Viral Apa Itu Spotify Wrapped Dan Cara Melihatnya di HP

 

Samudranesia.id – Spotify Wrapped merupakan sebuah fitur dari Spotify yang dihadirkan setiap menjelang akhir tahun. Fitur ini sudah dapat diakses sejak akhir November kemarin.

Bahkan sejak pertama kali diluncurkan, sudah banyak sekali pengguna yang menggunakan Spotify Wrapped dan membagikannya ke sosial media.

Setiap pengguna Spotify akan mendapatkan wrapped versinya sendiri selama 1 tahun belakangan ini dengan musisi-musisi favorit kamu.

Apa Itu Spotify Wrapped?

Apa Itu Spotify Wrapped

Spotify Wrapped sendiri merupakan sebuah fitur yang berisi rangkuman atau kilas balik kamu selama satu tahun. Selama mendengarkan musik menggunakan Spotify setahun belakangan ini, semua musik dan musisi yang kamu dengar akan ditampilkan.

Fitur ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2016 kemarin, walaupun ditahun-tahun sebelumnya belum se populer sekarang. Selain itu, fitur ini sekarang hadir dengan isi yang lebih lengkap.

Kamu akan mengetahui lagu apa saja yang paling sering kamu dengarkan di tahun ini dan artis apa saja yang menjadi favorit kamu.

Hal menarik lainnya yang disuguhkan oleh Spotify Wrapped ini adalah menebak kepribadian kamu berdasarkan selera musik kamu. Yang dinamakan dengan “Your Listening Personality” kamu akan mendapatkan hasil kepribadian kamu dengan selera musik selama setahun ini.

Fitur ini banyak digunakan oleh para pengguna karena keakuratannya dalam merangkum selera bermusik kamu. Banyak yang merasa puas dengan hasil yang ditampilkan.

Selain itu, fitur ini dapat kamu gunakan untuk bersenang-senang saja dan ikut meramaikan trend yang sedang populer tersebut. Spotify Wrapped ini sudah menjadi tradisi atau kebiasaan menjelang akhir tahun.

Dalam fitur ini, kamu akan mengetahui kebiasaan kamu dalam mendengarkan musik setiap harinya. Karena fitur ini akan merangkum musik apa yang paling sering kamu dengarkan saat pagi, siang, dan malam hari.

Spotify Wrapped akan memberikan kategori musik yang paling sering kamu dengarkan, genre yang kamu sukai, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 10 kategori yang nantinya akan muncul dalam fitur ini.

Semua rangkuman dari fitur ini dapat kamu bagikan di sosial media dan membagikan cerita seru pengalaman kilas balik kamu. Melihat banyaknya pengguna yang ikut membagikan Spotify Wrapped ini membuat kamu akan terlihat seperti orang yang tidak akan pernah ketinggalan trend!

Mengetahui Lebih Dalam Kategori Pada Spotify Wrapped

Mengetahui Lebih Dalam Kategori Pada Spotify Wrapped

Pastinya kamu penasaran apa saja sih yang akan kamu dapatkan ketika ikut membuat Spotify Wrapped ini?. Kami akan menjelaskannya satu per satu berdasarkan hasil dari wrapped yang sudah kami coba.

Mungkin hasil kamu dengan kami akan memiliki kesamaan, tetapi perlu diketahui bahwa hasilnya nanti akan tergantung dari selera musik kamu. Berikut beberapa kategori dan penjelasannya.

1. Your Top Genres

Kategori yang pertama adalah genre musik yang paling sering kamu dengarkan. Kategori akan menampilkan 5 top genre yang paling kamu suka dalam setahun ini.

BACA JUGA  Kumpulan Link Video Cucumilo TikTok Yang Sedang Viral

Kamu juga akan mendapatkan jumlah berapa banyak genre yang sudah kamu dengarkan selama setahun ini. Dari hasil Spotify Wrapped yang sudah kami coba, kami mendapatkan sebanyak 19 genre yang berbeda.

Itu artinya, selama kurun waktu satu tahun, genre musik yang pernah didengarkan adalah sebanyak 19 genre. Kembali lagi, hasil ini tentunya akan berbeda setiap orang karena setiap orang punya seleranya masing-masing.

Beberapa contoh genre yang kami dapat adalah Pop, Indonesian Pop, K-pop, Anime, dan Korean Pop. Hal menarik lainnya adalah pada tampilan awal top genre ini.

Dimana Spotify akan memanggil kamu dengan sebutan astronaut. Panggilan tersebut termasuk unik dan lucu karena mereka akan memanggil nya seperti “Look at you, little astronaut.”

Kalimat awal yang disajikan saja sudah lucu dan menggemaskan seperti ini. Bagaimana para pengguna tidak tertarik dengan Spotify Wrapped jika isinya pun semenarik itu?

2. Your Total Play Time

Pada kategori ini, yang akan dirangkum adalah banyaknya waktu yang sudah kamu habiskan di Spotify ketika mendengarkan lagu.

