20 Destinasi Wisata Karawang Terbaik dan Terbaru, Recommended!

 

Samudranesia.id – Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang letaknya berbatasan langsung dengan Bogor dan Purwakarta. Selain dikenal dengan julukan ‘kota industri’, Karawang juga memiliki banyak destinasi wisata menarik. Lalu, apa saja destinasi wisata Karawang yang recommended?

Ada banyak pilihan tempat wisata menarik di Karawang mulai dari pantai, danau, curug, hingga monumen bersejarah. Untuk mengetahui rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di Karawang, berikut ulasan selengkapnya.

Daftar Destinasi Wisata Karawang Terbaik dan Recommended

Dikenal sebagai kota industri, Karawang rupanya menyimpan potensi alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada banyak keindahan yang ditawarkan baik wisata alam maupun wisata sejarah. Berikut ini beberapa tempat wisata di Karawang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis merupakan salah satu pantai yang populer di Karawang dan tak pernah sepi pengunjung. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang indah berupa hamparan pasir putih dengan ombak yang relatif tenang.

Di pantai ini, wisatawan bisa menyewa ban untuk berenang di bibir pantai. Tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus karena di sekitar pantai sudah banyak warung. Pantai yang berjarak sekitar 70 kilometer dari ibukota Karawang ini memberlakukan harga tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

2. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Tempat wisata Karawang selanjutnya yang recommended yaitu Pantai Pelangi. Pantai yang berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Karawang ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan menawan.

Akses jalan menuju pantai ini juga mudah dijangkau sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor, mobil, bahkan bus. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, mata Anda akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang hijau.

Sama seperti Pantai Tanjung Pakis, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga aman digunakan bermain air dan bermain pasir di pinggir pantai. Harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau yaitu Rp5.000,00 per orang.

3. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Masih seputar wisata pantai, Samudera Baru juga menjadi tempat wisata di Karawang yang lagi hits dan ramai didatangi wisatawan, terutama di akhir pekan. Pantai Karawang satu ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak-anak yang ingin bermain air di bibir pantai.

Meskipun pasir pantainya tidak seputih pasir yang ada di Pantai Pakis, namun tidak mengurangi keseruan bermain pasir di pantai ini. Lokasinya yang berada di Kecamatan Pedes atau berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Karawang menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorit wisatawan.

4. Pantai Tanjung Biru

Pantai Tanjung Biru

Rekomendasi tempat wisata alam Karawang selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi yaitu Pantai Tanjung Baru. Pantai satu ini memiliki pasir berwarna coklat muda sehingga berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Pantai Karawang satu ini merupakan hasil dari pembabatan hutan bakau yang ada di sepanjang pantai. Karena hal itulah, air di pantai ini cenderung berwarna lebih keruh dibandingkan pantai lainnya dan memiliki banyak endapan lumpur di beberapa sisi pantai.

Pantai Tanjung Biru ini terletak di Kecamatan Cilamaya atau sekitar 45 km dari pusat kota Karawang. Akses jalan menuju pantai ini juga masih kurang bagus dan banyak jalan yang bergelombang. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata satu ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00.

BACA JUGA  15 Wisata Lembang Murah Terbaik dan Terbaru 2022

5. Curug Bandung

Curug Bandung

Rekomendasi tempat wisata Karawang selanjutnya selain pantai yaitu Curug Bandung. Air terjun satu ini populer di kalangan wisatawan karena panorama alam yang indah dan asri.

Di kawasan wisata ini, Anda bisa menemukan 7 air terjun seperti Curug Peuteuy, Curug Picung, dan yang terbesar adalah Curug Bandung. Untuk menuju lokasi curug, Anda harus berjalan sekitar 3 km dari dusun Jayanti yang terletak di Desa Mekarbuana.

Curug Bandung ini berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Karawang dan menjadi destinasi favorit wisatawan karena alamnya yang masih asri. Harga tiket masuk objek wisata ini sebesar Rp10.000,00 per orang.

6. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan juga menjadi tempat wisata Karawang instagramable yang recommended untuk dikunjungi saat liburan. Air terjun yang memiliki curahan air dari atas, kemudian akan masuk ke kolam satu dan turun ke kolam kedua, selanjutnya ke kolam tiga.

Kondisi alam di sekitar Curug Cipanundaan ini masih sangat asri dan alami. Selain itu, di kawasan wisata ini, wisatawan juga bisa menemukan 2 curug lainnya yaitu Curug Cikoleangkak dan Curug Cikarapyak.

Untuk bisa mencapai lokasi curug, wisatawan harus menempuh jarak cukup jauh melewati jalan setapak dan sungai berbatu dengan cara berjalan kaki. Selain itu, wisatawan juga harus melewati semak dan hutan belukar yang cukup lebat.

Meski jalan menuju curug sangat menantang, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Udara di sekitar objek wisata alam ini juga masih segar dan sejuk sehingga cocok untuk melepas penat dari rutinitas yang padat.

7. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis juga menjadi rekomendasi tempat wisata terdekat Karawang yang tidak boleh dilewatkan. Air terjun dengan ketinggian 25 meter ini menyuguhkan pesona alam yang indah dan asri.

Lokasinya yang berada di kawasan Gunung Sanggabuana membuat suasana di curug ini masih terlihat alami dengan udara yang sejuk dan bersih. Akses jalan menuju lokasi air terjun juga terbilang menantang sehingga sering dijadikan sebagai tempat hiking, trekking, dan bersepeda.

Selain menyajikan pesona air terjun yang indah dengan percikan air yang menyegarkan, objek wisata ini juga menawarkan view alam berupa pepohonan hijau yang rimbun. Untuk masuk kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000,00 per orang.

8. Danau Kalimati

Danau Kalimati

Meskipun namanya terdengar menyeramkan, Danau Kalimati menjadi salah satu destinasi wisata Karawang yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini menyajikan panorama alam yang indah dan asri.

Tidak perlu khawatir saat merasa lapar karena di sekitar danau sudah banyak warung makan yang menyediakan beragam menu makanan mulai dari sate maranggi hingga jajanan khas Karawang. Objek wisata ini hanya berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Karawang dengan akses jalan yang mudah.

9. Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule merupakan danau yang terbentuk dari aktivitas penambangan pasir dan menjadi destinasi wisata recommended di Karawang. Objek wisata Karawang satu ini menyuguhkan pemandangan gunung dari kejauhan yang indah dan menakjubkan.

Keunikan lain yang bisa dijumpai di objek wisata alam ini yaitu perahu-perahu yang dijalankan dengan kabel baja yang membentang mulai dari tepian danau hingga tepi pulau Cinta. Objek wisata yang terletak di Desa Walahar Ciampel ini hanya berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Karawang.

10. Situ Kamojing

Situ Kamojing

Situ Kamojing merupakan objek wisata Karawang yang sebenarnya adalah daerah resapan air. Danau ini terletak di kawasan hutan konservasi dengan panorama alam yang indah sehingga sering dijadikan sebagai lokasi syuting film atau sinetron.

BACA JUGA  19 Wisata Kuningan Terbaik 2022 dan Wajib Dikunjungi!

Di sekitar danau ini, Anda juga bisa menemukan sebuah restoran bergaya klasik modern yang instagramable. Selain itu, di sekitar objek wisata ini, Anda juga bisa menemukan beberapa hotel dengan fasilitas bintang 3 yang recommended untuk menginap.

Objek wisata danau ini terletak di Desa Dawuan, Cikampek atau sekitar 22 km dari pusat kota Kabupaten Karawang. Karena keindahan alam yang ditawarkan dan suasana yang tenang, Situ Kamojing menjadi tempat healing dan refreshing yang recommended.

11. Green Canyon

Green Canyon

Green Canyon Karawang merupakan sebuah ngarai yang terbentuk akibat erosi tanah. Erosi ini disebabkan karena aliran sungai yang mengalir di dalam gua lebih dari ratusan tahun. Untuk bisa mencapai lokasi wisata, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 km dari Dusun Cipaga.

Pada mulanya, objek wisata ini hanya terkenal di kalangan masyarakat Karawang saja. Namun, seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi yang makin canggih, Green Canyon Karawang makin populer dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

12. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang

Selain objek wisata alam yang indah, Karawang juga memiliki tempat wisata budaya yang menarik yaitu Kampung Budaya Karawang. Kampung budaya yang dipelopori oleh beberapa seniman dan dibangun pada tahun 2015 lalu ini sengaja didirikan untuk melestarikan budaya dan kesenian.

Sejak resmi dibuka sebagai destinasi wisata budaya, kampung budaya ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Selain menambah wawasan mengenai budaya setempat, wisatawan juga bisa melihat beberapa barang pajangan yang unik dan bisa dijadikan buah tangan alias oleh-oleh.

Selain belajar budaya, pemandangan alam di sekitar kampung budaya ini juga tak kalah indah dengan bangunan khas dan hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata.

13. Candi Jiwa

Candi Jiwa

Candi Jiwa merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Karawang yang letaknya tidak jauh dari garis pantai utara provinsi Jawa Barat, tepatnya di Desa Segaran dan Desa Tegaljaya Candi satu ini memiliki bentuk menyerupai padma atau bunga teratai.

Di bagian tengah candi terdapat denah struktur melingkar seperti bekas lapik patung Budha atau stupa. Keberadaan candi ini dikenal sejak dimulainya penelitian yang diadakan pada tahun 1922 lalu berdasarkan laporan dari masyarakat setempat.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini yaitu sore hari karena view alamnya yang sangat indah dan eksotik. Harga tiket masuk objek wisata candi ini juga sangat terjangkau yaitu Rp5.000,00.

14. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark

Rekomendasi wisata Karawang selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga yaitu Wonderland Adventure Waterpark. Sesuai dengan namanya, wisata buatan satu ini menawarkan pengalaman petualangan terbesar di Karawang.

Dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar, Anda bisa menemukan berbagai macam wahana permainan air yang menarik. Tidak hanya berenang dan bermain air, pihak pengelola objek wisata juga sudah menyediakan fasilitas fitness center dan lapangan fitness.

Selain itu, di kawasan waterpark ini, wisatawan juga bisa mencoba keseruan bermain wahana outbond yang memacu adrenalin. Harga tiket masuk objek wisata ini relatif terjangkau yaitu Rp25.000,00 per orang.

15. Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Selain Wonderland Adventure Waterpark, Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis juga bisa menjadi tempat wisata keluarga yang recommended. Objek wisata air di Karawang satu ini mengusung konsep back to nature.

Wisatawan bisa bermain air sembari menikmati view alam pegunungan yang indah. Udara di sekitar waterboom ini juga masih sejuk dan segar karena berada di kawasan hutan. Lokasi waterboom ini terletak di Desa Mekar Buana dengan harga tiket masuk sekitar Rp15.000,00 – Rp20.000,00.

BACA JUGA  15 Destinasi Wisata Subang Terbaru 2022 yang Menarik

16. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Masih seputar objek wisata taman air alias waterpark, Taruma Leisure Waterpark bisa menjadi tempat wisata keluarga yang wajib untuk dikunjungi saat liburan di Karawang. Objek wisata satu ini berada di tengah kota, tepatnya di sebuah kawasan hunian terpadu yang strategis.

Hal inilah yang membuat objek wisata taman air ini memiliki atmosfer yang sejuk dan menyegarkan. Di objek wisata ini, wisatawan bisa menemukan beragam wahana permainan air yang seru dan menyenangkan seperti water slide, wave pool, leisure pool, kiddy pool, dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan namanya, Taruma Leisure Waterpark ini terletak di Jalan Tarumanegara, tepatnya di kawasan Perumahan Grand Taruma. Untuk bisa menikmati wahana permainan di waterpark ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp50.000,00 (weekdays) dan Rp65.000,00 (weekend).

17. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar

Masih seputar wisata buatan, Anda bisa berkunjung ke Bendungan Walahar yang ada di Karawang. Bendungan yang sudah ada sejak tahun 1925 lalu ini memang menjadi bendungan paling terkenal dan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Karawang.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Karawang satu ini hanya untuk berfoto atau memancing ikan. Akses jalan menuju bendungan Walahar ini juga terbilang mudah dijangkau sehingga tidak mengherankan jika banyak orang berkunjung ke objek wisata buatan satu ini.

18. Vihara Sian Djin Ku Po

Vihara Sian Djin Ku Po

Menurut sejarahnya, Vihara Sian Djin Ku Po merupakan sebuah tempat singgah dan mendaratnya rombongan Tionghoa dari Teluk Ujung Karawang. Vihara ini didirikan pada tahun 1770 oleh rombongan Tionghoa tersebut.

Rombongan ini didominasi oleh marga Khouw, Lauw, dan Tjiong. Rombongan ini juga membawa abu luhur yang disebut dengan Sian Djin Ku Poh yang akhirnya dijadikan sebagai nama untuk vihara tersebut.

Selain menjadi spot foto favorit wisatawan, pihak pengelola vihara juga sering menggelar acara-acara besar seperti upacara pergantian tahun baru, atraksi barongsai, dan ulang tahun Vihara.

19. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Selain wisata alam dan wisata budaya, Karawang juga memiliki objek wisata sejarah yang edukatif. Ketika duduk di bangku sekolah, Anda pasti pernah mendapatkan pelajaran tentang sejarah Indonesia dan peristiwa Rengasdengklok, bukan?

Saat berlibur ke Karawang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok yang berlokasi di Jalan Raya Rengasdengklok. Area monumen bersejarah ini terbilang luas dan dikelilingi pagar besi yang kokoh.

Sama seperti monumen pada umumnya, monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok berbentuk tugu dengan teks proklamasi pada bagian dinding depan. Monumen ini menjadi saksi sejarah perjuangan tokoh Proklamator Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan.

20. Monumen Rawagede

Monumen Rawagede

Masih seputar tempat wisata Karawang yang sarat nilai historis, Monumen Rawagede juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Monumen yang terletak di Kecamatan Rawamerta ini sengaja dibangun untuk mengenang peristiwa sejarah yang telah memakan korban sebanyak 200 orang.

Di monumen ini, wisatawan juga bisa melihat ilustrasi kekejaman dan kebiadaban tentara Belanda dalam membantai warga sipil di daerah tersebut, termasuk perempuan dan anak-anak.

Di sekitar monumen, wisatawan juga bisa menemukan 200 makam rakyat yang rela mengorbankan nyawanya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Rekomendasi tempat wisata Karawang di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan banyaknya pilihan objek wisata yang ada di Karawang, momen liburan Anda bersama teman atau keluarga tentunya akan lebih menyenangkan dan berkesan.