3 Cara Membuat WhatsApp Auto Reply (Update) Terbaru 2022

 

Samudranesia.id – WhatsApp auto reply memang banyak digunakan oleh pebisnis maupun orang pribadi untuk urusan memberikan balasan secara cepat. Kamu bisa mengatur pesan otomatis asalkan mengetahui cara membuat WhatsApp auto reply dengan benar.

Cara ini tidak semua orang mengetahuinya sehingga kamu harus mencari informasi yang valid. Keberhasilan dalam membalas pesan otomatis bisa menjadikan kamu terlihat keren dan profesional.

Bahkan hal ini dapat menjadi nilai plus bagi perusahaan atau toko online kamu karena memberikan sebuah balasan dalam pelayanan kepada pelanggan.

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, carilah informasi valid seperti yang akan diberikan di bawah ini. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan untuk buat auto reply WhatsApp dan bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Memang untuk membuat auto reply membutuhkan aplikasi khusus namun bisa saja aplikasi tersebut memberikan tambahan keuntungan bagi Anda untuk membalas pesan otomatis dan menghemat waktu.

1. Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business

Rekomendasi pertama kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business yang sudah booming akhir-akhir ini. Kamu bisa menggunakannya secara gratis dan tanpa iklan di dalam aplikasinya.

Memang ditujukan untuk bisnis sehingga tak heran jika fiturnya sangat menarik dan bahkan bisa digunakan untuk auto reply pesan dari para pengirim seperti pelanggan. Fitur ini bisa digunakan untuk membalas pesan saat kamu sedang tidak memegang handphone loh.

Mau tau cara membuat WhatsApp auto reply di wa business? Yuk lihat pembahasan di bawah ini agar mudah mengaplikasikan setting auto reply whatsapp business:

  • Instal aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Kemudian, masuk ke dalam aplikasi dan Login menggunakan akun WhatsApp kamu.
  • Masuk ke menu Setting dan klik titik tiga pada aplikasi.
  • Carilah Send Away Message, klik toggle hingga aktif dan berwarna biru atau hijau.
  • Lakukan edit pesan otomatis dengan tap Message dan isikan pada kolom yang tersedia.
  • Jika pesan berhasil di edit bisa klik OK.
  • Edit kapan kamu ingin mengirim pesan dengan Schedule Message dengan 3 pilihan yaitu Always Send, Custom Schedule, atau Outside of Business Hours.
  • Terakhir, pilih penerima dengan Select Receiver yang akan mendapatkan auto reply tersebut dengan pilihan Everyone, Everyone not in Address Book, Everyone Except, atau Only Send to.
  • Jika langkah di atas sudah berhasil dilakukan maka Auto Reply pada WhatsApp Business sudah aktif.
BACA JUGA  4 Cara Keluar dari WhatsApp Web dengan Aman Tanpa Dibajak!

Melihat langkah yang diberikan di atas bisa dilihat bahwa pengiriman pesan otomatis bisa dilakukan secara spesifik. Hal tersebut dikarenakan kegunaan dari WhatsApp Apk versi ini dibuat untuk memudahkan komunikasi pada bisnis online shop.

Apakah kamu salah satu pebisnis yang membutuhkan WhatsApp Business? Jika menginstal WA versi ini maka beberapa fitur unggulannya juga bisa kamu rasakan dan tidak terbatas pada Auto Reply saja.

JIka penasaran, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu untuk keperluan pribadi dan tidak langsung pada bisnis. WhatsApp versi ini memang sangat menguntungkan dalam melakukan aktivitas chatting baik untuk sehari-hari atau bisnis.

2. Aplikasi Auto Reply

Aplikasi Auto Reply

Pransulnc meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna untuk membalas pesan otomatis dengan nama Auto Reply. Aplikasi yang fitur utamanya sangat diminati para pebisnis ini bisa kamu unduh melalui Google Play Store dan sudah dipastikan aplikasi yang aman.

Kamu bisa mendapatkannya dengan gratis namun kegunaannya sangat supportive dalam bisnis online. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan pada WhatsApp sehingga mendukung aktivitas chatting yang maksimal.

