Doa dan Amalan Agar Cepat Kaya Mendadak Menurut Islam

 

Samudranesia.id – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang amalan-amalan yang bisa dilakukan agar seseorang cepat kaya raya, bagi kalian yang ingin cepat kaya lakukanlah amalan berikut ini agar cepat menjadi kaya raya.

Pada hakekatnya semua orang menginginkan kekayaan, bukan berarrti gila harta namun ketika seorang menjadi kaya maka hidupnya akan jauh lebih tenang dan bisa menjalankan ibadah dengan perasaan yang tenang.

Bagi sebagian orang, masih ada yang percaya bahwa amalan doa, dzikir atau salawat bisa menjadi wasilah agar di mudahkan dilancarkan segala sesuatunya sehingga menjadi kaya raya. karena selain dengan kerja keras seseorang ketika ingin kekayaan nya melimpah ada amalan nya. Nah bagi kalian yang penasaran apa saja amalannya simak penjelasan yang akan kami jabarkan dibawah ini.

Amalan Agar Cepat Kaya

Amalan Agar Cepat Kaya

Ketika seseorang ingin melimpah kekayaan nya harus mau berusaha secara shohir dan bathin. Artinya selain bekerja keras seseorang juga harus memiliki amalan khusus yang istiqomah dilakukan untuk mencapai tujuan kekayaan yang melimpah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ، وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لَاهٍ

Berdoalah kepada Allah, sedangkan kalian dalam kondisi yakin bahwa doa kalian dikabulkan. Dan percayalah bahwa Allah tidak mengabulkan doa yang diucapkan keluar dari hati yang lalai dan bermain main (tidak sepenuh hati). (Ahmad, At Tirmizy dll)

Allah Ta’ala berfirman:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيراً لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al Jum’ah 10)

Sholat Dan Dzikir

Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْـدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim)
Tak hanya dalam hadis shahih, sholat tahajud juga tertuang dalam Alquran, salah satunya dalam surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi:
Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al Isra (17): 79)
Dalam al-qur’an dan hadist dijelaskan bahwa seseorang yang istiqomah rajin melakukan sholat malam (tahajjud) maka seseorang tersebut akan diangkat derajatnya ketempat yang terpuji oleh Allah.
Tidak cukup dengan sholat tahajjudnya saja, ketika sudah melakukan sholat tahajjud seseorang hendaknya meneruskan dengan membaca bacaan dzikir membarengi iktiyar sholat tahajjud, nah terkait bacaan dzikirnya kalian bisa mengamalkan dzikir berikut dalam kehidupan sehari-hari.
Membaca Doa Nabi Sulaiman

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb.

Doa ini dibaca sebanyak 41 kali setelah sholat tahajjud dan alangkah baiknya jika dilakukan dengan istiqomah setiap harinya.
Membaca Dzikir
Selain membaca doa diatas kalian juga bisa membaca  لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ
dzikir ini paling sedikit 100 kali sebab dapat membuka pintu kekayaan.

مَنْ قَالَ لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَ لَهُ أَمَانًا مِنَ الْفَقْرِ، وَيُؤْمَنُ مِنْ وَحْشَةِ الْقَبْرِ، وَاسْتُجْلِبَ بِهِ الْغِنَى، وَاسْتُقْرِعَ بِهِ بَابُ الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa membaca Laa Ilaaha Illallaah Al-Malikul Haqqul Mubin seratus kai dalam sehari maka memperoleh jaminan aman dari kemiskinan, diselamatkan dari ngerinya kubur, mendapat kekayaan dan terbuka baginya pintu-pintu surga.” (HR. Abu Nu’aim di Shifah al-Jannah, no. 185, Al-Khatib al-Baghdadi di Tarikhnya: 12/358-359, dan selainnya).

Shalawat Nabi

Seluruh ummat muslim di dunia dianjurkan untuk memperbanyak membaca sholawat nabi, selain sebagai rasa kecintaan kepada nabi Muhammad SAW membaca sholawat juga bisa untuk memohon keberkahan, ampunan dan serta mengharap syafaat di hari akhir nanti.

