11 Aplikasi Cetak Foto untuk PC/Laptop Terbaik 2022

 

Samudranesia.id – Teknologi yang semakin berkembang pesat menjadikan aktivitas menjadi semakin mudah, termasuk mencetak foto. Kini sudah banyak aplikasi cetak foto yang bisa diakses secara gratis dan dapat digunakan untuk keperluan yang mendadak sekali pun.

Aplikasi-aplikasi itu bisa kamu gunakan melalui laptop atau PC dengan cara yang mudah. Masing-masing aplikasi untuk mencetak foto di bawah ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Penasaran dengan aplikasi cetak foto yang terbaik dan berkualitas bagus? Yuk, intip ulasan aplikasinya di bawah ini.

Aplikasi Cetak Foto Kualitas Bagus untuk Laptop/PC

1. Photo Scape

Photo Scape

Aplikasi pertama ini memang sudah tidak asing di kalangan pengguna laptop / PC karena gratis dan bisa memberikan hasil yang terbaik. Tak hanya untuk mengedit foto, aplikasi ini bisa kamu gunakan juga untuk mencetak foto.

Mencetak foto menjadi lebih mudah dan ringkas karena terdapat fitur pengaturan kertas, potret shot, hingga mengatur foto itu sendiri. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan bingkai pada foto yang sudah diedit.

Tak usah khawatir karena aplikasi ini sangat mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula.

2. ACEF 2.3

ACEF 2.3

 

Bagi pengguna laptop / PC Windows, aplikasi ACEF 2.3 sangat cocok dipasang sebagai aplikasi untuk mencetak foto yang mudah. Bukan hanya mudah dioperasikan, melalui aplikasi ini kamu juga bisa memanfaatkan fitur untuk mengatur ukuran foto, ukuran kertas, serta jumlah foto yang akan dicetak.

Dalam satu foto kamu bisa mencetak beberapa foto dengan ukuran yang berbeda-beda. Hasil cetak foto dengan aplikasi ini juga termasuk baik.

3. GIMP

GIMP

Rekomendasi aplikasi untu mencetak foto selanjutnya yang cukup bagus adalah aplikasi GIMP. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan oleh semua versi laptop / PC, seperti Windows, Linux, dan juga MacOS.

Tak hanya itu, pengguna aplikasi ini banyak yang menyamakan kualitasnya dengan Photoshop. GIMP akan memberikan pengalaman edit dan cetak foto maksimal, baik bagi fotografer, desainer grafis, maupun bagi kamu yang masih pemula.

4. Paint.NET

Paint. NET

Para pemula yang masih kesusahan dalam mengedit dan mencetak foto menggunakan aplikasi, sangat cocok jika menginstall Paint.NET ini. Fitur-fiturnya sangat menarik dan mudah dioperasikan, salah satunya fitur item undo yang bisa digunakan tanpa batasan.

Dengan fitur itu kamu bisa mengoreksi hasil edit foto sampai ke awal pengeditan sebelum dicetak. Agar hasil cetak foto bisa maksimal, sebaiknya pakai kertas foto bertipe matte dan glossy. Sayangnya, aplikasi gratis ini hanya bisa digunakan di laptop / PC Windows saja.

5. Picasa

Picasa

Picasa menjadi aplikasi berikutnya yang sudah dikenal di kalangan editor untuk mengedit dan mencetak foto sekaligus. Kelebihan aplikasi ini yakni mudah digunakan, pengoperasian yang mudah, serta adanya fitur sharing foto, sehingga bisa dikirim ke perangkat lainnya.

Hasil edit foto juga bisa disimpan ke folder, sehingga jika kamu tidak ingin mencetaknya saja bisa disimpan. Aplikasi ini hanya bisa didukung oleh laptop / PC yang menggunakan OS Windows saja.

6. PIXLR

PIXLR

Tak perlu bersedih hati bagi kamu yang punya laptop / PC ber-OS MacOS, karena aplikasi PIXLR ini bisa kamu pilih sebagai aplikasi edit sekaligus cetak foto. Tak perlu berlangganan untuk bisa menggunakan fitur unggulan aplikasi ini, karena PIXLR tersedia secara gratis atau opensource.

