Cara Bayar Shopee via SMS Banking BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll

 

Samudranesia.id – Saat ini Shopee menawarkan fasilitas pembayaran berupa SMS banking. SMS banking adalah fasilitas dari bank yang bertujuan memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi online. Jadi nantinya, Anda bisa bayar Shopee via SMS banking untuk melunasi pembayaran pesanan.

Sebenarnya, ada banyak metode pembayaran di Shopee diantaranya via ATM/Bank, minimarket Alfamart/Indomart. mobile banking dan lainnya.

Tapi dibandingkan yang lainnya, penggunaan SMS banking lebih praktis. karena saat proses pembayaran tidak memerlukan koneksi internet.

Kelebihan dan Kekurangan Bayar Shopee via SMS Banking

Kelebihan dan Kekurangan Bayar Shopee via SMS Banking

Penggunaan SMS banking tentunya tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, entah karena faktor provider atau bank.

Maka dari itu, Anda harus cari tahu dan mempelajarinya, agar proses transaksi SMS banking dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah kelebihan bayar Shopee via SMS banking :

Bisa melakukan pembayaran tanpa koneksi internet.

Jadi, metode bayar Shopee via SMS banking cocok buat Anda yang tinggal di daerah pelosok.

Selain itu, cara ini adalah solusi buat Anda yang tinggal di daerah dengan kualitas internet yang rendah atau susah mendapatkan koneksi internet.

Kalau Anda lagi di kondisi seperti itu, Anda bisa memanfaatkan SMS banking untuk melakukan pembayaran online, tanpa repot pindah tempat demi mendapatkan koneksi internet yang bagus.

Tidak perlu datang ke bank.

Anda cukup melakukan transaksi via smartphone, saat ada notifikasi yang masuk berupa SMS yang memberitahu jumlah pembayaran yang harus dilunasi.

BACA JUGA  4 Cara Kredit HP di Shopee via Kartu Kredit, Kredivo, Akulaku, dan PayLater

Semua ini bisa dilakukan saat dirumah atau dimanapun Anda berada dan kapan saja.

Sedangkan, kekurangan dari bayar Shopee via SMS banking sebagai berikut :

Ada biaya SMS berupa pulsa saat transaksi berlangsung.

Beda kalau Anda bayar pakai mobile banking, Anda tidak perlu bayar biaya SMS.

Tapi tenang saja, walaupun ada biaya sms, biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar. Setiap jenis provider punya nominal biayanya masing-masing. tapi harganya masih cukup terjangkau.

Bergantung pada sinyal di HP

Proses transaksi akan tertunda, jika provider yang Anda gunakan tidak mendapatkan sinyal. Mau tidak mau, Anda harus menunggu sampai ada sinyal untuk melanjutkan proses transaksi yang sempat tertunda.

Syarat Bayar Shopee via SMS Banking

Syarat Bayar Shopee via SMS Banking

Melakukan proses transaksi SMS banking tentunya tidak asal. Anda harus memahami dulu bagaimana prosedur atau syarat dari bank yang Anda gunakan sebelum melakukan transaksi SMS banking.

Berikut ini adalah syarat bayar shopee via SMS banking yang perlu diperhatikan :

  1. Pastikan Anda memakai nomor handphone yang sudah terdaftar di server dan sistem SMS banking. Karena kalau Anda menggunakan nomor yang berbeda proses transaksi SMS banking tidak bisa dilakukan.
  2. Sebelum melakukan proses transaksi SMS banking, pastikan Anda sudah melakukan pendaftaran SMS banking di customer service bank yang Anda gunakan. Anda bisa cari tahu caranya lewat Google atau datang langsung ke teller bank.
  3. Pahami dulu bagaimana cara bayar Shopee via SMS banking, sebelum melakukan pembayaran. Anda bisa baca caranya melalui situs resmi Shopee.
  4. Pastikan Anda punya pulsa yang cukup untuk mengirim SMS. Karena terdapat biaya penerimaan dan pengiriman via SMS Banking dan biaya otomatis dipotong dari pulsa.
  5. Sudah mengetahui format pengiriman SMS serta nomor tujuan pengiriman, karena setiap bank punya format SMS dan kebijakannya yang berbeda.
BACA JUGA  4 Penyebab Shopee Paylater Terkunci dan Cara Mengatasinya

Cara Bayar Shopee via SMS Banking (Semua Bank)

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat melakukan transaksi bayar Shopee via SMS banking.

