Kode Bank BCA untuk Transfer ke Bank Lainnya, Akurat!

 

Samudranesia.id – Kode Bank BCA hingga saat ini adalah 014. Kode ini sangat diperlukan jika Anda ingin melakukan transaksi antar bank yang mana memang sudah menjadi kebutuhan dalam transaksi di ATM maupun online. Kode bank sendiri adalah 3 nomor unik yang harus dicantumkan ketika transfer berbeda bank.

Setiap bank memiliki kode unik yang berbeda-beda. Kode bank tersebut akan menjadi identitas dari tiap-tiap bank, begitupun kode 014 menjadi identitas bank BCA. Sementara bank lain juga memiliki kode uniknya masing-masing yang juga harus Anda ketahui ketika melakukan transfer.

Biasanya, kode bank BCA digital harus ketahui oleh nasabah non BCA yang ingin melakukan transfer antar bank. Termasuk ketika melakukan jual beli online. Beberapa transaksi memang mengharuskan pembayaran dilakukan melalui transfer bank berbeda yang berbeda dengan milik penggunanya.

Kode Bank BCA dan Bank Lokal Indonesia Lainnya

Kode Bank BCA dan Bank Lokal Indonesia Lainnya

Layanan transfer antar bank hingga saat ini merupakan salah satu layanan perbankan yang sering kali digunakan oleh banyak orang, terutama seiring masifnya atkivitas digital di era sekarang. Mulai dari kebutuhan jual beli online hingga kebutuhan pembayaran lainnya.

Terkait kode Bank BCA, kode ini sebenarnya tidap perlu diinput manual ketika melakukan transaksi di aplikasi mobile banking. Sebab di dalam layanan tersebut sudah tersedia pilihan kode bank yang akan diinput otomatis ketika transfer. Selain bank BCA, berikut daftar kode bank Indonesia lainnnya.

Nama Bank Kode Bank
Bank BCA 014
Bank Muamalat 147
Bank Danamon 011
Bank CIMB Niaga 022
Bank CIMB Niaga Syariah 022
Bank Mega 426
Bank Permata 013
Bank BII Maybank 016
Bank Sinarmas 153
Bank OCBC NISP 028
Bank Bukopin 441
Bank BTPN 213
Bank Citibank 031
Bank Jenius BTPN 213
Bank Panin 019
Bank Artha Graha 037
Bank Ekspor Indonesia 003
Bank Buana IND 023
Bank Arta Niaga Kencana 020
Bank Sumitomo Mitsui Indonesia 045
Bank Pesona Perdania 047
Bank Capital Indonesia 054
Bank DBS Indonesia 046
Bank Multicor 036
Bank Standard Chartered 050
Bank Mihuzo Indonesia 048
Bank ABN Amro 052
Bank Bumi Artha 076
Bank Woori Indonesia 068
Bank Ekonomi 087
Bank Keppel Tatlee Buana 053
Bank BNP Paribas Indonesia 057
Bank UOB Indonesia 023
Bank Haga 089
Bank IFI 093
Bank Century/Bank J Trust Indonesia 095
Bank Capital Indonesia 054
Bank Swadesi 146
Bank Nusantara Parahyangan 145
Bank Mayapada 097
Bank Mestika 151
Bank Sri Partha 466
Bank Swaguna 405
Bank Bisnis Internasional 459
Bank Harmoni Internasional 166
Bank QSB Kesawan 167
Bank Ganesha 161
Bank Hagakita 159
Bank Maspion 157
Bank Metro Express 152
Bank Windu Kentjana 162
BACA JUGA  Cara Pinjam Uang di BCA Mobile Langsung Cair, Ikuti Metodenya

Cara Cek Kode Bank BCA di ATM

Cara Cek Kode Bank BCA di ATM

Hingga saat ini transaksi antar bank masih menjadi layanan perbankan yang digunakan oleh banyak orang. Metode transaksi kirim uang pun sangat beragam, mulai dari transfer bank via ATM, mobile banking, internet banking, SMS banking, maupun metode pembayaran lain yang disediakan BCA.

