Cara Aktivasi Token Akun PPDB Online Dari https//ppdb.jakarta.go.id

 

Samudranesia.id – Cara Aktivasi Token Akun PPDB Online Dari https//ppdb.jakarta.go.id di Jakarta sudah mulai dibuka untuk Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan sejak Senin, 30 Mei 2022.

Para calon peserta didik perlu mengikuti PPDB secara online yakni dengan mengakses website ppdb.jakarta.go.id. Sudah tau cara aktivasi akunnya? Yuk simak penjelasan di artikel ini.

PPDB 2022

PPDB 2022

PPDB adalah singkatan dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru. Ini merupakan sistem penerimaan siswa baru yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan melalui kemendikbud.

PPDB sendiri menggunakan sistem yang khusus dan berbeda dengan beberapa tahun lalu. Dalam sistem ini, hanya ada satu server yang menjadi pusat informasi dan juga pendaftarannya.

Sistem PPDB ini digunakan mulai dari jenjang TK hingga SMA/ SMK. Jadi, PPDB ini bisa digunakan untuk mendaftar semua tingkat sekolah. Selain itu, PPDB ini juga merupakan sistem yang harus diterapkan oleh semua panitia penerimaan siswa baru di semua sekolah.

Kebijakan ini berlaku di seluruh daerah di Indonesia. Ini karena pemerintah sendiri yang sudah mengeluarkan kebijakan ini dan diatur dalam Permendikbud no 44 tahun 2019. Aktivasi Token Akun PPDB.

Tujuan pemerintah mengeluarkan kebijakan PPDB ini adalah agar seluruh masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk bersekolah. Selain itu, sistem ini juga bisa meminimalisir terjadinya KKN.

Dikarenakan tahun ajaran 2021/2022 akan berakhir sebentar lagi, maka PPDB untuk juga mulai dibuka. Dalam PPDB 2022, ada beberapa tahapan yang perlu kamu perhatikan jika ingin mendaftar.

Tahapan PPDB 2022

Tahapan PPDB 2022

Pengumuman Pembukaan

Pengumuman pembukaan PPDB ini akan diinformasikan pada web resmi PPDB pada daerah masing-masing. Informasi yang biasa diberikan yakni meliputi:

  • Persyaratan calon pendaftar sesuai dengan jenjang sekolah yang dipilih.
  • Tanggal pembukaan pendaftaran
  • Jalur pendaftarannya apakah online atau offline
  • Jumlah peserta didik yang bisa diterima
  • Tanggal pengumuman akhir dari hasil seleksi penerimaan PPDB 2022
BACA JUGA  P King Apk Hacker, Aplikasi Hack Akun FF Sultan Asli Terbaru 2022

Pendaftaran

Pada tahun 2022 ini pendaftaran masih dilakukan secara online. Oleh karena itu, para calon peserta perlu mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan baik soft copy dan juga hard copy.

Walaupun dilakukan secara online, tapi perlu juga untuk kamu memiliki hard copy nya jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh sekolah. Tapi ternyata, PPDB ini juga bisa dilakukan secara luring (offline) apabila jaringan serta fasilitas tidak memadai untuk melakukan pendaftaran online. Calon pendaftar hanya perlu membawa hard copy dari seluruh dokumen yang diperlukan.

Seleksi

Dalam proses seleksi ini ada 4 kategori. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jalur pendaftaran yang bisa kamu gunakan:

  1. Jalur zonasi. Pada seleksi dengan jalur zonasi ini diutamakan bagi calon peserta didik yang masih berdomisili dalam zonasi satuan dengan sekolah yang dituju. Untuk sistem zonasi ini, panitia PPDB akan melihat pendaftar dengan lokasi tempat tinggal yang dekat dengan sekolah tujuan.
  2. Jalur prestasi. Jalur seleksi ini diperuntukan bagi mereka yang berprestasi baik di bidang akademik ataupun nonakademik. Kejuaraan yang masuk kategori untuk diseleksi antara lain tingkat nasional, perlombaan yang diadakan Kemendikbud, dan dilegalisasi cabang olah raga tingkat daerah.
  3. Jalur afirmasi. Jalur seleksi ini diberikan kepada para calon peserta didik yang memiliki keterbatasan atau disabilitas dan memiliki perekonomian yang kurang. Biasanya, pendaftar pada jalur ini sudah memiliki program yang diberikan pemerintah seperi KPI.
  4. Jalur perpindahan orang tua. Jalur ini dikhususkan bagi mereka yang baru pindah karena orang tuanya dipindahtugaskan.

Pengumuman

Pengumuman hasil seleksi PPDB akan dilakukan secara online. Ini merupakan hasil seleksi dari rapat dewan guru dan juga kepala sekolah. Ketetapan akhirnya akan bergantung pada pejabat sekolah yang memiliki wewenang.

