Baru Rilis Fitur Baru Instagram Notes, Begini Cara Pakainya

 

Samudranesia.id – Instagram Notes merupakan fitur terbaru dari Instagram yang sedang banyak digunakan oleh pengguna. Pasalnya, kemunculan fitur tersebut menghebohkan hingga viral.

Fitur Instagram Notes ini dibuat untuk memungkinkan para pengguna membagikan pemikiran melalui teks dan emot. Para pengguna dapat menulis pesan atau pemikiran singkat sebanyak 60 karakter.

Untuk dapat menggunakan fitur Instagram Notes ini, para pengguna harus memperbaharui aplikasi Instagram dahulu. Untuk kamu yang penasaran mengenai fitur IG Notes lebih lanjut, simak artikel ini hingga akhir ya!

Mengenal Apa Itu Media Sosial Aplikasi instagram?

Mengenal Apa Itu Media Sosial Aplikasi instagram

Sebelum membahas mengenai fitur terbaru instagram, ada baiknya kamu mengenal dahulu aplikasi instagram. Berikut informasi lebih lanjut tentang aplikasi instagram yang perlu kamu ketahui.

Aplikasi Instagram adalah sebuah platform media sosial yang terkenal dan banyak digunakan saat ini. Aplikasi yang disingkat dengan IG ini digunakan untuk membagikan foto atau video para penggunanya.

Instagram memiliki istilah yang disebut dengan following dan followers. Following merupakan akun pengguna instagram yang telah kamu ikuti di akun kamu. Sedangkan followers yaitu akun instagram orang lain yang mengikuti akun IG kamu.

Saat akun Instagram kamu membagikan sebuah foto atau video, postingan tersebut secara otomatis akan muncul di beranda followers kamu. Begitu pula sebaliknya, kamu juga dapat melihat unggahan dari following.

Kamu juga dapat menggunakan filter yang telah disediakan instagram sebelum mengunggah foto atau video. Selain itu, foto atau video yang telah diposting akan mendapatkan like ataupun comment.

Saat ini aplikasi Instagram telah dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik yang bisa dinikmati para pengguna. Salah satunya yaitu instastory, sebuah postingan foto atau video yang dibagikan hanya 24 jam.

Jadi kamu dapat mengunggah foto atau video di story yang dapat dilihat secara singkat oleh followers kamu. Fitur ini cocok untuk kamu yang tidak ingin memposting foto atau video di feed IG kamu.

Instagram ini juga digunakan sebagai sarana promosi jualan untuk para penggunanya. Selain membuat akun pribadi, kamu juga dapat membuat akun untuk memasarkan produk jualan kamu di IG.

Untuk kamu yang belum menggunakan IG dan tertarik mencobanya, kamu dapat mengunduh IG melalui Google Play Store atau Appstore. Lalu, buatlah akun IG dan berinteraksi dengan teman-teman kamu.

Fitur-Fitur Yang Tersedia Di Aplikasi Instagram

Fitur-Fitur Yang Tersedia Di Aplikasi Instagram

Sebelumnya telah diberikan informasi mengenai aplikasi Instagram yang banyak digunakan orang. Perlu diketahui bahwa IG memiliki beberapa fitur-fitur yang bisa digunakan untuk penggunanya.

BACA JUGA  Help.Instagram.Com Hacked : Cara Mengambil Akun IG Terkena Hack

Untuk meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang baik untuk para pengguna, IG melakukan beberapa pembaruan. Oleh karena itu, aplikasi IG memiliki beberapa fitur menarik sebagai berikut.

1. Instagram Live

Live streaming menjadi salah satu kegiatan yang sedang viral dan banyak dilakukan. Untuk mendukung hal itu, IG memiliki fitur live streaming bernama Instagram Live.

Pada fitur Instagram Live ini, kamu dapat melakukan live streaming dan berinteraksi dengan teman-teman. Kamu dapat melakukan kegiatan dari tanya jawab dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, fitur ini juga mengalami peningkatan untuk penggunanya. Kamu dapat melakukan live streaming dengan teman-teman IG kamu.

Kamu dapat mengajak 3 orang teman atau followers kamu untuk live streaming bersama. Selain itu, fitur ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan jualan untuk para penjual.

Biasanya para penjual menggunakan live streaming di IG unutk mempromosikan produk yang diskon dan lain sebagainya. Para pembeli dapat bertanya melalui fitur live chat saat streaming.

2. Fitur Instastory

Instastory menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pengguna IG. Fitur ini digunakan untuk mengunggah foto atau video yang hanya dilihat selama 24 jam.