Gunakan aplikasi ini dengan leluasa untuk membalas pesan otomatis, caranya adalah:

  • Download aplikasi Auto reply di Google Play Store smartphone kamu.
  • Kemudian, izinkan Auto reply untuk terhubung dengan notifikasi WhatsApp pada saat ada pesan yang masuk.
  • Pada tampilan utamanya bisa klik tanda tambah (+) agar bisa membuat chatbot.
  • Pilih versi WhatsApp kamu, apakah WhatsApp reguler atau WhatsApp business.
  • Lalu, masukkan kata kunci untuk menarik balasan chat otomatis kamu. Contohnya saja Halo atau bisa memilih All untuk seluruh chat yang masuk bisa dibalas secara otomatis.
  • Untuk keyword yang spesifik bisa memilih Exact Match agar balasan chat muncul secara otomatis.
  • Lanjutkan dengan mengisikan isi balasan otomatis pada kolom yang disediakan.
  • Jika sudah selesai maka lanjutkan dengan klik centang pada bagian bawah kanan layar.
BACA JUGA  3 Cara Mengirim File Excel, Video, PDF Melalui WhatsApp Web, Mudah!

Saat berhasil melakukan langkah di atas maka daftar balasan otomatis pada Auto Reply akan muncul pada halaman pertama. Menariknya lagi, jika kamu ingin menonaktifkan maka tinggal klik toggle di sebelah balasan otomatis tersebut hingga berwarna merah.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa isi chatbot lainnya dengan mengulangi langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Cara membuat WhatsApp auto reply ini cukup sederhana dan bahkan pengguna baru tidak akan kebingungan di dalam aplikasi.

Aplikasi khusus ini akan membantu bisnis online shop kamu menjadi lebih maju dengan pelayanan chatting yang ditujukan pada customer.

3. Aplikasi GB WhatsApp

Aplikasi GB WhatsApp

Apakah pernah mendengar aplikasi pihak ketiga yang memodifikasi aplikasi original? Salah satu yang terkenal pada aplikasi modifikasi WhatsApp adalah GB WhatsApp yang saat ini sedang dikembangkan oleh Fouad Mods.

Sebenarnya, GB WhatsApp hadir untuk mengatasi keterbatasan dalam aplikasi original. Namun, salah satu fitur unggulannya adalah tersedianya fitur Auto Reply yang bisa digunakan untuk auto reply whatsapp yaitu membalas pesan otomatis tanpa aplikasitambahan.

Namun, kamu harus memperhatikan cara download dan install secara manual dengan benar agar bisa memasukkan aplikasi ke dalam smartphone kamu.

Kembali pada fitur auto reply, kamu bisa mengikuti langkah di bawah untuk cara whatsapp auto reply pada GB WhatsApp, yaitu:

  • Download dan install GB WhatsApp pada smartphone terlebih dahulu.
  • Kemudian, login menggunakan nomor baru atau lama yang masih aktif untuk proses verifikasi.
  • Pilihlah menu GB Settings dan pilih Auto Reply Message
  • Lanjutkan dengan klik ikon tambah (+) pada kanan atas.
  • Lalu, isi pesan auto reply sesuai dengan keinginan kamu pada kolom yang disediakan.
  • Atur pada pilihan penerima apakah untuk groups, contacts, atau both.
  • Kemudian, setel waktu dimulai dan selesai fitur auto reply tersebut.
  • Jika sudah maka klik tombol Add pada bagian bawah menu.
  • Aktifkan fitur balasan otomatis WhatsApp dengan menggeser toggle yang ada di samping tulisan Auto Reply Message pada bagian atas.
BACA JUGA  100+ Nada Dering WA yang Lucu dan Unik Beserta Link Download

Lakukan langkah di atas dengan tepat sehingga GB WhatsApp bisa sukses melakukan auto reply untuk pesan yang masuk ke dalam WhatsApp. Selain untuk fitur auto reply ternyata GB WhatsApp memiliki fitur-fitur unik lainnya yang akan membuat kamu merasa betah di dalam aplikasinya.

Fitur-fitur yang dimiliki seperti dual account, download status, mengirim file HD dan ukuran besar, mengirim video story durasi sampai 7 menit, fitur privasi, keamanan, dan bahkan diklaim anti banned meskipun aplikasi yang dikeluarkan oleh pihak ketiga.

Setelah mengetahui cara membuat WhatsApp auto reply dengan beberapa pilihan maka kamu bebas menggunakan cara yang mana. Hal tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan aktivitas chatting kamu.