Arti Pre Order di Shopee Apa Ya? Ini Keuntungannya!

 

Samudranesia.id – Kemajuan teknologi yang dimanfaatkan banyak orang adalah belanja online pre order di Shopee, dimana pembeli tidak harus keluar rumah untuk belanja, cukup memilih dan membeli barang lewat smartphone, lalu membayar dengan cara di transfer, nanti barang akan sampai ke rumah pembeli.

Salah satu platform belanja online yang banyak digunakan adalah Shopee. Marketplace yang dikenal dengan sebutan Si Orange tidak hanya dimanfaatkan oleh pembeli, tapi juga dimanfaatkan oleh pebisnis.

Banyak pebisnis yang buka toko online di Shopee, Alasannya Shopee memberikan fasilitas yang terbaik untuk berjualan, sehingga penjual merasa lebih aman saat berjualan. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah sistem pre order di Shopee.

Arti Pre Order Di Shopee?

Pre order adalah sistem belanja, dimana sebenarnya penjual belum mempunyai produk. Maksudnya, penjual menawarkan contoh produk ke pembeli berupa foto atau video.

Kalau pembeli sudah setuju untuk membeli barulah penjual memproses produknya sekitar 7 hari atau lebih, tergantung produk yang ditawarkan.

Sistem kerja belanja online pre order di Shopee seperti ini :

Sistem kerja belanja online pre order di Shopee seperti ini

Sistem belanja pre order di Shopee biasanya sering dipakai oleh pebisnis yang menjual produk custom. Produk custom adalah sebuah produk yang bisa di request dan disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Contohnya, casing handphone custom, mug custom dengan tulisan atau gambar, kaos custom, kado ulang tahun, kado wisuda dan produk DIY (do it yourself) lainnya.

Keuntungan Sistem Pre Order Di Shopee

Sistem pre order di Shopee diadakan bukan tanpa alasan yang jelas. Pihak Shopee tentunya sudah memikirkan apa saja keuntungan yang didapatkan pebisnis, jika mereka mau menerapkan sistem pre order.

BACA JUGA  Shopee Paylater : Syarat, Cara Mengaktifkan, dan Keuntungannya

Dan berikut ini adalah keuntungan dari sistem pre order di Shopee :

1. Menghindari pembatalan pesanan oleh pembeli.

Masalah ini adalah musuh terbesar pebisnis, tidak sedikit pembeli yang PHP alias pemberi harapan palsu, bilangnya “oke saya fix beli ini”, tapi saat penjual melakukan follow up si pembeli malah kabur  tidak ada kabar.

Jadi, dengan adanya sistem pre order di Shopee dan penerapan sistem pembayaran DP, membuat penjual lebih tenang karena kecil kemungkinan bagi pembeli untuk membatalkan pemesanan.

Dan untuk pelunasan bisa dilakukan setelah barang selesai diproduksi atau produk telah tiba di rumah pembeli.

2. Tidak perlu stok barang

Anda hanya akan melakukan stok barang ketika ada pesanan yang datang. Jadi saat pembeli membeli produk, barulah membuat pesanannya sesuai request pembeli.

Tapi ada beberapa barang yang memang harus di stok. Misalnya bisnis casing handphone custom, berarti Anda harus sedia casing polosnya dan desainnya.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko barang tidak terjual, sehingga resiko kerugian jauh lebih kecil.

3. Punya waktu pengemasan lebih lama

Enaknya sistem pre order di Shopee adalah Anda jadi punya banyak waktu pengemasan sekitar 7 sampai 15 hari setelah pesanan di proses.

Beda kalau Anda tidak menerapkan sistem pre order, waktu pengemasan hanya 2 hari setelah pesanan diproses, lalu pesanan harus cepat di kirim setelah pengemasan.

Dan perlu di ingat, kalau pesanan bisa dibatalkan otomatis kalau penjual sudah melewati batas waktu pengemasan lebih dari 15 hari atau  waktu pengiriman.