Instastory tersebut berdurasi mulai dari 15 hingga 60 detik setiap storynya. Fitur Instastory ini cocok untuk kamu yang ingin membagikan momen singkat tetapi malas menggunakan feeds.

Selain itu, fitur Instastory juga digunakan untuk memasarkan beberapa produk jualan di IG. Biasanya, para penjual membuat foto atau video menarik untuk menawarkan barang di Instastory.

Di dalam fitur Instastory ini juga menyediakan berbagai macam fitur lagi untuk melengkapi foto atau video. Mulai dari stiker, gift, polling, tanya jawab hingga fitur musik agar story menarik.

Melalui fitur ini juga, para pengguna dapat berinteraksi dengan para pengguna lainnya. Pasalnya, Instastory menyediakan kolom komentar untuk digunakan.

3. Reels Instagram (IG Reels)

Fitur selanjutnya dari Instagram yang bisa kamu nikmati yaitu fitur Reels Instagram. Dengan fitur ini, kamu dapat membagikan video dengan durasi 1 menit atau lebih dan akan muncul di explore.

Fitur ini memiliki konsep yang sama dengan FYP TikTok. Kamu dapat menambahkan audio, efek, filter dan lain-lain sesuai keinginan kamu. Postingan tersebut akan muncul di explore pengguna yang bahkan bukan followers kamu.

Berikut di atas merupakan beberapa fitur menarik yang disediakan oleh aplikasi Instagram. Fitur-fitur tersebut akan menambahkan keseruan kamu dalam bermain sosial media Instagram.

Mengenal Apa Itu Fitur Instagram Notes?

Mengenal Apa Itu Fitur Instagram Notes

Sebelumnya telah dibahas mengenai fitur-fitur Instagram. Selanjutnya akan dibahas mengenai salah satu fitur terbaru dari IG yang sedang trending. Fitur tersebut adalah fitur Instagram Notes.

Para pengguna IG saat ini sedang dihebohkan dengan fitur terbaru IG Notes ini. Fitur tersebut telah diuji coba oleh IG sejak bulan Juli 2022, dan dirilis secara global pada Desember 2022.

Fitur IG Notes ini memiliki suasana yang hampir mirip dengan salah satu fitur aplikasi pengirim pesan yang sudah tidak ada. Ya, mirip dengan fitur status pada aplikasi Blackberry Messenger.

BACA JUGA  9 Cara Melihat Stalker Instagram Secara Mudah 100% Work

Dengan fitur IG notes, kamu dapat menuliskan pesan singkat apapun di dalam kolom note sebanyak 60 karakter. Sama seperti fitur Instastory, tulisan pada notes ini dapat dilihat selama 24 jam.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur ingin membagikan note tersebut ke semua teman atau close friends kamu. Note yang kamu buat di IG tersebut dapat dibalas oleh teman-teman IG kamu.

Cara untuk menggunakan fitur terbaru IG Notes ini juga sangat mudah. Penasaran mengenai cara menggunakannya? Simak terus artikel ini hingga akhir ya!

Perbedaan Fitur Instagram Notes Dengan Fitur Instastory

Perbedaan Fitur Instagram Notes Dengan Fitur Instastory

Kedua fitur unggulan dari IG ini memang sedang banyak digunakan oleh para pengguna Instagram. Namun, walau sekilas terlihat mirip fitur Instagram Notes dan Instastory itu berbeda. Penasaran apa saja bedanya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Hanya Membagikan Pesan Teks

Fitur Instagram Notes ini berbeda dengan fitur Instastory, fitur IG notes hanya membagikan pesan teks. Pesan teks yang dapat dibagikan juga hanya sebanyak 60 karakter.

Sedangkan fitur Instastory bisa digunakan untuk membagikan foto dan video. Serta menggunakan latar musik, stiker dan lain-lainnya.

2. Muncul Di Halaman Direct Message

Fitur Instagram Notes ini juga berada di halaman yang berbeda dengan Instastory. Untuk fitur instastory, kamu dapat menemukannya di beranda IG kamu.

Sedangkan fitur Instagram Notes dapat kamu temukan di halaman Direct Message IG kamu. Selain itu, kamu juga dapat melihat notes pengguna lain di halaman yang sama juga.

Berikut di atas merupakan perbedaan dari fitur Instagram Notes dan instastory. Kedua fitur tersebut memiliki durasi kesediaan yang sama yaitu dapat dilihat selama 24 jam.

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Notes Dengan Mudah?

