Rodja TV Situs Kajian Islam Serta Tilawah Al Qur’an

 

Samudranesia.id – Rodja TV merupakan saluran televisi satelit yang menyiarkan kajian-kajian dakwah mengenai islam, seperti pembahasan hadist dan Al-Qur’an.

Selain itu, Rodja TV menyiarkan kajian dakwah mengenai ibadah sehari-hari dan pembahasan mengenai Hadist dan Al-Qur’an. Menurut Radio Rodja, kata Rodja merupakan singkatan dari kalimat Radio Dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Arti dari kata Ahlun adalah keluarga, kelompok, komunitas, atau golongan. Kata sunnah memiliki arti segala sesuatu yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kata Al Jama’ah memiliki arti perkumpulan orang yang memiliki tujuan.

Sebelum berkembang menjadi saluran televisi satelit, Rodja Televisi awalnya merupakan stasiun radio induk yang berpusat di Cileungsi, Bogor.

Radio Rodja merupakan jaringan radio Salafiyah yang ada di Indonesia. Salafiyah sendiri dapat diartikan gerakan reformasi di dalam Islam Sunni.

Apa Itu Rodja TV

Apa Itu Rodja TV

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Rodja Televisi merupakan saluran televisi satelit yang menyiarkan kajian-kajian dakwah mengenai islam. Pembahasan yang dimaksud, seperti pembahasan Al-Qur’an dan Hadist serta mengenai ibadah sehari-hari.

Bermula dari sebuah jaringan radio yang hanya memiliki jangkauan sekitar 5 (lima) kilometer saja. Radio Rodja berkembang pesat dan memperluas jangkauannya dengan menyiarkan kajian dakwah melalui streaming internet dan televisi satelit sejak 2011.

Radio Rodja sekarang dapat dinikmati oleh para pendengarnya melalui TV satelit dan TV streaming. Sayangnya untuk TV satelit ini membutuhkan perangkat antena parabola untuk dapat menikmati konten-konten yang diberikan. Tetapi untuk pendengar masih dapat menikmati konten-konten yang diberikan melalui TV streaming Radio Rodja di platform Youtube maupun platform lain.

Radio Rodja merupakan salah satu jaringan radio Salafiyah yang ada di Indonesia. Studio Radio Rodja dan Rodja televisi memiliki alamat di Jl Pahlawan Kp Tengah RT 03/03, Kecamatan Cileungsi, Bogor – 16820.

Radio Rodja ini dimiliki oleh Yayasan Cahaya Sunnah, saat ini Radio Rodja dapat diakses pada frekuensi 756 AM untuk wilayah Jabodetabek. Selain itu, Radio Rodja telah mengudara di kota-kota, seperti Bandung, Lampung, Berau, Pontianak, Kebumen, dan Tanjungpinang.

Radio Rodja memiliki slogan yaitu Menebar Cahaya Sunnah karena umumnya radio ini menyiarkan kajian dakwah mengenai islam. Selain itu Radio Rodja memiliki situs web resmi yaitu www.radiorodja.com yang dapat kamu kunjungi.

Sejarah Dari Rodja TV

Sejarah Dari Rodja TV

Sebelum menjadi sebuah satelit televisi, Radio Rodja awalnya hanya sebuah radio FM yang dibuat oleh komunitas remaja Masjid Al-Barkah. Tujuan para pemuda Masjid Al-Barkah membuat radio FM ini adalah untuk menyebarkan dakwah Salafi. Salafi sendiri memiliki arti gerakan reformasi di dalam Islam Sunni.

BACA JUGA  Download Yacine TV APK Versi Terbaru 2023 Untuk Android dan iOS

Radio Rodja merupakan radio FM yang dirintis pada awal 2005 silam. Stasiun radio tersebut didirikan hanya dengan modal 3,5 juta rupiah yang dikumpulkan oleh remaja Masjid Al-Barkah. Radio tersebut didirikan setelah kepulangan Badrussalam dari pendidikannya di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi pada tahun 2001 silam.

Ustadz Badrussalam atau dikenal Abu Yahya merupakan salah satu pendiri dan pemateri di Radio Rodja. Ustadz Barussalam merupakan seorang penceramah yang aktif mengisi kajian-kajian salafi di Radio Rodja. Tidak hanya itu, orang yang dikenal sebagai Abu Yahya ini aktif mengisi kajian salafi di Safdah TV juga.

Beliau tumbuh dan besar di Kampung Tengah, Cileungsi, Kawedanan Jonggol, Kabupaten Bogor. Kampung tersebut terletak tidak jauh dari Jalan Transyogi dan Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan informasi dari direktur utama Radio Rodja yang bernama Agus Hasannudin. Beliau mengatakan ternyata ide didirikannya radio dakwah tersebut terdapat sebuah alasan. Alasan tersebut adalah karena adanya kesalahpahaman terhadap tudingan sesat kepada Masjid Al-Barkah.

