Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal, Begini Solusi Termudahnya

 

Samudranesia.id – TV Digital Tidak Ada Sinyal adalah masalah yang kini sedang banyak dibicarakan dan di alami oleh sebagian masyarakat. Karena seperti yang telah di ketahui saat ini telah terjadi peralihan siaran dari siaran analog menjadi siaran digital.

Peralihan tersebut mengakibatkan masyarakat yang sebelumnya mengandalkan antena UHF/ VHF untuk melangsungkan siaran TV analog. Sekarang harus memakai perangkat set top box (STB) ataupun memakai TV yang sebelumnya sudah terdapat fitur DVB-T2.

Dengan adanya pemakaian STB atau TV digital ini, kamu dapat menjangkau siaran digital terdekat. Namun dalam aplikasinya sering dialami tv digital tidak ada sinyal. Untuk mengatasi hal itu, maka kamu harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab masalahnya!

Penyebab Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal

Penyebab Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal

Dibalik keunggulan STB ataupun TV digital yang bisa dilengkapi oleh antena luar ruang ataupun antena dalam ruang. Pada praktiknya terkadang masih terdapat gangguan susah menangkap sinyal yang membuat TV tidak dapat menayangkan siaran digital.

Masih ada banyak orang yang mengalami keluhan ini. Namun walaupun begitu kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut. Karena dengan membaca artikel ini kamu akan mampu mengetahui penyebab kenapa TV digital tidak ada sinyal.

Tentulah hal ini di dasari oleh beberapa faktor penyebab. Faktor tersebut bisa berasal dari kesalahan teknis penayangan di stasiun televisi. Serta juga bisa berasal dari kesalahan set up atau pemasangan dari TV digital.

Telah kami rangkum beberapa penyebab gangguan susah mendapatkan sinyal pada TV digital ini. Maka langsung saja kamu catat dan simak baik baik deretan penyebab kenapa TV Digital Tidak ada sinyal berikut ini.

1. Kualitas Dari Antena Yang Digunakan

Kualitas antena adalah salah satu penyebab mengapa TV digital tidak ada sinyal. Hal ini merupakan hal yang umum dimana segala sesuatu yang kualitasnya tidak baik, pasti memiliki performa yang tidak baik pula. Perlu kamu perhatikan masalah kualitas ini!

Pada kasus kualitas antena ini. Antena yang memiliki kualitas tidak baik ataupun buruk tidak akan dapat menerima dan menangkap siaran digital dengan maksimal. Terutama hal ini sering terjadi di wilayah yang susah sinyal.

BACA JUGA  Rekomendasi Set Top Box Siaran TV Digital Termurah 2022

Maka dari itu sebelum kamu memasang antena, kamu perlu memperhatikan pemasangan antena yang sesuai dengan tv kamu. Kamu juga harus memastikan apakah kualitas antena kamu sudah sesuai dengan kualitas standar antena ataupun lebih baik dari standar.

2. Kabel Antena Yang Sudah Tidak Layak Pakai.

Apabila kamu jarang melakukan pengecekan kabel antena yang tersambung pada tv milikmu. Maka hal ini dapat menjadi salah satu penyebab kamu mengalami masalah TV Digital tidak ada sinyal. Karena terdapat kemungkinan kabel antena sudah tidak layak pakai.

Coba perhatikan kabel antena di tv milik kamu. Jika sudah terlihat rapuh ataupun usang maka hal ini adalah salah satu penyebab tv kamu tidak dapat menangkap siaran digital.

Disini kamu perlu memperbaiki kabel tidak layak pakai tersebut ataupun menggantinya dengan kabel antena yang baru dan tentunya dengan kualitas baik. Karena walaupun tv kamu sudah digital, kamu masih perlu untuk memasang kabel antena agar tv dapat menerima sinyal.

3. Arah Dan Tempat Antena Yang Tidak Tepat

Saat kamu melakukan set up tv digital. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah arah dan tempat dari pemasangan antena. Karena jika pemasangan arah dan posisi dari antena tidak tepat. Maka dapat menyebabkan TV Digital Tidak Ada Sinyal.

Maka dari itu, agar bisa mendapatkan sinyal yang bagus. Cobalah untuk gunakan antena outdoor dan menempatkan antena di luar ruangan. Kamu juga dapat memutar antena milikmu untuk mendapatkan arah antena yang bagus agar bisa menerima sinyal terbaik.

Hindarilah pemasangan antena di tempat yang terdapat banyak antena digital lain. Karenanya hal itu dapat membuat antena milik kamu kesulitan untuk bersaing dengan antena lainnya karena kalah kuat. Sehingga dapat menyebabkan gagal saat menangkap sinyal.

4. Jack TV Yang Bermasalah

Kalau kamu menggunakan set top box untuk mendapatkan siaran tv digital. Maka masalah jack tv ini haruslah kamu perhatikan. Karena hal ini bisa menjadi penyebab dari hilangnya sinyal atau penyebab masalah dari tv digital tidak ada sinyal.

Jack TV sendiri adalah alat yang dapat menghubungkan antena tv dengan set top box. Sehingga penting untuk selalu lakukan pengecekan terhadap jack tv ini. Karena apabila terjadi kerusakan, maka hal tersebut dapat mempengaruhi pengiriman sinyal ke STB.

