Cara Memindahkan Video Offline Youtube Ke Kartu SD (Memori)

 

Samudranesia.id – Simak penjelasan secara detail mengenai cara memindahkan video offline youtube ke kartu SD. Karena tutorial ini penting buat mereka yang tidak ingin habis kuotanya.

Menonton video atau film secara streaming di youtube memang banyak dilakukan pada saat ini, hampir setiap hari dilakukan sebagai salah satu rutinitas kita.

Youtube menjadi pilihan utama setiap orang untuk menikmati sehari-harinya, entah dengan menikmati music, film, atau konten youtube lainnya, yang membuat kalian tentunya membuang sejumlah kuota yang dimiliki.

Mengakses youtube yang telalu berlebihan akan membuat kalian kehabisan kuota sehingga banyak orang akan melakukan video youtube dijadikan offline, biasnya video yang kita jadikan offline tersebut dapat membuat penyimpanan internal handphone kalian menjadi full memori.

Sebenarnya secara default lokasi video youtube offline akan tersimpan berada pada direktori internal storage/Android/data/com.google.android.youtube/files/offline/(system generated folder name)/streams.

Tanpa disadari jika kalian terus melakukan video youtube secara offline maka akan menyebabkan kapasitas penyimpanan pada handphone kalian menjadi full memori. Tapi jangan galau dulu, artikel ini akan membantu kalian untuk menyikapi permasalahan yang serupa kalian alami.

Cara Memindahkan Video Offline Youtube Ke Kartu SD di Android

Cara Memindahkan Video Offline Youtube Ke Kartu SD di Android

Video youtube yang bersifat offline dapat dipindahkan ke kartu SD handphone kalian. Kalian bisa menentukan sendiri penyimpanan lokasi  video youtube offline di handphone kalian, dengan menyimpan di internal maupun eksternal.

Tapi tidak semua orang bisa dapat memindahkan penyimpanan video dari internal ke eksternal. Berikut ini akan dijelaskan Langkah untuk memindahkan video youtube offline ke kartu SD, Langkah ini hanya berlaku bagi kalian para pengguna android saja.

Memindahkan video youtube offline ke SD bagi pengguna iPhone tidak direkomendasikan, hal ini dikarenakan iPhone tidak menyediakan memori eksternal berupa SD, beda hal dengan android yang menyediakan memori eksternal.

BACA JUGA  Cara Agar Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline

Berikut cara untuk kalian coba dalam memindahkan video offline youtube ke kartu SD bagi para pengguna android untuk menyelamatkan kapasitan memori internal handphone dari kehabisan ruang penyimpanan kalian:

1. Handphone Memiliki Memori Eksternal dan Telah Terpasang

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memindahkan video youtube offline ke kartu SD adalah memastikan terlebih dahulu bahwa handphone kalian memiliki kartu SD yang telah terpasang dalam perangkat handphone dan bisa diakses dalam penggunaannya.

Hal ini menjadi penting untuk memastikan tidak terjadi kegagalan dalam menyimpan video youtube offline ke penyimpanan eksternal. Jika kalian ingin menyimpan video youtube offline yang banyak maka disarankan kalian menggunakan memori eksternal dengan ukuran yang sangat besar.

Hal ini agar kapasitas penyimpanannya besar, sehingga memudahkan kalian untuk menyimpan banyak video dan membudahkan kalian dalam menonton video yang banyak.

2. Mengakses Aplikasi Youtube

Untuk menyimpan video youtube offline ke memori eksternal atau kartu SD hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi youtube sendiri, bukan mengaksesnya di browser atau website, sehingga pastikan bahwa dalam handphone kalian aplikasi youtube sudah terpasang di perangkat handphone kalian.

Jika kita mengakses youtube di website dan mendownloadnya itu akan menyebabkan memori internal handphone akan full karena secara otomatis video youtube tersebut yang sudah di download akan disimpan di memori internal.

Langkah kedua yang kalian harus lakukan untuk memindahkan video youtube offline ke kartu SD  adalah jika belum memiliki aplikasi youtube maka kalian harus mendownload aplikasi youtube sebelumnya.

