Doa Minum Air Zamzam

 

Doa Minum Air Zamzam-Air Zamzam di makkah adalah merupakan air yang memiliki kadar mineral dan oksigen tertinggi didunia tidak ada bandingannya jika dibandingkan dengan air meneral lainnya yang banyak dijual dipasaran pada umumnya.

Oleh karenanya disamping karunia dari Alloh SWT, manfaat dan kasiat air Zamzam sangat banyak sekali diantaranya bisa menyembuhkan segala penyakit, Agar lebih yakin lagi didalam minum air zamzam ada tata cara dan do’nya.

Doa Minum Air Zamzam

Doa Minum Air Zamzam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

“Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.”

Artinya: “Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.”

Adab Minum Air Zamzam

Doa Minum Air Zamzam

Umat muslim percaya bahwa air zamzam dapat menyembuhkan berbagai penyakit sebagaimana dalam hadist riwayat Ibnu Abbas RA, “Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zamzam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.”

Karena memiliki banyak kandungan dan manfaat, umat muslim dianjurkan untuk mengetahui adab dan doa minum air zamzam. Berikut ini adalah doa minum air zamzam yang bisa kamu amalkan.

Membaca Basmalah Dan Membaca Doa Sebelum Minum

Sebelum meminum air zamzam diharuskan untuk membaca basmalah terlebih dahulu sebagai bentuk rasa syukur akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT melalui air zamzam. Dan setelah membaca basmalah dilengkapi dengan membaca doa sebelum minum air zam-zam.

Menggunakan tangan kanan

Tangan kanan merupakan tangan diutamakan yang wajib digunakan saat melakukan sesuai seperti makan, minum, dan aktivitas lainnya.

 Minum dengan duduk

Rasulullah SAW mewajibkan kepada umatnya untuk makan dan minum dengan duduk sebagaimana sabdanya, “Janganlah kalian minum sambil berdiri, barangsiapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya.”

Tidak terburu-buru

Meminum air zamzam disarankan untuk tidak terburu-buru. Selain itu, Rasulullah SAW menganjurkan untuk meminum air zam-zam hingga kenyang.
Dalam hadistnya, Rasululah SAW bersabda, “Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zamzam hingga kenyang.” (H.R Ibnu Majah).

Baca Juga: Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Manfaat Air Zamzam

Doa Minum Air Zamzam

seperti yang dijelaskan dalam Kitab Hasyiah Al-Bajuri jilid 1 halaman 49 cetakan Darul Kutub Al-Ilmiah Beirut.

تنبيه: افضل المياه ما نبع من بين اصابعه صلى الله عليه وسلم ثم ماء زمزم ثم ماء الكوثر ثم نيل مصر ثم باقي الانهر كسيحون والدجلة والفرات

Artinya: Air paling utama adalah air yang menyumber dari antara jari-jari Nabi Muhammad SAW, kemudian air zamzam, air Telaga Kautsar, air Sungai Nil Mesir, kemudian air sungai lainnya seperti Sungai Jaihun, Sungai Dajlah, Sungai Efrat dan lain-lain.

Air Zam Zam untuk Ibu Hamil

Salah satu keistimewaan air Zamzam adalah jumlahnya yang banyak dan tidak pernah habis meskipun telah diambil oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap harinya. Terkait dengan air zam za mini, Ibnu Taimiyyah pernah berkata:

“Seseorang disunnahkan untuk meminum air ZamZam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).”

Karen tidak ada doa minum air zamzam yang khusus, jadi semua orang bisa memanjatkan doa sesuai keinginan masing-masing, termasuk untuk ibu hamil. Sebab ternyata, ibu hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsinya.

Sebab, air zamzam dapat memberi energi kepada ibu hamil. Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan. Morning sickness yang cukup parah menyebabkannya mengalami kehilangan energi yang cukup banyak.

Untuk mengantikan energi yang hilang tersebut, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air zam-zam. Mengingat air ini tidak berbau, maka ibu hamil tidak akan mengalami mual-mual. Selanjutnya, air zam-zam mampu memberi nutrisi pada janin.

