20 Wisata Purwakarta yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi!

 

Samudranesia.id – Membicarakan Purwakarta tidak bisa dilepaskan dari potensi wisatanya yang sangat menarik. Meski kawasan ini tidak terlalu luas, wisata Purwakarta jumlahnya ada banyak dan sangat layak untuk dikunjungi saat liburan. Apalagi area ini banyak menawarkan wisata alam yang masih alami.

Meksi potensi yang dimiliki oleh tempat wisata di sini ada banyak, tidak semua orang mengenalnya. Hanya wisatawan di sekitar Jawa Barat saja yang mengunjunginya. Padahal jika dipromosikan dengan baik bisa berkembang dengan sangat baik.

Daftar Wisata Purwakarta Terbaik

Kita akan membahas beberapa destinasi wisata Purwakarta yang tidak hanya menarik tetapi juga memiliki fasilitas yang lengkap. Gunakan salah satu dari rekomendasi di bawah ini sebagai tujuan agar penjelajahan ke Purwakarta berjalan dengan baik.

1. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Curug Cipurut adalah salah satu tempat wisata Purwakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasinya memang sedikit terpencil karena harus melewati beberapa kawasan hutan. Jadi dari tempat parkir harus berjalan terlebih dahulu.

Meski lokasinya memang sedikit terpencil tetapi keindahan dari tempat wisata ini memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi warga lokal memang sengaja menjaganya dengan baik agar bisa digunakan sebagai salah satu aset yang berharga.

Lokasi Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  07.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp5.000, belum termasuk parkir

2. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri

Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah bukit yang menjorok ke bagian jurang. Di sana dibangun beberapa jenis bangunan seperti gazebo atau tempat yang sering difungsikan sebagai lokasi berfoto. Jadi terlihat sangat indah dan unik.

Biasanya juga datang ke sini semua orang akan menikmati keindahan alam. Selain itu bisa juga berwisata kuliner dari beberapa warung yang memang sengaja dibuka di sekitaran bukit. Jadi tidak akan kelaparan selama menjelajahi tempat ini.

Lokasi Jalan Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional Tidak ada jam buka resmi
Tiket Masuk Gratis untuk dikunjungi

3. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World

Tempat wisata ini merupakan Waterboom yang sengaja dibuat untuk wisata keluarga. Terdapat banyak sekali fasilitas menarik yang ada di sini mulai dari papan seluncur yang cukup panjang hingga kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak.

Orang tua yang ikut masuk ke dalamnya tidak perlu khawatir karena tersedia juga beberapa kolam khusus orang tua. Jadi sekaligus bisa ikut berenang sembari menikmati beberapa kuliner yang ditawarkan oleh restoran ataupun warung di sekitar kawasan.

Lokasi Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  09.00-17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp30.000 per orang

4. Cikao Park

Cikao Park

Tempat wisata Purwakarta ini memiliki konsep seperti taman yang memiliki banyak sekali fasilitas modern. Meski demikian tempat ini juga bisa digunakan sebagai lokasi belajar bagi anak-anak karena menyediakan fasilitas edukasi.

Tempat ini cukup luas sehingga bisa dijelajahi hingga puas sembari belajar banyak hal. Biasanya tempat ini sangat ramai ketika akhir pekan sehingga disarankan untuk datang ketika weekday saja atau menghindari tanggal merah.

5. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta

Tempat ini berada di kawasan hutan ataupun perbukitan yang sangat luas dan dipenuhi dengan pohon. Tetapi di bagian tengahnya terdapat semacam tanjakan yang biasanya digunakan untuk mendaki.

Karena memiliki keindahan yang sangat besar tanjakan ini sering disebut juga sebagai tanjakan cinta. Jadi siapapun yang datang ke sini bisa menikmati penjelajahan dengan sangat luas atau sekaligus berfoto-foto.

Lokasi Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Mulai dari Rp5.000 per orang

6. Kampung Tajur

Kampung Tajur

Secara umum kampung ini memang tidak ditujukan untuk tempat wisata secara langsung. Jadi berbagai jenis fasilitas yang mendukung kegiatan pariwisata tidak ada. Namun, tempat ini sering dikunjungi oleh banyak orang karena memiliki suasana yang sangat nyaman.

Biasanya orang-orang yang datang ke sini ingin menikmati keindahan alam sekaligus mendengarkan berbagai kicauan burung. Suasana desa juga sangat asri sehingga bisa membuat pengunjung jadi betah berlama-lama.

Lokasi Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  07.00 -17.00 WIB (Tidak ada jam operasional resmi)
Tiket Masuk Gratis untuk masuk

7. Gunung Parang

Gunung Parang

Salah satu tempat wisata yang sering digunakan sebagai lokasi mendaki meski tidak terlalu tinggi. Setidaknya harus mendaki dengan ketinggian 1000 mdpl tetapi tanjakan yang ada di sini cukup menantang.