Pastikan bahwa anda sudah sampai dengan menginstal youtube hingga terpasang di perangkat handphone kalian, dan bagi kalian yang sudah memiliki aplikasi youtube maka kalian bisa langsung mengakses aplikasi youtube yang kalian miliki.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Channel Youtube Yang Tidak Muncul di Pencarian

Video Offline Youtube yang Sudah Tersimpan Dipindahkan ke Dalam Memori Eksternal

Video Offline Youtube yang Sudah Tersimpan Dipindahkan ke Dalam Kartu SD

Langkah selanjutnya yang kalian harus lakukan untuk memindahkan video youtube offline ke penyimpanan memori eksternal atau kartu SD handphone adalah setelah kalian dapat mengakses aplikasi youtube. lalu pilih video offline youtube yang tersedia semua, namun jika kalian ingin memindahkan Kembali maka lakukan Langkah awal Kembali.

Video youtube offline yang akan dipindahkan jika ingin menambah video lagi maka kalian download video tersebut dan jika dirasa video offline sudah banyak, maka selanjutnya kalian harus melakukan Langkah berikutnya agar video youtube offline dapat dipindahkan ke kartu SD di handphone kalian.

1. Akun youtube

Langkah selanjutnya yang kalian lakukan agar dapat memindahkan video youtube offline ke kartu SD adalah mengakses akun youtube  kemudian masuk ke dalam kotak pilihan “Library”, setelah menekan library maka akan muncul beberapa pilihan seperti watch later, history, your videos, download,  dll. Pilihlah akun youtube pada tampilan tersebut maka akan menampilkan gambar pengguna.

Selanjutnya jika sudah memilih akun youtube maka akan muncul kotak pilihan yang kalian dapat pilih,  untuk memastikan video youtube sudah di download dan dijadikan sebagai video offline yaitu dengan membuka pilihan download. Jika video sudah tersedia sebagai video youtube offline maka akan tersedia pada bagian titik tiga di pojok yang akan mengantarkan kalian ke dalam penampilan pengaturan video youtube offline.

Jika kita memilih akun youtube maka kalian akan diperlihatkan pada beberapa pilihan Kembali, pada penampilan pilihan maka kalian harus memilih pada bagian settings yang nanti akan muncul beberapa pilihan, setalah itu kalian harus memilih kotak bagian offline, selanjutnya kalian akan dibawa pada tahapan selanjunya

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Iklan YouTube di Android Tanpa Root

2. Aktifkan use SD card

Tahapan selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk dapat memindahkan video youtube offline ke dalam kartu SD atau memori eksternal adalah dimana tahapan ini sebagai tahapan terakhir yang kalian lakukan.

Dari penjelasan tahapan sebelumnya kalian diminta untuk menekan pilihan offline yang akan memunculkan beberapa pilihan kembali, lalu pilih kotak pilihan “Use SD Card” dan geser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Setelah kalian mengkatifkan Use SD Card, maka video youtube offline yang kalian  miliki akan tersimpan secara otomatis di memori ekternal handphone kalian.

Sekali lagi dalam artikel ini hanya diperuntukan bagi para pengguna android dalam melakukan pemindahan penyimpanan video youtube offline kedalam penyimpanan memori eksternal atau kartu SD.

Langkah-langkah yang kami ulas dalam artikel ini bisa menjadi solusi yang ampuh bagi kalian yang ingin menyelamatkan memori handphone anda dari kapasitas yang full.

Penutup

Langkah-langkah diatas kalian bisa coba untuk menyelamatkan kehabisan penyimpanan pada kapasitas handphone kalian,  dari beberapa Langkah pada artikel ini semoga kalian bisa mengalikasikannya dengan mudah dan dapat menjadi penolong kalian dalam mengatasi permasalahan kehabisan memori internal.

Langkah-langkah diatas merupakan cara memindahkan video youtube offline secara mudah dan sederhana ke kartu SD, sehingga pada tasking selanjutnya, maka akan secara otomatis semua video youtube yang bersifat offline akan tersimpan di kartu memori eksternal atau kartu SD, sehingga kalian hanya membutuhkan download video tanpa melakukan pengaturan Kembali.

Semoga dari ulasan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua sehingga kalian akan membuka artikel kami untuk selanjutnya yang banyak tentang kebutuhan kalian sehari-hari terkait permasalahan yang hadir disekeliling kita.