Lirik Lagu Sholawat Nahdliyah Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

 

Samudranesia.id – Membaca sholawat tak lain adalah bentuk dari cinta kepada Rashulullah Muhammad shollallohu alaihi wasallam, dan ada sholawat yang biasa dilantunkan saat acara ke NUan yaitu sholawat nahdliyah.

Sholawat nahdliyah adalah karangan dari K.H. Hasan Abdul Wafi, beliau merupakan pengasuh pondok pesantren Nurul jadid di Jawa Timur.

Sholawat ini dibuat tak lain diperuntukkan untuk seluruh generasi Nu agar tetap eksis berjuang menegakkan syiar agama islam melalui organisasi Nahdlatul ulama’.

Tentang Shalawat Nahdliyah

Sholawat nahdliyah ini disajikan kepada seluruh jam’iyah nahdlotul ulama’ husunya bagi para pengurus untuk semangat berorganisasi menghidupkan NU.

Selain itu sipengarang juga menyelipkan harapan bahwa warga NU akan senantiasa termotivasi untuk selalu berkhidmat dan berjuang mensyiarkan panji-panji ke NU an sekaligus juga meninggikan derajat agama islam dengan selogan berhaluan ahlussunnah wal jamaah.

Teks Shalawat Nahdliyah

Sholawat Nahdliyah Lirik Latin

Nah, bagi kalian yang belum hapal teksnya berikut ini bacaan teks lengkapnya. Silahkan simak dibawah ini

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
صَلَاةً تُرَغِّبُ وَ تُنَشِّطُ
وَ تُحَمِّسُ بِهَا الجِهَاد لِإِحْيَاءِ
وَ اِعْلَاءِ دِيْنِ الإِسْلَام

وَاِظْهَارِشَعَائِرِهِ عَلَي طَرِيْقَةِ
جَمْعِيَّةِ نَهْضَةِ العُلَمَاءِ
وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
. اللهُ اللهُ اللهُ اللهُ.
ثَبِّتْ وَانْصُرْ اَهْلَ جَمْعِيَّة
جَمْعِيَّة نَهْضَةِ العُلَمَاءِ
لِإِعْلَاءِ كَلِمَةِ اللهِ

Lirik Latin:

Allahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammad
Shalaatan turaghghibu wa tunasyithu

Wa tuhammisu biha al-jihaad li ihyaa-i
Wa i’laa-i diinil islaam

Wa idzhaari sya’aairihi ‘laa thariqati
Jam’iyyah nahdlatil ‘ulamaa’

Wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallim.

Allah Allah Allah Allah.
Tsabbit wanshur ahla jam’iyyah,

Jam’iyyah Nahdlatil Ulama
Li i’laa-i kalimatillah.

BACA JUGA  Bacaan Sholawat Nabi Komplit Pendek Lengkap dengan Artinya

Artinya:

“Ya Allah bershalawatlah dan bersalamlah kepada Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan bacaan shalawat yang membuat kami menjadi senang, rajin dan bersemangat dalam berjuang menghidupkan dan meninggikan syiar agama islam serta menampakkan syiar-syiar islam menurut cara Jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Dan bershalawat dan bersalam pulalah kepada para keluarga nabi dan para sahabatnya. Allah, Allah, Allah, Allah. Teguhkanlah dan tolonglah seluruh warga Jam’iyyah Nahdlatul Ulama untuk meninggikan kalimat Allah (agama islam beserta seperangkat ajarannya).

Keutamaan Membaca Shalawat

Membaca sholawat nabi merupakan ajuran yang sangat ditekankan kepada umat Islam. Salah satu sholawat nabi yang bisa dilantunkan yaitu sholawat Nahdliyah. Anjuran membaca sholawat ini tertuang dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 56

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Arab-Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

Rasulullah SAW bersabda:

وعن عبدِ الله بن عمرو بن العاص رضي الله تعالى عنهما أنّه سَمِعَ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول: «إذا سَمِعْتُمُ النِدَاءَ فقولوا مثلَ ما يقولُ، ثمَّ صَلُّوا عَلَيَّ، فإنّه مَنْ صَلّى عَلَيَّ صلاةً صلى اللهُ عليه بها عَشْرَا، ثمّ سلوا اللهَ ليَ الوَسِيْلَةَ، فإنّها مَنْزِلَةٌ في الجنّة لا تنبغي إلاّ لِعَبْدٍ مِنْ عباد الله، وأرجو أن أكونَ أنا هو، فَمَنْ سألَ لِيَ الوَسِيْلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَفَاعَةَ»  (مسلم)،

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: “Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

BACA JUGA  Download Lagu MP3 dari Youtube Gratis Lewat HP ke Galeri (Online)

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai sholawat Nahdliyah latin dan artinya lengkap dengan manfaatnya. Semoga informasi yang kita sampaikan bermanfaat dan semoga juga kita dapat mengamalkannya secara rutin.