15 Wisata Jawa Timur Terbaik dan Terbaru, Cocok Semua Kalangan!

 

Samudranesia.id – Pulau Jawa Timur adalah pulau yang memiliki berbagai destinasi wisata yang mempesona dan indah. Ada banyak tempat wisata Jawa Timur yang bisa Anda eksplor dan memanjakan mata. Objeknya mulai dari pemandangan, wahana sampai dengan wisata edukasi.

Di Jawa Timur terdiri dari berbagai kota dan kabupaten yang memiliki tempat wisata yang beragam. Wisata tersebut bisa dijadikan sebagai pelepas penat dan menghabiskan liburan Anda dengan seru dan menyenangkan.

Rekomendasi Wisata Jawa Timur

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Jawa Timur yang terbaru dan populer untuk didatangi.

Untuk meningkatkan perekonomian di bidan pariwisata, lebih baik untuk memilih destinasi dalam negeri karena pesona keindahan tempat wisata tidak kalah dengan di luar negeri. Mari kita simak bersama.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Wisata Jawa Timur yang pertama adalah pergi ke Gunung Bromo dengan Jeep. Gunung Bromo sangat terkenal sampai ke mancanegara sehingga tidak pernah sepi didatangi pengunjung. Tempat wisata ini menyajikan berbagai pemandangan asri yang menyejukkan.

Anda bisa melihat sunrise yang indah serta perbukitan hijau yang terhampar dengan luas. Ada banyak spot yang wajib Anda datangi terutama ke puncak gunungnya yang sangat indah.

Objek wisata di gunung Bromo yaitu ada kawah gunung, padang rumput savana, pasir berbisik, sampai dengan bukit Teletubbies. Anda juga bisa menunggangi kuda untuk sampai ke kawah Bromo jika lelah untuk berjalan.

Yang unik dari objek ini adalah bukit yang bernama Teletubbies. Bentuknya yaitu bukit hijau yang terhampar luas membentang sama seperti bukit yang ada di kartun Teletubbies. Tak heran, namanya serupa dengan bukit yang ada di kartun tersebut.

Banyak spot foto yang instagramable di Gunung Bromo Anda bisa kesana dengan memesan Jeep untuk sampai ke berbagai objek wisata tersebut.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Tempat wisata Jawa Timur selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Luas dari tempat ini tidak terlalu luas hanya 250 km saja sehingga dinobatkan sebagai taman nasional terkecil se-Jawa Timur.

Meskipun kecil, daya tarik dari Taman Nasional ini yaitu adalah padang savanna yang mendominasi. Dengan demikian, ini tampak seperti berada di luar negeri atau Australia.

Jika beruntung, Anda bisa melihat berbagai hewan yang sedang makan rumput yang akan menambah kesan eksotis di tempat ini.

Tercatat, ada sekitar 26 jenis mamalia, 155 jenis burung, sampai dengan berbagai flora yang menarik untuk dilihat.

Anda juga bisa mengunjungi pantai yang ada di kawasan tersebut. Ada pantai Bama, Balanan, Sijile, sampai dengan Bilik.

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Jika ingin berwisata pantai di Jawa Timur, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pantai indah yang mempesona. Tidak perlu ke Bali atau luar negeri untuk menikmati keindahan pantai yang cantik.

Salah satunya adalah pantai Teluk Hijau. Pantai ini terletak di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, pantai ini berwarna kehijau-hijauan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Warna hijau ini berasal dari alga yang mengelompok sehingga pigmen tersebut yang akan tertangkap oleh mata.

BACA JUGA  19 Wisata Kuningan Terbaik 2022 dan Wajib Dikunjungi!

Anda bisa bermain air dan memanfaatkan fasilitas wahana air yag ada disana. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu di pagi hari agar bisa menyaksikan sunrise yang mempesona.

4. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Destinasi pantai wisata Jawa Timur selanjutnya adalah pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Malang tepatnya di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Pantai Baleakambang dikelilingi oleh 3 pulau yaitu, Pulau Ismoyo, Wisanggeni, dan Anoman.

Jadi, ketika mengunjungi pantai ini, akan lebih baik jika mengunjungi pulau-pulau tersebut yang juga merupakan objek wisata yang indah. Di pulau Ismoyo, bisa melihat Pura Luhur Amertha Jati yang dibangun dengan megah.

Di pantainya sendiri, pengunjung bisa bermain air, berenang, bermain istana pasir, sampai dengan berteduh dan menikmati wisata kulinernya yang enak dan murah. Karena keindahan pantainya ini, Balekambang disebut sama seperti pantai di Tanah Lot.

5. Gili Iyang

Gili Iyang

Jika bosan dengan hiruk pikuk kota, Anda bisa mendatangi pulau kecil yang memiliki pesona alam yang masih asri dengan kandungan oksigennya yang bersih. Pulau tersebut adalah Gili Iyang yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura.

Pulau ini disebut sebagai Pulau Oksigen yang perlu dilestarikan. Peringkatnya adalah nomor dua di dunia setelah Yordania. Oleh sebab itu banyak warga domestik sampai luar negeri mendatangi pulau tersebut.

Rimbunnya pepohonan juga memuat pulau ini memiliki udara yang segar. Pantai ini juga menyediakan berbagai olahraga air dengan fasilitas yang disediakan.

Anda bisa menyewa peralatan renang, diving, atau snorkeling ke bawah laut. Di bawah laut tersebut, bisa melihat berbagai macam biota yang menakjubkan.

Lautnya juga bersih karena terjaga kualitasnya. Penduduk yang mendiami pulau ini juga sedikit sehingga kebersihan sangat terjaga dengan baik.

6. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Destinasi menarik yang lainnya adalah Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo terletak di rute pendakian saat pergi ke Gunung Semeru. Jadi, ketinggian dari tempat wisata ini mencapai 2.400 meter di atas permukaan laut.

Wisata Jawa Timur yang satu ini cocok untuk para pecinta alam dan yang suka mendaki. Hal ini karena untuk mencapai ke Ranu Kumbolo dibutuhkan pendakian yang panjang sehingga perlu banyak persiapan fisik yang kuat jika berniat kesini.

Namun, meskipun melelahkan, hal ini sepadan dengan tenaga yang dihabiskan. Anda bisa melihat beragam pemandangan indah dan hamparan rumput yang tersaji saat proses pendakian.

Sesampainya disana, Anda bisa melihat pemandangan dari bawah yang cantik. Ada pula pemandangan langit yang menarik untuk ditonton.

7. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Selanjutnya adalah wisata alam sekaligus edukasi yaitu Kebun Teh Wonosari, Malang. Kebun Teh ini berada di kaki Gunung Arjuna yang menyajikan berbagai aktivitas yang seru.

Pengunjung bisa melihat hamparan kebun teh sambil belajar bagaimana proses pengambilan teh tersebut. Jika membawa anak, Anda bisa mengajari cara berkebun teh dibantu dengan pengelolanya.

Anda bisa berkeliling kebun teh menggunakan kereta mini yang tersedia. Ada pula kebun binatang kecil yang bisa mengedukasi anak. Selain menikmati pemandangan yang ada di sana, jika lelah dan kedinginan, Anda bisa berendam di pemandian air hangat.

8. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan tempat ikonik yang ada di Jawa Timur. Kepopulerannya ini tidak kalah dengan Bali. Kawah Ijen berada di Banyuwangi yang memiliki daya tarik kawah yang mengeluarkan belerang.

Pengunjung bisa melihat kegiatan para penambang belerang yang ada di setiap pagi. Selanjutnya, di kawah Ijen, Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang unik dan instagramable.

Berfoto di kawasan kawah tersebut dengan ranting pohon yang menjadikan foto menjadi lebih bagus dan estetik. Ada pula objek wisata lain seperti blue fire yang merupakan fenomena alam terkenal di Kawah Ijen.

BACA JUGA  20+ Destinasi Wisata Bogor Terbaik dan Terbaru 2022, Wajib Tahu!

