20+ Destinasi Wisata Bogor Terbaik dan Terbaru 2022, Wajib Tahu!

 

Samudranesia.id – Bogor menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menawarkan beragam objek wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata edukasi. Ada banyak tempat wisata Bogor yang recommended untuk dikunjungi, salah satunya Taman Safari Indonesia.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Bogor juga banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah karena udaranya yang masih sejuk dan segar. Nah, untuk mengetahui tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi saat berlibur ke Bogor, berikut ulasan selengkapnya.

Daftar Destinasi Wisata Bogor yang Recommended dan Wajib Dikunjungi

Sajian alam berupa gunung, dataran tinggi, dan wisata air memang mengundang perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Bogor. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Liburan rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Kebun Raya Bogor, bukan? Objek wisata satu ini menyuguhkan ribuan flora mulai dari tanaman herbal hingga pepohonan yang rindang. Tidak hanya itu saja, kebun raya ini juga memiliki museum zoologi yang mengoleksi beragam fauna.

Salah satu spot favorit di kebun raya ini yaitu jembatan gantung merah yang instagramable. Spot foto ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk berswafoto dan prewedding. Jika tidak ingin kelelahan berkeliling kebun seluas 47 hektar ini, Anda bisa menyewa sepeda atau mobil mini.

2. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

Selain Kebun Raya Bogor, Taman Safari Indonesia juga menjadi tempat wisata Bogor yang wajib dikunjungi. Wisata edukasi yang populer di Bogor ini menyajikan beragam satwa yang dibiarkan berkeliaran di dalam taman.

Wisatawan bisa menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pihak pengelola untuk berkeliling Taman Safari. Di taman ini, Anda bisa melihat berbagai macam satwa dari jarak dekat. Ada setidaknya 2.500 spesies satwa yang terdapat di dalam Taman Safari Indonesia.

Selain berkeliling melihat satwa, pihak pengelola taman juga sudah menyediakan beberapa wahana hiburan lain. Wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan atraksi hewan yang sudah terlatih dan kegiatan safari malam yang seru.

3. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari juga menjadi rekomendasi destinasi wisata menarik yang ada di Bogor. Kebun buah yang dibangun di atas lahan seluas 264 hektar ini menyuguhkan berbagai macam buah-buahan di mana wisatawan bisa memetik buah-buahan langsung dari pohonnya.

Tidak hanya itu saja, di kebun buah ini juga sudah disediakan berbagai macam wahana menarik seperti sepeda air dan flying fox. Wisatawan juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang dipelihara di dalam kebun.

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga menjadi tempat wisata alam Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di tengah hutan pinus dengan kontur perbukitan 300 mdpl membuat objek wisata alam ini menawarkan view alam yang asri dan udara yang sejuk.

Dikutip dari situs resminya, ada 4 kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan taman wisata ini antara lain trekking, camping, glamping, dan prewedding. Harga tiket masuk yang dibanderol juga sangat terjangkau yaitu Rp5.000,00 – Rp7.500,00 per orang.

BACA JUGA  20 Wisata Purwakarta yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi!

5. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Rekomendasi objek wisata di Bogor selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu Taman Sakura Kebun Raya Cibodas. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang, wisatawan sudah bisa menikmati suasana ala Jepang dengan berfoto di bawah pohon sakura.

Objek wisata Bogor rasa Jepang ini ditanami dengan pohon sakura kurang lebih sebanyak 430 pohon. Pohon sakura yang ada di taman ini kabarnya sudah ditanam sejak tahun 1938 lalu dan bisa mekar 2 kali dalam setahun.

Selain taman sakura, Kebun Raya Cibodas juga memiliki beberapa area menarik dan unik lainnya seperti Taman Lumut.

6. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari (TWM) merupakan destinasi wisata Bogor yang memadukan konsep rekreasi edukatif di mana wisatawan bisa bermain sambil belajar. Ada 4 zona yang menawarkan keseruan berbeda-beda antara lain zona wisata air, petualangan, permainan, dan edukasi.

Dibangun di atas lahan seluas 40 hektar sejak tahun 2007 lalu, taman ini menyediakan fasilitas yang lengkap sehingga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga. Untuk mencoba keseruan berwisata di TWM, Anda bisa mengeluarkan kocek sebesar Rp60.000,00 untuk tiket terusan.

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya

Jika Lampung punya penangkaran gajah, maka Bogor memiliki penangkaran rusa yang menarik untuk dikunjungi. Di penangkaran ini, ada beberapa jenis rusa yang bisa Anda temui antara lain rusa jawa, rusa Bawean, dan cheetal.

Untuk menuju lokasi penangkaran, wisatawan harus berjalan terlebih dahulu dari tempat parkir mobil dengan menyeberangi jembatan gantung. Setelah sampai di tempat penangkaran, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang ada di sana.

