Teks Bacaan Bilal Idul Adha PDF Lengkap Arab, Latin dan Artinya

 

Samudranesia.id – Teks Bacaan Bilal Idul Adha-Shalat idul adha adalah termasuk salah satu shalat sunnah muakkad dan boleh dikerjakan oleh seorang islam laki-laki dan permepuan, boleh dikerjaan secara berjamaah atau dikerjakan sendiri-sendiri.

Shalat idul adha berbeda dengan shalat jum’at walau sama-sam dua rakaat, Apa perbedaan shalat jum’at dan salat idul adha padahal sama dua rakaatnya dan sama-sama ada dua khutbahnya, yang membuat perbedaan cara sholat diantara shalat jum’at dan shalat idul adha adalah urutan shalat dan khutbahnya.

Kalau sahalat jum’at membaca khutbah dulu kemudian dilanjutkan dengan shalat dan sebaliknya kalau shalat idul adha shalat dulu kemudian dilanjut dengan pembacaan khutbah.

Dan setelah shlat idul adha dua rakaat kemuadian ada seseorang yang berdiri sebagai pengantar khotib yang mau berkhutbah, dia adalah seorang bilal atau muraqi yang mengumandangkan seruan bahwa shalat berjamaah akan dilaksanakan.

Teks Bacaan Bilal Idul Adha

Dibawah ini saya tulis bacaan bilal shalat idul adha dengan bahasa arab, latin, urutan dan tata caranya

Dibawah ini saya tulis bacaan bilal shalat idul adha dengan bahasa arab, latin, urutan dan tata caranya :

1. Ketika sholat Idul Adha akan dimulai, bilal mengucapkan:

اللهُ أَكْبَرُ × ٧ 7 لَا إلٰهَ إلَّا اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ. اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ
صَلُّوْا سُنَّةً لِعِيْدِ اْلاَضْحٰى رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ × ٢

Allahu Akbar 7x, Laa ilaaha illallahu Akbar. Allahu Akbar wa Lillah ilham

As-shalāh… As-shalāh… As-shalāta(u) sunnatan li ‘īdil Adhā jāmi‘atan rahimakumullāh.

Artinya: (Marilah kita) shalat… (Marilah kita) shalat… (Marilah kita) shalat sunnah Idul Adha berjamaah. Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya kepadamu semua.

2. Setelah sholat Idul Adha, bilal berdiri menghadap jamaah dan mengucapkan:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
يَامَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. اِعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هٰذَا يَوْمُ عِيْدِ اْلاَضْحٰى وَيَوْمُ السُّرُوْرِ، وَيَوْمُ الْمَغْفُوْرِ. أَحَلَّ اللهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ، وَحَرَّمَ عَلَيْكُمْ فِيْهِ الصِّيَامَ. إِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ, اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ, اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُم اللهُ, اَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Assalamu ‘alaikum warahmatu Allahi wabarakatuh

BACA JUGA  Amalan dan Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan, Mencari Lailatul Qadar

Yama’ashir almuslimin wazumrat almuminin rahimakum allahu. lamua ‘ana yawmakum hdha yawm ‘id alaadha wayawm alsururi, wayawm almaghfuri. ‘Ahalla allahu lakum fiihi atha’aama,
Waharam ‘alaykum fiihi ashiyaama. ‘iidza sa’idal khatibu ‘alaa alminbari, aansitua wasma’ua waati’u rahimakum allahu, aansitua wasma’ua waati’ua rahimakum allhu, aansitua la’alakum turhamun

Artinya : Wahai sekalian kaum Muslimin dan golongan kaum Mukminin, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian. Ketahuilah sesungguhnya hari kalian ini adalah Hari ‘Idul Adha (hari kembali menyembelih hewan kurban), hari bahagia dan hari pengampunan. Allah menghalalkan bagi kalian makan pada hari itu dan Allah mengharamkan bagi kalian puasa pada hari itu. Apabila khatib naik ke atas Mimbar, perhatikanlah, dengarkanlah dan taatilah. Semoga Allah memberi rahmat kepada kalian (2 x). Perhatikanlah, semoga kalian dirahmati oleh Allah.

3. Setelah bilal selesai membaca di atas, imam naik mimbar lantas mengucapkan salam. Kemudian,  bilal menghadap kiblat dan membaca sholawat serta doa berikut:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلىٰ مُحَمَّدٍ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ،وَاْلحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ قَوِّاْلاِسْلاَمَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَيَسِّرْهُمْ عَلىٰ اِقَامَةِ الدِّيْنِ. رَبِّ اخْتِمْ لَنَامِنْكَ بِالْخَيْرِ وَيَاخَيْرَالنَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Aallahuma shali ‘ala muhammadin, Allahumma sali ‘ala sayidina muhammadin, Allahumma sali ‘ala sayidina wamawlana muhammadin, walhamdulillahi rabbil’alamina. Allahumma qawala islaam min almuslimin walmuslimat walmuminin walmuminat alaahya’ minhum walaamwati, wayasirhum ‘ala iqaamati dziini. rabbikhtim lanaa minka bilkhair wayakhairannaashirina birahmatika yaaarhama raahimin.

Artinya:

Artinya : Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad, Ya Allah berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, Ya Allah berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

BACA JUGA  Doa Awal Ramadhan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 1443H 2022

Ya Allah, kuatkanlah Islam dari orang-orang muslim dan muslimat, orang-orang mukmin dan mukminat, baik yang masih hidup dan yang sudah meninggal dunia. Dan mudahkanlah mereka dalam mendirikan Agama.

Wahai Tuhan, akhirilah kami dari Engkau dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rahmatMu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari yang pengasih.

Penutup

Demikianlah bacaan bilal shalat idul adha saya tulis secara lengakap dengan bacaan arab,latin, dan artinya serta tata cara dan urutannya semoga bermanfaat. Terimakasih sudah mengunjungi artikel kami jika ada salah kata dalam penulisan atau pengucapan kami mohon maaf sebesar-besarnya.