Namun terkait kebutuhan kode bank untuk BCA, biasanya diperlukan oleh pengguna layanan transfer bank ATM dimana nasabah dari bank lain harus menginput kode bank BCA di mesin ATM. Untuk itu, pengguna harus memeriksa daftar kode bank terlebih dulu. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

  • Kunjungi ke ATM BCA atau ATM dari bank lain.
  • Masukkan kartu beserta PIN ATM.
  • Klik Menu, pilih “Transaksi Lainnya”`
  • Kemudian akan muncul pilihan lalu tekan “Bank Lain”`
  • Tekan opsi “Daftar Kode Bank”`
  • Klik daftar kode bank, pilih kode bank BCA.
  • Masukkan 3 digit angka kode khusus tadi di depan nomor rekening tujuan transfer.
  • Masukkan nominal transfer.
  • Klik OK. Transfer selesai.

Agar tidak lupa dan menghemat waktu pencarian ketika mencari daftar kode bank, Anda bisa mencatat kode bank tersebut untuk proses transfer di kemudian hari. Walau terkesan rumit, cara ini bisa menjadi solusi ketika Anda lupa kode bank manapun ketika akan melakukan transfer.

Terutama jika tidak ada HP untuk melakukan pencarian dari kode bank yang dibutuhkan. Catatan tersebut juga membuat Anda tidak perlu bertanya lagi berapa kode Bank BCA ketika akan kirim uang dari rekening bank berbeda.

Namun saran ini bersifat opsional sehingga tidak ada keharusan bagi Anda melakukannya. Pasalnya, mesin ATM di manapun sudah dilengkapi fitur kode bank tersebut. Jadi tak perlu khawatir terjadi salah transfer atau keliru memasukkan angka kode bank. Jika merasa ragu, Anda bisa mengeceknya kembali.

Fungsi Kode Bank BCA

Fungsi Kode Bank BCA

Secara umum, kode Bank BCA transfer dan kode bank lain merupakan alat untuk mengidentifikasi dan membedakan identitas setiap bank. Seperti pada bank BCA, kode bank tersebut berfungsi untuk menandakan rekening bank BCA berbeda dengan kode bank lain.

Fungsi lain dari kode bank juga untuk mencegah terjadinya kesalahan oleh nasabah ketika melakukan transfer via ATM. Sehingga, jika sistem mengidentifikasi kesalahan pada kode bank maka secara otomatis transaksi akan dibatalkan.

Lalu apa keuntungan menggunakan kode Bank BCA ketika transfer via ATM? Keuntungan yang pertama tentu saja sebagai metode identifikasi rekening tujuan. Untuk memastikan bahwa rekening tujuan transfer dana adalah benar rekening BCA.

BACA JUGA  Cara Bayar Shopee via SMS Banking BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll

Kemudian kegunaan lainnya adalah mencegah kesalahan transfer. Pasalnya, jika kode bank tidak sama dengan rekening bank tujuan, maka transaksi tidak akan diproses. Pada intinya, keberadaan kode bank ini akan mempermudah transaksi kirim dana antar bank yang berbeda.

Cara Transfer Menggunakan Kode Bank BCA

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa kode Bank BCA akan dibutuhkan untuk melakukan transfer uang dari bank berbeda seperti BNI, BRI, Mandiri, BTN, dll ke rekening BCA menggunakan layanan pembayaran apapun.

Kode ini wajib dimasukkan pada format transaksi pengiriman uang yang akan dilakukan. Tapi, sudah tahu cara menggunakan kode bank tersebut untuk transfer? Jika sebelumnya Anda sudah tahu cara mengecek kode bank untuk BCA di ATM, maka kali ini adalah dari SMS Banking dan mBanking.

1. Transfer Bank ke BCA Via SMS Banking

Transfer Bank ke BCA Via SMS Banking

Transaksi SMS Banking mengharuskan penggunanya untuk memasukkan kode bank dalam format transaksinya. Termasuk ketika akan mengirim uang ke rekening Bank BCA. Dari bank manapun itu, maka tetap harus memasukkan kode 014 ke dalam format transaksinya.

Jika tidak memasukkan kode tersebut, maka transaksi akan gagal dan pengiriman uang tidak bisa dilanjutkan. Sehingga Anda harus mengulang transaksi dari awal lagi yang tentunya dapat menghambat dan menguras waktu lebih lama.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya memasukkan kode transfer ke BCA, berikut ini lagkah-langkahnya. Contoh berikut ini adalah cara transfer uang dari BRI ke BCA menggunakan SMS Banking.

  • Buka fitur SMS di HP
  • Buat pesan baru.
  • Ketik Transfer [spasi] kode transfer BCA dan nomor rekening BCA [spasi] nominal transfer [spasi] PIN.
  • Contoh: TRANSFER 1041235677898564 100000 145678.
  • Kirim SMS ke 3300.