Karena semua makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu dapat dikonsumsi juga oleh janin, oleh karenan itu selalu makan makanan dan minuman yang baik seperti Air zamzam harus diperbanyak agar janis dapat tumbuh lebih optimal.

Terakhir, air zamzam dipercaya mampu menguatkan rahim saat proses kehamilan. Ini bisa menjadi solusi yang tepat terutaman bagi ibu hamil yang memiliki masalah kandungan lemah. Konsumsi secara rutin dan minum air zam-zam agar kandungan tetap sehat dan kuat.

Untuk ibu hamil, doa minum air zamzam bisa dipanjatkan sebelum atau setelah meminumnya, sambil memanjatkan harapan dan keinginan. Misalnya mendoakan kandungan yang sehat dan selamat hingga melahirkan.

Air Zam Zam Untuk Mendapatkan Anak

Imam At-Tirmizi, salah seorang dari enam tokoh hadis yang terulung di dunia berkata: “Orang yang meminum air Zamzam itu: Jika dia minum untuk kenyang, maka Allah akan mengenyangkannya. Jika dia minum untuk minuman, maka Allah memberinya minuman.

Jika dia minum untuk sembuh dari penyakit, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit. Jika dia minum kerana akhlaknya yang buruk, maka Allah akan mengelokkan akhlaknya. Jika dia minum untuk menghilangkan kegelapan hatinya, maka Allah akan menghilangkannya.

Jika dia minum untuk mengkayakan hatinya, maka Allah akan mengkayakannya. Jika dia minum kerana sesuatu hajat, maka Allah akan memakbulkannya. Jika dia minum kerana sesuatu musibah yang menimpa, maka Allah melindunginya.

Jika dia minum kerana kesusahan yang menimpa, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya. Dan jika dia minum kerana memohon bantuan, maka Allah akan membantunya.”

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya adab dan niat selama meminum air zamzam. Sebenarnya, apapun niatnya asalkan baik dan halal, Insya’Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَٱلَّذِينَ يُؤۡتُونَ مَآ ءَاتَواْ وَّقُلُوبُهُمۡ وَجِلَةٌ أَنَّهُمۡ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ رَٰجِعُونَ

“Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku perkenankan doa permohonanmu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong takabur daripada beribadat dan berdoa kepadaKu, akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Mukmin: 60)

Salah satu contoh doa minum air zamzam untuk orang yang ingin memiliki keturunan: “Ya Allah sesungguhnya saya minum air zamzam dengan harapan mendapatkan momongan, maka perbaikilah organ tubuhku dan berilah keturunan yang saleh dan shalihah sesuai kehendak-Mu, Aamiin Ya Robbal Alamin.”

Karena doa minum air zamzam mengandung keberkahan dan mudah dikabulkan, dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh saat melakukannya.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Selanjutnya, manfaat air zamzam untuk kesehatan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Sirkulasi darah biasanya terganggu karena ada timbunan lemak pada pembuluh darah.

Timbunan lemak pada pembuluh darah ini bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Tetes Mata

Tak hanya untuk kulit wajah, air zam zam untuk mata pun bisa kamu dapatkan.

Dengan meneteskan air zamzam ke mata maka penglihatanmu akan semakin jelas dan cerah.

Mengobati Berbagai Penyakit

Khasiat air zamzam lainnya adalah bisa mengobati berbagai jenis penyakit.

Sebagaimana dalam hadis riwayat Ibu ‘Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Inilah yang menyebabkan air zamzam selalu dijadikan oleh-oleh bagi mereka sehabis melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Menjaga kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dalam air zamzam sangatlah berlimpah. Maka dari itu, air zamzam secara positif dapat mempengaruhi tubuh manusia…

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Doa Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir

Penutup

Sahabat Samudranesia yang budiman banyak lah berdo’a kepada Alloh SWT dan meminta air zamzam pada jamaah haji yang baru tiba sekaligus minta do’anya agar kita mendapatkan sehat jasmani dan rohani dan cepat pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.