Zoom Error Code 1001 Begini Cara Mengatasinya!

 

Samudranesia.id – Pada akhir ini terjadi Zoom Error yang membuat pengguna merasa resah. Pada artikel ini kita akan membahas apa penyebab serta cara mengatasi zoom yang error agar bisa digunakan kembali seperti semula.

Kamu pasti udah ga asing lagi kan sama platform zoom? Platform zoom adalah layanan untuk konferensi video, rapat online, dan pembelajaran jarak jauh untuk anak sekolah. Saat pandemi, platform ini sangat berguna karena dapat mengumpulkan orang-orang di dalam suatu konferensi tanpa terbatas jarak dan waktu.

Tapi, apakah Kamu pernah mengalami zoom error ketika sedang melakukan meeting? Error ini akan cukup mengganggu ketika kita sedang mengikuti meeting yang penting. Salah satu error yang sering muncul adalah error code 1001. Sebenarnya, apa arti dari error ini? Bagaimana cara mengatasinya? Ingin tau jawabannya? Ikuti pembahasan ini ya.

Apa Arti Zoom Error Code 1001?

Apa Arti Zoom Error Code 1001

Zoom memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Dengan menggunakan zoom, Kamu bisa mengikuti rapat, webinar, pembelajaran jarak jauh, diskusi, kerja kelompok, hingga menonton film bersama teman. Namun, pasti adakalanya Kamu mengalami error.

Zoom akan memunculkan kode error sebagai label sehingga pemecahan masalahnya dapat lebih mudah. Salah satu kode error yang muncul dan mungkin pernah Kamu alami adalah error code 1001. Lalu, apakah arti kode tersebut?

Error code 1001 pada zoom dapat terjadi ketika alamat email yang Kamu gunakan bukanlah milik akunmu. Biasanya, kalau Kamu memiliki akun Zoom di luar organisasimu, zoom akan menampilkan code error 1001. Hal ini karena zoom tidak dapat mengenali email tersebut sebagai milikmu. Artinya, akun zoom tersebut tidak terikat dengan lisensi sekolah atau perusahaan asalmu.

BACA JUGA  Facebook Error Hari Ini 2022 ? Berikut Penjelasan + Cara Mengatasinya

Masalah ini lebih sering terjadi di kalangan pengguna sekolah dan universitas daripada di kalangan pengguna bisnis.

Bagaimana Mengatasi Zoom Error Code 1001?

Bagaimana Mengatasi Zoom Error Code 1001

Walaupun mungkin Kamu mengalami error 1001, Kamu tidak perlu bingung dan khawatir. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

1. Merestart Device Kamu

Ini adalah “Trik lama” yang sangat mudah. Dalam beberapa kasus, hanya dengan melakukan restart pada device Kamu, itu sudah bisa mengatasi error code 1001. Cara ini dapat memuat ulang sumber dayanya dengan mengatasi masalah jaringan yang mengarah ke server zoom.

  1. Kamu bisa klik start atau windows pada laptop/PC Kamu.
  2. Kemudian, klik tombol power.
  3. Pilih restart. Kamu juga bisa pilih shutdown dan menyalakan ulang secara manual.
  4. Setelah direstart, Kamu bisa cek lagi apakah zoom Kamu masih menampilkan error code 1001.

2. Login Dengan Akun Zoom Organisasi Kamu

Seperti penyebab munculnya error code 1001 yang terjadi karena penggunaan email, Kamu perlu login kembali dengan akun organisasimu. Kamu bisa coba sambungkan kembali sebagai berikut.

  1. Pertama, Kamu perlu logout dari semua akun zoom yang ada. Ini bertujuan agar Kamu dapat tau email mana yang menyebabkan error. Jika Kamu login dengan banyak email dan tidak tau akun mana yang bermasalah, maka langkah ini perlu dilakukan.
  2. Kemudian, pakai URL akun zoom organisasi Kamu, baik sekolah atau kampus. Kamu juga bisa menggunakan format berikut: https://[nama universitas/sekolah] .zoom.us/ login. Lalu, Kamu bisa klik login.
  3. Jika sudah berhasil login, Kamu akan mendapatkan email konfirmasi.
  4. Buka email yang relevan dan klik link yang dikirimkan untuk melakukan konfirmasi.
  5. Setelah itu, klik “Beralih ke akun baru” dan setujui semua persyaratannya.
  6. Apabila sudah selesai, Kamu tinggal masuk dengan akun yang terhubung.
  7. Kalau tidak muncul error code 1001, maka masalahnya sudah teratasi.
  1. Perbarui aplikasi zoom
    Cara lain untuk memperbaiki kesalahan pembesaran adalah dengan memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Aplikasi Zoom yang kedaluwarsa biasanya menyebabkan beberapa masalah. Bisa jadi kode 1001
BACA JUGA  Aplikasi Gojek Error Hari Ini ? Berikut Penyebab + Cara Mengatasinya

3. Selalu Update Zoom Kamu

Cara dan tips menghindari error code 1001 adalah dengan selalu memperbaharui zoom Kamu. Ini adalah pilihan yang cerdas. Dengan rutin memperbaharui aplikasi, ini bisa mencegah munculnya bug dan juga bisa meningkatkan performa aplikasi Kamu. Aplikasi zoom yang sudah kedaluwarsa juga terkadang bisa menyebabkan masalah. Ini juga bisa jadi yang memicu munculnya error code 1001.

