Daftar Channel TV Digital Bandung dan Sekitarnya Terlengkap

 

Samudranesia.id — Channel TV Digital Bandung memiliki pilihan channel yang banyak dan bervariatif. Kini, kamu dapat menikmati banyak program acara mulai dari hiburan, fashion, gaya hidup, berita sampai olahraga.

Channel Internasional juga dapat kamu nikmati melalui TV Digital. Sekarang, tidak perlu berlangganan secara khusus kamu juga dapat mengaksesnya melalui internet.

Perkembangan teknologi ini juga tentunya memberikan banyak keuntungan yang sepadan dengan harga yang dikeluarkan untuk membeli TV Digital. Begitu banyak siaran yang diberikan, kamu kini dapat menyaksikannya seperti pada TV Analog mu dulu.

Warga Bandung Masih Bisa Menonton TV

Warga Bandung Masih Bisa Menonton TV

Per 2 November 2022 lalu, Pemerintah bersama Kominfo telah membuat keputusan untuk menghentikan penggunaan TV analog. Keputusan ini diberlakukan secara bertahap dan juga ditujukan untuk seluruh daerah di Indonesia.

Meskipun dihentikan, kamu tetap dapat mengakses beberapa siaran melalui TV Digital. TV digital sendiri adalah perangkat televisi dengan fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation)

Harga TV digital tentunya bervariatif, mulai dibandrol dari harga satu jutaan sampai yang termahal puluhan juta. Ketika membeli, kamu tidak perlu bingung dan takut akan mengalami penipuan.

Karena saat ini Kominfo telah memberikan daftar TV Digital dengan harga satu jutaan yang tentunya sudah bersetifikasi Kominfo. Contohnya, merek Polytron PLD 24V223 dengan harga Rp1.470.000 dan juga merek lainnya seperti Panasonic TH-32G306G dengan harga Rp1.879.000

TV Digital juga dapat dibeli melalui platform online seperti Shopee dan Tokopedia. Selain online, terdapat toko offline yang juga menjual TV Digital seperti Hartono. Titik lokasi toko tersebut berada di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Daftar ini juga disebarkan di beberapa toko yang memiliki label “Merchant Power Pro” atau “Offial Store” pada aplikasi Tokopedia. Sehingga kamu tidak perlu merasakan keraguan saat hendak membelinya, karena sudah terjamin keamanannya.

Akan tetapi buat kamu yang belum memiliki TV digital, jangan khawatir sebab ada cara untuk menanganinya.  Kamu masih dapat membeli Set Top Box (STB) yang sudah dijual di marketplace serta toko elektronik.

Harga STB ini tentunya bervariasi mulai dari Rp100.000 sampai Rp600.000. Selain membeli secara mandiri, Kominfo juga memberikan perangkat STB yang harganya gratis bagi warga yang membutuhkan.

List Channel TV Digital Bandung Yang Dapat Ditonton Melalui TV Digital

List Channel TV Digital Bandung Yang Dapat Ditonton Melalui TV Digital

TV Digital tidak kalah menarik dengan TV analog bahkan, TV Digital dinilai memiliki fitur-fitur yang lebih modern dan mengikutin zaman. Selain itu, tidak hanya satu sampai dua saja channel yang dapat diakses.

BACA JUGA  8 Set Top Box Murah 100 Ribuan Dengan Kualitas Terbaik

Namun,  terdapat puluhan channel dalam TV Digital yang dapat kamu akses secara gratis melalui internet. Channel ini tentunya juga memuat channel yang dimiliki warga Jabar khususnya Bandung seperti, Bandung TV HD.

Setelah memiliki TV Digital, kamu akan dipaparkan oleh beberapa channel yang dapat kamu akses. Berikut jenis-jenis channel tersebut:

1. RCTI

Channel dengan slogan RCTI Oke ini berada di bawah naungan perusahaan Bimantara Citra Tbk dan Rajawali Corporations. RCTI merujuk pada padanan kata yang dimaksukan Rajawali Citra Televisi Indonesia.

Channel ini merupakan channel swasta pertama di negara Indonesia. Meskipun Channel ini sudah ada di channel TV analog, Channel ini juga tentunnya masih bisa diakses pada TV Digital. Dalam Channel TV digital Bandung, hannel ini berada di frekuensi 554.0MHz.

2. TRANS TV

Channel dengan singkatan Televisi Transformasi merupakan channel milik Trans Media di bawah induk perusahaan Trans Media. Perusahaan lainnya yang juga berada di bawah naungan Trans Media adalah Trans 7.

Trans TV sudah berusia 21 tahun dan sudah lebih dulu berkecimbung di TV analog. Meskipun begitu, Channel ini juga didalam TV Digital. Channel Trans TV  tentunya masuk dalam Channel TV digital Bandung di frekuensi 666.0MHz.

3. CNN INDONESIA

Cable News Network Indonesia atau disingkat CNN merupakan stasiun televisi dan situs berita Trans Media yang berkolaborasi dengan Turner International. CNN Indonesia bersama dengan Trans TV termasuk ke dalam anggota keluarga TRANSMEDIA.

Channel ini biasanya menampilkan berita nasional,internasional, ekonomi, olahraga, hiburan dan gaya hidup. Pada Channel TV digital Bandung, CNN Indonesia terdapat di frekuensi 666.0Mhz.

4. KOMPAS TV

Kompas TV termasuk ke dalam jaringan televisi swasta nasioanl yang berfokus pada konten berita. Awalnya, channel ini hanya menyediakan konten-konten yang berbau hiburan. Namun, lama kelamaan statusnya berubah menjadi jaringan televisi dengan basis berita.

Kompas TV ini dimiliki oleh KG Media dan merupakan anak usaha dari perusahaan Kompas Gramedia. Pada Channel TV digital Bandung, channel Kompas TV berada pada frekuensi 618.0MHz/

5. METRO TV

Sama dengan channel di atas, channel Metro TV juga termasuk ke dalam jaringan televisi swasta Indonesia. Surya Paloh selaku pendiri, mendirikan Metro TV di bawah naungan PT Media Televisi Indonesia.

Meskipun pada awalnya perusahaan ini merupakan hasil patungan dari Media Group dan Bimantara Citra. Pada akhirnya, Media Group mendapat kepemilikan secara penuh terhadap Metro TV.

Sama dengan channel lainnya, Metro TV juga ada dalam TV Digital. Khususnya pada channel TV digital Bandung yang ada pada frekuensi 562.0MHz.

6. TVONE

Sama seperti Kompas TV dan CNN, TvOne juga merupakan jaringan televisi yang berfokus pada konten berita. Seperti yang sudah kita ketahui TvOne berada di bawah induk perusahaan Bakrie Group dan didirikan oleh Abdul Latief.

BACA JUGA  Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal, Begini Solusi Termudahnya

Awalnya jaringan televisi ini diberi nama Lativi namun, pada tahun 2008, nama ini diubah menjadi TvOne. Kini, TvOne memiliki tiga komposisi program acara 70% berita, sisanya merupakan gabungan olahraga dan hiburan.

Pada Channel TV digital Bandung, TvOne berada dalam frekuensi 682.0MHz.

7. RTV

Rajawali Televisi atau yang biasa disebut RTV juga termasuk ke dalam jaringan televisi swasta Indonesia. Channel ini dimiliki oleh Rajawali Corpora dan mengudara pada bulan November tahun 2009.

Kini, program di RTV cenderung fokus pada acara hiburan yang ditujukan untuk anak-anak dan keluarga. Dalam Channel TV digital Bandung, RTV berada di frekuensi 618.0MHz.

8. MAGNA CHANNEL

Magna channel yang merupakan televisi terestrial digital swasta di Indonesia juga dimiliki oleh Media Group. Media Group juga merupakan pemilik dari Metro Tv dan BN Channel.

Magna Channel berfokus untuk menyajikan konten program fashion, hiburan, variety show, gaya hidup dan musik. Melalui beberapa konten tersebut, dapat dilihat bahwa channel ini memiliki target penonton wanita dan kaum milenial yang berusia 15 tahun ke atas.

Pada Channel TV digital Bandung, Magna Channel ada pada frekuensi 562.0MHz.

9. BN CHANNEL

Channel BN Channel merupakan singkatan dari Business News Channel yang juga dimiliki oleh Media Group. Channel ini termasuk ke dalam jaringan televisi terestrial digital swasta nasional.Sama seperti TvOne dan Kompas, BN channel juga menampilkan program acara berbasis berita.

Hanya saja, BN Channel tidak terfokus pada berita itu saja melainkan juga pada bisnis, keuangan dan ekonomi lokal. Dalam Channel TV digital Bandung, BN Channel terdapat di frekuensi 562.0MHz.

10. BANDUNG TV

Dilihat dari nama channel ini, tentunya kamu langsung mengetahui dari mana asal channel ini. Channel Bandung TV ini berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat dan merupakan stasiun televisi lokal swasta pertama di Bandung. Kanal ini tentunya juga termasuk ke dalam Channel TV digital Bandung apabila dilihat dari nama channelnya.

