Samudranesia.id – BRI merupakan salah satu bank yang memiliki banyak nasabah. Seperti produk perbankan lainnya, BRI juga menyediakan fitur cek saldo BRI yang tersimpan di rekening nasabahnya. Beberapa orang masing menggunakan cara manual yaitu dengan datang ke kantor kas BRI terdekat.
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melihat sisa saldo tersebut. Apabila harus datang ke kantor kas atau kantor cabang, mungkin akan membutuhkan banyak waktu. Anda dapat melakukan cek saldo secara online atau melalui ATM BRI.
BRI juga memiliki layanan perbankan yang bisa diakses melalui ponsel Anda. Salah satu fitur yang disematkan adalah untuk melihat sisa saldo yang masih tersimpan. Tentu saja car aini lebih praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Cara Cek Saldo BRI dengan Mudah dan Cepat
Saat ini BRI memiliki beragam cara yang dapat dimanfaatkan oleh para nasabah dalam melakukan pengecekan saldo rekening. Contohnya adalah melalui mesin ATM BRI, SMS Banking, m-Banking, internet banking, hingga ke customer service BRI.
1. Melalui ATM BRI
- Kunjungi ATM BRI terdekat
- Masukkan kartu ATM sesuai petunjuk
- Masukkan nomor PIN dengan benar
- Pilih menu “Transaksi Lain”
- Pilih menu “Lainnya”
- Pilih menu “Info Saldo”
- Pada layar akan muncul jumlah saldo yang masih tersimpan di rekening
- Transaksi selesai
2. Melalui SMS Banking BRI
Cek Saldo
- Buka layanan SMS pada ponsel
- Pilih menu “Pesan Baru”
- Ketik SMS: SALDO <spasi> PIN
Contoh: SALDO 654321
- Kirim ke nomor 3300
- Anda akan mendapatkan sms balasan dari BRI berupa info saldo dalam rekening yang masih tersisa
- Untuk bisa cek saldo BRI menggunakan sms banking ini, Anda harus memastikan bahwa sudah mendaftarkan nomor telepon ke SMS banking. Setiap transaksi akan dikenakan biaya Rp 1000/sms, jadi pastikan memiliki pulsa yang mencukupi
Cara Mendaftarkan SMS Banking
- Datang ke ATM BRI terdekat
- Masukkan kartu ATM BRI sesuai petunjuk
- Masukkan nomor PIN dengan benar
- Pilih menu “Transaksi Lainnya”
- Pilih menu “Registrasi”
- Pilih menu “SMS Banking”
- Masukkan nomor HP aktif untuk aktivasi layanan SMS Banking
- Masukkan nomor PIN baru untuk layanan SMS Banking. PIN terdiri dari 6 digit angka.
- Tunggu hingga keluar struk yang berisi tulisan bahwa SMS banking telah berhasil diaktifkan.
- Transaksi selesai
Layanan Transfer Sesama BRI
- Buka fitur SMS pada ponsel
- Ketik pada kolom SMS dengan format TRANSFER <spasi>BRI + nomor rekening <spasi>NOMINAL<spasi>PIN
- Kirim ke nomor 3300
3. Melalui M-Banking BRI
- Unduh aplikasi BRIMO melalui Play Store atau App Store
- Tunggu hingga proses install selesai
- Buka aplikasi BRIMO
- Buatlah akun BRIMO dengan pilih menu registrasi
- Isi data diri dengan benar dan ikuti langkah-langkah yang ditentukan
- Setelah proses registrasi selesai, login dengan user ID yang didaftarkan
- Pada halaman menu, pilih opsi “Rekening Utama”
- Klik pada simbol “mata” untuk melihat saldo rekening
- Nominal saldo akan muncul pada layar
- Transaksi selesai
4. Melalui Internet Banking
Cek Saldo
- Kunjungi situs resmi ibanking BRI baik melalui PC maupun ponsel
- Login sesuai dengan akun ibanking BRI yang telah terdaftar. Apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan aktivasi ibanking terlebih dahulu.
