20 Tempat Wisata Majalengka yang Hits dan Rekomen Untuk Dikunjungi!

 

Samudranesia.id – Nama Majalengka belakangan ini semakin ramai diperbincangkan karena memiliki banyak destinasi wisata Majalengka yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak pilihan wisata yang recommended mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Nama Majalengka juga semakin ramai diperbincangkan sejak beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat secara resmi. Untuk mengetahui rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Majalengka, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daftar Objek Wisata Majalengka yang Menarik Dikunjungi

Majalengka memang menjadi tujuan wisata yang ramah untuk semua traveller, terutama orang-orang yang suka bertualang karena menyajikan berbagai macam destinasi wisata alam yang indah. Berikut ini tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi saat berlibur ke Majalengka.

1. Gunung Permai

Gunung Permai

Bagi orang-orang yang menyukai aktivitas menantang, mendaki gunung adalah pilihan terbaik untuk refreshing sekaligus memacu adrenalin. Bagi Anda yang menyukai aktivitas mendaki gunung, Gunung Ciremai menjadi rekomendasi terbaik wisata alam di Majalengka.

Gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl ini memiliki 3 jalur pendakian yang sudah populer di kalangan para pendaki antara lain Jalur Linggarjati, Jalur Apuy, dan Jalur Palutungan. Gunung satu ini berada di antara 3 wilayah yaitu Majalengka, Kuningan, dan Cirebon, tepatnya di Bantaragung Sindangwangi.

2. Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu

Rekomendasi tempat wisata Majalengka selanjutnya yaitu Gunung Batu Tilu. Wisata alam satu ini berasal dari sebuah legenda yang cukup tersohor di mana Gunung Batu Tilu diyakini sebagai seekor naga besar yang kepalanya berada di area Gunung Ciremai.

Sementara itu, bagian ekornya memanjang hingga ke Gunung batu Tilu. Objek wisata alam ini merupakan kumpulan tiga bukit berupa puncak Gunung Tilu, puncak Sukmana, dan satu puncak lagi belum diketahui namanya dengan keunikan dan keindahan yang berbeda-beda.

Gunung yang terletak di Desa Jatimulya, Kecamatan Kasokandel ini memiliki 2 sungai besar dan hutan lindung yang ditumbuhi pohon pinus dan pohon jati.

3. Bukit Mercury Sayang Kaak

Bukit Mercury Sayang Kaak

Bagi generasi milenial yang hobi mencari tempat dengan spot menarik dan instagenik, bukit Mercury Sayang Kaak menjadi destinasi wisata terbaik. Destinasi wisata sekaligus bumi perkemahan ini menyediakan beragam spot selfie yang instagramable.

Wisatawan bisa memilih spot foto di ketinggian dengan view alam yang indah, ladang bunga, hingga spot foto prewedding yang menarik. Untuk bisa menikmati keindahan alam di bukit ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000,00 saja.

4. Taman Wisata Linggarjati

Taman Wisata Linggarjati

Taman wisata alam Linggarjati juga menjadi tempat wisata di Majalengka yang recommended. Objek wisata yang sudah berdiri sejak 1946 ini memiliki luas 11,5 hektar dengan koleksi flora yang beragam seperti pohon Kiacret, Kiara, Bunbungu, Jamuju, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya koleksi flora yang beragam. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai fasilitas seru lainnya seperti arena outbond, spot foto menarik, dan kolam renang. Objek wisata alam ini juga semakin diminati karena menawarkan panorama alam hijau dengan udara yang masih segar.

5. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten

Masih seputar wisata alam gunung, wisata paralayang Gunung Panten juga menjadi rekomendasi tempat wisata Majalengka yang instagramable. Objek wisata ini bahkan pernah dijadikan sebagai tempat untuk menggelar kejuaraan Gantole Nasional dan kejuaraan Nasional Paralayang.

