10 Aplikasi Kasir Terbaik + Gratis di Android, iOS, dan PC

 

Samudranesia.id – Bisnis memang bisa mendatangkan untuk yang menggiurkan, tapi persaingan di dalamnya sangatlah ketat. Berbagai strategi harus dilakukan agar mendapatkan lebih banyak konsumen, termasuk dalam penggunaan strategi pencatatan transaksi dengan aplikasi kasir terbaik.

Sebelum adanya teknologi yang makin canggih, pencatatan transaksi dalam sebuah bisnis dilakukan secara manual, yakni tulis tangan. Cara seperti ini tentu lebih sulit, menghabiskan banyak waktu dan rawan terhadap kesalahan penulisan.

Itulah mengapa kehadiran teknologi terbaru untuk kasir sangatlah bermanfaat, khususnya bagi para pelaku usaha atau UMKM. Aplikasi ini akan membantu Anda melakukan pencatatan transaksi dengan lebih cepat, mudah dan meminimalisir kesalahan penulisan.

Aplikasi Kasir Gratis Terbaik untuk Tingkatkan UMKM Indonesia

Pencatatan transaksi menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis. Sekarang ini, kamu bisa melakukan pencatatan transaksi secara digital menggunakan aplikasi agar lebih cepat, mudah dan berikut beberapa rekomendasi untukmu.

1. MokaPOS

MokaPOS

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan dalam pencatatan transaksi adalah MokaPOS. Aplikasi online berbasis cloud ini sudah digunakan oleh banyak pebisnis di bidang yang berbeda beda. Bagi pengguna Android dan iOS dapat menggunakan aplikasi MokaPOS.

Fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi ini adalah pembuatan daftar menu, penambahan stok barang, harga sekaligus laporan transaksi. Fitur cloud merupakan kelebihan dari MokaPOS karena owner bisa memantau laposan keuangan secara realtime.

Selain itu, MokaPOS juga menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran, mulai dari LinkAja, OVO, Kredivo, gopay, akulaku, dana dan WeChatPay. Kamu bisa menikmati berbagai fitur dari aplikasi ini secara gratis selama 14 hari.

BACA JUGA  Arceus X 2.0.9 Roblox Mod Apk Download Versi Terbaru 2022 GRATIS

2. Kasir Pintar Free

Kasir Pintar Free

Aplikasi kasir selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Kasir Pintar Free. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan secara free alias gratis jadi siapa saja bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya.

Aplikasi yang didesain khusus untuk para pengguna smartphone ini memiliki fitur unggulan berupa scan barcode. Meski begitu, kamu tidak harus membeli scanner barcode, cukup gunakan smartphone yang dengan kamera belakang maka sudah bisa digunakan scan.

3. Kasir Toko Portabel

Kasir Toko Portabel

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan pencatatan transaksi adalah Kasir Toko Portabel. Aplikasi ini didesain dengan praktis dan sederhana sehingga pengoperasiannya cukup mudah dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi Kasir Toko Portabel dalam menjalankan bisnisnya, terutama dalam pencatatan transaksi. Jika kamu memiliki bisnis apotek, Food and Beverage, toko kelontong, bengkel, toko fashion dan lain sebagainya.

4. Olsera POS

Olsera POS

Aplikasi online untuk kasir selanjutnya adalah Olsera POS yang bisa dioperasikan melalui smartphone. Penggunaan teknologi penyimpanan cloud membuat semua catatan transaksi tersimpan dengan aman dan jelas melalui teknologi tersebut.

Teknologi penyimpanan cloud juga memungkinkan kamu untuk melihat transaksi penjualan dari mana saja. Penyimpanan cloud bisa digunakan dengan koneksi internet, tapi Olsera POS juga menyediakan penyimpanan offline yang akan tersinkron dengan penyimpanan cloud.

5. Omega POS

Omega POS

Omega POS juga menjadi salah satu aplikasi kasir pilihan yang membantu pelaku bisnis dalam pencatatan transaksi. Aplikasi berbasis mobile ini bisa diintegrasikan dengan inventory produk dan modul accounting sebagai kelebihan utama dibanding aplikasi lainnya.

Bahkan, kamu bisa memanfaatkan fitur menarik lain yang berfungsi untuk analisa perilaku pelanggan sehingga kamu bisa mendapatkan data tentang apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kamu bisa mencoba aplikasi Omega POS secara gratis selama 14 hari.