BACA JUGA  Cara Memprogram TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Jika pengiriman sinyal ke STB terpengaruh maka bisa jadi gambar pada TV Digital milik kamu tidak dapat dimunculkan. Namun tenang saja jika terjadi kerusakan, kamu bisa mengganti jack tv ini dengan barang yang baru.

5. Berada Di Wilayah Yang Memiliki Gangguan Sinyal

Berada pada wilayah yang terjangkau oleh sinyal TV digital adalah syarat utama untuk dapat menonton siaran TV digital. Karenanya tempat tinggal juga dapat mempengaruhi proses penangkapan sinyal pada TV digital kamu.

Biasanya pada daerah perkotaan dan dataran tinggi kamu akan kesulitan untuk menangkap sinyal TV digital. Hal tersebut terjadi karena jaringan daerah tersebut sangatlah rendah dan kurang bagus. Sehingga sering kali terjadi masalah TV digital tidak ada sinyal.

Untuk dapat memastikan apakah suatu daerah memiliki sinyal TV digital yang bagus. Kamu bisa mengeceknya dengan aplikasi sinyal tv digital, aplikasi tersebut dapat kamu download melalui playstore.

Dengan memakai aplikasi sinyal tv digital. Kamu akan dapat mengetahui seberapa jauh jarak pemancar terdekat. Sehingga kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah daerah yang kamu tempati telah terdapat sinyal tv digital atau belum.

6. Software Set Top Box Yang Belum Terupdate

Bagi kamu yang memiliki perangkat tv digital terbaru, namun masih dihadapkan oleh masalah TV digital tidak ada sinyal. Mungkin salah satu penyebabnya adalah perangkat set top box yang belum melakukan pembaruan software.

Pembaruan software set top box sangatlah penting jika kamu ingin memperbaiki TV digital tidak ada sinyal. Karena dengan melakukan pembaruan software bug yang ada pada versi sebelumnya akan diperbaiki dan kamu juga akan memiliki fitur terbaru.

Tidak jarang masalah TV digital tidak ada sinyal dapat di atasi setelah melakukan pembaruan software. Namun sebelum itu kamu perlu memastikan kalau set top box telah terhubung ke internet menggunakan dongle wifi.

Selanjutnya tekanlah tombol menu yang ada di remot STB dan pilihlah menu pembaruan software. Jika terdapat software dengan versi terbaru. Maka langsung saja kamu lakukan installasi dan tunggu proses update software STB hingga selesai.

BACA JUGA  8 Set Top Box Murah 100 Ribuan Dengan Kualitas Terbaik

7. Set Top Box Harus Di Reset

Hal ini merupakan penyebab terakhir dari masalah hilangnya sinyal pada TV Digital. Jika penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, bukanlah penyebab dari masalah tersebut.

Mungkin sebelumnya terdapat beberapa pengaturan yang telah terubah pada set top box tv digital milik kamu. Sehingga mengakibatkan tidak mampunya tv digital untuk menangkap dan menyiarkan siaran digital dari pemancar sinyal.

Namun sebelum melakukan reset ulang set top box. Perlu kamu ketahui peresetan ulang set top box ini. Dapat mengembalikan pengaturan awal set top box atau pengaturan pabrik dari set top box yang pernah kamu beli.

Tips Mendapatkan Sinyal TV Digital Yang Kuat

Tips Mendapatkan Sinyal TV Digital Yang Kuat

Apabila kamu telah mengetahui penyebab masalah TV digital tidak ada sinyal dan telah melakukan langkah perbaikan. Namun masalah hilang sinyal tv digital tersebut masih belum teratasi. Kamu dapat menggunakan booster sinyal atau alat penguat sinyal.

Terkadang tak sedikit orang yang membeli alat booster ini untuk mencapai pengalaman menonton yang maksimal. Booster sendiri adalah alat elektronik yang dapat menguatkan frekuensi UHF, dan mengalirkan frekuensi tersebut ke TV.

Namun perlu kamu ingat, demi mendapatkan hasil terbaik kamu perlu memperhatikan kualitas booster yang akan kamu gunakan. Selain booster sinyal, kamu juga dapat menggunakan peralatan penguat sinyal lainnya yaitu CATV atau TV kabel.

CATV atau TV kabel ini memiliki fungsi untuk mengamplifikasi frekuensi UHF ataupun DVB. Jadi siaran yang ada pada TV kamu akan menjadi pararel, dan siaran TV yang ada juga di optimalkan. Selain siaran TV digital kamu juga akan mampu melihat siaran TV kabel.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi ulasan informasi mengenai penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal dan beberapa cara mengatasinya. Lakukanlah dengan segera langkah perbaikan jika kamu telah mengetahui penyebab masalah tv digital susah sinyal pada tv milik kamu.

Semoga ulasan informasi yang telah kami berikan tadi dapat bermanfaat untuk kamu dan juga dapat memperlancar pengalaman menonton kamu. Share terus artikel ini ke teman dan kerabat kamu serta jangan lupa nantikan terus artikel menarik lainnya dari kami!.