BACA JUGA  20 Wisata Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi untuk Healing

Pemandangan alam di objek wisata alam ini sangat indah terutama di sore hari. Bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin dengan menaiki paralayang tentunya tidak perlu khawatir karena ada pemandu profesional yang siap menemani dan mengarahkan paralayang.

Untuk bisa menikmati sensasi naik paralayang dari Gunung Panten, Anda perlu menyiapkan kocek sebesar Rp450.000,00 per orang.

6. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung

Destinasi wisata Majalengka yang menarik selanjutnya yaitu Kebun Teh Cipasung yang terletak di Lemahsugih. Destinasi wisata alam satu ini menawarkan pemandangan alam berupa hamparan kebun teh yang hijau dengan udara yang masih segar dan sejuk.

Untuk menuju ke lokasi perkebunan teh Cipasung, akses yang harus ditempuh terbilang mudah. Harga tiket masuk yang dibanderol juga sangat terjangkau yaitu Rp3.000,00 per orang.

7. Bukit Panyaweuyan Argapura

Bukit Panyaweuyan Argapura

Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka juga menjadi rekomendasi tempat wisata favorit bagi para pencinta fotografi. Bukit ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk melihat keindahan matahari terbit alias sunrise.

Di atas ketinggian, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang berselimut kabut dan pegunungan yang ada di sekitar Majalengka. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata alam Majalengka satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000,00.

8. Wisata Cikebo

Wisata Cikebo

Wisata Cikebo merupakan rekomendasi terbaik untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Majalengka. Objek wisata Majalengka yang terletak di bukit tinggi nan asri ini menjadi pilihan terbaik untuk melepas penat.

Di objek wisata alam ini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan hutan yang hijau dan asri, serta panorama gunung yang menjulang di ufuk horizon. Karena letaknya berada di ketinggian, wisata Cikebo menawarkan udara yang masih sejuk dan segar.

9. Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali juga menjadi destinasi wisata air terjun di Majalengka yang menarik dikunjungi. Untuk bisa mencapai lokasi objek wisata ini, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Meski begitu, rasa lelah Anda akan terbayar dengan view alam yang ada di air terjun ini.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam berupa persawahan hijau yang menakjubkan. Suasana alam di sekitar kawasan objek air terjun ini juga begitu bersih dan segar sehingga cocok untuk dijadikan tempat melepas penat.

10. Air Terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Ibun Pelangi

Nama Pelangi yang disematkan pada objek wisata air terjun ini tidak terlepas dari pantulan sinar matahari yang mengenai percikan air terjun hingga menciptakan pelangi di antara tebing. Tidak hanya itu saja, formasi tebing dan bebatuan di sekitar air terjun juga terlihat indah dan eksotis.

Karena keindahan alamnya, wisata Majalengka satu ini memiliki julukan exotic sundaland. Selain menyuguhkan panorama alam yang indah, Anda bisa melakukan banyak aktivitas di objek wisata ini mulai dari hunting foto hingga bermain air sungai yang jernih dan segar.

Harga yang dibanderol untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini juga sangat terjangkau yaitu Rp10.000,00. Karena suasana alamnya yang masih asri dan sejuk, objek wisata alam ini menjadi tempat terbaik untuk melepas penat dari aktivitas yang padat dan hiruk-pikuk kota.

11. Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung

Rekomendasi tempat wisata di Majalengka Jawa Barat selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu air terjun Cilutung yang terletak di Talagakulon. Suasana alam di objek wisata alam ini masih alami dan belum tercemar limbah industri sama sekali.

Airnya juga masih sangat bersih dan segar sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk melepas penat dari rutinitas yang padat. Air terjun Cilutung ini juga memiliki keunikan berupa susunan batu alami yang tampak unik dan instagenik.

BACA JUGA  15 Destinasi Wisata Subang Terbaru 2022 yang Menarik

Air terjun dengan tipe permanen ini memiliki debit air yang besar dan deras ketika musim penghujan dan debit air yang kecil ketika musim kemarau meskipun tidak sampai kering. Demi keamanan dan kenyamanan wisatawan, sangat disarankan untuk datang ketika musim kemarau.

