8 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Ketika Anda memiliki karya dan bingung ingin menerbitkannya bagaimana, maka cobalah menggunakan aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang. Selain bisa menjadi tempat untuk menuangkan kreativitas, pengguna aplikasi juga bisa menghasilkan cuan tiap bulannya secara performance based.

Menariknya lagi, siapa tahu karya yang sudah disetorkan pada aplikasi bisa viral dan dilirik oleh produser. Sudah banyak sekali karya seperti halnya novel yang dirilis menjadi sebuah film, mulai dari Dear Nathan karya Erisca Febriani, My Lecture My Husband dari penulis Gitlicious, dan masih banyak lagi.

Ketahui 2 Jenis Karya Tulis yang Mampu Hasilkan Cuan Melimpah

Ketahui 2 Jenis Karya Tulis yang Mampu Hasilkan Cuan Melimpah

Anda yang memiliki hobi menulis, sebaiknya manfaatkan kesempatan untuk lebih meningkatkan skill dan bergabung bersama komunitas menulis. Mengapa demikian? Karena akan banyak sekali pelajaran yang akan diperoleh, jadi tidak hanya berhubungan dengan uang ya!

Dua jenis karya tulis yang sampai saat ini banyak diminati yaitu cerpen dan novel, karya ilmiah populer, serta tulisan terjemahan. Pada era digital yang semakin berkembang tentunya Anda akan mendapatkan kesempatan diberi bayaran mahal oleh pihak tertentu. Mengapa bisa demikian?

Novel dan Cerpen

Cerita pendek atau yang biasa dikenal dengan cerpen merupakan salah satu bentuk tulisan yang bisa membantu menghasilkan uang. Saat ini masih banyak platform digital yang menerima tulisan dalam bentuk cerita pendek menarik dan bisa menghibur para pembacanya.

Beberapa platform juga menyediakan sistem kerja freelance bagi para penulisnya. Keuntungan akan jauh lebih besar jika Anda menciptakan sebuah buku cerita atau novel. Tulisan tersebut nantinya bisa dikirim lewat badan penerbitan atau melalui aplikasi kepenulisan.

Jika tulisan memang layak diterbitkan dan dianggap lolos, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan royalti dari penjualan buku. Untuk penerbitan lewat aplikasi, biasanya penulis akan memperoleh gaji bulanan atau fee setiap karya yang sudah dikirim.

Karya Tulis Ilmiah Populer

Banyak aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang juga membuka kesempatan baik bagi penulis karya ilmiah populer. Sifat karya tulis ilmiah populer memang lebih serius, bidangnya lebih luas, dan menariknya lagi bisa disesuaikan dengan keahlian dari penulis.

Karya ilmiah populer yang bisa dikembangkan seperti menulis artikel tentang ilmu keuangan, gaya hidup, cara menjaga kesehatan, sains, dan juga beragam fakta sejarah yang unik. Namun sebelumnya, penulis perlu mencari referensi yang valid sebelum mulai mengembangkannya.

Jika karya tulis ilmiah populer sudah selesai, maka tulisan bisa segera dimuat dalam beberapa media digital. Selain media digital, masih banyak aplikasi menulis cerita yang membutuhkan karya-karya seperti itu untuk mengisi halaman berandanya guna menarik reader.

8 Rekomendasi Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Lewat beberapa aplikasi yang direkomendasikan dibawah ini, maka Anda akan lebih mudah dalam menyalurkan karya cerita berupa cerpen, novel, ataupun karya ilmiah populer. Tidak hanya bisa untuk memamerkan karya, namun penulis juga akan mendapatkan kesempatan mendapatkan cuan melimpah.

BACA JUGA  5 Game Catur Penghasil Uang 2022 Terbukti Membayar Cepat

Ada pihak aplikasi menulis cerita yang memberikan bayaran atau fee secara bulanan, namun ada juga yang membayar berdasarkan jumlah pembaca dan sesuai jumlah karya yang dikirimkan. Tertarik ikut yang mana? Tentunya hal itu bisa disesuaikan dengan selera dan kemampuan penulis sendiri.

Aplikasi Joylada

Aplikasi Joylada

Untuk bisa mendapatkan uang dari aplikasi Joylada, maka pengguna tinggal mendowload aplikasinya melalui App Store maupun Play Store. Jika sudah berhasil mendownload, maka bisa langsung buat akun dan mengikuti semua instruksi yang ditentukan oleh aplikasi Joylada.