Penangkaran Rusa Giri Jaya juga menyediakan area outbond dan camping yang bisa menampung puluhan hingga ratusan orang. Karena panorama alam di sekitar penangkaran ini sangat indah, maka tidak mengherankan jika objek wisata alam ini banyak didatangi wisatawan dari berbagai kota.

8. The Ranch Cisarua

The Ranch Cisarua

Destinasi wisata menarik lainnya yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bogor yaitu The Ranch Cisarua. Objek wisata ini memadukan suasana kawasan Puncak yang asri dan udara sejuk dengan konsep Eropa abad pertengahan yang terlihat pada setiap bangunan di objek wisata tersebut.

Selain bangunan-bangunan ala Eropa yang instagramable, objek wisata ini juga menyediakan area peternakan kuda di mana wisatawan baik anak-anak maupun dewasa bisa mencoba sensasi berkuda. Tidak perlu khawatir karena Anda akan didampingi oleh petugas.

Wisatawan juga bisa menikmati kegiatan seru lainnya yaitu memanah di zona archery park. Pihak pengelola wisata juga sudah menyiapkan area panahan untuk anak-anak sehingga lebih nyaman dan menyenangkan.

9. Kawah Ratu Gunung Salak

Kawah Ratu Gunung Salak

Masih seputar wisata alam, Kawah Ratu Gunung Salak juga menjadi salah satu destinasi wisata Bogor yang recommended untuk dikunjungi. Meskipun terkenal akan kemistisannya, gunung ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Kawah Ratu yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memang menjadi spot wisata paling menawan. Berdasarkan cerita sejarahnya, kawah ini merupakan hasil dari erupsi Gunung Salak yang terjadi di masa lampau.

Dilihat dari kejauhan, kawah ini berwarna agak kebiruan dan ketika dilihat dari dekat maka akan dominan warna kuning yang berasal dari warna dasar sungai. Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke objek wisata alam ini, sebaiknya persiapkan fisik yang prima karena cukup melelahkan.

10. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor

Selain The Ranch Cisarua, Devoyage Bogor juga menjadi tempat wisata Bogor yang mengusung tema ala Eropa. Bangunan-bangunan di objek wisata ini mengusung arsitektur ala Eropa dengan warna-warna cerah yang instagramable.

BACA JUGA  20 Destinasi Wisata Karawang Terbaik dan Terbaru, Recommended!

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa berfoto di depan miniature landmark seperti menara Eiffel dan bangunan populer lainnya. Objek wisata ini juga sudah menyediakan beberapa wahana bermain untuk anak dan fasilitas hiburan lainnya.

11. Little Venice

Little Venice

Little Venice juga menjadi salah satu objek wisata menarik yang ada di Bogor karena didesain seperti kota Venice yang ada di Italia. Di objek wisata ini, Anda akan diajak menikmati serunya naik perahu menyusuri kanal sembari menyaksikan deretan rumah khas Italia yang menyejukkan mata.

Di objek Little Venice, Anda juga bisa menemukan danau buatan dengan sejumlah wahana permainan air, salah satunya yaitu perahu bebek. Selain itu, Anda juga bisa mencoba gondola untuk menikmati keindahan Little Venice dari ketinggian.

12. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Bagi Anda yang menyukai wisata alam air terjun, Curug Cibaliung bisa menjadi rekomendasi tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bogor. Objek wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan airnya yang jernih dan segar.

Suasana di objek wisata curug ini juga masih sangat asri dengan udara yang sejuk sehingga cocok untuk healing dan melepas penat dari rutinitas yang padat.

13. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Selain Curug Cibaliung, rekomendasi wisata air terjun di Bogor selanjutnya yaitu Curug Bidadari Sentul Paradise Park. Dibandingkan dengan Curug Cibaliung, Curug Bidadari ini sudah dikelola dengan baik sehingga akses jalan menuju lokasi air terjun juga lebih baik dan aman.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter ini memiliki air yang cukup jernih. Wisata ala mini juga sudah disulap menjadi taman bermain air yang seru dan ramah untuk keluarga.

14. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

Objek wisata curug selanjutnya yang menawarkan panorama alam yang indah dan asri yaitu Leuwi Lieuk. Objek wisata yang berdekatan dengan Leuwi Hejo dan Leuwi Cipet ini menjadi sangat populer karena memiliki panorama alam yang mirip seperti Green Canyon.

Curug ini berada di tengah-tengah tebing dengan ketinggian 4 meter dan memiliki air yang jernih. Suasana di sekitar objek wisata alam ini juga masih asri dengan udara yang sejuk sehingga cocok untuk tempat healing dan refreshing.

15. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Destinasi wisata alam di Bogor selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi yaitu Goa Agung Garunggang. Wisata alam yang sempat populer di tahun 2021 ini merupakan sebuah situs ekologi di mana keindahan alamnya masih sangat alami dan eksotis.

16. Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng menjadi destinasi wisata Bogor yang wajib Anda kunjungi saat ingin melepas penat dan bersantai. Di objek wisata ini, Anda bisa menikmati sensasi berendam di kolam air panas yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang.

