14 Wisata Bandung Lembang Terbaik dan Terbaru 2022

 

Samudranesia.id – Anda ingin mencari destinasi yang menarik di Bandung? Tak perlu khawatir, di dalam artikel ini akan diberikan rekomendasi wisata Bandung Lembang yang memberikan panorama yang indah. Selain itu, banyak pula pilihan objek wisata yang seru dan menyenangkan.

Wisata Bandung Lembang sendiri adalah tempat rekreasi yang berada di sebelah utara kota Bandung. Anda dapat mengunjunginya bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Ada juga tempat instagramable yang cantik untuk difoto. Simak informasi lengkapnya.

Rekomendasi Wisata Bandung Lembang

Berikut adalah rekomendasi wisata Bandung Lembang yang populer dan terbaik yang bisa Anda kunjungi.

1. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo

Bagi penyuka satwa bisa datang ke Lembang Park and Zoo. Disana, ada banyak satwa menarik dan langka. Anda bisa membawa anak dan keluarga untuk mengenalkan si buah kecil tentang hewan-hewan di dunia.

WIsata Bandung Lembang ini memang tidak memiliki kapasitas yang luas. Meskipun begitu, tempat wisatanya sangat modern dan mengusung konsep kebun binatang bertaraf internasional. Anda bisa melihat beragam hewan yang bervariasi jenisnya.

Ada burung merak, beruang, sampai dengan berbagai spesies burung yang cantik dengan warna yang mempesona. Di tempat ini, Anda tidak akan merasa bosan karena banyak hewan yang bisa dilihat.

Selain itu, ada aktivitas seru lainnya yang bisa Anda coba. Contohnya naik perahu di danau buatan, berkuda, dan berkeliling di berbagai area kebun binatang menggunakan scooter yang disewakan.

2. Mercusuar Café and Resto

Mercusuar Cafe-ª++ and Resto

JIka Anda ingin mencari tongkrongan wisata Lembang Bandung, cobalah untuk mendatangi Mercusuar Café and Resto. Kafe ini memiliki pemandangan yang indah dengan konsep abad pertengahan.

Anda akan seperti berada di dalam kastil dengan desain yang mewah dan megah. Oleh sebab itu, ini akan tampak menjadikan pengunjung seperti di dalam kerajaan. Tempat kafe ini berlokasi di Jl Lembah Pakar Timur 2 yang terletak di lantai 6.

Anda juga bisa menikmati roti yang enak di lantai dasarnya. Oleh sebab itu, ini menjadi paket komplit untuk Anda yang ingin berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan yang unik. Mercusuar Café and Resto ini sering didatangi oleh muda-mudi karena cocok dijadikan tongkrongan yang keren.

3. De Ranch

De Ranch

Wisata selanjutnya yaitu berlatar peternakan kuda khas pedesaan. Tempat ini cocok bagi Anda yang jenuh dengan kehidupan kota dan ingin mencoba belajar berkuda. Disini, juga aka nada instruktur yang memandu Anda cara menunggangi kuda dengan benar.

Ketika naik kuda disini, ada beberapa pilihan yang disesuaikan dengan usia. Anda juga bisa memilih jenis kuda yang akan ditunggangi. Mulai dari kuda tunggang, delman, atau kuda poni. Selain naik kuda, ada juga wisata outbound yang menarik.

Beberapa wisata outbound yang ada di tempat wisata ini antara lain:

  • Flying Fox.
  • Trampoline
  • Balon air
  • The Gold Hunter
  • Permainan anak-anak: mancing, peti luncur, loncat anak, dsb.
  • Permainan memerah susu sapi
  • Panahan yang dikhususkan untuk orang dewasa.

Jika tertarik, Anda bisa berkunjung ke alamat Jl Maribaya No. 17. De Ranch dibuka setiap hari Senin sampai dengan Jumat dari pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore. Jika di hari sabtu-minggu, tempat wisata ini dibuka setiap pukul 08.000 WIB.

BACA JUGA  20 Tempat Wisata Bandung Terbaru 2022 Hits dan Instagrammable

4. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika

Objek wisata selanjutnya di Bandung Lembang adalah The Great Asia Afrika. Tempat ini termasuk objek wisata yang baru dibuka tetapi sangat recommended untuk dikunjungi.

