Mudik GRATIS Lebaran 2022 dari Pemerintah, Syarat dan Cara Daftarnya

 

Samudranesia.id – Mudik Gratis Lebaran 2022 infonya sudah terupdate dan bisa kamu akses dari sekarang untuk persiapan mudik lebaran kamu. Buruan baca informasi syarat dan cara daftar mudik gratis tahun 2022 sekarang juga.

Pada saat ini kita sudah menjalankan ibadah puasa yang artinya kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Seperti yang sudah biasa masyarakat lakukan yaitu pada setiap bulan Ramadhan adalah budaya mudik yang setiap tahunnya selalu ramai.

Namun untuk mudik pada tahun 2022 ini mungkin akan semakin ramai karena pada tahun-tahun sebelumnya sempat ada larangan mudik yang disebabkan adanya pandemic covid-19. Oleh karena itu pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan akan mengadakan mudik gratis untuk menghindari penumpukan atau kemacetan kendaraan di jalur mudik.

Pemerintah sendiri telah menetapkan hari libur nasional Idul Fitri jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik gratis ada beberapa programmudik gratis yang diadakan oleh beberapa instansi mulai dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta.

Kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa program mudik gratis dan bagaimana cara mendaftarnya. Silahkan simak sampai akhir artikel berikut ini.

Apa Itu Mudik?

Mudik Gratis

Sudah menjadi tradisi ketika bulan ramadhan mejelang hari raya kita semua akan sering mendengar istilah kata Mudik. Namun sebenarnya apa sih arti mudik itu sendiri agar kita tidak hanya mendengarnya tetapi juga memahaminya.

Jika dikutip dari surat edaran No 13 Tahun 2021 didalamnya di jelaskan mudik ialah kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman mendekati hari raya idul fitri atau lebaran. Sementara jika di lihat pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Mudik memiliki arti Pulang ke kampung halaman.

Menjelang lebaran tiba akan ada banyak media media tv yang meliput seputaran info mudik. Dan ada banyak sumber berpendapat jika mudik di populerkan oleh suku jawa yang artinya Mulih Dilik (Pulang Sebentar). Jadi tahun ini kamu mudik kemana kira kira ?

Moment mudik juga biasanya di warnai oleh banyaknya program pemerintah ataupun swasta yang memberikan mudik grtais loh. hal ini yang tentu kerap kali di buru oleh para pemudik tanpa terkecuali. Yuk simak berikut ini daftar Mudik Gratis yang dapat kamu coba.

1. Mudik Gratis Kemenhub

Mudik Gratis Lebaran

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub tahun ini akan mengadakan program mudik gratis. Tujuan nya adalah agar masyarakat yang kurang mampu bisa pulang ke kampung halaman tanpa memikirkan biaya perjalanan atau ongkos.

Selain itu juga tujuan Kemenhub mengadakan program mudik gratis ini adalah untuk mengurangi penumpukan atau kemacetan kendaraan yang sering dialami setiap musim mudik.

Untuk anda yang berminat ikut berpartisipasi dalam program mudik gratis kemenhub berikut adalah  beberapa kota tujuan mudik gratis kemenhub serta cara daftar dan juga syarat yang diperlukan untuk mendaftar program mudik gratis Kemenhub.

Daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub

  1. Semarang
  2. Boyolali
  3. Demak
  4. Tegal
  5. Solo
  6. Kudus
  7. Klaten
  8. Wonogiri
  9. Magelang
  10. Yogyakarta
  11. Wonosari
  12. Kebumen
  13. Wonosobo
  14. Purwokerto

Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Untuk mendaftar program mudik gratis tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dlengkapi para calon pemudik yaitu sebagai berikut

  1. Wajib membawa identitas diri contohnya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Surat vaksin) ke lokasi pendaftaran agar bisa mendapatkan nomor kursi bus.
  2. Wajib membawa e-tiket untuk calon pemudik
  3. Harus sudah vaksin lengkap atau booster (didukung dengan adanya sertifikat vaksin atau bisa melalui aplikasi peduli lindungi)

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Para calon pemudik yang akan mendaftar mudik gratis kemenhub bisa diakses melalui laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara online. Kemudian login lalu mengisi data diri yang lengkap lalu menunggu validasi dan verifikasi.

Jika sudah diterima dan terdaftar sebagai salah satu peserta mudik gratis kemenhub maka anda dapat mengunduh kemudian mencetak QR e-tiket peserta. Untuk e-tiket serta beberapa identitas pendukung lainnya dapat anda bawa Ketika ke lokasi registrasi agar anda mendapatkan nomor bus.

