4 Penyebab Shopee Paylater Terkunci dan Cara Mengatasinya

 

Samudranesia.id – Pernahkah Anda mengalami masalah Shopee Paylater terkunci? Tentu masalah ini dapat menyebabkan kepanikan. Pasalnya Shopee Paylater saat ini menjadi salah satu produk dari Shopee yang cukup populer.

Dalam menggunakan Shopee Paylater tak jarang pengguna mengalami berbagai masalah sehingga Shopee Paylater terkunci.

Sebelum membahas mengenai bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna hendaknya mengetahui atau mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab yang dapat terjadi.

Penyebab Shopee Paylater Terkunci

1. Masalah Keamanan Karena Aktivitas Mencurigakan

Masalah Keamanan Karena Aktivitas Mencurigakan

Penyebab pertama yang mungkin dapat terjadi adalah adanya masalah keamanan. Biasanya kerap kali terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan pihak Shopee, misalnya seperti menginformasikan pada pengguna Shopee jika ia menerima sejumlah hadiah menarik dari program tertentu yang diadakan oleh Shopee.

Lewat informasi yang diberikan pada pengguna Shopee tersebut, biasanya pelaku penipuan akan meminta data akun Shopee korban dengan cara meminta kode OTP yang diterima oleh korban.

Pelaku selanjutnya dapat mengakses fitur Shopee Paylater milik korban setelah mendapatkan kode OTP tersebut.

Untuk menghindari permasalahan seperti ini maka pihak Shopee berusaha memaksimalkan keamanan data pengguna Shopee. Jika sistem Shopee mengindikasikan adanya aktivitas mencurigakan dari akun korban, maka Shopee dapat langsung mengunci akun tersebut.

2. Masalah Keamanan Karena Pencurian Saldo Shopee Paylater

Masalah Keamanan Karena Pencurian Saldo Shopee Paylater

Biasanya ada beberapa aktivitas pada kaun pengguna SHopee yang dapat pihak Shopee indikasikan adanya tindakan pencurian. Aktivitas-aktivitas ini misalnya sebagai berikut.

  • Adanya percobaan memasukkan PIN salah berulang kali
  • Adanya pembelian dengan menggunakan fitur Shopee Paylater untuk berbagai produk yang sama
  • Adanya permintaan penambahan limit yang mungkin tidak masuk akal
BACA JUGA  Cara Mendaftar Akun Seabank (Shopee) Dapatkan Banyak Keuntungan

Dalam kasus seperti ini biasanya pelaku akan memanfaatkan fitur Shopee Paylater pada akun korban untuk berbelanja di Shopee. Sedangkan tagihan cicilan harus dibayar oleh korban sebagai pemilik akun tersebut.

Sehingga untuk mengatasi adanya permasalahan ini, pihak Shopee akan mengunci fitur Shopee Paylater pengguna yang terindikasi adanya aktivitas seperti yang disebutkan diatas.

3. Adanya aktivitas Double Login pada Akun Shopee

Adanya aktivitas Double Login pada Akun Shopee

Penyebab berikutnya masih dengan kaitannya dengan masalah keamanan. Penyebab satu ini disebabkan adanya aktivitas double login pada suatu akun Shopee.

Dengan adanya double login akun Shopee menggunakan aplikasi clone misalnya seperti App Cloner dan Parallel Space, dapat menyebabkan fitur Shopee Paylater terkunci.

Pihak Shopee sendiri telah memberikan syarat dan ketentuan bahwa hanya dapat satu akun Shopee pada satu perangkat atau device. sehingga pengguna App Cloner yang ingin menggandakan akun Shopee tidak diperbolehkan.

Untuk itu pihak Shopee dapat memberikan sanksi misalnya membatasi fitur Shopee pada akun pengguna.

4. Tidak Membayar Cicilan

Tidak Membayar Cicilan

Penyebab berikutnya dapat terjadi masalah pada fitur Shopee Paylater pengguna adalah pengguna tidak membayar cicilan atau tagihan yang telah jatuh tempo.

Jika hal ini terjadi, maka sudah jelas pengguna telah melanggar ketentuan yang ada, sehingga pihak Shopee akhirnya mengunci Shopee Paylater milik pengguna.

ketika menggunakan fitur Shopee Paylater maka pengguna harus menaati syarat dan ketentuan yang ada. Untuk pembayaran tagihan tu cicilan pada Shopee Paylater haruslah dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo.

Jika pengguna tidak melakukan pembayaran cicilan meski sudah jatuh tempo, maka pihak Shopee dapat memberikan sanksi yaitu denda dan pembatasan fitur pada akun Shopee pengguna.