Apalagi kemiringannya sekitar 45° sehingga membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi ketika akan naik. Biasanya tempat ini digunakan untuk pendakian bagi pemula yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus menantang kekuatan fisik.

Lokasi Kampung Cihuni, Desa Sukamulya Tegalwaru, Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Gratis untuk masuk (ada biaya pemandu dan akomodasi)

8. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills

Ada dua hal yang bisa dilakukan di tempat ini. Pertama adalah datang sebagai tamu sehingga kamu bisa menyewa akomodasi yang sangat mewah. Karena lokasinya yang dingin, tempat ini cocok sekali untuk melakukan staycation.

Lebih lanjut tempat ini juga bisa digunakan juga untuk relaksasi karena bisa berenang di beberapa kolam yang disediakan. Selain itu bisa juga berfoto-foto di beberapa lokasi dengan pemandangan yang sangat indah.

Lokasi Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Gratis, untuk menginap mulai Rp700.000

9. Tebing Boyer

Tebing Boyer

Sebelum sampai di Tebing Boyer seorang wisatawan harus mendaki dan menantang kekuatan fisik mereka. Apalagi lokasinya memang sedikit terpencil sehingga harus berhati-hati dan waspada untuk menghindari kecelakaan.

Meski demikian ketika sudah sampai di bagian atas keindahan alam yang sangat hebat akan terlihat dengan jelas. Pemandangan ini bisa langsung dinikmati atau diabadikan dengan kamera. Apabila ingin datang ke sini disarankan untuk menghindari hari hujan.

Lokasi Jalan Kp.Talun No.Desa, Tajur Sindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Gratis masuk, belum termasuk parkir

10. Gunung Lembu

Gunung Lembu

Tempat ini cocok sekali untuk mereka yang hobi sekali muncak. Tetapi dengan Medan yang sedikit lebih nyaman sehingga tidak perlu terlalu bersusah payah. Jadi cocok sekali digunakan sebagai lokasi wisata untuk pemula.

Selain untuk melakukan penentangan fisik tempat ini tidak akan menyediakan apapun. Namun begitu sampai di bagian puncak pemandangan yang sangat indah bisa langsung dinikmati sehingga segala lelah yang dialami akan hilang.

Apabila ingin datang ke sini disarankan untuk menghindari musim hujan karena akan cukup berbahaya ketika mendaki. Jadi pastikan untuk datang pada hari biasa saja agar lebih aman.

11. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Wisata gunung di kawasan Purwakarta ternyata jenisnya ada banyak. Biasanya tempat wisata jenis ini bisa dijelajahi dengan melakukan proses pendakian mulai dari bawah hingga akhir. Jadi sebelum melakukan penjelajahan memang dibutuhkan fisik yang kuat.

Apabila ingin menjelajahi beberapa gunung termasuk gunung Bongkok disarankan untuk menghindari hari hujan. Saat hujan biasanya Medan akan sulit untuk dijelajahi karena terasa sangat licin.

Di bagian atas kemungkinan besar tidak akan ada orang yang akan berjualan. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk membawa beberapa bekal yang tidak terlalu banyak agar bisa dinikmati ketika berada di atas.

Lokasi Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (Dekat Pasar Plered)
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Mulai Rp12.000 per orang

12. Urban Farming Center

Urban Farming Center

Seperti namanya tempat wisata edukasi Purwakarta ini digunakan untuk belajar khususnya anak-anak ataupun siswa sekolah. Terdapat pusat untuk bertani sehingga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar menanam berbagai jenis tanaman.

Jadi sembari menikmati pengalaman edukasi yang sangat tinggi. Anak-anak juga bisa menikmati keindahan dan juga berbagai jenis fasilitas modern yang ada di sini. Apalagi tiket masuk untuk masuk juga sangat murah.

Lokasi Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00-16.00 WIB (Sabtu dan Minggu)
Tiket Masuk Mulai Rp15.000 per orang

13. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Banyak yang menganggap jika situ ataupun danau ini tidak terlalu menarik karena hanya menawarkan air saja. Tetapi keindahan alam yang dimiliki oleh situ Wanayasa ini memang perlu diperhitungkan karena berada di ketinggian.

Untuk bisa datang ke sini sedikit diperlukan usaha karena harus melakukan proses pendakian. Meski demikian tidak perlu khawatir karena beberapa lokasi yang ada di sekitar situ juga sangat menarik sehingga cocok untuk relaksasi atau berburu foto.

Lokasi Wanasari, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00-17.00 WIB
Tiket Masuk Gratis untuk masuk

14. Pasir Langlang

Pasir Langlang

Tempat wisata ini menawarkan lokasi yang berada di ketinggian sehingga udara di sekitarnya sangat dingin. Selain itu terdapat juga hutan pinus yang bisa digunakan sebagai tempat penjelajahan sekaligus melakukan outbound.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan di sini mulai dari aktivitas penjelajahan yang sangat menantang hingga berkemah. Untuk mereka yang tidak mau melakukan aktivitas fisik bisa berjalan-jalan santai di sekitar dan menikmati keindahannya.

