Kenapa Live Streaming di Youtube Tidak Bisa? Penyebab & Solusinya

 

Samudranesia.id – Kenapa Live Streaming Di Youtube Tidak Bisa dilakukan? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Nah, semua pertanyaan akan kami jawab pada artikel ini. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Live streaming menjadi filtur yang sedang popular saat ini, didukung dengan banyaknya platform sosial media mendukung filtur tersebut, seperti youtube. Para youtuber dan konten kreator sudah banyak menggunakan fitur ini dalam meraut penghasilan.

Live Streaming Di Youtube

Secara umum pengertian live streaming adalah penyiaran video secara langsung dan tidak melakukan editing, sehigga Live streaming sangat memudahkan konten kreator atau para youtuber dalam membuat konten.

Live streaming lebih efektif, dimana penonton dapat meninggalkan komentar secara langsung, dan melalui live streaming ini akan memberikan dampak juga pada followers atau pengikut pada channel youtube kalian.

Live streaming dapat dilakukan jika sudah memiliki subscriber minimal 1000, jika kalian sebagai pemula dan belum memiliki batas minimum maka kalian tidak dapat melakukan live streaming.

Cara Pengaktifan Fitur Live Streaming Youtube

Cara Pengaktifan Fitur Live Streaming Youtube

Bagi kalian para pemula pengguna youtube, maka kalian harus memahami tentang fitur live streaming terlebih dalam mengaktifkan fitur tersebut, karena fitur ini tidak bisa langsung digunakan maka perlu pengaktifan.

Artikel ini akan membantu kalian dalam mengaktifkannya baik melalui PC/laptop, ataupun HP android/iOS. Berikut in icara untuk mengaktifakan fitur live streaming:

  1. Pertama-tama kalian harus membuka aplikasi youtube terlebih dahulu pada HP, dan bagi PC/Laptop bisa membuka halaman Youtube.com
  2. Selanjutnya pada PC kalian terdapat icon tanda plus di pojok kanan atas, klik lalu pilih Go Live. Sama halnya yang kalian lakukan pada penggunaan di HP
  3. Maka akan muncul warning bahwa fitur live streaming tidak aktif. Jadi kalian perlu mengaktifkan terlebih dahulu, dengan melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon kalian
  4. Selanjutnya pilih “Enable” atau “Get Started”
  5. Lalu masukan nomor HP kalian untuk proses verifikasi, maka pihak youtube akan mengirimkan kode verifikasi sebanyak 6 digit ke nomor Hp kalian melalui SMS
  6. Setelah kode verifikasi kalian dapatkan, maka masukan kode tersebut dengan benar, maka youtube kalian sudah bisa melakukan live streaming.
  7. Kalian hanya menunggu 24 jam atau 1 hari untuk menggunakan fitur live streaming di channel youtube kalian.
BACA JUGA  Penyebab Youtube Error Hari Ini 2022 dan Cara Mengatasinya

Cara Live Streaming di Youtube Lewat HP dan Pc

Setelah kalian mengaktifkan fitur live streaming pada channel kalian, maka kalian bisa menggunakan fitur tersebut dengan langkah pertama adalah kalian hanya perlu membuka aplikasi youtube.

Selanjutnya klik icon plus pilih Go Live, nanti youutbe akan meminta akses seperti mikrofon, lokasi, dan kamera, kalian hanya perlu klik izinkan. Setelah itu kalian tinggal membuat judul deskripsi dan privasi yang kalian inginkan, jika sudah pilih opsi next dan thumbnail.

Maka tahap terakhir adalah pilih opsi Go Live dan kalian sudah bisa memulai video siaran langsung di channel youtube kalian, dan jika ingin mengakhiri siaran langsung, kalian hanya tinggal memilih opsi Finish lalu klik oke.

Penyebab Live Streaming Tidak Bisa Atau Dinonaktifkan

Penyebab Live Streaming Tidak Bisa Atau Dinonaktifkan

 

Live streaming menjadikan konten kreator dan youtuber dengan mudah dalam membuat konten, sehingga banyak diantara mereka berlomba-lomba dalam melakukan live streaming, jika live streaming tidak bisa dilakukan justru akan membuat kalian sebagai youtuber akan bertanya-tanya.

Pada artikel ini akan menjelaskan kemampuan live streaming akan dinonaktifkan disebabkan karena: (dilansir dari bantuan youtube)

  1. Pada channel kalian mendapatkan teguran pedoman komunitas
  2. Pada pengarsipan hasil live streaming kalian terkena blokir secara global
  3. Pengarsipan live streaming kalian juga dapat terkena penghapusan akibat dari pelanggaran hak cipta
  4. Live streaming yang kalian lakukan memiliki kesamaan dengan hak cipta lainnya.
  5. Penyebab lainnya juga adalah bahwa kalian dalam membuat live streaming mencapai batas harian, maka dapat dicoba lagi setelah 24 jam.

Adanya fitur pengnonaktifan pada video di youtube, berfungsi juga pada live streaming yang bisa kapan saja di nonaktifkan. Kalian dapat memeriksa channel youtube kalian apakah mendapatkan teguran atau tidak.

BACA JUGA  Youtube Pink Apk Tanpa Iklan Download Versi Terbaru 2022

Atau kalian memiliki akses live streaming atau tidak, jika tidak ada pada dua layanan tersebut maka chanel youtube kalian di nonaktifkan pihak youtube.

Akses live streaming kalian jika di batasi, maka kalian dilarang dalam melakukan live straming, hal ini berlangsung selama pembatasan tetap aktif pada akun channel youtube kalian.

Penonaktifan ini dilakukan jika kalian sebagi pengguna melanggar pedoman komunitas, pada aturan ini youtube menerapkan kebijakan tentang pembatasan usia. Youtube berhak menghapus live streaming kalian jika melanggar pedoman komunitas.

Penutup

Artikel ini sudah banyak menjelaskan kalian tentang kenapa live streaming di youtube tidak bisa, kemudian tentang cara mengaktifkan fitur live streaming, cara melakukan live streaming dan penyebab mengapa youtube kalian tidak bisa melakukan live streaming.

Maka harapannya artikel ini bisa membantu kalian dalam menggunakan youtube terlebih bagi kalian para pemula pengguna youtube, selamat mencoba semoga kalian mendaptkan hasil yang positif kedepannya dan menjadi youtuber terkenal. Jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya.