Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp, Ternyata Praktis!

 

Samudranesia.id – Aplikasi WhatsApp selalu update atau memperbaharui berbagai fitur yang dimiliki. Salah satu fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp adalah fitur view once. Bagaimana cara menggunakan fitur view once di WhatsApp?

Apa saja fungsi dari fitur view once di WhatsApp? Apa keuntungan menggunakan fitur tersebut? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh orang-orang yang penasaran dan ingin menggunakannya.

Informasi tentang pengertian fitur view once dan cara menggunakannya akan dibahas di dalam artikel ini. Simak langsung artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap!

Pengertian Fitur View Once di WhatsApp

Fitur View Once yang ada di aplikasi WhatsApp mulai diluncurkan pada bulan Agustus 2021. Fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp ini sudah dapat langsung digunakan oleh pengguna Android dan iOS. Namun, pengguna harus melakukan pembaharuan atau update aplikasi WA terlebih dahulu.

1. Pengertian Fitur View Once

Pengertian Fitur View Once

View once artinya hanya dapat dilihat satu kali oleh seseorang. Apa itu fitur view once? Fitur view once adalah fitur di aplikasi WA yang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video, tetapi foto dan video tersebut hanya dapat dilihat satu kali oleh pengguna lainnya.

2. Kelebihan dan Fungsi Fitur View Once

Kelebihan dan Fungsi Fitur View Once

Umumnya, pengguna yang membuka video atau foto dari pengguna lainnya bisa melihat foto atau memutar video berulang kali. Foto dan video tersebut bahkan tersimpan secara otomatis pada galeri ponsel pengguna yang menerimanya.

BACA JUGA  Download WhatsApp Plus Apk (WA Plus) Versi Terbaru 2022

Namun, apabila Anda mengirim foto dan video menggunakan fitur View Once, maka yang terjadi bisa berbeda. Foto dan video yang Anda kirimkan hanya dapat dilihat satu kali oleh pengguna lainnya. Setelah dilihat satu kali, maka foto dan video tersebut akan terhapus secara otomatis.

Selain itu, foto dan video juga tidak akan tersimpan secara otomatis pada galeri ponsel penerimanya. Fitur view once memang diciptakan dan berfungsi untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna aplikasi WhatsApp. Itulah kelebihan dari fitur View Once aplikasi WA.

Lalu, bagaimana jika ternyata pengguna lain tidak membuka video atau foto tersebut? Setelah 14 hari tidak dibuka, maka video dan foto yang dikirim menggunakan fitur View Once akan langsung terhapus secara otomatis tanpa sempat dibuka.

3. Kekurangan Fitur View Once

Kekurangan Fitur View Once

Meskipun memiliki kelebihan, fitur view once juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah video dan foto yang dibagikan tetap dapat direkam atau di-screen shoot oleh pengguna lain ketika pertama kali melihatnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap bijak menggunakan fitur yang satu ini. Sebaiknya jangan sampai mengirimkan foto atau video yang sebenarnya tidak ingin atau tidak layak disimpan dan dibagikan ke orang lain. Tujuannya tentu untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna aplikasi WA.

Cara Menggunakan Fitur View Once di Whatsapp

Cara Menggunakan Fitur View Once di Whatsapp

Apakah Anda tertarik untuk pakai fitur view once WhatsApp? Jika tertarik menggunakannya, maka Anda harus mempelajari cara untuk menggunakan atau mengaktifkan fitur tersebut di ponsel. Berikut ini cara menggunakan fitur view once di WhatsApp, yaitu:

  • Pastikan untuk memperbarui atau update aplikasi WhatsApp terlebih dulu agar fitur View Once dapat digunakan. Pembaharuan dapat dilakukan langsung menggunakan Google Play Store maupun AppStore.
  • Setelah selesai update, silakan buka aplikasi WhatsApp tersebut.
  • Masuk ke bagian chatting atau obrolan dan cari pengguna yang ingin dikirimkan foto atau video.
  • Setelah itu, pilih ikon “Lampiran” yang ada di sebelah kolom untuk chatting.
  • Pilih pilihan lampirkan “Foto & Video” atau “Galeri”.
  • Anda juga bisa memilih “Kamera” untuk mengirimkan foto atau video yang diambil secara langsung saat itu juga.
  • Setelah itu cari foto atau video pada penyimpanan perangkat ponsel yang ingin dikirimkan. Klik foto atau video yang akan dikirimkan.
  • Sebelum menekan tombol kirim, pastikan Anda menekan ikon berupa lingkaran dengan angka 1 di dalamnya. Ikon tersebut merupakan ikon dari fitur View Once pada WhatsApp. Fitur View Once berada di samping tombol kirim yang ada di bagian bawah.
  • Pastikan ikon View Once telah diaktifkan dengan tanda sudah berwarna hijau.
  • Klik “Ok” untuk melakukan konfirmasi bahwa Anda akan menggunakan fitur View Once tersebut.
  • Setelah fitur View Once diaktifkan juga akan muncul pemberitahuan “Foto/ Video disetel untuk sekali lihat”.
  • Kemudian klik ikon “Kirim” untuk mengirimkan foto atau video tersebut.
BACA JUGA  2 Cara Backup Whatsapp iPhone ke iCloud Manual dan Otomatis

Penerima pun akan menerima foto atau video yang Anda kirimkan. Ketika membuka foto atau video tersebut, maka penerima akan mendapat pemberitahuan bahwa foto atau video tersebut hanya dapat dilihat satu kali dan akan dihapus setelah dilihat.

Penerima tidak akan bisa membuka atau melihat foto atau video yang dikirimkan setelah dilihat satu kali. Sebagai gantinya, akan muncul keterangan “Dibuka” atau “Opened” pada chat penerima.

Anda sebagai pengirim pun tidak akan bisa membuka foto atau video yang dikirimkan melalui tampilan chatting WhatsApp. Foto atau video yang Anda kirimkan akan tetap dapat dilihat pada galeri penyimpanan ponsel Anda.

Namun, jika mengirimkan foto atau video yang diambil secara langsung melalui aplikasi kamera WA, maka foto atau video tersebut juga tidak bisa Anda lihat kembali di tampilan chatting. Selain itu, foto dan video juga tidak dapat dilihat pada galeri penyimpanan ponsel.

Cara menggunakan fitur view once di WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk mengirim foto atau video yang hanya bisa dibuka satu kali oleh penerima. Fitur View Once terbaru dari WhatsApp ini memang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan dan privasi dari penggunanya.

Akan tetapi dalam hal ini kalian bisa menggunakan GB WhatsApp, karena dengan aplikasi versi mod wa ini bisa memberikan kemudahan buat kalian yang ingin tidak mau ribet untuk mengirim file foto dan video tanpa perlu menggunakan fitur view once di whatsapp.