Saat debit airnya tidak besar dan deras, wisatawan diperbolehkan untuk bermain air di pinggir kolam. Akses jalan menuju area air terjun juga sudah aman dan memadai karena sudah dicor dengan pegangan yang aman.

12. Air Terjun Baligo

Air Terjun Baligo

Masih berbicara mengenai objek wisata air terjun, Majalengka juga memiliki wisata air yang recommended untuk dikunjungi yaitu air terjun Baligo. Tidak hanya air terjun saja, di objek wisata ini Anda juga bisa menemukan gua kecil dengan panorama alam yang masih asri dan alami.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memancarkan air yang tidak terlalu keras dan kencang seperti air terjun pada umumnya. Aliran air terjun ini bersumber dari sungai Padabeunghar yang diapit tebing batuan hitam tinggi sehingga menciptakan sebuah gua berlubang kecil yang eksotis.

Di sekitar lokasi air terjun, Anda juga bisa menemukan beberapa fauna lokal. Selain menikmati kesegaran airnya, Anda juga bisa berburu foto dengan view alam yang asri atau menjepret burung dan serangga cantik yang hidup di sekitar air terjun.

13. Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer juga menjadi rekomendasi wisata Majalengka yang wajib dikunjungi. Keunikan dari curug ini yaitu pancaran air terjun berjumlah 5 buah dengan arus yang berbeda-beda.

Karena keunikannya inilah, banyak wisatawan yang berkunjung ke curug ini untuk berburu foto dan mengabadikan panorama alam yang indah dan asri. Vegetasi alam di kawasan wisata alam ini juga masih alami dengan udara yang bersih dan segar.

14. Talaga Herang

Talaga Herang

Ingin mencoba sensasi berenang di air yang jernih bersama dengan sekumpulan ikan? Jika iya, Anda bisa berkunjung ke objek wisata Talaga Herang. Telaga ini memiliki air yang sangat jernih bersumber dari mata air pegunungan Gunung Ciremai dan mata air dari telaga itu sendiri.

Di telaga ini, Anda bisa mencoba keseruan berenang bersama ikan mas besar dan ikan mujair di tengah telaga yang jernih. Selain berenang dan bermain air, Anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti hunting foto atau bersantai di pinggir danau.

Anda juga bisa mencoba keseruan bermain skuter air yang disediakan di sekitar telaga. Tidak perlu khawatir jika merasa haus atau lapar karena di kawasan wisata ini sudah terdapat banyak warung dan toko yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

15. Telaga Nila

Telaga Nila

Rekomendasi wisata Majalengka selanjutnya yang masih berhubungan dengan air yaitu Telaga Nila. Terletak di kaki gunung Ciremai, telaga satu ini menawarkan panorama alam yang indah dan asri. Air di telaga ini juga masih bersih dan jernih dengan warna biru kehijauan yang eksotis.

Harga tiket masuk yang dibanderol untuk objek wisata alam ini juga sangat terjangkau yaitu Rp5.000,00 per orang. Karena view alam yang masih sangat asri dan suasananya yang tenang, Telaga Nila digadang-gadang sebagai surga tersembunyi di Majalengka.

16. Situ Janawi

Situ Janawi

Situ Janawi juga menjadi destinasi wisata Majalengka yang menarik yang wajib dikunjungi saat liburan. Kolam pemandian alam satu ini menjadi tempat liburan masyarakat setempat dan wisatawan dari berbagai daerah karena menawarkan alam yang masih asri dan indah.

BACA JUGA  20 Destinasi Wisata Karawang Terbaik dan Terbaru, Recommended!

Di sekeliling kolam, Anda bisa melihat deretan perbukitan hijau yang alami dan asri. Udara di sekitar Situ Janawi juga masih bersih dan segar. Menariknya lagi, air di kolam ini dipercaya memiliki kandungan senyawa yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Banyak orang yang datang ke sini untuk berendam di kolam karena dipercaya mampu menyembuhkan pegal-pegal, encok, dan rematik. Didukung dengan udara yang segar dan suasana yang tenang, Situ Janawi bisa menjadi tempat terbaik untuk menghilangkan penat dan jenuh.

17. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark

Selain wisata alam, Majalengka juga memiliki wisata buatan yang digandrungi anak-anak, salah satunya Jembar Waterpark. Taman bermain ini terbilang unik karena menyuguhkan patung hewan zaman purba yaitu dinosaurus.

Keunikan lainnya yang ditawarkan taman bermain air ini yaitu konsep yang diusung. Taman air ini mengusung konsep atau nuansa khas pedesaan yang membuat wisatawan betah berlama-lama di objek wisata ini.

Waterpark yang terletak di Desa Ranjiwetan ini buka setiap hari mulai hari Senin hingga Minggu. Untuk biaya tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp20.000 untuk hari Senin – Sabtu dan Rp25.000,00 untuk hari Minggu atau libur Nasional.

18. Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja juga menjadi tempat wisata buatan yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Sesuai dengan namanya yang unik, kolam ini dulunya merupakan tempat pemandian para pejabat pemerintah saat kerajaan Belanda memerintah.

Air di kolam ini juga masih bersih dan jernih karena berasal dari mata air akar yang mengalir ke dalam kolam. Meskipun terkesan kuno karena sudah berusia ratusan tahun, namun objek wisata kolam renang ini sudah difasilitasi dengan area outbond yang memadai.

Kolam yang terletak di Kelurahan Cigasong ini semakin menarik perhatian pengunjung karena view alamnya yang terkesan unik. Wisatawan juga bisa menemukan beberapa peninggalan zaman Belanda seperti Tuga dan beberapa pohon berukuran besar di sekitar kolam.

19. Museum Talaga Manggung

Museum Talaga Manggung

Puas berjalan-jalan di objek wisata alam, Anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata edukasi di Majalengka, salah satunya Museum Talaga Manggung. Museum yang terletak di Desa Talaga Wetan ini menyuguhkan beragam koleksi peninggalan Kerajaan Talaga Manggung.

Beberapa peninggalan tersebut antara lain peralatan perang, alat kesenian tradisional, kereta kencan, dan masih banyak lagi. Museum ini dibagi menjadi 3 ruangan yang boleh dikunjungi oleh wisatawan.

Di ruangan pertama, wisatawan bisa melihat silsilah keluarga kerajaan. Sementara itu, di ruangan kedua dan ruangan ketiga terdapat beragam alat perang dan alat kesenian.

Pihak pengelola dan masyarakat sekitar juga masih melakukan adat dan ritual memandikan barang-barang peninggalan kerajaan tersebut setiap tahunnya sebagai upaya menghormati leluhur.

20. Petilasan Prabu Siliwangi

Petilasan Prabu Siliwangi

Selain wisata edukasi dan sejarah, Anda juga bisa berkunjung ke wisata religi di Majalengka yaitu petilasan Prabu Siliwangi. Objek wisata religi sekaligus wisata historis ini terletak di kaki gunung Ciremai.

Di sini, Anda bisa menemukan situs sejarah mengenai perjalanan hidup Prabu Siliwangi. Tidak hanya itu saja, kawasan petilasan ini juga menyuguhkan beberapa objek wisata lainnya seperti Situ Beber, Situ Cipadung, Talaga Emas, Talaga Pancuran, hutan lindung, dan sumur tujuh.

Setiap objek wisata ini dipercaya menjadi lokasi favorit Prabu Siliwangi untuk melakukan berbagai aktivitas. Harga tiket masuk yang dibanderol juga relatif terjangkau yaitu Rp20.000,00 per orang.

Beberapa rekomendasi wisata Majalengka di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin berlibur ke daerah tersebut. Karena alamnya yang masih asri dan udaranya yang masih sejuk, Majalengka memang menjadi pilihan terbaik untuk berlibur dan melepas penat.