Tempatnya sangat bagus dengan desain bangunan yang artistik dengan tema tempat ikonik di berbagai belahan dunia. Anda bisa melihat bangunan mini khas Indonesia, Jepang, Korea, Afrika, India, sampai negara-negara lainnya.

Keunikan dari tempat wisata ini layak diabadikan dengan berfoto ria di berbagai objek bangunan tersebut. Ini juga memberikan Anda edukasi karena bisa melihat bangunan unik di berbagai negara tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Disini, juga tersedia baju adat khas dari negara-negara yang ada di dunia. Dengan begitu, Anda bisa memakainya sambil belajar kebudayaan baru. Ada pula wisata kuliner mancanegara yang khas sehingga Anda bisa mengetahui makanan apa dari beberapa negara tersebut.

Meskipun baru dibuka, The Great Asia Afrika juga menyajikan beragam acara kebudayaan yang sering diadakan untuk menunjukkan ciri dari negara yang ada di tempat wisata.

Ada spot foto menarik yang indah yang bisa dijadikan spot foto. Anda bisa berkeliling di seluruh tempat ini untuk melihat semua ikon dari berbagai negara Asia Afrika.

5. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Selanjutnya, ada wisata Bandung Lembang yaitu Treetop Adventure Park. Disini, Anda bisa melihat berbagai pemandangan yang alami sambil bermain outbound yang menyenangkan. Tempat ini akan cocok untuk kalangan anak-anak sampai dengan dewasa.

Anda bisa mengajak teman untuk memainkan berbagai wahana yang seru bersama. Ini menjadi pengalaman menarik dan tak terlupakan. Treetop Adventure Park menyediakan berbagai zona yang sesuai dengan kebutuhan. Ada yang penuh tantangan dan memacu adrenalin.

Ada pula yang permainan sederhana dan tidak terlalu ekstrim. Beberapa zona tersebut yaitu: Yellow, Discovery, Blue, Orange, Red, dan Black.

Untuk anak-anak di bawah 4 tahun, bisa memainkan permainan di zona Yellow karena tidak ekstrim dan memang khusus untuk anak-anak. Untuk menuju ke area ini, Anda tidak perlu khawatir karena jalannya yang mudah diakses. Ikuti saja petunjuk ke arah Bumi Perkemahan Cikole.

Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari dan dibuka sampai dengan jam 5 sore.

6. Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole

Wisata selanjutnya adalah sama dengan sebelumnya termasuk kawasan wisata Lembang Cikole. Disini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menarik dari ketinggian.

Hal ini karena untuk mencapai lokasi ini, perlu menanjaki ketinggian 1.400 mdpl sehingga tidak heran kawasan ini sangat dingin dan sejuk.

Tempat wisata Bandung Lembang ini sangat luas sekitar 9 hektar. Dengan menawarkan outbound, penginapan, serta pemandangan hutan pinus yang tinggi di sekelilingnya mampu membuat suasana damai seperti berada di pedesaan.

Jika berkunjung kesana disarankan untuk menginap karena bentuk dari penginapan disini sangat unik dan klasik. Temanya vintage dan terbuat dari kayu sehingga seperti berada di negeri dongeng.

Rumah di ketinggian dengan hutan pinus di sekitarnya adalah pemandangan yang indah. Jika malam, Anda bisa melihat lampu-lampu di setiap penginapannya yang temaram menambah suasana yang hangat dan menyenangkan.

Anda bisa memainkan wahana outboundnya yang mengasyikkan. Baik untuk anak-anak sampai dengan dewasa. Ada dua jenis kelompok outbound yang disajikan di tempat wisata Grafika Cikole. Ada yang jenis reguler dan ada pula yang classified.

7. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Objek selanjutnya yang menarik dan populer adalah Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu sudah terkenal dengan legenda cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi sampai di seluruh Indonesia sudah mengetahuinya.

Legenda tersebut membuat banyak pengunjung pergi kesana. Proses pembentukan Tangkuban Perahu ini diakibatkan karena proses alami yang mengakibatkan lava mengeras dan terbentuklah fenomena alam ini dengan pemandangan yang menakjubkan.