Saat itu, uji coba siaran dimulai pada Maret 2005 silam. Siaran radio dilakukan di salah satu ruangan Masjid Al-Barkah menggunakan pemancar rakitan sendiri. Pada saat itu, sebenarnya jangkauan siaran Radio Rodja hanya kurang lebih 5 kilometer saja. Menurut informasi yang dilansir di wikipedia kata Rodja sendiri merupakan singkatan dari Radio Dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Lanjutan Sejarah Dari Radio Rodja Atau Rodja TV

Lanjutan Sejarah Dari Radio Rodja Atau Rodja TV

Kata Ahlun dapat diartikan sebagai keluarga, kelompok, atau komunitas. Sedangkan kata sunnah dapat diartikan segala sesuatu yang diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW. Selain itu, kata Al Jama’ah memiliki arti perkumpulan orang yang memiliki tujuan.

Sehingga Ahlussunnah Wal Jama’ah dapat diartikan sebagai golongan atau komunitas yang mengikuti perilaku atau ajaran baginda Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Golongan atau komunitas tersebut mengikuti perilaku Nabi Muhammad SAW pada zaman Khulafaur Rasyidin.

Pada tahun 2007, siaran radio milik mereka sempat tertimpa karena TNI-AL menggunakan frekuensi yang sama. Oleh karena itu, diadakannya pertemuan dadakan oleh 40 orang pendengar setia di Masjid Al-Barkah.

Sehingga pada Mei 2007, diputuskan bahwa frekuensi Radio Rodja akan dipindahkan dari 107 9 FM menjadi 756 kHz (AM). Setelah keputusan tersebut para pendengar bersama-sama dengan remaja Masjid Al-Barkah mengumpulkan dana operasional.

Pengumpulan dana operasional tersebut terkumpul sekitar 80 juta rupiah sampai 90 juta rupiah. Dana operasional Radio Rodja juga berasal dari para pendengar setia Radio Rodja.

Sejak saat itu lah Radio Rodja mulai berkembang dan mengalam kemajuan pesat. Migrasi siaran Radio Rodja ke gelombang AM membuat Radio Rodja makin dikenal oleh masyarakat khususnya muslimin di Indonesia.

Hal tersebut terjadi dikarenakan sinyal AM memiliki karakteristik untuk mengjangkau sinyal jauh lebih luas bila dibandingkan dengan sinyal FM.

Dan akhirnya, pada tahun 2007 siaran Radio Rodja mengudara di frekuensi 100 1 FM. Siaran Radio Rodja telah mencakup wilayah Bogor dan daerah sekitarnya.

BACA JUGA  Boom Live Mod Apk Unlock All Room Anti Banned Terbaru 2023

Di daerah Bogor, Radio Rodja mengudara menggunakan frekuensi 100 1 FM yang diberi nama Radio Rodja Bogor. Radio Rodja Bogor digunakan sebagai pengulang dari siaran radio AMnya.

Sebelum menjadi Radio Rodja Bogor, siaran radio tersebut dulunya diberi nama Lesmana FM. Lesmana FM telah mengudara sejak tanggal 27 Juli 1967 hingga siaran ditutup pada tahun 2019 atau 2020.

Diberi nama Lesmana FM karena Lesmana merupakan singkatan dari Lestarikan Iman Anda.

Kelahiran Rodja TV

Kelahiran Rodja TV

Setelah Radio Rodja mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat, Radio Rodja mulai memperluas siarannya melalui streaming internet. Siaran melalui streaming internet mulai dilakukan oleh Radio Rodja pada tahun 2009.

Kemudian Radio Rodja memutuskan untuk meluaskan siarannya ke televisi satelit dan saluran televisi tersebut diberi nama Rodja TV. Rodja TV mulai melebarkan sayapnya menjadi saluran televisi satelit pada tahun 2011. Sejak tahun 2011 Rodja TV mengalami kemajuan pesat mengikuti perkembangan teknologi hingga saat ini.

Siaran televisi satelit Rodja TV dapat kamu nikmati di beberapa televisi internet di Indonesia. Berdasarkan informasi pada salah satu situs, kamu dapat menikmati saluran televisi internetnya di situs resmi milik Rodja TV.

Selain itu, kamu dapat menikmati siaran televisi melalui channel Youtube resminya sendiri.nSaluran satelit televisi Rodja TV juga dapat kamu tonton di platform aplikasi layanan video di Indonesia.

Aplikasi layanan video yang dimaksud, seperti Maxstream, Usee TV, dan Dens TV. Nah, itu dia seputar informasi tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menonton siaran televisi milik Rodja televisi.

Kamu bisa menonton siaran televisi milik Rodja televisi di Maxstream, yaitu aplikasi layanan video milik PT Telekomunikasi Selular. Tunggu apalagi segera nonton siaran televisi milik Rodja TV melalui link yang artikel ini sediakan ya.