Blue Fire adalah dataran yang memunculkan warna biru seperti api di sekitar gunung. Namun, fenomena ini tidak bisa dilihat lama karena hanya bisa terlihat di dini hari yaitu sekitar pukul 01.00-02.00 WIB.

Jika sudah matahari muncul, maka api biru ini sudah tidak bisa dilihat dengan jelas. Oleh sebab itu, pengunjung harus datang pagi-pagi sekali agar bisa melihat pemandangan yang jarang terlihat ini.

9. Jatim Park

Jatim Park

Jika ingin seru-seruan dan bermain berbagai wahana, Anda bisa mendatangi taman bermain yang terkenal di Jawa Timur. Wisata Jawa Timur ini adalah Jatim Park. Ada 3 tempat yang tersedia yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Harga tiket masuknya sangat beragam tergantung dari paket yang dipilih. Ada harga yang murah sekitar Rp 30.000 saja dan ada pula tiket yang mahal sekitar Rp 170.000 untuk satu orangnya.

Anda bisa puas bermain dengan wahana yang bervariasi mulai dari yang santai sampai yang memacu adrenalin.

Selanjutnya, jika pergi ke Jatim Park 2, Anda bisa menemukan wahana yang seru. Pertama, ada Secret Zoo dimana banyak satwa yang unik dari luar negeri. Kemudian, ada pula Museum Satwa tempat fosil hewan yang berguna sebagai wisata edukasi.

Jadi, Jatim Park 2 ini cocok bila Anda membawa anak kesana, karena bisa belajar banyak mengenai binatang sambil bermain wahana yang seru. Kemudian, ada Jatim Park 3 yang merupakan seri yang paling baru.

Menariknya, disana ada miniatur bangunan yang merupakan ikon luar negeri. Ada Little Amsterdam, India, Korea, Kampung Jepang, dan berbagai wahana lain yang menarik di dalamnya.

Jika berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto di bangunan menarik dan penuh warna.

10. Museum Angkut

Museum Angkut

Berikutnya adalah wisata Jawa Timur yang ada di wilayah Kota Batu, Malang. Bagi yang hobi kendaraan dan otomotif, Anda wajib berkunjung kesini.

Hal ini karena wisata ini menyajikan koleksi kendaraan yang berasal dari zaman dulu.

Ini akan sangat berguna untuk menambah wawasan sejarah. Kendaraan yang ada disini tidak hanya dari Indonesia, tapi disajikan pula kendaraan dari berbagai belahan dunia seperti Eropa Kuno.

Anda bisa melihat sepeda, motor, mobil, sampai dengan angkutan umum yang dulu dipakai. Selain kendaraan yang berasal dari zaman dulu, juga bisa disaksikan kendaraan keluaran terbaru dan modern.

Konsep di museum ini tampak seperti di kawasan Eropa sehingga ini akan menarik untuk berselfie ria. Selain itu, jika beruntung, Anda bisa melihat parade yang dibuat oleh museum ini. Ada 300 koleksi kendaraan yang memanjakan mata.

11. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Wisata Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Klayar yang ada di Pacitan. Pemandangannya yang indah sering disebut mirip dengan Devil’s Tear yang ada di Bali.

Akan ada pemandangan ombak yang menerpa karang. Lautnya yang biru dengan pemandangan sunrise dan langit yang terbentang akan menambah rasa menenangkan jika melihatnya.

Meskipun sangat indah, sebagai pengunjung, tidak disarankan untuk berenang atau melakukan aktivitas bermain air lainnya. Hal ini karena ombak yang ada di Pantai Klayar terbilang cukup besar sehingga untuk meminimalisir kecelakaan tidak boleh untuk berenang.

Pengunjung bisa melihat indahnya perbukitan yang mengelilingi Pantai Klayar. Perbukitan tersebut berasal dari karang yang mengikis secara alami karena ombak pantai sehingga ini akan menambah daya tarik.