Jadi, Kamu perlu selalu memperbaharui software zoom Kamu setiap muncul update terbaru. Jika tidak ingin update secara manual, Kamu bisa mengaktifkan opsi pembaruan otomatis. Atau Kamu juga bisa membuka play store ataupun app store untuk memeriksa pembaruan.

Proses pembaruan zoom juga terbilang cepat. Jadi jika ada notifikasi pembaruan, segeralah untuk klik “Perbarui” dan Kamu tinggal tunggu beberapa saat. Setelah memperbaharui zoom, Kamu tinggal masuk lagi dengan akunmu.

4. Menonaktifkan Software Antivirus

Memang ini tidak begitu berdampak, tapi adakalanya error code 1001 muncul karena pengguna menaktifkan antivirusnya. Oleh sebab itu, Kamu bisa coba menonaktifkannya. Fungsi antivirus adalah mencegah kesalahan zoom dengan cara mengkarantina beberapa file zoom. Inilah yang berpotensi memunculkan error code 1001 di zoom Kamu.

Jadi, untuk menghindari hal itu, Kamu bisa coba untuk menonaktifkan software antivirusmu. Tapi cara ini tidak begitu disarankan. Hal ini karena tidak aman menggunakan komputer tanpa perlindungan dari antivirus. Disarankan agar Kamu hanya menggunakannya untuk alternatif pemecahan masalah dan melihat apakah itu mungkin penyebab error.

5. Menghapus Memori Cache Pada Device Kamu

Seringkali, memori cache juga bisa menyebabkan bug pada aplikasi di device Kamu. Jadi, Kamu bisa coba membersihkan cache untuk mengatasi error code 1001. Memori cache ini dapat dibersihkan dari HP Kamu dengan cara berikut.

  1. Pertama, Kamu bisa buka pengaturan di HP Kamu.
  2. Kemudian scroll kebawah dan klik aplikasi yang diinstal. Biasanya ini ada di bawah pengaturan aplikasi.
  3. Cari aplikasi zoom dan klik.
  4. Setelah itu, pergi ke penyimpanan. Semua keterangan tentang aplikasi zoom di HP Kamu ada disitu.
  5. Terakhir, Kamu bisa klik “Hapus cache”.
BACA JUGA  Axis Error Hari Ini ? Jangan Panik Begini Cara Mengatasinya 100% Work

6. Menginstal Ulang Software Zoom Error Kamu

Jika Kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas tetapi gagal untuk mengatasi masalahnya, maka cara terakhir yaitu dengan menginstal ulang zoom kamu. Mungkin dengan menghapus dan menginstal ulang zoom Kamu juga bisa mengatasi masalah error code 1001.

  1. Pertama-tama Kamu perlu menghapus zoomnya terlebih dahulu
  2. Jika di laptop atau PC, Kamu bisa Klik [Control Panel]
  3. Lalu menuju [Programs and Features]
  4. Kemudian menuju [Uninstall a program]
  5. Berikutnya pilih [Zoom]
  6. Setelah itu klik [Uninstall].
  7. Selesai.

Jika di Android, Kamu hanya perlu tekan dan tahan aplikasi zoom hingga opsi muncul. Kemudian pilih Hapus.

Kesimpulan

Masalah-masalah pada zoom seringkali mengganggu penggunanya. Error code 1001 pada zoom juga tidak jarang membuat Kamu terganggu untuk mengikuti meeting online. Oleh karena itu, gangguan error code 1001 perlu diatasi secepatnya bahkan kalau bisa diatasi secara permanen. Itulah alasan mengapa pembahasan ini perlu. Langkah-langkah serta tips yang sudah dijelaskan, sudah diuji dan dibuktikan oleh orang-orang.

Akhir Kata

Sekian tutorial dan penjelasan langkah-langkah untuk mengatasi zoom error code 1001. Semoga ini dapat membantu Kamu untuk mengatasi masalah zoom yang Kamu alami. Kami juga berharap artikel ini bermanfaat buat Kamu yang membacanya. Terima kasih sudah membaca penjelasannya hingga akhir. Mohon maaf jika banyak kesalahan. Ikuti terus Samudranesia.id untuk mendapatkan penjelasan bermanfaat lainnya.