Cara Memprogram TV Digital Secara Otomatis dan Manual

 

Samudranesia.id – Cara memprogram TV digital saat ini sering sekali dicari cari oleh banyak orang di indonesia. Hal ini lantaran kebijakan peraturan pemerintah yang baru dimana siaran analog pada seluruh indonesia akan dihentikan secara bertahap.

Sehingga saat ini warga Indonesia terutama di Pulau Jawa tengah mengalami transisi. Dari yang sebelumnya menggunakan siaran TV Analog menjadi siaran TV Digital. Tentu saja hal ini membuat banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana caranya memprogram tv digital tersebut.

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk menjawab semua permasalahan kamu mengenai bagaimana caranya untuk memprogram tv digital. Baik dari televisi jenis TV Flat maupun TV Analog yang menggunakan set top box dan simaklah dengan baik.

Apa Sih TV Digital Itu?

Apa Sih TV Digital Itu

Secara sederhananya, TV digital merupakan sebuah perangkat telekomunikasi visual (televisi) yang bisa menangkap suatu sinyal siaran digital. Sinyal tersebut terkirim pada bentuk bit sebuah data informasi. Konteksnya mirip seperti yang sering kita lihat setiap hari saat live streaming di YouTube atau aplikasi sejenis.

Tetapi terdapat konsekuensi dari TV digital ini. Kamu hanya akan diberikan 2 mode saja untuk tampilannya. Pertama bisa ditampilkan dan juga tidak bisa ditampilkan. Jika sinyal yang tertangkap kurang baik kualitasnya, maka gambarnya pun tidak akan diperlihatkan di TV.

Sebaliknya, jika sinyal yang tertangkap kualitasnya baik sekali, maka TV akan menampilkan gambar yang sangat jernih atau HD (High Definition). Inilah resiko dari TV digital yang berbeda dengan TV analog yang akan tetap menampilkan walaupun gambarnya tidak jelas.

TV Digital juga memberikan rasio yang sudah jauh lebih baik yaitu 16 : 9. Ukuran rasio ini memang rasio layar yang paling standar yang dipakai untuk produksi tayangan saat ini yang modern. Sehingga apapun yang akan diproduksi oleh produsen sinematik bisa ditayangkan.

BACA JUGA  Download Sinyal TV Digital Apk Versi Terbaru 2022

Tidak hanya itu namun juga dapat dinikmati dengan resolusi yang sesuai dan juga memberi kamu pengalaman untuk menonton yang jauh lebih baik kepada para pemirsanya.

Nah sebelum kami menjelaskan bagaimana untuk memprogram TV Digital ini, kamu harus tahu juga keuntungannya jika kamu memakai TV Digital di rumah. Berikut penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu baca.

Keuntungan Menggunakan Dan Memprogram TV Digital

Keuntungan Menggunakan Dan Memprogram TV Digital

Jika kamu baru saja beralih dari yang sebelumnya menggunakan TV analog dan saat ini menjadi TV Digital akan banyak keuntungan yang kamu miliki. Beberapa keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Layanan Lebih Interaktif Dan Berkualitas

Sebelumnya kamu akan menemukan bahwa menggunakan TV analog terbatas pada channel channel lokal saja. Kamu tidak akan bisa melihat channel yang disiarkan di daerah lain ataupun luar negeri karena hanya menangkap sinyal lokal.

Oleh karena itu, jika kamu memprogram TV digital, kamu akan menemukan lebih banyak lagi tayangan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selain itu kamu juga lebih interaktif dengan televisi karena membuatmu bisa melakukan banyak kegiatan atau aktivitas.

2. Tayangan Lebih Beragam

Hal lain yang membuatmu perlu memprogram TV Digital adalah karena tayangannya lebih beragam. Jika kamu menggunakan tv analog, maka kamu hanya akan menonton tayangan yang diterima antena saja.

Namun jika kamu memakai tv digital, maka kamu akan menemukan banyak sekali tayangan. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi kamu bisa melihat banyak tayangan dari luar negeri juga. Sehingga inilah yang membuat banyak orang tertarik memakai tv digital.

3. Kualitas Siaran Yang Canggih Dan Jernih

Jika kamu menggunakan tv analog, pasti ada saja kendalanya. Entah sinyalnya yang kurang bagus ataupun ketika sedang hujan sinyal yang ditangkap juga berantakan sehingga tayangan yang ditampilkan tidak jernih.

Tetapi dengan memprogram TV Digital, hal itu tidak akan pernah terjadi dengan tv mu. Karena tv digital sudah memakai teknologi yang canggih sehingga tayangan yang ditampilkan sudah sangat jernih dan kamu tidak akan menemukan tayangan yang buram di channel manapun.

4. Merata Di Seluruh Indonesia

Saat ini penyebaran sinyal digital sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga jika kamu berada di pelosok desa pun sudah bisa menerima sinyal tersebut dan bisa menikmati tayangannya juga.

BACA JUGA  Rekomendasi Set Top Box Siaran TV Digital Termurah 2022

Oleh karena itu saat ini lebih baik kamu mulai menggunakan tv digital karena berbagai keuntungan ini yang akan kamu peroleh. Dijamin tidak akan menyesal jika kamu sudah membelinya karena manfaatnya yang begitu banyak.