Link Nonton Saluran Televisi Milik Rodja Televisi

Link Nonton Saluran Televisi Milik Rodja Televisi

Link Nonton  Rodja Televisi
Situs Resmi disini
Maxstream disini

Nah, itulah link untuk menonton saluran televisi milik Rodja Televisi. Kamu bisa menontonnya melalui situs resmi milik Rodja Televisi maupun melalui Maxstream.

Sayangnya artikel ini tidak akan menunjukkan cara untuk menonton saluran televisi tersebut selain melalui situs resmi dan Maxstream.

Cara Nonton Rodja Televisi Di Situs Resminya

Cara Nonton Rodja Televisi Di Situs Resminya

Sebenarnya saluran televisi satelit milik Rodja Televisi sudah bisa kamu nikmati di aplikasi layanan video. Selain memanfaatkan aplikasi layanan video, ada cara lain untuk menonton saluran televisinya, yaitu dengan mengunjungi situs resmi milik Rodja Televisi.

Cara untuk menonton saluran televisi satelit milik Rodja Televisi melalui situs resminya ternyata mudah juga loh. Kamu hanya perlu mengikuti langkah demi langkah yang akan dijelaskan setelah ini, simak baik-baik caranya ya.

  1. Pertama, kunjungi situs resmi milik Rodja Televisi disini.
  2. Pada halaman utama, kamu akan diperlihatkan sebuah layar untuk memulai streaming saluran televisi milik Rodja Televisi.
  3. Klik ikon segitiga atau play untuk memulai streaming.
  4. Tunggu beberapa saat tergantung kecepatan koneksi internet milikmu ya.
  5. Selesai, sekarang kamu sudah bisa menikmati layanan siaran televisi milik Rodja Televisi.
BACA JUGA  Bling2 Apk Mod Premium Unlock All Room (No Sensor) Terbaru 2023

Nah, itu dia cara menonton saluran televisi milik Rodja Televisi melalui situs resminya. Cara ini merupakan cara paling mudah, tetapi perlu diingat untuk menonton streaming biasanya kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil.

Selain itu, koneksi internet yang kamu miliki harus cepat, jadi tidak hanya stabil ya.

Cara Nonton Siaran Televisi Satelitnya Di Maxsteam

Cara Nonton Siaran Televisi Satelitnya Di Maxsteam

Pada bagian ini akan dijelaskan cara untuk menonton saluran televisi milik Rodja TV melalui aplikasi layanan video bernama Maxstream.

Maxstream merupakan platform aplikasi layanan video yang dimiliki oleh PT Telekomunikasi Seluler atau dikenal sebagai Telkomsel. Maxstream sendiri sudah mengudara sejak tahun 2018, lebih tepatnya didirikan pada Juni 2018.

Aplikasi layanan video Maxstream dapat kamu unduh di App Store milik iOS maupun Google Play Store. Selain itu, kamu juga dapat menikmati layanan milik Maxstream di situs resminya.

Maxstream juga menyediakan berbagai saluran televisi hingga film yang bisa kamu nikmati di situs resminya. Pada artikel ini akan memanfaatkan situs resmi dari Maxstream untuk menonton siaran televisi satelit milik Rodja TV.

Tenang kamu tidak perlu khawatir karena cara menggunakannya mudah kok. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan ditampilkan setelah ini, simak baik-baik ya.

  1. Pertama, kunjungi situs resmi milik Maxstream disini.
  2. Pada halaman utama, klik ikon kacamata pembesar yang terletak di pojok kanan atas layarmu.
  3. Kemudian, ketik kata pencarian Rodja TV.
  4. Setelah muncul klik channel milik Rodja Televisi, Maka kamu akan diarahkan ke halaman channel televisi tersebut.
  5. Lalu, klik play untuk memulai siaran televisi satelit milik Rodja Televisi.
  6. Tunggu beberapa saat tergantung kecepatan koneksi internetmu ya.
  7. Selesai, sekarang kamu dapat menikmati layanan saluran televisi milik Rodja Televisi.

Nah, itu dia cara menonton saluran televisi milik Rodja Televisi jika kamu ingin menonton lewat Maxstream. Gimana? caranya mudah bukan, selain dari situs resminya kamu juga dapat menontonnya lewat aplikasi milik Maxstream. Aplikasi Maxstream ini bisa kamu unduh di App Store dan Google Play Store ya.

Akhir Kata

Nah, itu dia ulasan dari Rodja TV, sebuah saluran televisi satelit yang menyiarkan kajian dakwah mengenai Islam. Selain itu, Rodja Televisi juga memberikan pembahasan mengenai Al-Qur’an dan hadis.

Apakah sekarang kamu tertarik untuk menonton saluran televisi satelit milik Rodja Televisi?. Sekian pembahasan dari saluran televisi satelit yang bernama Rodja TV yang telah samudranesia bagikan.

Terima kasih kepada kamu yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini, sampai ketemu di artikel lainnya.