- Masukkan user id dan password fitur ibanking BRI
- Pada halaman beranda, pilih menu “Rekening”
- Pilih opsi “Saldo Tabungan”
- Akan muncul jumlah saldo yang dimiliki pada layar
- Transaksi selesai
Cara Mendaftar ibanking BRI
- Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku tabungan BRI, kartu ATM BRI aktif, dan KTP
- Silahkan menuju ke bagian customer service
- Petugas akan melakukan cek data sesuai dengan buku tabungan dan KTP
- Sebelum aktivasi, pastikan ponsel memiliki data internet dan pulsa yang mencukupi
- Petugas akan memberikan user id dan password untuk login ke ibanking BRI
- Notifikasi aktivasi ibanking akan dikirimkan melalui email
- Klik link yang tertera pada email dan login menggunakan user id dan password yang diberikan
- Anda bisa melakukan perubahan password setelah akun dinyatakan aktif
Tips Aman Menggunakan Internet Banking
- Selalu lakukan transaksi hanya dengan mengakses situs resmi yaitu https://ib.bri.co.id
- Selalu jaga kerahasiaan baik user id maupun password internet banking
- Jangan melakukan penyimpanan otomatis untuk user id dan password di ponsel maupun PC
- Jangan menggunakan wifi public atau jaringan umum lainnya ketika mengakses ibanking BRI
- Ganti password secara berkala
- Apabila ditemukan hal yang mencurigakan, segera hubungi call center BRI di 1500017
5. Cek Saldo BRI Melalui Kontak Center BRI
- Hubungi nomor layanan call center BRI di nomor (021)1500017 atau di nomor 14017 melalui ponsel Anda
- Pencer nomor yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh operator
- Pilih angka untuk permintaan cek saldo BRI
- Sebelum memberikan informasi saldo, petugas operator akan menginformasikan bahwa ada beberapa data yang diminta untuk verifikasi data
- Berikan data atau informasi yang diperlukan untuk verifikasi data
- Anda akan mendapatkan informasi saldo rekening yang masih tersimpan
6. Melalui Customer Service BRI
- Silahkan datang ke Kantor Cabang atau Kantor Unit Bank BRI terdekat
- Ambil nomor antrian pada bagian customer service
- Pada saat tiba giliran Anda, serahkan buku tabungan BRI yang akan di cek saldonya
- Sampaikan kepada petugas customer service bahwa Anda ingin mencetak rekening koran
- Petugas customer service akan memberikan print out rekening koran sesuai permintaan
- Saldo rekening dapat dilihat dalam rincian tersebut
Cara Membuka Rekening BRI
BRI adalah bank yang memiliki jaringan terbesar di Indonesia. Hal ini cukup menguntungkan bagi nasabah yang ingin membuka rekening BRI. Bukan hanya dilayani secara manual melalui kantor cabang, namun saat ini BRI juga menyediakan layanan pembukaan rekening online yang lebih praktis.
1. Pembukaan di Kantor Cabang BRI
Syarat Pembukaan Rekening BRI
- Siapkan dokumen identitas diri seperti KTP/ passport/ KITAS/KIMS/KITAP
- Usia calon nasabah minimal 17 tahun.
- Khusus untuk rekening BRI Junio nasabah dapat mulai usia 0 – 12 tahun dan 12 – 17 tahun.
- Untuk jenis tabungan BRI Simpedes Usaha, calon nasabah harus menyerahkan NPWP
- Untuk jenis tabungan Britama Bisnis harus menyerahkan copy izin usaha seperti SIUP/TDP, akta pendirian dan anggaran dasar perusahaan, serta setoran awal Rp 1.000.000.
- Mengisi formulir untuk pembukaan rekening
Cara Pembukaan Rekening
- Datanglah ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang ditentukan
- Silahkan ambil antrian untuk bagian customer service
- Setelah tiba giliran Anda, sampaikan kepada petugas customer service untuk pembukaan rekening BRI
- Petugas akan menyerahkan formulir aplikasi yang harus diisi dengan lengkap
- Serahkan semua persyaratan yang ditentukan untuk dilakukan verifikasi data
- Petugas akan melakukan input data berdasarkan dokumen yang diserahkan
- Anda akan diminta untuk menandatangani dokumen yang telah ditentukan
- Serahkan setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dikehendaki
- Petugas customer service akan menyetorkan uang tersebut di bagian teller
- Tunggu hingga transaksi selesai
- Petugas customer service akan menyerahkan buku tabungan yang telah aktif
- Apabila menghendaki menggunakan ATM, maka petugas akan mengaktifkan ATM sesuai jenis tabungan
- Bisa juga sekaligus melakukan aktivasi layanan m-banking, i-banking, dan SMS banking.