BACA JUGA  19 Wisata Kuningan Terbaik 2022 dan Wajib Dikunjungi!

Di gunung tersebut, Anda bisa menyaksikan kawah yang mempesona dan biasa dijadikan objek foto yang menarik. Namun, Anda perlu untuk berhati-hati dan jangan terlalu dekat dengan kawah karena biasanya ada kabut putih.

Selanjutnya, di tempat ini, Anda bisa melihat danau belerang yang berasal dari cekungan alami pegunungan. Danau ini berwarna kehijauan sehingga tampak mempesona. Namun, tidak boleh untuk dibuat berenang karena mengandung belerang.

8. Tafso Barn

Tafso Barn

Wisata Bandung Lembang selanjutnya adalah Tafso Barn yang merupakan tempat makan yang unik. Tafso Barn menyajikan tempat duduk yang memiliki konsep yang bervariasi ada yang makan di dalam iglo plastik dan ini akan cantik dijadikan sebagai spot foto.

Pemandangan disini juga cukup sejuk dan asri. Temboknya dicat dengan sangat baik sehingga cocok untuk instagramable. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan yang enak dan bervariasi.

Ada pula spot foto berupa balon udara sampai rembulan corner yang cantik.

9. Pine Forest Camp Lembang

Pine Forest Camp Lembang

Jika suka berkemah atau melakukan kegiatan camping, datanglah ke tempat Pine Forest Camp Lembang yang mempesona. Camping di tempat ini sangat menyenangkan karena ada banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Ini akan membuat suasana camping menjadi lebih natural.

Area ini ada camping, outbound, sampai dengan offroad yang menantang. Kawasan ini akan terlihat sejuk karena warna hijau dari pohon pinusnya yang cantik.

Disini, Anda juga bisa bermain sambil menikmati Outbound Training, Flying Fox, Outbound Salam Percil, sampai dengan tempat area anak-anak yaitu wahana Adventure Kids Camp yang menyenangkan.

10. Curug Bellarosa

Curug Bellarosa

Wisata selanjutnya yaitu sebuah curug yang berada di kawasan hutan belantara. Air terjun ini sangat jernih dengan kondisi alamnya yang masih asri. Hal ini karena lokasinya yang harus menuju hutan untuk menyaksikan pemandangan eksotis ini.

Air terjunnya berundak karena ada tebing batu yang menumpung. Ketinggian dari curug ini tidak terlalu tinggi sekitar 5 meter. Namun, arusnya cukup deras. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak bermain air di lokasi air terjunnya.

Anda bisa bermain air di lokasi sungainya yang tenang. Selain menikmati keindahan dari curug ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya yaitu bersantai di saung jamur. Saung jamur ini adalah tempat peristirahatan untuk pengunjung bersantai.

Uniknya, atapnya berbentuk seperti jamur sehingga disebut sebagai Saung Jamur. Anda bisa menikmati pemandangan sambil menikmati kuliner yang dibawa atau dibeli disana.

Selanjutnya, aktivitas lain yang bisa dilakukan di wisata Bandung Lembang ini adalah memancing di kolam pemancingan. Ini sangat cocok untuk orang yang hobi memancing untuk melepas lelah.

Jika membawa anak-anak, mereka juga bisa bersenang-senang dengan membawanya ke Play Ground yang sudah disediakan di tempat tersebut.

11. Salian Art Space

Salian Art Space

Tempat wisata Bandung Lembang selanjutnya adalah Salian Art Space yang menyajikan beragam sajian kuliner dan seni. Tempat ini adalah sebuah kafe dengan tema yang berbeda-beda.

Selain menikmati kulinernya, Anda bisa melihat pameran dengan konsep yang berbeda-beda setiap beberapa bulan. Pameran ini memiliki karya seni kopi yang cantik dengan bergambar daun atau kopi yang menjadi ciri khas dari café di tempat tersebut.

Ada juga kopi berbentuk hati yang semakin membuat pengunjung senang karena terlihat artistik. Lokasi yang ada di kafe ini ada dua pilihan yaitu dalam ruangan dan luar ruangan.