BACA JUGA  20 Tempat Wisata Bandung Terbaru 2022 Hits dan Instagrammable

Aktivitas seperti berjemur, berfoto, menikmati sunrise, sampai dengan menikmat wisata kuliner yang murah. Anda juga bisa melakukan piknik bersama keluarga dengan membawa berbagai perlengkapan yang sudah dibawa dari rumah.

12. Candi Penataran

Candi Penataran

Di Jawa Timur, ada banyak situs peninggalan sejarah yang bisa dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Candi Penataran.

Lokasi Candi ini tidak jauh dari Gunung Kelud. Jadi, ketika Anda ingin berwisata ke Gunung Kelud tambahkan lokasi ini sebagai objek wisata selanjutnya yang Anda kunjungi. Sejarah di candi ini sangat kental karena pembangunan candi ini sampai lintas 3 generasi kerajaan.

Di candi tersebut tergambar relief yang mempunyai banyak makna dan arti. Ada yang menceritakan kisah tentang Anoman Obong yang terkenal. Kemudian, ada pula yang menceritakan kisah bangsa asing yang masuk ke Nusantara.

Relief tersebut perlu dijaga kelestariannya karena merupakan salah satu aset budaya bangsa. Oleh sebab itu, pengunjung tidak boleh untuk mencorat-coret dinding candi.

Biaya masuknya sesuai dengan donasi dari pengunjung. Di hari-hari tertentu seperti ketika malam purnama, ada tradisi pertunjukan kesenian yang banyak dilihat oleh wisatawan, baik lokal maupun luar negeri.

13. Gua Gong

Gua Gong

Gua Gong adalah wisata Jawa Timur yang terkenal dan dinobatkan sebagai gua tercantik se-Asia Tenggara. Hal ini karena keindahan dari stalaktit dan stalakmit yang mempesona karena fenomenanya berasal dari alam bukan buatan manusia.

Untuk masuk ke Gua Gong, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Di gua tersebut juga tidak ada penerangannya sehingga bawalah senter atau sewa di tempat tersebut.

Setelah memasukinya, akan ada batu-batu yang terbentuk jutaan tahun lalu. Menariknya, batu tersebut akan mengeluarkan bunyi yang menggema ke seluruh goa ketika dipukul. Oleh sebab itu, Gua Gong juga pernah dipakai sebagai tempat konser musik di 4 negara.

14. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Tempat wisata selanjutnya adalah air terjun Coban Rondo yang terletak di Batu, Malang. Pemandangannya sangat menakjubkan karena ada air terjun ini turun dari atas bukit sehingga akan muncul embun di sekelilingnya.

Jika menerpa pengunjung, ini akan membuat sensasi segar. Bahkan di waktu siang sekalipun. Di sekitar air terjun, Anda juga bisa melihat pemandangan gunung yang mempesona.

Selanjutnya, di sekitar kawasan tersebut ada aktivitas outbound yang seru. Ada flyng fox, sampai dengan permainan ketangkasan.

Ada pula lokasi labirin yang sangat cocok untuk mengambil foto yang instagramable. Anda juga bisa bermain air di sekitar sungainya. Namun, tetap harus berhati-hati karena area air terjun memiliki batu yang licin. Gunakan sepatu yang bergerigi agar tidak tergelincir.

15. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Jawa Timur yang terakhir adalah Wisata Bahari Lamongan. Di tempat ini, Anda bisa menikmati taman bermain dengan berbagai wahana permainan yang menarik. Jika penyuka wisata air, maka wajib untuk mendatangi tempat ini.

Disini, disediakan kolam renang dengan berbagai bentuk seluncuran. Kemudian, ada pula tempat wisata hantu yang membuat Anda memacu adrenalin. Harga  tiket masuk ke wisata ini yaitu Rp 70.000 per orang.

Sedangkan di hari libur akan lebih mahal yaitu Rp 100.000.

Demikian wisata Jawa Timur yang terkenal dan bagus untuk menghabiskan liburan Anda. Pilih salah satu yang menarik dan sesuai dengan keinginan. Wisata Jawa Timur tidak kalah indah dengan wisata populer Indonesia lainnya bahkan tidak kalah indah dari luar negeri.