Lokasi Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional 07.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp15.000

15. Parang Gombong

Parang Gombong

Membicarakan Parang Gombong tidak bisa dilepaskan dari keindahan alam ketika siang hari dan juga suasana dingin ketika malam hari. Itulah kenapa tempat wisata Purwakarta ini biasanya digunakan sebagai lokasi untuk berkemah dan menikmati alam.

Lokasi perkemahan ini sering digunakan sebagai tempat berkumpul khususnya ketika hari libur atau akhir pekan. Jadi ketika ingin menikmati suasana alam yang sangat damai dan juga lepas dari kepenatan bisa berkemah di sini.

Usahakan untuk datang saat pagi hari agar bisa melakukan proses pendakian dengan lebih mudah. Selain itu pada sore hari bisa menikmati matahari terbenam lalu pagi harinya juga bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Lokasi Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional 24 Jam
Tiket Masuk Mulai Rp15.000 per orang

16. Curug Tilu

Curug Tilu

Tempat wisata Purwakarta Curug ataupun air terjun yang bernama Curug Tilu memang tidak terlalu tinggi serta lokasinya juga tidak terlalu lebar. Namun tempat wisata ini cukup menarik untuk dijelajahi karena lokasinya memang sedikit pelosok.

BACA JUGA  18 Rekomendasi Wisata Cirebon Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Selain itu tempat wisata ini juga belum terlalu tereksplorasi oleh banyak orang. Jadi benar-benar masih sangat alami sehingga cocok sekali untuk tempat bersantai ataupun bisa juga digunakan untuk tempat bermain air.

Lokasi Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp5.000 per orang

17. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas

Dua hal yang membuat sungai cidomas ini disukai oleh banyak orang adalah airnya yang sangat jernih dan jika dilihat dari kejauhan warnanya kebiruan. Jadi cocok sekali untuk berfoto-foto karena keindahan alamnya yang sangat sempurna.

Selain itu beberapa orang juga datang ke sini untuk sekedar memancing atau juga bermain air di pinggirannya. Tidak disarankan untuk berenang di sini karena tidak tahu bagaimana kondisi arus dari air. Tetapi kemungkinan besar sungai ini tidak memiliki arus yang deras.

Lokasi Parakan Garokgek, Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk Mausk gratis, belum termasuk parkir

18. Wanakula Camp

Wanakula Camp

Dari namanya saja sudah terlihat dengan sangat jelas jika tempat ini merupakan camping ground atau tempat perkemahan. Jadi jika datang ke sini memang dianjurkan untuk membawa tenda sendiri untuk bisa menginap selama semalam.

Meski digunakan sebagai lokasi untuk menginap tetapi pemandangan yang ada di sekitarnya juga sangat menarik. Tidak mengherankan jika tempat wisata ini memang benar-benar menakjubkan dan selalu dikunjungi saat hari libur.

Apa bilangnya datang ke sini dianjurkan untuk tidak datang pada saat hari hujan. Karena akan sulit untuk membangun tenda. Selain itu udara juga sangat dingin sehingga akan ada banyak gangguan ketika akan berkemah.

Lokasi Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Mulai Rp15.000 per orang

19. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman air mancur ini bisa dikunjungi secara gratis karena masuk dalam wisata umum. Semua orang bisa datang ke sini dengan mudah lalu menikmati keindahan air mancur pada pagi hari hingga malam hari.

Di sekeliling dari air mancur juga terdapat banyak sekali warung-warung yang bisa digunakan untuk membeli makanan. Tidak mengherankan jika tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh banyak orang yang ingin sekedar bersantai tanpa perlu datang ke tempat yang jauh.

Lokasi Jalan K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Gratis

20. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan

Menikmati keindahan kawasan pegunungan adalah hal yang biasa dilakukan. Namun bagaimana jika menikmati keindahan alam yang masih sangat alami sembari berenang di kolam yang sangat luas dan juga jernih?

Tempat wisata Purwakarta ini cocok sekali digunakan untuk bersantai dan menikmati hari libur. Jadi disarankan datang ke sini apabila merasa sedang penat pertandingan menikmati hari bersantai yang sangat panjang.

Jika ingin datang ke sini disarankan untuk selalu membawa pakaian ganti. Jadi bisa perlengkapan pun kamu mau tanpa khawatir jika akan kehabisan pakaian atau merasa kedinginan.

Lokasi Jalan Raya Barat Wanayasa, RT.04/RW.13, Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp30.000 per orang

Wisata Purwakarta didominasi oleh destinasi wisata alam yang sangat menarik dan masih alami. Jika ingin melakukan penjelajahan saat akhir pekan atau saat hari libur, salah satu dari daftar di atas bisa dikunjungi. Selain itu, kunjungi juga tempat wisata yang lokasinya berdekatan.