Cara Menjual Produk Pre Order Di Shopee

Cara Menjual Produk Pre Order Di Shopee

Kalau Anda tertarik dengan bisnis online sistem pre order di Shopee, coba praktek langsung dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini :

  1. Buka akun Shopee Anda, lalu scroll kebawah, kemudian klik Seller Center Shopee
  2. Masih di halaman Seller Center Shopee, klik Tambah Produk Baru. Jangan lupa masukkan nama produk dan kategori produk
  3. Lengkapi deskripsi produk, tambahkan foto atau video produk, berat produk, jasa ekspedisi, opsi pembayaran (COD atau transfer)
  4. Scroll kebawah untuk mengaktifkan sistem pre order. Caranya, pada kolom Pre Order ada dua opsi yaitu TIDAK dan YA, maka Anda harus pilih yang bagian YA. Jangan lupa untuk memasukan waktu pemesanannya dari 7 hari sampai 15 hari.
  5. Klik tombol SIMPAN agar informasi produk yang sudah di isi tidak hilang. Tapi sebelumnya, pastikan informasi produk tadi sudah terisi dengan benar.
  6. Setelah informasi produk disimpan, maka produk yang di upload sudah aktif dengan sistem pre order.
BACA JUGA  9 Cara Isi Saldo ShopeePay Anti Ribet (via Bank, Mitra Shopee, Alfa, dll)

Pembatasan Produk Pre Order Di Shopee

Pembatasan Produk Pre Order Di Shopee

Sebelum melanjutkan untuk jualan produk pre order, ada baiknya cari tahu dulu apa saja yang harus dihindari saat menjual produk pre order.

Shopee memiliki beberapa aturan yang harus diikuti oleh penjual, jika tidak, akan berimbas buruk ke toko online atau malah ke pihak Shopeenya langsung.

Hal yang harus dihindari adalah pembatasan produk pre order di Shopee. Pebisnis tidak disarankan menjual produk pre order lebih dari 300 produk, jika menjual produk lebih dari jumlah yang ditentukan, siap-siap Anda akan kena penalti.

Bukan tanpa sebab, pembatasan produk pre order ini diberlakukan agar Shopee tetap memiliki reputasi yang baik, karena pengiriman produk yang cepat dan sesuai waktu pengemasan.

Jangan dikira sepele, masalah kecil ini bisa bikin pembeli pindah ke marketplace lain. Dan ada dua kemungkinan dampak buruk yang bisa terjadi, yaitu :

1. Penalti

Toko online Anda yang ada di Shopee tidak bisa mendapatkan gelar Star Seller. Star Seller adalah sebuah apresiasi dari Shopee ke toko online, karena telah memberikan pengalaman belanja yang memuaskan berupa produk dan layanan.

Efek dari penalti ini adalah toko online Anda sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli, karena toko dengan gelar Star Seller menjadi pilihan kedua setelah Mall.

2. Image buruk untuk Shopee

Imbas dari kenakalan penjual juga dirasakan oleh marketplace, Shopee bisa mempunyai image buruk di mata pembeli sebagai marketplace yang pelayanannya buruk.

Contoh kasusnya, penjual memakan waktu pengemasan yang terlalu lama, sehingga meninggalkan ulasan yang jelek.

Kesimpulan Arti Pre Order Di Shopee

Kesimpulan Arti Pre Order Di Shopee

Jadi, kesimpulan dari arti pre order di Shopee adalah, sebuah produk yang mempunyai masa pengemasan lebih lama dibandingkan produk yang ready stock, dan produk pre order memiliki waktu pengemasan sekitar 7 sampai 15 hari.

BACA JUGA  SMS Shopee Gratis Ongkir, Apa Itu? Bagaimana Cara Klaimnya?

Biasanya, sistem pre order memakai sistem pembayaran DP (uang muka), hal ini dilakukan untuk menghindari pembatalan pesanan, pembeli bisa melunasi biayanya setelah produk ready atau produk tiba di rumah pembeli.

Shopee juga kasih rekomendasi produk pre order yang nantinya bisa dijual seperti :

  1. Produk yang harus melewati pengurusan bea cukai, biasanya produk luar negeri
  2. Produk yang stoknya sedikit, bisa casing handphone custom, Anda cukup stok beberapa casing polos saja, lalu lanjut ke tahap produksi kalau ada request dari pembeli.
  3. Produk dengan penanganan khusus, biasanya produk DIY (do it yourself) atau karya tangan
  4. Produk sesuai request pembeli, contohnya produk custom

Semoga trik dan arti pre order di Shopee diatas dapat membantu Anda saat memulai bisnis sistem pre order. Selamat mencoba dan semoga berhasil.