Kalau Anda bingung dan tidak tahu urutan cara transaksi SMS banking, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini, agar tidak melakukan kesalahan saat proses pembayaran berlangsung.

Berikut ini adalah urutan cara bayar Shopee via SMS banking yang mudah untuk diterapkan :

  • Buka aplikasi Shopee untuk melakukan pemesanan produk, dengan mengetikkan kata kunci produk di kolom pencarian.
  • Pilih produk yang dibutuhkan, baca review produk terlebih dahulu, kalau bisa chat penjual untuk tanya stok produk atau keterangan produk yang lebih detail.
  • Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman pembelian untuk melakukan proses pembayaran, disana ada produk yang dibeli, harga produk, dan total keseluruhan biaya yang harus Anda bayar.
  • Anda bisa memasukkan voucher kalau ada. Voucher bisa berupa gratis ongkos kirim dan potongan harga produk. Pastikan Anda memasukkan voucher sebelum klik tombol check out/buat pesanan.
  • Setelah itu, pilih metode pembayaran. Karena disini ingin mengetahui cara bayar Shopee via SMS banking, jadi sebagai contoh disini pakai bank BRI.
  • Saat muncul pilihan metode pembayaran, pilih menu “transfer bank BRI” yang dicek secara manual, klik “konfirmasi”, setelah kembali ke halaman pembelian scroll kebawah untuk klik tombol “buat pesanan”.
  • Setelah pesanan dibuat, Anda akan dikirimkan nomor rekening untuk melakukan transaksi pembayaran dan terdapat jumlah biaya yang harus dibayar.

Setelah pesanan dibuat, Anda akan dikirimkan nomor rekening

  • Di Bagian ini, Anda bisa mengecek ulang bagaimana format SMS yang digunakan, karena setiap jenis bank yang digunakan akan berbeda pula format SMSnya. Anda bisa mencari tahu lewat Google.
  • Kalau format SMS bank BRI adalah : TRANSFER (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal Pembayaran (spasi) PIN SMS Banking BRI. Kirim ke nomor 3300
  • Pastikan saat Anda mengirim SMS menggunakan nomor handphone yang terdaftar di SMS Banking BRI, jangan pakai nomor yang berbeda.
  • Setelah mengirimkan SMS, pulsa Anda akan otomatis terpotong untuk bayar biaya SMS sekitar RP.250, dan transaksi pembayaran Anda juga akan diproses.
  • Anda juga bisa mengecek apakah pembayaran sudah berhasil atau belum, lewat akun Shopee di status pesanan. Kalau pembayaran sudah berhasil, status pesanan otomatis berubah menjadi “pesanan dikemas”.
BACA JUGA  3 Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli, Gampang!

Kalau Anda ingin menggunakan bank lain bisa terapkan cara diatas juga, tapi saat di step nomor 8, tetap harus cari tahu dulu bagaimana format SMSnya. Karena format SMS dan nomor tujuan/nomor penerima setiap jenis bank selalu berbeda

Jika sudah mengikuti cara pembayaran diatas, Anda tinggal menunggu pesanan dikirim oleh penjual ke rumah Anda.

Kalau pesanan sudah sampai, jangan lupa rekam video unboxing dan foto. Data ini bisa Anda gunakan untuk refund produk jika kondisi produknya rusak, dan digunakan untuk memberikan ulasan atau review produk sebagai penilaian dari pembeli ke penjual.

Kesimpulan

Anda bebas memilih mau menggunakan jenis metode pembayaran yang mana, tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Kalau Anda butuh metode pembayaran tanpa koneksi internet, karena terkendala kondisi daerah yang tidak memungkinkan memakai internet, maka Anda bisa menggunakan SMS banking.

Tapi Anda juga perlu ingat, kalau bayar Shopee via SMS banking tidak gratis, Anda harus membayar sesuai tarif provider yang Anda gunakan untuk mengirim satu SMS. Dan membayar biaya penanganan atau biaya admin, setiap melakukan transaksi pembayaran sebesar Rp. 1.000.