BACA JUGA  Chai Mod Apk Unlock Premium Download Terbaru 2022 + Unlimited Chat

Setelah itu, jika kamu masih ingin menggunakan aplikasi maka harus membayar biaya bulanan.

6. ProfitCentre

ProfitCentre

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan di kasir adalah ProfitCentre, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk PC. Aplikasi yang dikembangkan oleh seorang insinyur elektronik bernama Dale Haris ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Banyak fitur menarik yang tersedia, seperti fitur free support, update gratis, support berbagai mata uang dan lain sebagainya. Setiap fitur di dalam aplikasi berguna untuk melihat kinerja keuangan bisnis yang menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis.

Program ini hanya bisa digunakan untuk komputer Windows jadi bagi kamu yang menggunakan PC atau komputer dengan program lainnya, tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

7. VendHQ

VendHQ

Aplikasi kasir online selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan dalam menjalankan bisnis adalah VendHQ. Program aplikasi ini hanya bisa digunakan bagi pengguna komputer jadi kamu harus menyediakan PC atau komputer untuk karyawan kasir jika gunakan VendHQ.

Aplikasi ini cocok bagi kamu memiliki bisnis berskala kecil dengan stok barang yang sedikit. VendHQ menyediakan fitur penyimpanan offline dan penyimpanan cloud berbasis online jadi kamu bisa menyesuaikan penyimpanan dengan kebutuhan.

Selain itu, masih banyak fitur menarik lain yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi ini, seperti inventaris, CRM, loyalty dan lain sebagainya.

8. Keyhut

Keyhut

Aplikasi Keyhut memiliki tampilan yang hampir sama dengan BIOS versi lama pada Windows, khususnya pada bagian warna background dan font. Hanya saja, Keyhut merupakan aplikasi kasir berbasis desktop jadi hanya bisa dioperasikan melalui komputer atau PC.

Keyhut menyediakan fitur lengkap yang bermanfaat, mulai dari fitur pelacakan inventaris, CRM, manajemen karyawan hingga pelaporan penjualan. Fitur manajemen karyawan menjadi kelebihan yang jarang ditemukan pada aplikasi gratis lainnya.

BACA JUGA  FaceApp Pro Mod Apk Full Unlocked Download Versi Terbaru 2022 Gratis

Bahkan, kamu masih bisa menikmati fitur yang lebih lengkap dengan membeli paket versi berbayar.

9. Chromis POS

Chromis POS

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus komputer seperti Chromis POS yang tersedia untuk berbagai perangkat, mulai dari Linux, Windows dan Mac OS. Dengan begitu, pelaku bisnis harus menyediakan komputer atau PC pada karyawan kasir.

Menariknya, aplikasi ini memiliki tampilan yang berbeda, yakni adanya display foto menu atau barang yang memudahkan pencatatan pesanan dari pembeli. Beberapa bisnis yang cocok gunakan Chromis POS adalah cafe, bisnis franchise, coffee shop, resto, dan lain sebagainya.

Bisnis di bidang makanan dan minuman bisa memilih aplikasi Chromis POS untuk mencatat setiap transaksi dengan manajemen terbaik.

10. TruePOS

TruePOS

Aplikasi yang berasal dari India ini bisa digunakan sebagai kasir digital dengan fitur sistem integrasi yang tersambung dengan beberapa perangkat berbeda. Aplikasi TruePOS ini bisa menjadi pilihan untuk bisnis yang sudah berkembang, seperti bisnis ritel skala besar.

Kamu tidak perlu bingung lagi melakukan pencatatan secara terpisah, antara kasir, stok barang, dan lainnya karena aplikasi ini bisa dihubungkan ke perangkat lainnya secara otomatis.

Jika kamu memiliki bisnis ritel berskala kecil, maka bisa menggunakan aplikasi dalam versi gratis. Namun, jika kamu membutuhkan fitur yang lebih lengkap dari aplikasi ini atau bagi bisnis ritel skala besar maka bisa menggunakan TruePOS dalam versi berbayar.

Masih banyak aplikasi kasir gratis lain yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan bisnis. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing jadi pastikan kamu mengenal aplikasi tersebut dengan baik agar tidak salah pilih aplikasi untuk kasir.