5. Aman Cuaca

Jika cuaca sedang bagus, tayangan tv analog juga akan bagus. Tetapi kalau cuacanya tidak bagus, maka tayangannya juga akan ikut tidak bagus seperti ada semut semutnya. Sehingga kamu pasti kesal tidak bisa menonton tv di kala hujan.

Tetapi dengan TV digital, kamu bisa menonton tv di kala kondisi cuaca apapun. Mau sedang panas, dingin, hingga hujan badai pun tayangan tv tetap ada. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak ada tayangan saat sedang hujan lebat.

6. Bayar Sekali Seumur Hidup

Satu lagi yang menjadi keuntungan TV digital yaitu kamu hanya perlu membayarnya satu kali saja di awal pembelian. Setelah itu kamu bisa menggunakannya sampai kapan pun hingga tv nya sudah usang atau rusak.

Sehingga hal ini tentu saja menghemat pengeluaranmu daripada harus membayar biaya langganan setiap bulannya yang akan menghabiskan uang. Dengan begitu kamu tetap bisa menonton dengan hanya sekali bayar di awal.

Cara Memprogram TV Digital Samsung

Cara Memprogram TV Digital Samsung

Sebenarnya, cara untuk memprogram sebuah tv digital sama saja seperti mencari berbagai channel di televisi biasa. Tetapi untuk lebih jelas lagi kamu bisa baca caranya di bawah ini jika kamu menggunakan TV dengan merk Samsung.

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu antenanya sudah dipasang dengan baik caranya adalah tinggi dan arahnya sudah tepat. Kamu juga bisa menggunakan antena yang lama kalau masih bagus. Kamu bisa juga menggunakan antena yang untuk indoor atau pun untuk outdoor.
  2. Jika antena telah dipasangkan ke Tv Digital Samsung dan sudah dicolokkan ke listrik, nyalakan tv nya.
  3. Kemudian dari remot tvmu, pilih tombol menu dan masuklah ke menu pengaturan.
  4. Kamu akan melihat banyak menu dan submenu disitu.
  5. Selanjutnya pilihlah menu siaran dan pilih setelan otomatis.
  6. Setelah itu pilih menu jenis saluran dan checklist pada “digital”.
  7. Lalu klik “scan” untuk mulai mencari channel dari tv digital.
  8. Tunggu saja karena secara otomatis TV Digital akan menangkap sinyalnya dan channel akan tersusun otomatis.
  9. Keluar dari pengaturan dan mulailah nikmati tontonan yang sudah tersedia.
  10. Selesai.
BACA JUGA  Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box Dengan Mudah

Cara Memprogram TV Digital LG

Cara Memprogram TV Digital LG

Kamu bukan pengguna TV Digital Samsung melainkan TV Digital LG? Bukan sebuah masalah karena kami juga akan memberikan caranya padamu untuk bisa memprogram TV digital merk tersebut. Simak saja caranya yang sudah kami buat ini.

1. Cara Mengatur Channel

Channel memang sangat diperlukan dan merupakan sebuah kebutuhan yang paling dasar di setiap televisi. Untuk bisa mengatur channel, ikuti langkah berikut.

  1. Pertama, pastikan dahulu kabel antenanya sudah dihubungkan dengan TV LG.
  2. Kemudian nyalakanlah tv dengan memencet tombol power.
  3. Selanjutnya buka pengaturan sistem di pilihan “settings”.
  4. Pilih “Program” dan klik “Search Program Automatically”.
  5. Klik OK dan tunggu sampai semua channel tersimpan di 100 persen.
  6. Selesai

2. Cara Mengatur Gambar

Di TV yang satu ini kamu bisa mengatur gambar yang akan ditampilkan dengan preset yang sudah otomatis. Tetapi kamu juga bisa mengaturnya secara manual sesuai keinginanmu.

  1. Pertama, nyalakan TV LG nya dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian buka pengaturan sistem di Settings.
  3. Lalu pilih menu pengaturan gambar.
  4. Setelah itu atur saja parameternya sesuai dengan yang kamu inginkan (mode dan aspek rasio).
  5. Jika selesai, klik exit dan nikmati tontonannya.
  6. Selesai.

3. Cara Mengatur Suara

Terkadang suara yang standar masih terasa kurang enak di telinga. Sehingga disediakan pengaturan untuk mengatur suara TV LG. Berikut ini cara caranya.

  1. Pertama nyalakan TV terlebih dahulu.
  2. Pergi ke menu settings untuk pengaturan sistem.
  3. Pilihlah menu pengaturan suara dan klik ok.
  4. Kemudian atur sendiri parameter suaranya sesuai keinginan.
  5. Kamu juga bisa menambahkan equalizer audio sesuai keinginanmu.
  6. Lalu klik exit jika sudah beres.
  7. Selesai.

4. Cara Mengatur Bahasa Dan Waktu Sistem

Meskipun kamu jarang mengakses menu ini, tetapi jika menginginkannya kamu bisa mengaturnya dengan ikuti cara yang kami buat di bawah ini.

  1. Pertama nyalakanlan TV LG kamu.
  2. Lalu pergi ke settings dan pilih menu pengaturan umum.
  3. Kemudian atur sendiri pilihan bahasa dan juga penanggalan serta waktunya.
  4. Jika sudah selesai, klik exit.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari kami mengenai Cara Memprogram TV Digital dan beberapa jenisnya. Semoga dapat membantumu yang sudah membaca dengan baik. Terima kasih atas kunjungannya dan kunjungi juga artikel kami yang lain.