Jika sudah memiliki akun dan mengisi semua data yang diperlukan oleh aplikasi, maka Anda bisa membaca novel sekaligus upload cerita pada aplikasi tersebut. Berdasarkan pengalaman dari penulis berpengalaman di Joylada, berikut keuntungan bergabung bersama aplikasi Joylada.

  • Pembaca Tidak Harus Install Aplikasi

Untuk mendapatkan cuan yang lebih banyak, maka tentu saja penulis perlu berbagi cerita ke teman-teman agar berkunjung dan membacanya. Dengan aplikasi Joylada, penulis tidak perlu mengajak teman untuk mendownload aplikasi baru kemudian membacanya.

Hanya dengan memanfaatkan link share dari penulis, pembaca bisa membuka halaman tulisan. Pembaca tinggal klik link yang dibagikan penulis dan membaca ceritanya, setelah itu penulis akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya jumlah pembaca ceritanya.

  • Tidak Memiliki Sistem Kontrak

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang ini juga tidak menawarkan sistem kontrak bagi semua penulisnya. Dengan tidak adanya sistem kontrak, maka Anda bebas ingin menghapus cerita yang jumlah pembacanya ternyata sedikit.

Tidak hanya itu, penulis bisa menyetorkan karya secara fleksibel dan tidak harus memenuhi target jumlah karya yang tinggi. Bisa dikatakan penulis tidak terikat, sehingga bergabung menyalurkan karya lewat aplikasi tidak akan membebani.

  • Nulis Maupun Baca Ceritanya Gratis Lewat Joylada

Anda tidak perlu harus membayar koin saat ingin membaca ceritanya, selama cerita tidak dikunci oleh author. Para penulis yang ingin setor karya juga tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan bisa langsung upload cerita pada halaman editing.

2. Aplikasi Wattpad

Aplikasi Wattpad

Bagi Anda yang gemar membaca cerita online, mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Wattpad. Aplikasi tersebut sudah berkembang cukup lama dan memungkinkan penggunanya bisa membaca sekaligus mengirim karya tulisannya untuk mendapatkan penghasilan.

Para penulis bisa mencoba mengirimkan karya cerpen, artikel, novel, puisi, dan karya tulis lainnya. Sudah ada banyak sekali ribuan judul dalam aplikasi Wattpad yang berhasil dipublikasikan dan mayoritas memang laris dibaca. Tertarik nih menggunakan aplikasi Wattpad?

Bahkan tidak jarang cerita yang dipublikasikan lewat Wattpad, ternyata dilirik para sineas untuk dikembangkan menjadi sebuah film. Semakin banyak pembaca cerita, maka dari sinilah penulis akan mendapatkan penghasilan yang tidak bisa ditebak. Apa saja keuntungan menulis di Wattpad?

  • Bisa Belajar Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Wattpad juga menerima hasil karya berupa artikel yang sifatnya persuasif. Maka dari itu, selain bisa meningkatkan skill dalam mengolah kosa kata, maka penulis Wattpad juga sekalian belajar promosi produk.

  • Karya Bisa Berpeluang Booming

Saat ini zaman sudah serba online, sehingga banyak orang yang terkenal secara tiba-tiba. Jumlah pengguna user Wattpad sudah terdiri atas ratusan ribu orang, oleh sebab itu penulis Wattpad bisa berkesempatan besar memiliki karya yang terkenal dan tiba-tiba viral.

  • Mendapatkan Cuan Rutin

Menjadi penulis Wattpad bisa berpeluang menghasilkan pendapatan yang menjanjikan. Bagi para penulis Wattpad senior saja bisa mendapatkan penghasilkan sekitar Rp2 juta per bulannya. Semakin banyak karya tulis, maka akan semakin besar peluang untungnya!

3. Aplikasi Dreame

Aplikasi Dreame

Rekomendasi aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang berikutnya yaitu Dreame. Bagi Anda yang butuh aplikasi menulis novel online berbayar, maka Dreame bisa menjadi rekomendasi terbaiknya. Tidak hanya menulis cerita, pengguna aplikasi Dreame juga bisa baca novel gratis lho!

Silahkan coba terbitkan cerita pada platform agar bisa dibaca oleh seluruh pengguna. Akan ada banyak benefit yang Anda dapatkan ketika mengirimkan karya tulis lewat aplikasi Dreamy. Penulis bisa berkesempatan menjadi editor khusus, tulisan dibayar muka, dan royalti lebih banyak.

Baru-baru ini, aplikasi Dreamy juga menyelenggarakan sebuah program Carnival Natal dan Reader Choice. Baik penulis dan pembaca setia Dreamy berpeluang mendapatkan hadiah dengan nominal jutaan rupiah. Memangnya bagaimana cara menulis lewat aplikasi Dreamy?

  1. Buka aplikasi Dreamy, kemudian sign in dan buat akun bagi pemula.
  2. Pilih metode registrasi yang diinginkan, pengguna aplikasi Dreamy bisa menggunakan Facebook, Google, dan Email. Ketika akun sudah berhasil dibuat, maka klik tombol login yang terdapat pada bagian header.
  3. Setelah proses registrasi selesai, Anda akan diarahkan untuk masuk beranda aplikasi, lalu klik Create dan Create a New Story.
  4. Pengguna akan diarahkan pada tab baru dan masuk ke halaman Starywriting. Jika sudah memasuki dashboard, klik New Story+ untuk mulai menulis cerita di Dreamy.
  5. Sebelum menulis, Anda akan mendapatkan pemberitahuan persetujuan content guideline, klik oke. Pengguna akan diarahkan langsung pada halaman penulisan, isi semua data yang terkait dengan cerita seperti judul, bahasa, genre, target audiens, waktu, dan lainnya.
  6. Ketika semua data sudah terisi lengkap, penulis tinggal klik “Save” dan tulisan sudah siap untuk diterbitkan.
BACA JUGA  Ralali Agent Apk Penghasil Uang, Dapat Komisi 150k!

4. Aplikasi Storial

Aplikasi Storial

Sama dengan aplikasi menulis lainnya, Storial juga diketahui memiliki jumlah user yang cukup banyak. Antarmukanya juga terlihat intuitif dan menyediakan banyak kategori atau semacam genre tulisan yang bisa dibaca ataupun ditulis oleh penggunanya.

Menariknya lagi, aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang ini sudah terintegrasi dengan penerbit buku seperti Mizan Media Utama, AT Press Makassar, Alex Media Komputindo, dan lain-lain. Menurut banyak pembaca setia Storial, font cerita sangat jelas dan tidak membuat sakit mata.

Beranda aplikasi Storial juga banyak menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Anda bisa mencoba fitur story, buku populer, cerita dari pengarang populer, dan fitur menarik lainnya. Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi Storial?

  • Menyediakan Program Royalti

Dengan adanya program royalti, maka setiap penulis akan mendapatkan banyak penghasilan. Penulis bisa memasarkan tulisan secara bebas untuk bisa mendapatkan royalti tersebut. Bagaimana cara bisa mengikuti program royalti di Storial?

Pengguna aplikasi Storial perlu daftar program Storial Premium Chapters, kemudian editor akan menentukan cerita yang layak lolos. Jika Anda beruntung, maka akan mendapatkan royalti sampai dengan nominal jutaan rupiah.

  • Genre Lebih Luas

Bagi Anda yang hobi menulis artikel, cerita pendek, novel, biografi, dan karya lainnya bisa dengan bebas publikasi lewat Storial. Namun untuk mendaftar memang tidak mudah, karena editor akan menilai terlebih dahulu kualitas dari penulis.

  • Mengadakan Kelas Pelatihan Gratis

Dalam usaha mengembangkan skill para penulisnya, Storial menyelenggarakan kelas pelatihan secara gratis. Bahkan baru-baru ini, penulis baru Storial bisa ikut training bersama dengan Danny Santoso seorang penulis dengan penghasilan 1 Miliar lebih.

  • Bisa Mengikuti Kompetisi

Storial juga sering kali mengadakan kompetisi menulis yang diadakan secara umum dan khusus bagi para penulisnya saja. Kompetisi Storial ini menyediakan hadiah beragam sampai nominal uang tunai jutaan rupiah.

5. Aplikasi Noveltoon

Aplikasi Noveltoon

Noveltoon merupakan aplikasi menulis yang menawarkan banyak keuntungan. Misalnya sebagai pembaca saja bisa mendapatkan beragam bonus berupa poin dan bingkai avatar yang keren. Bagaimana dengan penulisnya? Tentunya aplikasi Noveltoon menawarkan banyak benefit.

BACA JUGA  11 Aplikasi Foto Penghasil Uang Dollar Gampang Cair!