Waktu ini akan ditampilkan dalam bentuk menit, jadi jika kamu penasaran dengan konversi jamnya, kamu dapat menghitungnya sendiri ya.

Sebagai contoh, dari wrapped kami, hasil waktu yang kami dapatkan adalah 28,100 menit. Yang mana jika dikonversikan ke dalam bentuk jam adalah 468,333 jam.

400 jam ini adalah jumlah total waktu dalam satu tahun yang kamu habiskan untuk mendengarkan lagu di Spotify. Tentunya berapa banyak pun jumlah total waktu yang dihasilkan, itulah artinya seberapa besar kamu menghabiskan waktu kamu dengan musik.

Dalam kategori ini juga akan ditampilkan dari banyaknya pendengar di Indonesia, kamu termasuk kedalam berapa persen yang sering mendengarkan Spotify.

Pada hasil kami, kami termasuk kedalam 95% orang yang paling sering mendengarkan lagu di Spotify. Tentunya begitu karena mengingat lagi berapa banyak jam yang sudah dihabiskan hanya untuk mendengarkan lagu.

Kalau kamu adalah orang yang sangat suka mendengarkan lagu, pasti waktu yang kamu habiskan tidak jauh berbeda dengan kami. Karena mungkin bagi sebagian orang, musik adalah salah satu bagian dari hidup mereka dan tidak bisa jauh dari musik.

Sangat wajar dalam hal itu sebab semua orang berhak menentukan apapun yang dapat membuatnya bahagia dan juga senang setiap harinya.

3. Your Top Song

Berikutnya adalah lagu yang paling sering kamu dengarkan selama kurun waktu tersebut. Pada kategori ini yang ditampilkan hanya satu lagu saja.

Dalam kategori ini juga akan disebutkan berapa kali jumlah total pemutaran yang kamu dengarkan pada lagu ini. Dengan arti lain seberapa sering kamu memutar dan mendengarkan lagu ini.

Untuk hasil wrapped kami, lagu yang sering kami dengarkan adalah dari artis Buzz dengan judul lagu Coward. Lagu ini adalah lagu dengan genre Korean Pop.

Lagu ini mendapatkan jumlah total 92 kali pengulangan yang sering diputar. Sebanyak 92 kali lagu ini sudah didengarkan selama satu tahun. Dan juga hari yang paling sering diputar lagunya adalah pada bulan April tanggal 23, 2022.

BACA JUGA  Apa Arti Pardon Me Dalam Bahasa Gaul Yang Viral Di TikTok

Nantinya, kamu juga akan mendapatkan satu hari dengan jumlah lagu tersebut yang paling sering kamu putar. Misal contoh pada hari ini kamu sudah mendengarkan satu lagu sebanyak 30 kali, maka bisa jadi bahwa hari ini yang akan muncul nanti pada Spotify Wrapped kamu.

4. Your Top Songs

Nah berbeda dengan kategori diatas, walaupun namanya hampir sama, tapi hasil yang ditampilkan akan berbeda. Jika pada menu diatas hanya satu lagu, pada kategori ini akan ditampilkan 5 lagu favorit kamu.

5 lagu yang ditampilkan adalah lagu-lagu yang paling sering kamu putar lagi dan lagi. Seperti halnya 5 top list, akan muncul dari lagu yang paling sering sampai yang sekiranya sering tetapi tidak terlalu.

Pada urutan 1 top song ini, lagu yang ditampilkan akan sama dengan kategori sebelumnya. Jika pada kategori sebelumnya yang ditampilkan adalah Coward – Buzz, maka sama halnya pada kategori ini.

Diikuti dengan 4 lagu favorit kamu yang sering kamu dengarkan selama satu tahun ini. Dengan kategori ini kamu dapat mengetahui kira-kira lagu apa saja nih yang selama satu tahun itu sering kamu putar.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui berapa banyak lagu yang sudah kamu dengarkan selama kurun waktu satu tahun ini. Dalam contoh wrapped kami, kami mendapatkan hasil dengan jumlah 854 lagu yang sudah didengarkan.

5. Your Top Songs 2022

Hampir sama dengan yang sebelumnya, masih berisi mengenai lagu-lagu favorit kamu. Namun bedanya, kategori ini akan disajikan dalam bentuk playlist.

Nantinya, playlist ini dapat kamu add dan kamu dengarkan sewaktu-waktu. Isi dalam playlist ini berisi 100 lagu favorit kamu!

100 lagu ini termasuk dari semua lagu yang paling-paling sering kamu dengarkan. Karena mengingat pasti lebih dari 100 lagu yang didengarkan selama satu tahun, Spotify merangkumnya menjadi top 100 kamu.

Ini akan menjadi playlist kamu sebagai nostalgia selama satu tahun lagu seperti apa yang sering kamu pilih dan kamu dengarkan. Sangat menyenangkan dapat bernostalgia kembali mengingat lagu-lagu favorit kamu!

6. Your Top Artist This Year

Kategori selanjutnya akan berganti dari lagu ke artis yang paling favorit. Jika pada kategori-kategori sebelumnya membahas soal lagu favorit, maka sekarang adalah artis favorit!

Artis favorit ini bukan hanya solo artist saja, karena semua kemungkinan itu dari boyband, girlband, dan juga groupband bisa saja. Itu kembali lagi tergantung dari selera musik kamu masing-masing.

Ditambah lagi, akan muncul berapa banyak waktu yang sudah kamu habiskan untuk mendengar lagu dari artis tersebut. Masih sama seperti sebelumnya, waktu yang ditampilkan ini dalam bentuk menit.

Akan kami berikan contoh dengan Spotify Wrapped milik kami. Artist yang ditampilkan adalah BTS, boyband dari Korea Selatan yang sudah mendunia.

Waktu yang sudah dihabiskan adalah 7,481 menit. Jika diubah kedalam bentuk jam, maka menjadi 124,683 jam. Dan itu akan menjadi jumlah total paling banyak dari setahun mendengarkan lagu BTS.

Selanjutnya adalah berapa persen kah kamu menjadi bagian dari para pendengar artist favorit kamu itu. Kami menjadi 0,5% pendengar yang paling sering mendengarkan lagu BTS.

BACA JUGA  Cara Membuat Avatar WhatsApp Yang Viral Dengan Mudah

Diawal kategori ini juga akan ditampilkan berapa banyak artist yang sudah kamu dengarkan. Jika kamu suka mendengar lagu-lagu dari banyak artis, maka hasil ini tentunya akan lebih dari 100+ artist yang ditampilkan.

7. Your Top 5 Artist

Sama seperti pada kategori lagu-lagu, dari yang ditampilkan 1 terfavorit, menjadi 5 terfavorit. Kategori ini akan menampilkan 5 artis favorit kamu!

Akan ditampilkan dalam bentuk magazine yang sangat menarik, membuat kamu ingin membagikannya sesegera mungkin ke sosial media.

8. Your Listening Personality

Pada kategori ini, banyak sekali jenis personality yang akan dihasilkan. Setiap orang akan memiliki personality yang berbeda-beda sebab memang ada banyak sekali jenisnya dan hampir sulit memiliki hasil yang sama.

Beberapa contohnya adalah The Adventurer, The Voyager, The Engineer, The Fanclubber, The Nomad, The Enthusiast, The Top Charter, dll.

Masih banyak lagi contoh dari personality yang dapat ditemukan pada kategori ini. Namun apapun hasilnya, akan tetap membuat kamu menjadi seseorang dengan hobi mendengarkan lagu yang tinggi!

Jangan sampai berkecil hati karena hasil yang dikeluarkan tidak sesuai dengan harapan. Karena semua jenis personality memiliki keunikan dan pesona nya masing-masing.

9. Your Artist Messages Spotify Wrapped

Kategori ini akan ditampilkan secara terpisah dari semua kategori diatas. Kamu dapat menemukan kategori ini pada halaman depan Spotify kamu bersampingan dengan play Spotify Wrapped.

Isi dalam kategori ini adalah video dari top artist dan artis-artis lain yang ada dalam playlist kamu. Videonya berisi ucapan terima kasih karena telah mendengarkan lagu-lagu mereka di tahun ini.

Jika di swipe-up kebawah, akan ada lagu dari artist tersebut yang muncul dalam playlist kamu. Jadi kamu dapat mengetahui siapa saja artis yang membuat video terima kasih kepada para fans nya termasuk kamu.

Kategori ini akan memberikan kesan menyenangkan untuk kamu karena dengan begitu kamu merasa mendengarkan artist yang tepat. Mereka pun merasa sangat berterima kasih terhadap para fans nya yang setia mendengar lagu-lagu mereka, terutama kamu.

Cara Membuat Spotify Wrapped Versi Kamu

Cara Membuat Spotify Wrapped Versi Kamu

Tidakkah kamu merasa tertarik dan penasaran dengan kategori-kategori yang sudah dijelaskan diatas?. Tentunya kamu juga bisa membuat Spotify Wrapped versi kamu sendiri.

Yang pasti untuk membuat Spotify Wrapped ini adalah kamu pengguna Spotify. Karena media platform yang hanya bisa untuk membuat ini adalah Spotify saja.

Caranya cukup mudah karena fitur ini akan secara otomatis tampil pada halaman utama beranda Spotify kamu. Jadi kamu tidak perlu lagi ribet mencari pengaturan untuk fitur ini.

  1. Silahkan bukalah akun Spotify kamu masing-masing.
  2. Pada halaman utama, akan muncul tulisan “Your 2022 in review” bersamaan dengan hashtag diatasnya yaitu #spotifywrapped.
  3. Selanjutnya dibawah itu akan ada tulisan “Play”, dan klik saja maka Spotify Wrapped akan otomatis diputar.
  4. Silahkan nikmati hasil dari Spotify Wrapped kamu dan bersenang-senanglah!

Akhir Kata

Itulah beberapa serangkaian informasi mengenai Spotify Wrapped yang sedang viral saat ini kami sampaikan. Selamat mencoba mengikuti trend dari Spotify ini dan have fun!