Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul Beserta Artinya (Lengkap)

 

Samduranesia.id – Buat kalian yang sedang menginginkan amalan yang sangat mujarab, silahkan kalian simak artikel ini sampai akhir, karena sekarang ini kami akan membahas Doa Setelah Sholat Hajat Terkabul Beserta Artinya, Dengan mengamalkan doa tersebut insya Allah semua keinginan kalian akan cepat terkabul.

Setiap umat islam mempunyai kewajiban melaksanakan sholat lima waktu dalam setiap harinya, karena kewajiban tersebut hanya untuk mengingatkan diri kita kepada Allah SWT, dan selain itu masih ada berbagai macam sholat sunah yang dapat dilakukan tergantung tujuannya masing-masing, salah satunya yaitu Sholat Hajat.

Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunah yang biasanya dilakukan ketika mereka semua mempunyai keinginan atau keperluan yang ingin dicapai, baik itu urusan dunia, maupun urusan akhirat, walaupun begitu hanya ada satu cara untuk mendapatkannya yaitu dengan beribadah.

Sholat tersebut sangatlah penting, yang berkaitan dengan rezeki, karena sholat tersebut dapat mendatangkan rezeki, keberhasilan, ijabah, dan kesuksesan, apalagi terhadap apa yang kita inginkan dan cita-citakan.

Dengan melaksanakan sholat tersebut setiap umat islam akan mendapatkan rezeki yang berupa ketenangan dan ketentraman dalam hidup, keduanya bisa kalian dapatkan karena merasa dekat dan mempunyai hubungan yang baik dengan Allah SWT.

Dan adapun lafadz doa sholat tersebut bisa kalian lihat dibawah ini, namun sebelum kalian melihat lafadz doanya silahkan kalian simak baik-baik artikel ini sampai selesai, agar kalian mengetahui keutaman, tata cara dan juga niat sholat tersebut.

Manfaat Sholat Hajat

Manfaat Sholat Hajat

Selain berdoa untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan, melaksanakan sholat tersebut mempunyai benyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, dan adapun manfaat sholat tersebut diantaranya.

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Mendapatkan Perasaan yang tenang dan rasa tawakal yang lebih kuat.
  3. Mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Tata Cara Solat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat tersebut tidak mempunyai perbedaan dengan sholat-sholat sunah lainnya, akan tetapi yang dapat memedakannya hanya terletak dalam niatnya saja, nah berikut ini lah tata cara sholat tersebut yang insya allah mustajab ketika dilakukan.

BACA JUGA  Contoh Teks Mc Sholat Idul Adha Singkat dan Lengkap Terbaru 2022

1. Membaca Niat.

Niat sholat tersebut juga diucaokan dalam hati seperti sholat-sholat lainnya karena terpenting ialah niat hanya karena Allah SWT semata, dengan hati ikhlas dan juga mengharapkan ridhonya.

2. Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca Niat, kalian disunahkan membaca doa iftitah ketika sudah membaca takbiratul ikhram, dan adapun bunyi dari doa iftitah:

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.”

Artinya, “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri).”

3. Membaca Surat Al-fatihah

Setelah membaca doa iftitah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Karena apabila tidak membaca surat Al-Fatihah maka sholatnya tidak sah, hal ini dikarenakan Al-Fatihah merupakan bacaan rukun-rukunnya sholat.

4. Membaca suratan pendek

Setalah membaca surat Al-fatihah, silahkan kalian membaca surat pendek. Namun pada tata cara sholat hajat ini, alangkah baiknya membaca surah Al-Ikhlas pada raka’at pertama ataupun Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali. Sedangkan untuk rakaat kedua Anda bisa membaca ayat kursi.

5. Ruku dengan tuma’ninah

6. i’tidal dengan tuma’ninah

7. sujud dengan bacaan tuma’ninah

BACA JUGA  Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap, Keutamaan, Niat dan Doanya

8. duduk diantara dua sujud.

9. sujud kedua dengan tuma’ninah

10. melakukan roka’at kedua

ketika melakukan rakaat kedua tata cara sholat tersebut yang dilakukan sama dengan rakaat pertama. Namun pada raka’at kedua suratan pendek yang sebaiknya dibaca ialah ayat kursi. Meskipun Anda bisa membaca surat lainnya.

11. Salam

Setelah selesai Rokaat kedua, kalian bisa mengakhiri sholat tersebut dengan salam, akan tetapi apabila kalian ingin melanjutkan sholat tersebut, kalian bisa mengulang lagi seperti yang sudah dilakukan setelah membaca salam.

Niat Sholat Hajat

Niat Sholat Hajat

Tempat niat adalah di dalam hati, dan melafalkan niat sholat hajat bukanlah suatu syarat, akan tetapi menurut jumhur ulama, hukum melafalkan niat sholat adalah sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Sementara menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Berikut ini adalah niat sholat hajat:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Artinya: Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT

Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT

Setelah melakukan sholat tersebut, setiap umat islam dianjurkan untuk membaca doa-doa pada sholat hajat. Dan akan lebih baik apabila kalian melakukan sujud dengan maksud tadzallul setelah salam. Hal ini dimaksudkan untuk merendahkan diri pada Allah Ta’ala, dan adapun bacaan sujudnya yaitu :

“Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim” dibaca 10 kali

Setelah membaca sujud tersebut kalian dianjurkan membaca Sholawat yaitu : “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad” sebanyak 10 kali juga

Dan yang  terakhir kalian membaca doa keselamatan dunia dan akhirat, adapun doanya yaitu : “Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar.”

Doa Sholat Hajat Lainnya

Doa Sholat Hajat Lainnya

1. Membaca tawassul dengan membaca surat Al-Fatihah kepada Rasulullah beserta keluarganya, para shabat, ulama, guru, orang tua dan semua umat muslim.

2. Setelah membaca Al-fatihah dilanjutkan membaca surat Al-Falaq, An-Naas serta Ayat Kursi dimana masing-masing sebanyak 3 kali.

BACA JUGA  Bacaan Doa Penutup Majelis Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

3. setelah membaca semuanya silahkan dilanjutkan dengan Doa Hajat

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

LAA ILAHA ILLALLOHUL HALIIMUL KARIIMU SUBHAANALLOHI ROBBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. AS `ALUKA MUUJIBAARI ROHMATIKA WA ‘AZAAIMA MAGHFIROTIKA WAL GHONIIMATA MING KULLI BIRRI WASSALAAMATA MING KULLI ITSMIN LAA TADA’ LII DZAMBAN ILLA GHOFARTAHU WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLA QODHOITAHAA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

4. Setelah membaca doa di atas, kalian bisa menyampaikan segala keinginan dan hajat dengan bahasa kalian. Karena doa yang baik ialah doa yang dapat dimengerti maknanya.

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa Setelah Sholat Hajat Terkabul Berserta Artinya (Lengkap), semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan jika kalian ingin mengetahui doa-doa tersebut silahkan kalian bisa kunjungi semua artikel kami, karena didalam artikel sudah tersedia berbagai doa yang lainnya.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Doa Setelah Sholat Hajat Terkabul Berserta Artinya (Lengkap) sampai akhir, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Selamat berjumpa kembali di artikel kami selanjutnya dan jangan lupa terus ikuti artikel samudranesia.id agar kalian tidak tertinggalan informasi penting dan terbaru lainnya.