5 Kegunaan Microsoft Excel Sebagai Aplikasi Pengolah Angka

 

Samudranesia.id – Kegunaan Microsoft Excel cukup banyak khususnya yang berhubungan dengan pengolahan data. Seseorang bisa memanfaatkan fungsi tersebut untuk berbagai keperluan khususnya pekerjaan ataupun untuk melakukan proses analisis data sederhana.

Untuk bisa menggunakan seluruh fungsi yang ada pada Microsoft Excel, kamu harus memahami beberapa fitur yang ada di dalamnya. Itulah kenapa mempelajari aplikasi ini dengan baik sangat penting khususnya mereka yang bekerja untuk melakukan pengolahan data.

Untuk mengetahui apa saja kegunaan Microsoft Excel pada kehidupan sehari-hari khususnya di dunia profesional. Tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini dengan seksama. Selain itu juga akan ada beberapa tips menggunakan Microsoft Excel agar lebih maksimal.

Kegunaan Microsoft Excel

Kegunaan Microsoft Excel cukup banyak, beberapa di antaranya bisa langsung disimak dalam artikel di bawah ini.

1. Kalkulasi Data Cepat

Kalkulasi Data Cepat

Fungsi pertama yang dimiliki oleh aplikasi Microsoft Excel adalah untuk melakukan proses kalkulasi data secara cepat. Proses kalkulasi data memang akan dilakukan apabila seseorang sudah memasukkan rumus atau formula tertentu. Tapi tidak perlu melakukannya secara manual atau satu persatu.

Untuk melakukan proses kalkulasi data maka hanya perlu memanfaatkan satu rumus saja. Setelah itu bisa langsung menggunakan tombol atau menu di bagian samping dari sel untuk ditarik ke bawah agar seluruh kondisi dari sel tersebut bisa diaplikasikan ke yang lain.

Dengan melakukan ini seseorang tidak perlu melakukan proses pengetikan atau pengecekan secara manual. Cukup mempelajari atau memanfaatkan satu rumus saja. Selanjutnya bisa langsung melakukan proses pengaplikasian secara otomatis.

BACA JUGA  6 Cara Menghilangkan Garis di Excel via Page Layout Dan Lainnya

2. Pembuatan Tabel dan Penyajian Data

Pembuatan Tabel dan Penyajian Data

Microsoft Excel memang spesialis untuk melakukan proses pembuatan tabel. Itulah kenapa bentuk worksheet dari aplikasi ini adalah kotak-kotak yang nantinya bisa diberi border.

Selain itu aplikasi ini juga bisa melakukan proses penyajian data dalam bentuk apapun. Artinya tidak hanya dalam bentuk kolom yang berisi beberapa data standar saja tetapi juga bisa dibuat menjadi semacam kurva atau sejenisnya.

Penyajian data jenis ini sangat menarik dan bisa diintegrasikan dengan beberapa aplikasi Microsoft Office lain seperti Microsoft Word. Jadi data bisa disajikan dengan lebih menarik dan memudahkan orang lain untuk membacanya.

3. Menganalisa Data

Menganalisa Data

Proses analisis data juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Excel. Biasanya proses analisis data ini dilakukan dengan memanfaatkan beberapa fungsi seperti rata-rata hingga mencari standar deviasi yang cukup rumit.

Selain itu proses pencarian data seperti median dan modus juga bisa dilakukan dengan Microsoft Excel. Jadi proses analisis data bisa berjalan dengan lebih cepat dan mudah meski harus menggunakan bantuan aplikasi yang lain seperti SPSS untuk pengolahan data yang lebih kompleks.

4. Olah Data Format Text

Olah Data Format Text

Data yang diolah dengan menggunakan Microsoft Excel tidak hanya data yang dalam bentuk angka ataupun bilangan. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan proses pengolahan data dalam bentuk teks.

Biasanya pengolahan data dalam bentuk teks ini dilakukan untuk membuat semacam database atau daftar dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi pembagian kolom dan juga baris harus dilakukan dengan baik agar proses penyajian data nya lebih rapi.

5. Aplikasi Sederhana

Aplikasi Sederhana

Beberapa orang yang sudah mempelajari Microsoft Excel dengan baik dan memanfaatkan aplikasi tambahan bisa membuat aplikasi sederhana. Dengan menggunakan aplikasi sederhana seseorang bisa terbantu untuk melakukan beberapa hal seperti dimanfaatkan untuk kasir.