Dengan begitu anda sudah dapat melakukan perjalanan mudik gratis ke kota tujuan anda.

2. Mudik Gratis Jasa Raharja

Mudik Lebaran

Selain Kemenhub Jasa Raharja juga akan mengadakan mudik gratis dengan tema “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Jasa Raharja sendiri telah membuka pendaftaran untuk anda yang berminat mengikuti program mudik gratis ini. Pendaftaran sendiri telah dibuka sejak tanggal 9 april 2022 dan juga dibuka Kembali pada tanggal 10-15 april 2022.

Pendaftaran nya sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi Jrku di menu mudik 2022 maupun melalui laman mudik.jasaraharja.co.id. Selain itu juga para calon pemudik dipastikan untuk memfollow akun social media jasa raharja terlebih dulu yaitu.

  1. Instagram (@pt_jasaraharja)
  2. Youtube (Jasa Raharja Official)
  3. Twitter (@pt_jasaraharja)
  4. Facebook (Jasa Raharja)

Syarat dan ketentuan mendaftar mudik gratis jasa raharja

  1. Harus memiliki sepeda motor dan SIM C
  2. Satu pendaftar bisa mengajak maksimal 4 peserta dewasa (di atas 3 tahun)
  3. Pendaftar dan calon peserta yang diajak wajib memiliki hubungan keluarga dengan di kuatkan oleh kartu keluarga maupun surat nikah.
  4. Akta lahir ataupun surat nikah
  5. Setiap pendaftar ataupun peserta hanya boleh terdaftar satu kali
  6. Anak kecil harus dipangku dan harus selalu di awasi orang tua
  7. Pendaftaran ulang wajib dating sendiri atau tidak boleh diwakilkan

Cara Pendaftaran Mudik Gratis Jasa Raharja

  • Bisa di akses melalui laman mudik.jasaraharja.co.id (hanya bisa dilakukan Ketika pendaftaran sudah dibuka)
  • Bagi yang menggunakan Kereta api bisa daftar melalui aplikasi JR-ku (hanya bisa dilakukan Ketika pendaftaran telah dibuka)
  • Mengisi data dan mengunggah persyaratan dokumen.
  • Melaksanakan verifikasi Kembali di tanggal yang sudah ditentukan
  • Peserta bisa mendapatkan tiket mudik pada tanggal yang sudah ditentukan dan akan diberitahukan melalui SMS atau email.

3. Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Ayo Mudik

Pemprov DKI Jakarta juga mengdakan program mudik gratis yang juga didukun dengan kondisi pandemic yang berangsur membaik. Terlebih lagi ini menjadi tahun yang mungkin akan semakin ramai pemudik karena sudah mulai jauh dari pandemic covid-19 yang terjadi beberapa tahun lalu.

Pemprov DKI telah menyiapkan setidaknya 292 unit bus untuk membawa para pemudik ke beberapa kota tujuan dan telah menyiapkan setidaknya 200 unit bus untuk arus balik.

Inilah beberapa persyaratan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta yang harus kalian patuhi dengan sebagai berikut:

  1. Identitas diri (KTP, KK)
  2. Surat vaksin
  3. Harus sudah vaksin lengkap atau booster
  4. Mematuhi protokol Kesehatan

4. Mudik Gratis Kapal Laut

Bagi pemotor yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kapal laut telah dibuka pendaftaran bagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan mudik gratis dengan rute Tanjung Priok Jakarta menuju Tanjung Emas Semarang. Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh cabang pt.pelni di Jakarta.

Inilah beberapa persyaratan dan ketentuan mendaftar mudik gratis kapal laut sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk ataupun Kartu Keluarga (bagi pemudik yang akan membawa keluarga)
  2. Sertifikat vaksin
  3. Harus sudah melaksanakan vaksin lengkap atau booster
  4. Selalu mematuhi protokol Kesehatan

Syarat Mudik Lebaran 2022

Mudik

Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik atau pulang kampung. Baik yang mengikuti program mudik gratis maupun yang mudik secara mandiri. Namun pemerintah mewajibkan setiap pemudik untuk memenuhu beberapa syarat-syarat berikut.

Tentunya hal itu agar masyarakat selalu tertib dalam melakukan mudik karena Indonesia sendiri belum sepenuhnya bebas dari pandemic covid 19. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu diperhatikan para pemudik sebelum memulai perjalanan mudik.