Channel ini dianggap sebagai wadah bagi masyarakat sunda untuk berkreativitas. Karena itu, Bandung Tv memfokuskan program acaranya pada seni budaya.  Pada Channel TV digital Bandung, Bandung TV berada di frekuensi 682.0MHz.

Keuntungan Jika Kamu Sudah Memiliki TV Digital

Keuntungan Jika Kamu Sudah Memiliki TV Digital

Berbeda dengan TV Analog, TV Digital tentunya memiliki banyak kemajuan dalam fitur-fiturnya. Fitur-fitur ini sebenarnya juga dapat diakses menggunakan TV analog, hanya saja kamu perlu STB untuk mengaksesnya.

Berikut merupakan keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika TV Digital sudah ada di rumah kamu

1. Kualitas Gambar Lebih Bening

Sebelumnya, mungkin kamu sering menonton televisi dengan gambar yang buram semut dan menampilkan warna hitam putih saja. Namun, ketika kamu sudah memiliki TV Digital, kamu tidak perlu khawatir lagi.

BACA JUGA  8 Antena TV Digital Terbaik Murah Penangkap Sinyal Terbaik 2023

TV Digital tentunya dilengkapi oleh resolusi yang bening, resolusi ini tentunya berdampak pada kualitas layar yang jauh lebih bening. Layar jernih ini tentunya juga akan mengurangi penyakit yang berhubungan dengan mata kamu ketika menonton TV terlalu dekat.

Perlu kamu ketahui, TV Digital memiliki kualitas gambar yang bisa mencapai high definition.

2. Memiliki Channel dan Program Tontonan yang Bervariasi

Jika dulu kamu sering main jauh-jauh ke rumah teman demi menonton channel yang kamu suka, sekarang tidak perlu lagi. Kesusahan itu akan hilang ketika kamu memiliki TV Digital.

Karena, TV Digital ini memiliki channel yang lebih banyak macamnya. Ketika kamu ingin menonton berita, maka ada channel berita yang bisa langsung kamu pilih. Begitu juga dengan Channel TV digital Bandung, kamu sebagai warga Bandung dan sekitarnya masih bisa menikmati program pada channel ini.

3. Bisa Mengurangi Efek Kebisingan.

Biasanya, kamu akan mendengar suara bising pada program acara yang sedang kamu saksikan. Suara bising tersebut tentunya mengurangi kenyamanan kita dalam menyaksikan televisi.

Pada TV Digital, kamu sudah tidak perlu merasakan ketidaknyamanan itu. Kamu dapat mendapatkan kualitas suara yang jernih ketika menonton televisi.

4. Dapat Menonton Semua Channel Secara Hemat

Kalau kamu menganggap memiliki TV Digital akan menambah banyak biaya, sepertinya kamu belum mengetahui secara dalam. Saat ini, untuk membeli TV Digital kamu tidak perlu menyiapkan uang terlalu banyak dan menabung dengan mengorbankan banyak hal.

Karena, TV Digital dapat kamu miliki dimulai dari harga yang dibrondrol dari satu jutaan saja. Selanjutnya, semua channel ini tentunya juga terdapat di Channel TV digital Bandung dan kota-kota lainnya.

5. Gambar Stabil

Ketika melakukan siaran langsung atau live streaming, biasanya TV analog akan mengalami gerakan tidak stabil dan bergoyang. Hal ini tentunya menyebabkan kamu geregetan karena tidak bisa melihat scene yang ingin kamu tonton.

Saat ini, kamu tidak perlu merasakan hal tersebut karena pada TV Digital gambar akan terlihat lebih jelas. TV Digital dapat menampilkan live streaming secara stabil dan halus.

Akhir Kata

Perkembangan Teknologi yang begitu pesat membuat kita berkembang ke arah yang jauh lebih baik. Kemajuan ini tentunya juga diikuti dengan kemauan kita sebagai manusia dalam menerima dan mengikutinya.

Perubahan TV analog ke TV Digital merupakan salah satu hal baik yang juga dapat kita rasakan secara jelas keuntungannya. Melalui website ini, sudah dijelaskan bahwa keuntungan yang didapatkan sangat sepadan dengan harga yang juga ditawarkan.

Oleh karena itu, apalagi yang harus kamu tunggu? Kamu tidak perlu memikirkan untuk mengeluarkan banyak uang demi menonton film atau program acara yang kamu suka. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan kualitas kenyamanan dan kebahagiaanmu di rumah.

Jangan lupa untuk melihat dan membaca artikel kami lainnya! Terima Kasih!