspedisi tidak bisa dirubah jika nomor resi sudah masuk walaupun masih dalam kurun waktu 1 jam tadi.
Cara Merubah Jasa Kirim Setelah Check Out
Ternyata merubah ekspedisi yang kita inginkan tidaklah sulit. Jika pembeli sudah yakin dengan barang yang diinginkan dan sudah check out pesanannya pembeli bisa langsung mengganti ekspedisi yang diinginkan jika merasa tidak puas dengan ekspedisi yang otomatis dipilih oleh pihak Shopee.
Berikut adalah step merubah ekspedisi pada pesanan Shopee anda:
- Pastikan anda sudah check out barang yang diinginkan.
- Klik menu Saya
- Pada Rincian Pesanan, klik Ubah pada kolom Informasi Pengiriman.
- Klik Konfirmasi jika pilihan ekspedisi sudah anda pilih.
- Akan muncul beberapa ekspedisi yang bekerja sama dengan Shopee juga toko seperti JNE,J&T SiCepat, Shopee Express, dll.
Anda tinggal pilih ekspedisi mana saja yang anda sudah biasa berlangganan dan anda percayai terhadap pengiriman paket anda.
Karena tampilan yang kurang praktis membuat sedikit kesusahan untuk mengubah jasa kirim yang diinginkan pembeli kurang menyukai adanya perubahan pada jasa kirim Shopee ini awalnya.
Ada bermacam alasan kenapa user Shopee merasa kurang nyaman dengan kebijakan baru ini, salah satunya adalah pembeli sudah terbiasa langsung memilih jasa kirim yang mereka sukai, entah itu karena kecepatan yang dirasa pas oleh pembeli pada salah satu ekspedisi.
Atau pembeli sudah familiar dengan ekspedisi tertentu sehinga jika dirubah oleh pihak Shopee pembeli kemungkinan mendapat ekspedisi yang tidak biasa digunakan.
Tapi terlepas dari itu, kendala mengapa Shopee tidak bisa memilih jasa pengirimian ini sudah teratasi dengan baik, dari penjual dan pembeli pun diharap dapat mendepatakan pelayanan jasa kirim terbaik untuk mereka sebagai pengguna Shopee.