  1. Bagi yang telah melaksanakan vaksin dosis terakhir yaitu booster tidak harus menunjukan hasil rapid test antigen maupun tes rapid test PCR
  2. Untuk yang baru menjalankan vaksinasi dosesi kedua harus atau wajib menunjukan tes negatif rapid test antigen ataupun rapid test PCR
  3. Lalu bagi yang baru divaksin sekali atau dosis pertama juga wajib menunjukan hasil tes negatif rapid test antigen ataupun hasil negatif rapid test PCR
  4. Bagi yang mempunyai penyakit yag menyebabkan tidak dapat di vaksin diwajibkan untuk menunjukan hasil negatif rapid test PCR dan wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa pemudik itu tidak dapat menerima vaksin
  5. Anak kecil usia 5 tahun ke bawah tidak diwajibkan untuk melakukan vaksinasi dan tidak perlu menunjukan hasil negative rapid test antigen maupun rapid test PCR

Aturan Mudik Lebaran Tahun 2022

Selain syarat mudik yang persiapkan ada juga aturan mudik yang harus dipatuhi tiap pemudik yang telah diatur oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa aturan mudik lebaran 2022.

  1. Memakai masker sesuai standar Kesehatan yaitu masker kain tiga lapis atau menggunakan masker medis
  2. Wajib mengganti masker yang dilakukan empat jam sekali secara berkala dan untuk masker yang telah digunakan buanglah ke tempat yang seharusnya yaitu sampah medis
  3. Social distancing atau menjaga jarak paling tidaj 1,5 meter yaitu untuk mencegah kerumunan atau keramaian
  4. Dilarang untuk berkomunikasi secara langsung melalui telepon atau pesan suara (dianjurkan untuk menggunakan pesan teks) di transportasi umum.
  5. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman untuk yang memiliki perjalanan kurang dari dua jam (terkecuali bagi yang wajib mengonsumsi obat dalam waktu tertentu)
  6. Selalu mencuci tangan enggunakan sabun ataupun hand sanitizer setelah melakukan kontak tangan dengan manusia ataupun dengan benda yang telah di sentuh orang lain

Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik kita harus memperhatikan beberapa hal agar perjalanan mudik anda lancer dan tentunya bisa terlaksana tanpa kendala sedikitpun. Contohnya mulai dari kendaraan, barang bawaan, rumah yang ditinggal dan sebagainya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan mudik.

  1. Buat daftar barang yang akan dibawa
  2. Sebelum melakuka perjalanan tentu saja kita harus memperhatikan apa saja barang yang akan dibawa. Agar lebih mudah buatlah daftar barang yang akan anda bawa untuk pulang ke kampung halaman.
  3. Bawa obat-obatan (Untuk yang punya penyakit kambuhan)
  4. Untuk anda yang memiliki penyakit kambuhan dianjurkan untuk membawa obat-obatan yang diperlukan agar tidak kesusahan Ketika dijalan.
  5. Rencanakan jalur yang akan dilewati
  6. Sebelum berangkat tentunya kita harus merencanakan jalur yang akan dilewati agar tidak bingung nantinya. Selain jalur utama kita harus juga menyiapkan jalur alternatif yang menjadi cadangan atau jalur pengganti jika jalur utama terdapat gangguan misalnya macet atau apapun.
  7. Persiapkan Kondisi Kendaraan
  8. Agar perjalanan anda nyaman dan tidak ada masalah di perjalanan sebaiknya anda menyiapkan kendaraan anda yaitu dengan mengecek kondisi mesin, kondisi ban, kondisi rem, dan lain sebagainya. Hal itu yang mendukung perjalanan anda agar tidak ada kendala dan tiba di tempat tujuan dengan selamat dan aman.
  9. Cek Rumah Yang Di Tinggal
  10. Sebelum berangkat alangkah baiknya kita untuk memeriksa kondisi rumah yang akan di tinggal. Contohnya yaitu mematikan perangkat listrik untuk mencegah korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran, lalu mengunci jendela dan pintu rumah agar tidak dimasuki maling. Jika sudah dilaksanakan dengan baik anda akan nyaman di kampung tanpa memikirkan rumah anda yang di tinggal.

Akhir Kata

Diatas adalah beberapa program mudik gratis yang di adakan oleh beberapa instansi. Diharapkan agar masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis untuk meminimalisir kemacetan dan penumpukan kendaraan. Program ini juga diharapkan agar para masyarakat tidak mampu yang ingin pulang kampung atau mudik bisa terlaksana.

Selain itu juga program mudik gratis diharapkan agar bisa mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan armada transportasi yang kurang layak karena armada yang digunakan untuk mudik gratis tentunya harus di cek dan harus memenuhi standar.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang info mudik gratis. Selamat menjalankan ibadah puasa dan untuk anda yang akan melaksanakan mudik diharapkan agar selalu berhati-hati dan cek dulu barang bawaan maupun kendaraan yang akan anda bawa.