Tidak hanya itu saja, objek wisata yang terletak di Kecamatan Parung ini juga menyuguhkan panorama alam yang indah. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000,00 per orang.

17. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang

Beralih dari wisata alam, Anda juga bisa melakukan wisata budaya ke Kampung Budaya Sindang Barang. Berdasarkan sejarahnya, destinasi wisata budaya ini merupakan sebuah tempat bekas kasepuhan Sunda.

Maka dari itu, nuansa Jawa Barat akan terasa sangat kental di kampung budaya ini sehingga cocok untuk dijadikan media pengenalan budaya Sunda untuk pelajar. Kampung budaya ini juga masih ditinggali oleh masyarakat asli setempat dan wisatawan juga diperbolehkan untuk menginap di kampung tersebut untuk beberapa waktu.

18. Cimory Riverside & Mountain View

Cimory Riverside _ Mountain View

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Cimory, bukan? Objek wisata buatan Cimory Riverside & Mountain View ini bisa menjadi rekomendasi tempat wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi saat liburan ke Bogor.

BACA JUGA  20 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan alam berupa sungai dan pegunungan yang indah sambil mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di sekitar objek wisata. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba keseruan bermain wahana permainan yang disediakan di tempat ini.

19. Istana Bogor

Istana Bogor

Berlibur ke Bogor rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke Istana Bogor, bukan? Bangunan yang penuh nilai sejarahnya ini menjadi lokasi wisata historis yang recommended untuk dikunjungi. Di sini, Anda bisa menelusuri sejarah Indonesia.

Istana Bogor ini sudah dibangun sejak abad ke-17 dan pernah menjadi istana Kepresidenan pada sekitar tahun 50-an. Di dalam bangunan ini, wisatawan bisa menyaksikan banyak koleksi lukisan antik sebanyak kurang lebih 400 buah.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menjumpai ratusan patung yang menghiasi setiap sudut ruangannya dan memberi makan rusa-rusa yang ada di taman istana.

20. Warso Farm

Warso Farm

Bagi Anda yang menyukai buah durian, Warso Farm merupakan destinasi wisata Bogor yang wajib dikunjungi. Objek wisata yang populer dengan nama Taman Durian Warso ini menyuguhkan deretan pepohonan durian di mana wisatawan bisa memetik buahnya sendiri.

Tidak hanya durian saja, Warso Farm juga menjual jenis buah lainnya, salah satunya buah naga. Untuk masuk kawasan wisata ini, Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Namun, Anda harus membayar jika ingin membeli dengan cara memetik buah langsung dari pohonnya.

21. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield

Selain destinasi wisata alam, Bogor juga memiliki wisata alam edukatif yang ramah anak-anak yaitu Kuntum Farmfield. Wisatawan akan diajak untuk menyatu dan membaur dengan alam melalui berbagai macam flora dan fauna yang dipelihara di objek wisata ini.

Di tempat ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal dunia pertanian, peternakan, dan perikanan. Anak-anak diperbolehkan untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan yang ada di tempat ini seperti memberi makan dan menangkap ikan di kolam yang sudah disediakan.

Selain itu, anak-anak juga bisa mencoba keseruan bercocok tanam dan menanam padi. Konsep agrowisata yang diusung oleh Kuntum Farmfield ini memang menarik perhatian wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, terutama anak-anak.

22. EcoArt Park Sentul City

EcoArt Park Sentul City

Rekomendasi tempat wisata Bogor selanjutnya yaitu EcoArt Park Sentul City. Wisata Bogor Sentul ini terletak di lokasi yang strategis, tepatnya berada di sebelah pusat perbelanjaan populer Bellanova Mall.

Meskipun areanya tidak seluas edupark yang ada di Bogor dan sekitarnya, EcoArt Park ini menyimpan banyak keunikan dan keseruan tersendiri. Di taman wisata ini terdapat 2 taman yaitu Science Garden dan Sculpture Garden.

Di Science Garden, Anda akan diajak untuk melakukan wisata edukasi seputar alam atau sains. Sementara itu, di area Sculpture Garden, Anda bisa menyaksikan banyak patung raksasa yang tingginya mencapai 5 meter, salah satunya robot Transformer yang terbuat dari onderdil motor.

23. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata kuliner di Bogor, pasar Ah Poong adalah pilihan terbaik. Tempat wisata kuliner Bogor ini menyediakan lebih dari 80 tenant yang menjajakan aneka menu masakan dari berbagai daerah.

Di sini, Anda juga bisa menemukan banyak spot foto menarik yang instagramable dan sejumlah wahana permainan untuk anak.

Dengan banyaknya pilihan wisata Bogor yang menarik, Anda tentunya sudah tidak bingung lagi ingin menghabiskan waktu liburan di mana, bukan? Selain menyuguhkan panorama alam yang indah, udara di Bogor juga masih sejuk sehingga cocok untuk refreshing dan melepas penat.