BACA JUGA  Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Dengan menggunakan Microsoft Excel kamu bisa membuat semacam barcode yang nantinya bisa diintegrasikan dengan alat scan. Dengan melakukan ini maka proses penyortiran data bisa dilakukan dengan database selalu memunculkan jenis produk dan juga harganya.

Selain itu aplikasi Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk melakukan proses pengisian data seperti rapor. Dengan memasukkan beberapa data yang sudah tersedia maka semuanya akan diolah secara otomatis. Hasil akhirnya adalah data dari siswa yang sudah lengkap.

Tips Memaksimalkan Microsoft Excel

Tips Memaksimalkan Microsoft Excel

Tips memaksimalkan Microsoft Excel sangat penting agar aplikasi ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa tips agar aplikasi ini tidak hanya sekedar untuk melakukan proses penghitungan saja.

1. Belajar Fungsi Olah Data dan Logika

Tips pertama yang harus dilakukan apabila ingin memaksimalkan Microsoft Excel adalah dengan mempelajari berbagai jenis fungsi untuk melakukan proses pengolahan data. Meski tidak lebih hebat dari aplikasi untuk pengolahan data standar seperti SPSS atau sejenisnya. Aplikasi ini sudah cukup baik untuk statistika dasar.

Itulah kenapa kamu disarankan untuk mempelajari beberapa fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel dengan benar. Fungsi ini bisa dipelajari dengan membaca buku atau melihat tutorial langsung melalui internet untuk dipraktekkan langsung ke halaman atau worksheet.

Selain itu kamu juga harus mempelajari fungsi logika yang nantinya akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Fungsi logika atau IF bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pengecekan data secara cepat dengan memasukkan beberapa kondisi.

2. Memasang Add In

Selanjutnya adalah memasang aplikasi tambahan yang akan bermanfaat untuk melakukan proses pengolahan data atau lainnya. Microsoft Office khususnya Microsoft Excel mengizinkan adanya aplikasi tambahan yang bisa dipasang layaknya add on pada browser.

BACA JUGA  Formula Bar Excel : Kegunaan, Cara Melihat Rumus, Dan Lainnya

Untuk melakukan proses pemasangan kamu harus mencari terlebih dahulu kira-kira aplikasi tambahan apa saja yang sekiranya berguna. Apabila sudah ada bisa langsung ditambahkan ke sana secara langsung.

Proses pemasangan bisa dilakukan seperti melakukan proses instalasi aplikasi biasa. Yang paling penting kamu sudah mengizinkan untuk melakukan proses pemasangan agar tidak mengalami masalah pada saat melakukan proses instalasi.

3. Diintegrasikan dengan Cloud

Selanjutnya adalah dengan melakukan proses integrasi dengan cloud. Proses integrasi ini sangat penting agar seseorang bisa melakukan proses penyimpanan berbagai jenis data penting langsung secara online.

Apabila dalam menggunakan Microsoft Office 365. Bisa memanfaatkan proses penyimpanan secara manual dengan menggunakan Google Drive. Jadi seluruh data bisa langsung diunggah ke sana setelah melakukan proses penyuntingan.

4. Belajar Trik Baru

Disadari atau tidak ternyata belajar Microsoft Excel itu tidak semudah yang dipikirkan oleh banyak orang. Itulah kenapa akan selalu ada trik baru yang bermunculan dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses mendata secara lebih cepat dan juga mudah.

Biasanya beberapa orang memiliki truk tertentu dan akan dibagikan pada media sosial seperti TikTok atau langsung ke YouTube. Trik ini bisa dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai jenis kinerja pengelolaan data yang sebelumnya dilakukan secara manual.

Semakin banyak kamu mempelajari beberapa teks yang berhubungan dengan pengolahan data di Microsoft Excel. Semakin cepat kamu menguasai dan akhirnya bisa memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal.

Kegunaan Microsoft Excel ternyata cukup banyak seperti yang sudah dibahas di atas. Karena memiliki cukup banyak kegunaan, kamu bisa memanfaatkan mana saja yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Itulah kenapa penggunaan Microsoft Excel harus dilakukan dengan seksama dan dipelajari sesuai dengan jenis pekerjaan yang dipakai. Dengan begitu fungsi utama dari Microsoft Excel bisa lebih dimaksimalkan.