Cara Mengatasi Shopee Paylater Terkunci

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab yang mungkin terjadi sehingga pihak Shopee mengunci fitur Shopee Paylater Anda, maka berikutnya adalah mencari tahu angkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut.

BACA JUGA  9 Cara Isi Saldo ShopeePay Anti Ribet (via Bank, Mitra Shopee, Alfa, dll)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan Shopee Paylater yang terkunci.

1. Melakukan Verifikasi Ulang Shopee Paylater

Jika terindikasi adanya pelanggaran pada akun pengguna Shopee Paylater, maka dianjurkan untuk melakukan verifikasi ulang identitas pada Shopee Paylater.

Ada beberapa langkah untuk dapat melakukan verifikasi ulang, berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan verifikasi ulang.

  • Buka aplikasi Shopee. Kemudian pilih menu saya dan selanjutnya pilih menu Shopee Paylater.
  • Akan ada notifikasi dari Shopee yaitu “Maaf, SPayLater kamu dikunci karena masalah keamanan”, maka anda dapat pilih pada bagian “Silahkan klik di sini untuk membuka” yang dibold biru.

Akan ada notifikasi dari Shopee yaitu Maaf, SPayLater kamu dikunci karena masalah keamanan

  • Kemudian masukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor telepon anda.
  • Selanjutnya foto ulang KTP anda sesuai posisi yang ditentukan.
  • Pada bagian informasi tambahan, pastikan anda cek kembali semua informasi apakah sudah benar atau belum.
  • Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi wajah, pastikan wajah anda terlihat jelas dan ikuti gerakan wajah yang diminta oleh pihak Shopee.

Setelah melakukan verifikasi ulang, maka dapat menunggu 1 x 24 jam kerja (tidak termasuk hari libur). Jika verifikasi identitas ulang Anda berhasil, maka notifikasi bahwa akun Shopee Paylater Anda dikunci akan hilang dan dapat kembali menggunakan fitur Shopee Paylater.

2. Menghubungi Customer Service Shopee

Menghubungi Customer Service Shopee

Jika Anda telah melakukan langkah verifikasi ulang ternyata gagal, maka cara berikutnya adalah anda dapat mencoba menghubungi customer service dari Shopee untuk meminta bantuan terkait Shopee Paylater milikmu yang dikunci.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungi customer service dari Shopee.

  • Ada fitur chat 24 jam Via Live Chat di aplikasi Shopee. Untuk dapat chat di aplikasi Shopee, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
    • Buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke halaman Saya.
    • Pilih menu Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
    • Jika melalui Pusat Bantuan, pilih menu Chat Shopee Sekarang dan Anda akan diarahkan ke halaman Chat.
  • Atau Anda dapat menghubungi Call Center 24 jam di nomor 1500702.
  • Atau juga dapat mengirimkan Email ke tim Shopee
BACA JUGA  2 Cara Bayar di Indomaret Pakai Shopeepay (via Kasir, Qris)

Jika sudah berhasil tersambung dengan petugas, maka Anda dapat langsung menyampaikan keluhan. Biasanya pihak Shopee akan meminta beberapa data untuk menyelesaikan permasalahan pada akun Shopee Paylater tersebut.

Pastikan Anda memberikan data yang sesuai dengan diminta. Baru setelah itu Anda tinggal menunggu pihak Shopee untuk kembali membuka fitur Shopee Paylater pada akun Anda.

Berbagai penawaran menarik seperti diskon dan cashback ditawarkan oleh pihak Shopee bagi pengguna Shopee Paylater. Untuk dapat menggunakan fitur Shopee Paylater, pihak Shopee memberikan syarat dan ketentuan.

Jika pengguna memenuhi maka fitur Shopee Paylater ini dapat digunakan. Jika pengguna sudah berhasill mengaktifkan Shopee Paylaternya, maka akan diberikan limit tertentu dari pihak Shopee. Semua pengguna Shopee Paylater juga tidak diberi limit yang sama.

Pengguna merasa sangat terbantu karena adanya fitur ini, masalah misalnya pengguna yang sudah sangat membutuhkan suatu barang namun tidak memiliki cukup budget dapat memanfaatkan fitur Shopee Paylater ini.

Itulah pemaparan mengenai penyebab apa saja yang dapat menyebabkan Shopee Paylater terkunci, dan bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selama pengguna menaati syarat dan ketentuan yang ada, maka peluang untuk pihak Shopee melakukan penguncian pada akun Shopee Paylater milik pelanggan sangatlah kecil. Pastikan juga untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas mencurigakan yang dapat diidentifikasi sistem.