Berbagai Cakupan Jaringan Komputer Beserta Jenis-Jenisnya Terlengkap

 

Samudranesia.id – Kemajuan teknologi Jaringan Komputer yang semakin berkembang dari tahun ke tahun membuat segala pekerjaan menjadi semakin mudah.

Di jaman sekarang ini pekerjaan sangat terbantu oleh sebuah sistem yang dapat diandalkan dengan sangat baik.

Tentunya sistem dan perkembangannya di dukung juga dengan jaringan komputer yang baik. Untuk pembahasan lebih dalam mengenai jaringan komputer, simak terus artikel ini ya!

Apa Itu Jaringan Komputer?

Apa Itu Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan oleh jalur komunikasi dan menjalankan perangkat lunak khusus.

Tujuan utama dari jaringan komputer ialah untuk menyediakan pengguna dengan kemampuan untuk mengakses dan berbagi sumber daya informasi. Misalnya seperti dokumen, program, database, dan lain sebagainya.

Jaringan komputer direpresentasikan sebagai satu set node dan cabang yang menghubungkannya. Node sendiri berarti komputer dan peralatan jaringan.

Gambarannya adalah fisik komputer, kabel, dan komponen lain yang membentuk jaringan secara keseluruhan atau disebut sebagai topologi. Topologi ini mencirikan properti jaringan.

Karakteristik yang utama dari setiap jaringan komputer adalah luas wilayah yang dicakupnya.

Luas cakupan ditentukan oleh keterikatan komputer yang membentuk jaringan. Hal itu mempengaruhi solusi teknologi yang dipilih saat membangun jaringan.

Jenis Topologi Jaringan

Jenis Topologi Jaringan

Menyinggung mengenai topologi jaringan tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui jenis dari topologi itu sendiri.

Di bawah ini merupakan gambaran mengenai jenis topologi yang paling umum untuk diketahui.

  • Garis. Jaringan ini berisikan dua node akhir. Terdiri dari beberapa node perantara dan hanya memilikin satu jalur antara dua node.
  • Daring. Sebuah jaringan yang hanya terdiri dari dua cabang yang melekat pada setiap node.
  • Pohon. Berisikan lebih dari dua node akhir dan setidaknya ada dua node perantara. Dimana hanya ada satu jalur diantara dua node tersebut.
  • Bintang. Jaringan ini hanya memiliki satu node perantara.
  • Jala. Terdiri dari setidaknya dua node yang memiliki dua atau lebih jalur diantara mereka.
BACA JUGA  Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer yang kita gunakan saat ini memberi akses ke berbagai platform. Seperti internet, dimana internet membuat kita dapat melihat konten serta kontak sosial tanpa batas.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga kebutuhan jaringan yang dibutuhkan juga berbeda. Misalnya telepon dalam satu ruangan dan miliaran perangkat berbeda yang di distribusikan di seluruh dunia.

Jaringan tersebut sering dilambangkan dengan berbagai singkatan tertentu. Berikut ini adalah berbagai jenis jaringan yang digunakan pada saat ini.

Jaringan Area Pribadi (PAN)

Salah satu jaringan terkecil dan paling dasar di antara jaringan yang lainnya.

Jaringan Area Pribadi atau PAN ini umumnya memiliki model modem nirkabel. Terdiri dari satu atau lebih komputer dan beberapa telepon, printer, tablet, dan lainnya.

Jaringan seperti ini biasanya hanya digunakan oleh satu atau beberapa orang pada gedung atau tempat tertentu. PAN paling sering ditemukan di kantor atau apartmen kecil yang dikelola oleh satu orang.

Jaringan Area Lokal (LAN)

LAN menjadi salah satu jaringan yang paling familiar termasuk bagi orang awam. Hal ini dikarenakan jaringan ini paling sering untuk disebutkan.

Jaringan tipe lokal ini merupakan jenis yang paling orisinal dan sederhana. Mereka menghubungkan kelompok komputer dan berbagai perangkat bertegangan rendah dalam jarak pendek.

LAN biasa digunakan oleh berbagai perusahaan untuk melakukan sinkronisasi ruang kerja. Dengan menggunakan router, LAN dapat terhubung ke jaringan area yang lebih luas untuk transmisi data yang cepat dan aman dari jauh.

Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN)

WLAN berfungsi dengan cara yang sama seperti jaringan lokal. Namun, menggunakan teknologi jaringan nirkabel atau biasa dikenal sebagai Wi-Fi.

BACA JUGA  Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya

Jaringan WLAN ini paling sering digunakan tanpa kabel fisik untuk terhubung ke jaringan.

Jaringan Komputer Kota (MAN)

Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggabungkan bagian dari dua jenis jaringan.

Jaringan komputer jenis MAN merupakan jaringan yang mencakup seluruh wilayah geografis. Biasanya jaringan MAN mencakup sebagian atau seluruh kota dan terkadang digunakan di universitas besar.

Jaringan Komputer Area Luas (WAN)

Jenis jaringan komputer yang satu ini mencakup luas wilayah antar kota dan antar negara. Jaringan WAN lebih kompleks daripada LAN karena bersifat global dan menghubungkan komputer jarak jauh.

Hal ini memungkinkan perangkat yang berbeda untuk terhubung dari jarak jauh satu sama lain melalui satu jaringan besar untuk bertukar data bahkan jika mereka sangat jauh satu sama lain.

Contoh paling jelas dari WAN adalah Internet. Dimana internet menghubungkan komputer di seluruh dunia. Karena jangkauan jaringan global yang luas, biasanya dimiliki dan dikelola oleh beberapa ISP atau negara bagian.

Virtual Private Network / Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

VPN merupakan jaringan yang memungkinkan pengguna untuk bertukar data seolah-olah perangkat mereka terhubung ke jaringan pribadi yang berbeda.

Bahkan jaringan yang mereka miliki bisa sama sekali berbeda. Dengan menggunakan koneksi point to point virtual, pengguna dari jarak jauh dapat mengakses jaringan pribadi dari wilayah yang berbeda.

Jaringan Area Penyimpanan (SAN)

Jaringan ini memiliki kecepatan tinggi khusus yang menggabungkan perangkat penyimpanan bersama dengan server. SAN kemungkinan besar tidak bergantung pada jaringan area lokal atau luas.

Jaringan kinerja tinggi dari SAN sendiri dapat menghemat sumber daya penyimpanan. Akses untuk menggunakan jaringan SAN dimungkinkan dengan cara yang sama seperti akses ke disk yang terhubung ke server.

BACA JUGA  Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya

SAN mencakup tipe jaringan terkonvergensi, virtual, dan terpadu.

Jaringan Komputer Area Lokal Optik Pasif (POLAN)

Teknologi jaringan POLAN dapat bertindak sebagai alternatif untuk LAN Ethernet standar yang diaktifkan.

Jaringan ini dapat berintegrasi dengan mulus ke dalam pemasangan kabel terstruktur dan mengatasi tantangan dalam mendukung protokol Ethernet tradisional.

Penggambaran LAN multicast POLAN menggunakan pembagi optik untuk membagi sinyal optik. Sinyal tersebut di bagi dari satu untai serat optik mode tunggal menjadi beberapa sinyal untuk melayani pengguna dan perangkat.

Jaringan Komputer Sistem (SAN)

SAN merupakan salah satu jaringan komputer terbaru dan muncul sekitar baru-baru ini. Jaringan SAN digunakan untuk memperbaiki operasi jaringan area lokal yang akan dirancang untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi.

Biasanya akan digunakan dalam aplikasi server ke server, jaringan area penyimpanan, dan aplikasi antarprosesor. Komputer yang terhubung melalui SAN beroperasi sebagai satu unit dengan kecepatan sangat tinggi.

Jaringan Komputer Pribadi Perusahaan (EPN)

Jenis jaringan EPN dibuat dan dimiliki oleh beberapa perusahaan bisnis. Biasanya perusahaan menggunakan EPN jika ingin terhubung dengan aman dari beberapa lokasi untuk berbagi sumber daya komputer.

Internet

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan istilah internet bukan? Internet merupakan jaringan yang paling besar. Jaringan internet berhasil membuat jutaan perangkat dapat terhubung.

Internet menghubungkan perangkat komputerisasi seperti personal computer, laptop, server, televisi, cctv, atau pun smartphone yang ada di tanganmu sekarang ini.

Teknologi internet ini juga di dukung oleh infrastruktur dan teknologi penunjang lainnya.

Akhir Kata

Sampai di sini pembahasan mengenai jaringan komputer pada artikel kali ini. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan baru untuk kamu. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian informasi.