Banyak pengguna yang menyukai aplikasi ini karena fiturnya sangat modern, seperti efek khusus polaroid yang sedang tren. Jika mau lebih ringkas, kamu bisa menggunakannya secara online sehingga tak perlu menginstallnya di perangkat.

7. Arc Soft

Arc Soft

Aplikasi cetak foto selanjutnya yang wajib kamu install, terutama bagi pengguna laptop  MacOS adalah Arc Soft. Aplikasi ini dinilai menjadi aplikasi terbaik untuk mencetak foto karena user interface yang mudah dan juga tentunya gratis.

Untuk kamu yang bekerja dengan mengandalkan aplikasi untuk mencetak foto, Arc Soft sangat nyaman digunakan karena dapat dipakai untuk mengatur foto mulai dari ukuran 2 x 3 hingga lebih dari 8R. Tak perlu menjadi seseorang yang berpengalaman lama, karena aplikasi ini mudah bagi pemula.

Agar hasil foto lebih bagus, kamu bisa melakukan editing terlebih dahulu, seperti mengatur kecerahan warna, menambahkan teks, mengatur layout, dan lain sebagainya.

8. Photo ELF Printing

Photo ELF Printing

Seperti namanya, Photo ELF Printing merupakan aplikasi open source untuk editing dan cetak foto. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan sebagai aplikasi untuk mengonversi foto ke segala format sesuai kebutuhan, seperti JPG, JPEG, GIF, dan lain sebagainya.

Ukuran foto dapat diubah sesuai keinginan di aplikasi ini. Dalam satu lembar kertas foto, kamu bisa meletakkan beberapa foto yang ingin dicetak dengan ukuran berbeda. Satu kertas foto dapat memuat 140-an foto berbagai ukuran, seperti 3 x 4, 4 x 6, dan 8 x 10.

Seperti aplikasi profesional umumnya, Photo ELF Printing juga menyediakan pengaturan kecerahan, warna foto, gamma, serta kontras. Kamu para pengguna laptop dan PC Windows wajib install aplikasi keren ini.

9. Adobe Photoshop Elements

Adobe Photoshop Elements

Adobe Photoshop memang dikenal sebagai aplikasi profesional yang menawarkan banyak fitur keren di dalamnya, namun sayangnya agak sulit digunakan. Nah, untuk Adobe Photoshop Elements ini kamu bisa menggunakannya dengan sangat mudah.

Hal ini karena aplikasi ini sudah dirancang untuk memudahkan kamu dalam mengedit foto untuk dicetak. Tak kalah dengan Adobe Photoshop versi profesional, aplikasi ini juga punya fitur-fitur keren yang lengkap.

Masalah seperti resolusi foto hasil editing bisa diatasi dengan aplikasi yang tersedia untuk Windows dan MacOS ini. Agar hasil foto lebih maksimal, sebaiknya gunakan kertas foto bertipe glossy dan matte saat hendak mencetak foto.

10. Apple iPhoto

Apple iPhoto

Aplikasi Apple iPhoto pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna laptop Apple karena aplikasi ini akan langsung didapatkan saat membeli laptop tersebut. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki aplikasi ini karena bisa dibeli secara terpisah dengan harga yang terjangkau.

Aplikasi ini dinilai bagus karena sangat bermanfaat dan pengoperasiannya pun mudah. Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini di antaranya fitur pengaturan foto secara otomatis, pengaturan foto dalam flipbooks, hingga tampilan resolusi foto untuk hasil cetak terbaik.

11. Ulead Photo Impact

Ulead Photo Impact

Bagi kamu yang tak keberatan dengan aplikasi berbayar, Ulead Photo Impact bisa kamu download sebagai aplikasi untuk mencetak foto terbaik. Karena berbayar, aplikasi ini banyak digunakan oleh profesional yang rata-rata bekerja dengan mengandalkan aplikasi ini.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah pembuat kartu ucapan yang bisa ditambahkan foto. Bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi yang cerdas dan sangat cocok untuk hasil editing profesional. Dijamin, hasil foto yang dicetak printer akan jauh lebih bagus dari aslinya.

Aplikasi cetak foto di atas bisa membantu kamu untuk menghasilkan foto cetak yang lebih bagus. Kamu juga bisa sekaligus mengedit foto sebelum dicetak melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Perhatikan OS laptop yang kamu gunakan, karena beberapa aplikasi mungkin tidak tersedia di beberapa OS.