Bacaan Doa Agar Tidak Gugup Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

 

Samudranesia.id – Jika kalian gugup bacalah amalan doa berikut ini, dijamin ampun untuk menghilangkan kegugupan di depan umum. Yuk simak penjelasannya dibawah ini mengenai Doa Agar tidak Gugup atau gerogi arab, latin dan artinya.

Sebagian orang memang ada yang kesulitan menghilangkan perasaan gugup ketika dihadapi dengan keadaan tertentu, gugup merupakan hal yang manusiawi setiap orang pasti pernah merasakannya.

Sifat gugup dapat merugikan diri kita sendiri makanya harus ada upaya untuk menghilangkan nya. Takutnya ketika kita berada pada moment penting namun ternyata menghadapinya dengan gugup sehingga hasilnya tidak maksimal.

Nah untuk mengatasinya disini kami akan memberikan beberapa tips dan bacaan doa yang bisa kalian amalkan ketika ditempa perasaan gugup, berikut penjelasannya:

Tips Agar Tidak Gugup

Doa Agar Tidak Gugup

Dari awal sudah kami jelaskan bahwa perasaan gugup bisa membuat fatal pada diri kita, nah untuk mengatasinya kalian bisa ikuti tips dibawah ini:

Percaya Diri

Dalam kasus gugup percaya diri adalah poin penting yang harus diteguhkan, dengan rasa percaya diri kalian akan mampu mengatasi gugupnya. Dengan percaya diri pikiran-pikiran negative akan hilang begitu saja. sehingga ahirnya kalian bisa enghilangkan kegugupan pada diri anda.

Bersikap Tenang & Positive Thingking

Mayoritas orang ketika sudah gugup sudah bisa dipastikan bahwa dia pasti tidak merasa adanya etengangan dalam dirinya dan cenderung tidak jelas apa yang dilakukan dan dikatakan, padahal sebenarnya kita cukup mengatur bola berpikir kita dan ambil napas panjang dan dilakukan berulang kali. Secara tidak sadar kegugupan akan terhempas dari diri anda sekalian.

Kerahkan Energi Positive

Kerahkan energi posotive kalian dengan menggabungkan antara percaya diri, bersikap tenang dan berpikir positive, jika ketiganya dilakukan secara bersamaan maka akan tercipta yang namanya energi positive, nah disitulah saatnya anda sekalian mengerahkan energi positif pada pribadi masing-masing. Maka kegugupan pada diri anda seketika akan hilang.

Namun bagi sebagian orang yang memiliki kegugupan akut mereka dominan lebih parno an, dan biasanya tidak cukup dengan tips-tips yang kami bagikan, selain tips diatas kalian juba bisa membaca doa yang diajarkan oleh para ulama’. Berikut bacaan doa agar tidak gugup:

BACA JUGA  Inilah Bacaan Doa Agar Anak Nurut Perkataan Ibunya

Kumpulan Doa Agar Tidak Gugup

Doa Agar Tidak Gugup

Bagi kalian yang ingin menghilangkan rasa gugup, kalian bisa mengamalkan bacaan doa dibawah ini. Dijamin ampuh dan Insyaallah gugup teratasi. Untuk bacaan doanya simak penjelasan kami dibawah ini:

Doa Agar Tidak Gugup

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

A‘udzu bi kalimatillahit tammati min ghadhabihi, wa ‘iqabihi, wa syarri ‘ibadihi, wa min hamazatis syayathini wa an yahdhurun.

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.

Doa Agar Hati Tenang Saat Gugup

Hadis Nabi Muhammad SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, “Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.'”

Dengan demikian, Anda bisa membaca doa agar hati tenang sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthmainnah, tu’minu biliqooika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Artinya:

” Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Doa Diberi Kelancaran Saat Gugup

Berikut ini merupakan doa yang biasa dipanjatkan oleh Nabi Musa ‘alaihis salam agar mendapat kemudahan segala urusan:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’

Artinya: Musa berkata, Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Doa Tambah percaya Diri Saat Gugup

<style=”text-align: right;”>اللَّهُمَّ ثَبِّتْهُ وَاجْعَلْهُ هَادِياً مَهْدِيًّا

BACA JUGA  Bacaan Niat Haji Dan Umroh Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Allâhumma tsabbithu, waj‘alhu hâdiyan mahdiyyan.

Artinya, “Tuhanku, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk.”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang dikutip Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar sebagai berikut:

<style=”text-align: right;”>روينا في صحيحي البخاري ومسلم عن جرير بن عبد الله البجلي رضي الله عنه قال: شكوت إلى النبي (صلى الله عليه وسلم) أني لا أثبت على الخيل، فضرب بيده في صدري وقال: اللهم ثبته واجعله هاديا مهديا

Artinya, “Kami diriwayatkan di dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah RA, ia berkata, ‘Aku mengadu kepada Nabi SAW bahwa aku tidak mantap dalam mengendarai kuda.’ Rasulullah SAW lalu menepuk tangannya ke dadaku. Ia berdoa, ‘Tuhanku, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275). Dengan doa ini, kita mengharapkan seseorang lebih percaya diri sehingga tidak panik dalam mengendara serta dapat menguasai kendali kendaraan yang ditumpanginya. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)

Doa Diberi Pencerahan Saat Gugup

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Latin:

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya:

“Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

BACA JUGA  Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul Beserta Artinya (Lengkap)

Doa Diperbaiki Urusan Saat Gugup

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin:

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Selain doa-doa diatas kalian juga bisa membaca ayat-ayat Al-qur’an yang dipercayai bisa menghilangkan gup, berikut bacaan nya:

Baca Surat At Taubah 51

قُل لَّن يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ ٱللَّهُ لَنَا هُوَ مَوۡلَىٰنَاۚ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ  ٥١

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal”.

Baca Surat Ali Imran 160

إِن يَنصُرۡكُمُ ٱللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمۡۖ وَإِن يَخۡذُلۡكُمۡ فَمَن ذَا ٱلَّذِي يَنصُرُكُم مِّنۢ بَعۡدِهِۦۗ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ  ١٦٠

“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.”

Baca Surat Al Anfal 9-10

إِذۡ تَسۡتَغِيثُونَ رَبَّكُمۡ فَٱسۡتَجَابَ لَكُمۡ أَنِّي مُمِدُّكُم بِأَلۡفٖ مِّنَ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةِ مُرۡدِفِينَ  ٩ وَمَا جَعَلَهُ ٱللَّهُ إِلَّا بُشۡرَىٰ وَلِتَطۡمَئِنَّ بِهِۦ قُلُوبُكُمۡۚ وَمَا ٱلنَّصۡرُ إِلَّا مِنۡ عِندِ ٱللَّهِۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ  ١٠

Artinya : “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut“(9) Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”(10)

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai disini pembahasan samudranesia.id tentang Doa Agar Tidak Gugup, Terimakasih sudah berkunjung. Apabila ada salah penulisan kata kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dam jangan lupa ikuti update an terbaru artikel kami, sampai bertemu di artikel selanjutnya.