Genre cerita yang tersedia dalam aplikasi Noveltoon juga mayoritas unik, mulai dari fantasi urban, fantasi timur, roman istana, fantasi barat, dan Teen CEO. Sebelum memutuskan untuk menjadi penulis Noveltoon, sebaiknya ketahui dulu beragam keuntungan yang ditawarkan.

  • Jaminan Karya Bagi Para Penulisnya

Noveltoon menyediakan jaminan karya yang dibagi berdasarkan kategorinya. Aplikasi membuat regulasi kontrak yang dibagi berdasarkan 8 level dan tiap level akan menawarkan keuntungan yang berbeda-beda.

  • Menyediakan Level Karya

Sebagai aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, Noveltoon menyediakan level karya sebagai tambahan penghasilan. Namun, setiap penulis bisa mendapatkan penghasilan tambahan setelah melewati penilaian tulisan berdasarkan performa.

  • Memiliki Keuntungan Kontrak

Bonus kontrak reward yang ditawarkan bisa mencapai Rp500 ribu sampai denga Rp2 juta. Pendapatan tersebut tentunya sesuai level karya yang berhasil dicapai oleh penulis, sehingga bisa adil dan sesuai kemampuan.

6. KBM App

KBM App

KBM merupakan singkatan dari Komunitas Bisa Menulis. KBM terkenal sebagai aplikasi yang sistem pengirimannya tidak berbelit dan banyak prosesnya. Selain itu, penulis juga tidak perlu ribet harus mengisi banyak biodata terkait karya maupun latar belakang penulis.

Setelah berhasil mengirim cerita, tanpa membutuhkan waktu lama bisa langsung ditayangkan tanpa adanya modernisasi. Langkahnya memang sengaja dibuat mudah, tinggal daftarkan diri, mulai menulis, monetisasi cerita yang dikirim, lalu mengirim nomor rekening.

Penggunanya tinggal menunggu banyak reader berdatangan. KBM App menggunakan sistem pembayaran berdasarkan jumlah pembaca. Oleh sebab itu, semakin banyak jumlah pembaca maka juga akan semakin besar royalti yang didapatkan.

7. Aplikasi KaryaKarsa

Aplikasi KaryaKarsa

Apalagi nih aplikasi menulis cerita yang mendatangkan untung? KaryaKarsa jawabannya. Aplikasi tersebut tidak akan bertanggung jawab untuk mencarikan pembaca bagi karya penulisnya. KaryaKarsa disini hanya ingin berperan sebagai tempat untuk mengunggah karya tulis.

Penulis bisa memikirkan cara sekreatif mungkin untuk menjual karyanya kepada penggemar. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memiliki penggemar dulu agar memiliki target market. Mendapatkan pengikut bisa lebih mudah lewat komunitas Instagram, Facebook, dan TikTok.

Dengan kata lain, cuan yang nantinya akan didapatkan oleh penulis KaryaKarsa tidak hanya sekedar royalti. Keuntungan tersebut murni dari hasil penjualan karya, sehingga selain meningkatkan skill menulis, Anda juga pandai dalam mempromosikan tulisan.

8. Aplikasi WeRead

Aplikasi WeRead

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang berikutnya adalah WeRead. Nama aplikasi satu ini memang masih terdengar asing, namun bisa Anda gunakan untuk membaca cerita menarik sekaligus menciptakan karya bergenre khas yang menguntungkan.

Apa yang membuat aplikasi WeRead terkenal unik? Hal ini dikarenakan genre cerita yang ditampilkan pada beranda aplikasi sesuai dengan personalisasi pengguna. Pembaca bisa memilih bahan cerita berdasarkan kategorinya, sehingga akan lebih nyaman dan banyak pilihan cerita.

Mau coba menulis cerita lewat aplikasi WeRead juga tidak ribet. Karya Anda nantinya akan direkomendasikan dalam aplikasi secara adil, sehingga peluang cerita dibaca juga sama besar. Bagi penulis karya populer akan mendapatkan fasilitas support penghasilan dan hak cipta.

Penulis yang sudah tanda tangan kontrak bersama aplikasi WeRead akan mendapatkan total penghasilan sebesar 50%. Jika diamati sudah banyak sekali user WeRead, sehingga penghasilan tiap penulis bisa lumayan besar.

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang pada dasarnya tidak sembarangan mempublikasikan karya penulisnya. Mengapa demikian? Karena masing-masing aplikasi tersebut memberikan kebijakan kepada semua penulisnya untuk memberikan tulisan original atau tidak menjiplak dari karya orang lain.