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Notes Dengan Mudah

Sebelumnya telah dibahas mengenai pengenalan fitur Instagram Notes. Saat ini, kamu mungkin penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Instagram Notes tersebut.

Untuk kamu yang mungkin baru tau dan penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Instagram Notes. Caranya menggunakannya sangat mudah, silakan simak langkah menggunakan Instagram Notes berikut.

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membuka aplikasi Instagram di ponsel. Untuk kamu yang belum punya, silakan unduh di Play Store atau Appstore dan membuat akun IG.
  2. Selanjutnya, kamu dapat membuka menu Direct Messages yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  3. Kamu akan melihat foto profile picture kamu di bagian kiri halaman DM. Bagian itu juga diikuti dengan akun lain yang kamu follow.
  4. Silakan klik foto profile IG kamu. Selanjutnya, ketik pesan singkat yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia. Pesan yang ingin ditulis bisa sebanyak 60 karakter.
  5. Setelah itu, kamu dapat memilih ingin membagikannya kepada followers di IG atau close friends kamu. Lalu, klik ikon share yang ada pada halaman yang disediakan.
  6. Selesai, Instagram Notes yang kamu buat akan dapat dilihat oleh teman-teman IG kamu.
BACA JUGA  Apa Arti Aiyayu Dalam Bahasa Gaul? Kata Viral TikTok dan Twitter

Berikut di atas merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan Instagram Notes. Kamu dapat mengikuti langkah menggunakan IG Notes tersebut dengan mudah dan cepat.

Selanjutnya, kamu dapat membagikan IG Notes kepada teman-teman followers atau close friend kamu. Kamu juga dapat melihat IG Notes teman-teman IG kamu melalui DM IG.

Bagaimana Cara Memberikan Komentar Pada Instagram Notes IG Teman

Bagaimana Cara Memberikan Komentar Pada Instagram Notes IG Teman

Sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara membuat Instagram Notes dengan mudah. Selanjutnya, kamu akan mengetahui bagaimana cara memberikan komentar pada IG Notes pengguna lain.

Fitur IG Notes ini memang digunakan untuk berinteraksi antara pengguna dengan pengguna lainnya. Oleh karena itu disediakan kolom komentar, bagaimana cara komentar pada IG Notes teman? Simak langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu membuka aplikasi Instagram pada ponsel kamu. Jika tidak ada, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi IG di ponsel.
  2. Selanjutnya, buka fitur Direct Messages yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, akan muncul pengguna lain yang telah membuat IG Notes.
  3. Tulisan yang dibuat oleh pengguna lain akan muncul pada lingkaran foto profil IG mereka. Kamu dapat klik lingkaran tersebut untuk memberikan komentar.
  4. Setelah itu, ketik pesan atau komentar untuk pengguna tersebut di kolom yang tersedia. Jika sudah selesai ketik, kamu dapat klik Send.
  5. Terakhir, balasan untuk IG Notes tersebut akan muncul ke dalam inbox Direct Messages kamu.

Berikut di atas merupakan langkah-langkah mudah untuk memberikan komentar pada Instagram Notes pengguna lain. Komentar tersebut akan muncul di inbox DM kamu dengan pengguna lain.

Dari IG Notes, kamu dapat berinteraksi dengan teman-teman IG kamu dengan menyenangkan. Selain itu, teman IG kamu dapat mengomentari IG Notes kamu.

Bagaimana Cara Mute / Mematikan Instagram Notes?

Bagaimana Cara Mute Mematikan Instagram Note

Sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara mengomentari IG Notes pengguna lain. Selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara mematikan IG Notes.

Tidak semua pengguna IG mungkin menikmati fitur baru Instagram Notes tersebut. Untuk para pengguna yang sedikit merasa terganggu, fitur IG Notes dapat di mute atau dimatikan.

Cara untuk mematikan IG Notes juga sangat mudah untuk dilakukan. Untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya, simak langkah-langkah mematikan atau mute IG Notes di bawah ini.

  1. Buka aplikasi IG yang ada di perangkat handphone kamu.
  2. Selanjutnya, kamu dapat membuka menu Direct Messages yang ada di pojok kanan atas.
  3. Kamu dapat memilih salah satu akun pengguna IG yang ingin kamu matikan atau mute notesnya.
  4. Setelah itu, klik pilihan Mute Account terhadap akun IG tersebut. Selanjutnya, akun tersebut tidak akan muncul di dalam daftar notes kamu.

Akhir Kata

Berikut telah dibahas lebih dalam mengenai Instagram Notes pada media sosial IG. Demikianlah artikel yang membahas tentang Instagram Notes dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!