Daftar Ulang

Peserta didik yang sudah selesai mengikuti seleksi dan juga dinyatakan keterima, maka perlu melakukan pendaftaran ulang. Aktivasi Token Akun PPDB Disinilah kamu akan membutuhkan hard copy dan dokumen asli yang sesuai dengan persyaratan.

BACA JUGA  11 Cara Mengambil Akun FF Sultan Dengan dan Tanpa Aplikasi

Proses pendataan ulang ini dilakukan langsung oleh sekolah yang dituju. Ini bertujuan agar sekolah baru bisa memastikan status peserta didik tersebut pada sekolah lamanya. Setiap proses PPDB ini tidak dipungut biaya apapun.

Melihat Daftar Sekolah

Seperti yang sudah dijelaskan jika untuk mendaftar jalur zonasi diperlukan pertimbangan jarak dari tempat tinggal ke sekolah. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui lokasi dari sekolah yang ingin dituju.

Bila kamu ingin melihat daftar lokasi sekolah sebelum memutuskan untuk mendaftar kemana, kamu bisa mengikuti cara berikut.

  1. Buka web https//ppdb.jakarta.go.id.
  2. Kemudian pilih jenjang yang kamu tuju.
  3. Pilih jalur yang ingin kamu ikuti. Ini bisa terlihat di kolom sebelah kiri.
  4. Selanjutnya, kamu tinggal klik ‘lihat lokasi sekolah’ atau pun ‘lokasi’.
  5. Apabila sudah mengikuti tahap-tahap tersebut, maka akan muncul info seputar lokasi sekolah. Informasi lokasi pendaftaran PPDB ini akan lengkap diberikan beserta kompetensi dari masing-masing sekolah.

Cara Membuat Akun PPDB

Jika kamu ingin melakukan pembuatan akun PPDB, ikuti langkah Aktivasi Token Akun PPDB berikut ya.

  1. Pastikan kamu memiliki jaringan yang memadai dan usahakan bisa mengakses web dengan menggunakan laptop. Hal ini karena terkadang tampilan pada HP tidak selalu sama dengan tampilan dekstop atau PC.
  2. Kamu bisa akses website PPDB dengan mengklik https//ppdb.jakarta.go.id.
  3. Nanti kamu akan masuk pada tampilan dashboard web ini. Kamu bisa melihat berbagai jenjang sekolah PPDB. Kamu klik jenjang sekolah yang kamu tuju.
  4. Selanjutnya, kamu pilih salah satu dari empat jalur pendaftaran.
  5. Kemudian kamu klik menu daftar kemudian klik bagian aktivasi.
  6. Pada kolom ini kamu akan diminta untuk mengisi nomor peserta dan token, sehingga kamu perlu menyiapkannya terlebih dahulu. Token ini dilihat sebagai bukti aktivasi akun kamu.
  7. Jika diminta, kamu bisa masukan kode keamanan yang ada.
  8. Selanjutnya kamu bisa klik tombol cari akun.
  9. Kamu perlu membuat password baru. Syarat password yang aman adalah terdiri dari kombinasi huruf serta angka.
  10. Terakhir, kamu tinggal klik aktivasi akun.
BACA JUGA  Cara Pengajuan dan Membuat Akun PPDB 2022-2023 dan Aktivasinya

Cara Mendapatkan Token Aktivasi Akun PPDB

Salah satu syarat Aktivasi Token Akun PPDB untuk bisa membuat akun adalah dengan memiliki token aktivasi. Apakah kamu sudah tau bagaimana cara mendapatkannya? Berikut informasinya. Untuk mendapatkan token aktivasi, kamu perlu mengajukannya terlebih dahulu.

  1. Pertama-tama buka web https//ppdb.jakarta.go.id.
  2. Kemudian kamu bisa akses tombol pengajuan akun dan mengajukan akun sesuai dengan jenjang sekolah yang kamu tuju.
  3. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir secara online.
  4. Jika sudah, kamu bisa mencetak bukti pengajuan yang terdapat info seputar nomor peserta dan juga tokennya.

Untuk mengaktivasi token, kamu bisa ikuti langkah berikut.

  1. Buka lagi web https//ppdb.jakarta.go.id.
  2. Klik bagian aktivasi dan masukan nomor peserta serta token untuk PPDB.
  3. Kamudian kamu bisa mengganti token dengan password.
  4. Jika sudah, kamu melanjutkan pilihan ke sekolah yang ingin kamu tuju.

Akhir Kata

Inilah penjelasan seputar Aktivasi Token Akun PPDB. Kiranya bisa membantu kamu dan memberikan informasi baru seputar PPDB 2022. Terima kasih sudah mengikuti tulisan ini dan pantau terus Warner Music untuk mendapatkan artikel-artikel bermanfaat lainnya.