- Transaksi telah selesai
2. Pembukaan Rekening BRI Secara Online
- Unduh aplikasi BRIMO melalui Google Play atau App Store
- Klik daftar untuk calon nasabah
- Masukkan identitas diri pada kolom yang disediakan secara benar
- Setelah semua data telah terisi, klik pada kolom menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku
- Buatlah password, kemudian ulang kembali password yang sama
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon Anda
- Setelah terverifikasi, silahkan login pada aplikasi BRIMO dengan menggunakan user ID dan password tersebut
- Pada halaman depan BRIMO, klik “Buka Rekening Baru”
- Ikuti petunjuk yang ada pada aplikasi, contohnya foto KTP, nomor NPWP, tanda tangan, foto wajah dengan KTP
- Buatlah passphrase
- Pilihlah kantor cabang BRI yang terdekat
- Baca dengan teliti tentang syarat dan ketentuan yang berlaku
- Klik centang pada kolom yang disediakan
- Masukkan password untuk login
- Anda akan diarahkan untuk melakukan setoran awal sesuai dengan jenis tabungan.
- Untuk setoran awal ini, terdapat batas waktu yang telah ditentukan dari pihak bank.
- Silahkan menyetorkan melalui internet banking, ATM BRI, tunai, atau mesin EDC BRI
- Setelah dilakukan penyetoran, pada menu BRIMO silahkan kembali ke beranda
- Pilih menu “Rekening”
- Pilih menu “Buka Rekening”
- Akan muncul keterangan transaksi telah berhasil
- Rekening tabungan BRI sudah dapat digunakan
Jenis-Jenis Tabungan BRI
Jaringan yang luas merupakan keuntungan yang dimiliki oleh BRI, sehingga memiliki banyak nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia. BRI terus memberikan fasilitas perbankan yang sesuai dengan masyarakat, melalui beberapa jenis tabungan yang disediakan sesuai kebutuhan.
Hingga saat ini, BRI menyediakan 11 jenis tabungan dengan fitur-fitur yang berbeda. Peruntukan masing-masing tabungan juga berbeda. Hal tersebut dimaksudkan agar nasabah dapat memiliki jenis tabungan yang sesuai dan juga mendapatkan layanan yang diinginkan. Jenis tabungan BRI tersebut antara lain
- Simpedes
- Simpedes TKI
- Britama Bisnis
- Britama
- Britama X
- Britama Valas
- Britama Rencana
- Tabungan BRI Junio
- Tabungan Haji
- BRI TabunganKu
- BRI Simpel
Keunggulan Tabungan BRI
Melihat luasnya jaringan yang dimiliki oleh BRI, tentunya banyak keunggulan yang dimiliki oleh BRI. Termasuk didalamnya tentang kemudahan transaksi, seperti cek saldo BRI melalui banyak pilihan. Selain itu sebagai bank terbesar di Indonesia, BRI juga memiliki banyak keunggulan lainnya.
1. Jaringan Luas
Seperti yang telah diketahui bahwa BRI memiliki nasabah hampir di seluruh penjuru Indonesia. Hingga saat ini, kantor cabang BRI telah mencapai lebih dari 1000 unit yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu mesin ATM juga tersebar di beberapa daerah, sehingga mudah ditemukan.
2. Produk Perbankan yang Beragam
BRI menjadi salah satu bank yang memiliki layanan perbankan yang variatif. Aneka produk tersebut dibagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini berdasarkan jenis nasabah, yaitu individu, UMKM, dan korporasi.
3. Terdapat Layanan Online
Seiring dengan kemajuan teknologi, BRI juga menyediakan layanan online berbasis aplikasi dan internet banking untuk lebih memudahkan nasabah. Dengan layanan online ini, maka transaksi perbankan dapat dilakukan hanya melalui ponsel saja. Tentu saja hal ini lebih praktis dan lebih efisien.
Bank Rakyat Indonesia semakin mengembangkan transaksi digital yang mudah dan praktis. Tidak hanya untuk melakukan cek saldo BRI, namun bisa juga dimanfaatkan dalam transaksi yang lainnya. Produk perbankan yang dimiliki juga variatif sehingga nasabah dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.