Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memutar Video

 

Samudranesia.id – Apakah aplikasi Youtube atau Browser saat mengakses web youtube terjadi error? saat ini banyak keluhan bahwa video di youtube tidak bisa diputar seperti biasanya. Maka dari itu simak dengan baik bagaimana cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video di hp dan pc.

Kami yakin kalian sering melakukan download video YouTube dan video tersebut kalian tonton saat offline. Mungkin juga terkadang ada kendala saat ingin memutar video ternyata tidak bisa?

Jika pernah menemukan atau mengalami hal demikian tenang saja, kami akan memberikan solusi terbaik dan mencoba menganalisa apa penyebabnya.

Untuk mengetahui semua itu silakan simak ulasan artikel ini hingga selesai ya…

Penyebab Video YouTube Tidak Dapat di Putar

Penyebab Video YouTube Tidak Dapat di Putar

Sebelum membahas secara detail cara untuk memperbaiki YouTube yang tidak memutar video, alangkah lebih baiknya kalian mengetauhui terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut analisa dari kami:

1. Plugin Flash Player Tidak Ter-install

Penyebab pertama adalah pada plugin flash player anda tidak ter-install. Hal tersebut bisa  terjadi ketika kalian ingin mengunjungi YouTube melalui aplikasi browser.

Kalian harus tauh jika browser akan bisa memutar video itu diperlukan plugin flash player dan biasanya plugin flas player ini langsung terpasang di HP kalian. Akan tetapi, jika tidak ada berarti spesifikasi HP kamu masih rendah.

BACA JUGA  Y2Mate Converter Download Video Youtube Mp3 Mp4 Gratis

2. Browser yang Digunakan Belum Update/pembaruan

Penyebab kedua kenapa YouTube tidak bisa memutar video, karena browser yang kalian gunakan belum melakukan update terbaru alias masih menggunakan yang usang. Sama dengan penjelasan poin di atas, hal ini biasa terjadi apabila kalian mengakses YouTube melalui browser.

Perlu kalian perhatikan jika browser Android yang belum update biasanya akan kesulitan untuk memutar video terbaru dari YouTube. Sebab,  ada beberapa fitur belum di-upgrade atau tidak adanya perbaikan browser.

3. Koneksi Jaringan Internet Lemot

Kemudian salah satu penyebab tidak bisa memutar video YouTube, karena koneksi internet yang lemot atau jaringan sedang tidak stabil atau lagi down.

4. Video YouTube di Blokir

Penyebab berikutnya  kenapa YouTube tidak bisa memutar video,  karena video YouTube tersebut telah diblokir oleh pihak developer YouTube. Video yang diblokir disebabkan oleh peraturan kominfo yang menampilkan adegan tidak senonoh.

5. Video Saat ProsesUpload Belum Selesai

Penyebab video YouTube tidak bisa dibuka yang terakhir ialah saat Youtuber saat belum menyelesaikan upload langsung terburu-buru menyimpan.

Cara memperbaiki YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Jika  saat ini telah mengetahui penyebab video tidak bisa diputas di aplikasi YouTube, saat ini giliran anda mengetahui cara mengatasi problem tersebut. Berikut ini cara nya:

1. Silakan Update browser HP anda

Lakukanlah pembaruan Browser anda, jika belum mengetahui caranya berikut ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Silakan buka Playstore > cari Google Croome
  • Maka akan muncul gambar yang menunjukan untuk melakukan update atau Uninstal, silakan klik tombol update
  • Tunggu hingga proses selesai,

2. Lakukan Update aplikasi YouTube

Update Aplikasi

Kemudian cara kedua yaitu kalian harus melakukan update aplikasi YouTube yang terinstal di HP kalian. Namun jika ada diantara kalian yang masih bingung untuk cara update aplikasi berikut ini caranya:

  • Silakan kunjungi Playstore lakukan pencarian aplikasi YouTube
  • Maka akan muncul pemberi tahuan jikakalian bisa melakukan uninstall dan update aplikasi, pada pilihan tersebut silakan pilih klik tulisan update
  • Dan tunggu hingga selesai
BACA JUGA  Cara Keluar Dari Youtube Family di Android dan iOS Mudah Banget

3. Silakan Restart Smartphone

Nyalakan Ulang Smartphone

Apabila dua cara diatas belum berhasil, maka yang harus kalian lakukan ialah melakukan restart atau reboot HP kalian terlebih dahulu. Semua ini bertujuan untuk me-refresh software HP kalian.

4. Nonaktifkan dan Kemudian Aktifkan Jaringan internet Data dan WIFI

Nonaktifkan dan Kemudian Aktifkan Jaringan internet Data dan WIFI

Cara yang keempat yaitu dengan melakukan cara menonaktifkan jaringan internet baik lewat data atau WIFI kemudian aktifkan kembali. Ini berfungsi untuk me-refres jaringan internet.

5. Hapus Data Aplikasi YouTube

Hapus Data Aplikasi YouTube

Silakan lakukan hapus data aplikasi YouTube, sebab ini salah satu juga penyebab video tidak dapat diputar.

Lalu bagaimana caranya

  • Kunjungi menu pengaturan
  • Pilih sub menu aplikasi terinstal maka akan muncul semua aplikasi yang ada di HP kalian silakan pilih (YouTube)
  • Dan silakan pilih menu hapus data
  • Maka akan terhapus data anda

6. Hapus Cache Google

Langkah ini merupakan salah satu cara jika kalian tidak dapat melakukan Update aplikasi melalui Google Playstore. Berikut ini caranya

  1. Buka menu setelan HP kalian > tap aplikasi terinstal
  2. Kemudian tap layanan google play > hapus data
  3. Lanjutkan tap bersihkan cacha dan silakan oke

Demikian tadi penjelasan dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video lewat hp dan pc, semoga membatu anda yang sedang bingung mengenai masalah Youtube.

Dan kami beritahukan kepada Anda semua untuk menggunakan aplikasi youtube vanced, karena dengan aplikasi ini Anda bisa menonton video youtube tanpa iklan dan bebas kuota internet. Semoga bermanfaat.