Allah SWT berfirman:
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS: Al Ahzab:56)
فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ صَاحِبَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ سَمِعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يَدْعُو فِي صَلَاتِهِ لَمْ يُمَجِّدْ اللَّهَ تَعَالَى وَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجِلَ هَذَا ثُمَّ دَعَاهُ فَقَالَ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَمْجِيدِ رَبِّهِ جَلَّ وَعَزَّ وَالثَّنَاءِ عَلَيْهِ ثُمَّ يُصَلِّي عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ يَدْعُو بَعْدُ بِمَا شَاءَ
Fadhalah bin Ubaid seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata; Rasulullah shallAllahu waalaihi wa sallam mendengar seorang laki-laki berdoa dalam shalatnya dan tidak mengagungkan Allah taala serta tidak bershalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam, kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Orang ini telah terburu-buru.” Kemudian beliau memanggilnya dan berkata kepadanya atau kepada orang lain: “Apabila salah seorang diantara kalian melakukan shalat maka hendaknya memulai dengan mengagungkan Tuhannya yang Maha Agung dan Perkasa, serta dengan memuji kepadaNya, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam kemudian berdoa setelah itu dengan apa yang ia kehendaki.” (HR. Abu Daud) [ No. 1481 Baitul Afkar Ad Dauliah] Shahih.

Adapun amalan sholawat yang dibaca, silahkan simak penjelasan dibawah ini:

BACA JUGA  Doa Awal Ramadhan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 1443H 2022

Membaca Sholawat Aliful Ma’luf

Selain doa, kita juga bisa membacakan sholawat Aliful Ma’luf agar segala kebutuhan/hajat terkabulkan.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اْلاَلِفِ اْلمَأْلُوْفِ اُجْبُرْنِيْ جَاجَتِيْ

Allaahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadinil alifil ma’luufi ujburnii haajatii

Artinya:

“Ya Allah, limpahkan rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad yang berjiwa lembut. Penuhilah kebutuhanku..(disebutkan hajatnya).”

Membaca Sholawat Nabi

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma Shalli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa’alaa Aali Sayyidinaa Muhammadin

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.

Showalat ini dibaca sebanyak 100 kali dalam satu waktu, dan sebelum membacanya sebaiknya kita bertawassul terlebih dahulu. adapun tawassulnya sebagai berikut:

إلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (اَلْفَاتِحَة)

ثُمَّ إلَى حَضْرَةِ إِخْوَانِهِ مِنَ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَاْلأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَاْلعُلَمَاءِ وَاْلمُصَنِّفِيْنَ وَجَمِيْعِ اْلمَلاَئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا سَيِّدنَا شَيْخِ عَبْدِ اْلقَادِرِ الجَيْلاَنِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ (اَلْفَاتِحَة)

ثُمَّ إلَى جَمِيْعِ أَهْلِ اْلقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ إلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا أبَاءَنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادَنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخَنَا وَمَشَايِخَ مَشَايِخِنَا وَلِمَنِ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ وَخُصُوْصًا (Nama arwah yang dikirimi hadiah tahlil) (اَلْفَاتِحَة)

 

Membaca Surat Ar-Rahman Dan Al-Waqiah

Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Oleh karena itu, rutin membaca Ar-Rahman bermanfaat untuk mengingatkan kita agar selalu memiliki sifat yang penuh kasih sayang kepada Allah dan makhluk-Nya.

Abdullah bin Mas’ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

” Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

BACA JUGA  Amalan Doa Agar Mantan Minta Balikan Dalam 1 Hari, Ampuh!

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT

Cara Mengamalkan Bacaan surat Ar-rohman Dan Al-waqi’ah

Surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali setelah menunaikan sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Selain itu dibaca setelah sholat dhuha di tambah dengan membaca surat Ar-rohman. Dan jangan lupa setiap akan membacanya dianjurkan untuk bertawasul terlebih dahulu, seperti yang sudah dicontohkan diatas.

Puasa Sunnah

Dari Usamah bin Zaid berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Amalan yang terakhir agar cepat kaya adalah puasa sunnah, dan salah satu puasa sunnah adalah puasa senin-kamis. puasa sunnah seringkali disebut sebagai solusi bagi yang membutuhkan rezeki.

Penutup

Sekian penjelasan kami tentang amalan agar cepat kaya, semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah menyimak artikel kami, jangan lupa ikuti artikel terbaru kami yang tidak kalah menarik dari artikel-artikel sebelumnya.