BACA JUGA  18 Rekomendasi Wisata Cirebon Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Jadi, Anda bisa melihat panorama alam yang indah di sekitarnya. Jika tertarik, Salian Art Space bisa dikunjungi ada di Jl Bajuri No 86, Lembang. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis karena berada di tempat yang mudah diakses.

Jika menaiki kendaraan, jarak yang ditempuh dari Kampung Gajah Wonderland hanya sekitar 500 meter. Jadi, setelah dari tempat wisata tersebut, Anda bisa pergi ke tempat ini untuk bersantai.

12. Curug Malela

Curug Malela

Air terjun yang ada di Wisata Bandung Lembang selanjutnya adalah Curug Malela. Saking terkenalnya, tempat ini disebut sebagai Niagaranya Indonesia. Kenapa demikian? Ini karena pemandangan yang ada di sini sangat cantik.

Airnya jernih, udara di sekitarnya bebas polusi, dan aliran air terjun juga deras sehingga akan ada buih di sekelilingnya yang membuat suasana embun yang sejuk. Anda juga bisa terkena percikan dari air terjun ini meskipun hanya ada di sekitar lokasi.

Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa baju ganti dan perbekalan lainnya seperti sepatu anti licin demi keselamatan saat berwisata di tempat ini.

Curug ini berasal dari lereng Gunung Kendeng dengan ketinggian mencapai 60 meter. Dengan tingginya air terjun ini menyebabkan ada aliran sungai yang panjang. Untuk menuju kesana, Anda bisa melaluinya dengan mudah.

Tidak perlu melewati rute yang sulit dan curam untuk mencapai lokasi air terjun yang tersembunyi ini. Untuk kesana, cukup gunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika naik angkot dari Lembang, silahkan naik angkot dengan memilih tempat tujuan Cililin.

Setelah dari Cililin, Anda perlu menaiki angkot lainnya untuk pergi ke Terminal Buni Jaya. Kemudian, naik ojek pangkalan untuk sampai ke Curug Malela. Lalu, jalanlah sedikit melewati sawah dan bukit untuk sampai ke tempat yang penuh dengan keindahan alam.

13. Floating Market

Floating Market

Tempat wisata Bandung Lembang selanjutnya adalah Floating Market atau pasar terapung. Ya, pasar ini berada di atas air sehingga dinamakan dengan Floating Market. Anda bisa berbelanja dengan menemukan hal menarik yaitu sambil menaiki perahu.

Hal yang dijual disini mirip dengan pasar tradisional lainnya. Ada sayuran, buah-buahan sampai dengan makanan pedagang kaki lima. Hal ini akan membuat Anda berlibur sambil berbelanja dengan harga murah.

Tak hanya untuk orang dewasa, tempat ini juga bisa dijadikan tempat wisata yang menyenangkan bagi anak-anak. Ada beragam wahana yang bisa dimainkan. Contohnya seperti perahu, sepeda air, bentuk bebek air, sampai kereta air.

Anda bisa kesini jika ingin membawa oleh-oleh khas Bandung. Dengan membeli di Floating Market, harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan jika membeli oleh-oleh di mall atau tempat besar lainnya.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa pergi ke Jl. Grand Hotel No. 33 Lembang.

14. Taman Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu

Terakhir wisata Bandung Lembang, adalah Taman Kupu-kupu yang menarik hati. Ini sangat cocok jika Anda penyuka kupu-kupu. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan berbagai spesies kupu-kupu yang cantik. Anda bisa melihat berbagai warna yang cantik dan unik.

Tempat ini juga cocok sebagai wisata edukasi karena selain menikmati pemandangan kupu-kupu yang terbang, kalian juga akan dikenalkan tentang jenis dari spesies tersebut dan bagaimana cara metamorfosis yang terjadi pada kupu-kupu.

Selain itu, tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto untuk prewedding atau tunangan.

Itulah 14 rekomendasi wisata Bandung Lembang yang menarik dan wajib Anda kunjungi. Silahkan untuk memilih tempat wisata yang unik dan yang ingin Anda kunjungi. Semoga bermanfaat!