Jika transaksi berhasil dari BRI ke BCA, maka akan muncul pesan notifikasi dari 3300 berisi keterangan transaksi berhasil. Biaya transaksi SMS Banking ini akan dikenakan tariff Rp 1.000 hingga Rp 1.500 setiap kali transaksi.

2. Transfer Bank ke BCA Via Mobile Banking

Transfer Bank ke BCA Via Mobile Banking

Cara selanjutnya adalah transfer bank BCA melalui mobile banking. Aplikasi ini sudah disediakan oleh tiap-tiap bank yang bisa diunduh langsung ke smartphone melalui toko aplikasi. Tentunya cara ini hanya bisa diterapkan setelah rekening aktif dan terdaftar di aplikasi mobile tersebut.

Dikarenakan pada contoh kali ini kita menggunakan transfer Bank BRI ke BCA. Maka aplikasi yang perlu Anda download adalah BRImo atau BRI Mobile. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi BRIMo atau aplikasi mobile banking lain seperti BNI di smartphone
  • Pilih menu “Transfer”.
  • Klik lagi menu “Transfer ke Bank Lain”, kemudian cari bank BCA pada pilihan menu yang tersedia.
  • Masukkan kode bank BCA diikuti oleh nomor rekening bank BCA tujuan.
  • Masukkan nominal transfer.
  • Setelah itu, masukkan PIN Anda dan tunggu sampai muncul pemberitahuan SMS dari 330.
  • Balas “Ya” pada pesan pemberitahuan tersebut diikuti dengan nomor token unik yang dikirim oleh 3300 melalui SMS.
  • Jika sudah, akan muncul pemberitahuan bahwa proses transaksi sudah berhasil.
BACA JUGA  16 Cara Bayar Indihome via Bank Mandiri, BCA, OVO, Shopee, Pos, dll

Apabila transfer dana berhasil, simpan bukti transaksinya untuk memastikan pembayaran sudah berhasil. Hal ini juga berlaku untuk pengiriman uang melalui ATM dan SMS Banking. Terutama untuk pembayaran via ATM dimana struk transaksi harus Anda pegang sebagai bukti pengiriman uang telah berhasil.

3. Transfer Bank ke BCA Via Internet Banking

Transfer Bank ke BCA Via Internet Banking

Selain dua cara di atas, transfer bank ke BCA juga bisa dilakukan melalui internt banking (iBanking). Cara ini bisa Anda lakukan melalui smartphone maupun laptop yang telah terhubung ke internet. Jadi, pastikan koneksi internet lancar ketika akan transaksi. Langsung saja simak langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka laman resmi Internet Banking BRI.
  • Masukkan username, password, dan kode verifikasi akun, klik “Masuk”.
  • Masuk ke menu “Transfer” dan pilih menu “Transfer Antar Bank”.
  • Pilih rekening pengirim yakni dari BRI.
  • Kemudian pilih bank tujuan transfer yaitu BCA.
  • Masukkan kode bank transfer BCA beserta nomor rekening penerima.
  • Masukkan juga data penerima seperti nama rekening, jumlah nominal transfer, nomor referensi nasabah, alamat email penerima (bisa diisi dengan alamat email sendiri).
  • Jika semua data terisi dan dipastikan benar, kemudian klik “Kirim”.
  • Setelah itu akan muncul rincian transaksi. Anda akan diarahkan untuk proses verifikasi transaksi dan memasukkan kode mToke
  • Kode mToken ini bisa didapat dengan klik link “Permintaan mToken”. Kode token akan dikirim melalui SMS.
  • Masukkan kode mToken pada kolom yang tersedia, klik “Kirim”.
  • Tunggu sampai proses trasnaksi berhasil. Setelah itu Anda bisa bisa menyimpan bukti transaksi ke dalam format PDF.

Panduan transaksi melalui internet banking di atas tentu akan berbeda-beda pada setiap bank. Contoh di atas merupakan contoh transaksi dari bank lain ke BCA menggunakan metode pembayaran internet banking. Dari semua proses tersebut, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan tentu saja kode transfer.

Sebab metode apapun yang digunakan, jika tidak mencantumkan kode bank BCA secara tepat maka proses tranaksi tidak akan berhasil. Hal ini pun berlaku pada kode bank lain ketika melakukan transaksi antar bank yang berbeda. Dengan begitu, catat kode bank tersebut untuk kemudahan transaksi Anda.