Ribbon Adalah : Ini Fungsi dan Cara Penggunaannya di Ms Office

 

Samudranesia.id – Ribbon adalah salah satu fungsi yang dimiliki oleh Microsoft office entah itu Microsoft Word ataupun Microsoft Excel. Fungsi ini biasanya terletak di bagian atas berupa menu yang memanjang dan bentuknya mirip sekali dengan pita.

Itulah kenapa diberi nama ribbon karena bentuknya memanjang dan ada beberapa bagian yang bisa diubah-ubah. Semua menu pada Microsoft office modern sudah berjenis ini sehingga akan memudahkan seseorang untuk melakukan modifikasi pada data.

Untuk mengenal lebih jauh terkait dengan ribbon yang ada pada Microsoft Office khususnya pada Microsoft Excel. Tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa pembahasan di bawah ini. Dengan begitu kamu bisa lebih paham dan memahami semuanya secara maksimal.

Apa Itu Ribbon dalam Microsoft Office?

Apa Itu Ribbon dalam Microsoft Office

Ribbon adalah salah satu bagian dari Microsoft Office yang bisa digunakan untuk melakukan banyak sekali operasi. Fungsi Ini sebenarnya sudah ada pada versi awal dari Microsoft Office meski diperbarui dari waktu ke waktu.

Sebelumnya fungsi ini hanya dalam bentuk menu yang apabila ditekan akan memunculkan lagi menu di bagian bawah. Selanjutnya kamu bisa langsung menekan atau memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Seiring dengan berjalannya waktu menu ini diperbarui sehingga bentuknya jadi mirip sekali dengan tab. Artinya dengan memanfaatkan cara ini menu akan terlihat atau tampil ikonnya secara langsung. Jadi apabila dibutuhkan bisa langsung ditekan dan tidak mencari terlebih dahulu.

Selanjutnya akan ada banyak sekali pembaruan yang diterapkan serta pemberian menu-menu yang lebih update. Jadi kamu bisa melihat atau mencoba terlebih dahulu semua fungsi untuk mengetahui manfaatnya pada pengolahan data.

BACA JUGA  7 Cara Download Aplikasi di Laptop Windows 7,8,10,11 (100% Aman)

Secara umum fungsi dari ribbon ini adalah untuk memunculkan berbagai jenis pengaturan. Selebihnya, kamu bisa memodifikasi sendiri apakah akan dimunculkan terus atau disembunyikan apabila kamu tidak membutuhkannya.

Komponen dari Ribbon

Komponen dari Ribbon

Sebelum membahas lebih lanjut ribbon beserta dengan fungsinya. Tidak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu komponen dari ribbon. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tab

Komponen pertama yang dimiliki oleh ribbon adalah tab. Bagian ini adalah yang ditekan di bagian atas. Jadi begitu menekannya, akan muncul beberapa menu baru yang berada di bawah.

Setiap bagian akan menunjukkan tema dari menu yang akan ditunjukkan di bawahnya. Misal pada tab Insert, Akan terdapat beberapa menu yang berhubungan dengan memasukkan sesuatu ke dalam halaman Microsoft word atau Microsoft Excel.

Jadi bisa dibilang, bagian ini adalah akar dari berbagai jenis menu yang ada di bawahnya. Jadi kamu bisa dengan mudah mencarinya sesuai dengan jenis atau tema. Jadi tidak perlu melakukan pencarian satu persatu di semua menu yang ada.

2. Grup Menu

Selanjutnya adalah grup menu, maksud dari grup menu ini adalah cabang dari tab yang di dalamnya akan ada kotak-kotak. Setiap kotak akan berisi beberapa menu baru yang bisa langsung difungsikan untuk melakukan operasi atau modifikasi pada data.

Pengelompokan grup menu ini biasanya juga berhubungan satu dengan yang lain. Mixagrip menu yang berhubungan dengan pengeditan atau perubahan pada teks. Baik itu perubahan ukuran, perubahan font, hingga perubahan formatting juga akan tersedia dalam satu kotak.

Jadi akan lebih memudahkan lagi ketika kamu melakukan proses pencarian. Semuanya akan ada dalam suatu tempat sehingga bisa langsung diakses untuk memodifikasi data. Biasanya ikon yang digunakan sudah menunjukkan atau memperlihatkan fungsi apa yang bisa didapatkan.

BACA JUGA  Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

3. Fungsi atau Operasi

Bagian terakhir adalah fungsi atau operasi yang akan diterapkan. Biasanya dalam bentuk tombol. Begitu menekan tombol itu maka secara otomatis akan melakukan perubahan pada data sehingga bisa dilihat secara langsung dan real time.

Perubahan atau operasi ini bisa dijalankan satu persatu atau secara keseluruhan. Artinya Apabila kamu tidak mengetahui fungsi dari menu atau tombol tersebut bisa langsung uji coba. Apabila melakukan kesalahan bisa menekan tombol undo.

Fungsi dari Ribbon

Fungsi dari Ribbon

Setelah jelaskan bagian dari ribbon selanjutnya adalah mengetahui fungsi dari menu ini sendiri. Secara umum fungsi dari ribbon terdiri dari.

1. Perubahan Format Teks

Fungsi pertama yang dimiliki oleh ribbon adalah untuk melakukan perubahan pada teks. Maksud perubahan pada teks ini adalah mengubah teks yang bentuknya standar menjadi lebih tebal atau menjadi lebih miring.

Perubahan format teks ini bisa dilakukan pada seluruh Microsoft Office. Selanjutnya, bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan apakah akan dibuat lebih formal atau dibuat lebih menarik.

2. Filter Data

Selanjutnya adalah melakukan filter data. Dengan menggunakan filter ini kamu bisa dengan mudah mengetahui berbagai jenis data yang dibutuhkan. Selain itu bisa juga melakukan pencarian sesuai dengan nama atau sesuai dengan data lain.

Pada fitur ini juga bisa membuat data menjadi random atau diurutkan. Intinya berbagai jenis data bisa diolah dengan lebih mudah sesuai dengan keinginan.

3. Memasukkan Data dan Media

Fungsi ini juga bisa memasukkan berbagai jenis data. Salah satunya adalah data dalam bentuk tabel yang bisa dimasukkan secara otomatis atau bisa juga dimasukkan secara manual dengan mengetik satu persatu

Selain itu bisa juga memasukkan berbagai jenis media seperti foto ataupun clip art. Jadi data ataupun file yang sedang dimodifikasi bisa jauh lebih menarik dan memudahkan seseorang untuk membaca.

BACA JUGA  6 Cara Merekam Layar Laptop dan PC Windows 7,8 10,11

4. Pengecekan Teks

Fungsi pengecekan teks seperti spelling atau salah ketik juga bisa ditemukan di sini. Jadi kamu bisa melakukan pengecekan apakah teks yang sudah diketik kan sudah berhasil atau masih ada yang salah.

5. Formating Lainnya

Selanjutnya ada formatting lainnya seperti pengaturan pada tabel dan juga foto apabila dimodifikasi dengan halaman ini. Selanjutnya perubahan ini akan membuat tabel ataupun foto menjadi lebih sesuai dengan apa yang diinginkan.

Menyembunyikan Ribbon

Menyembunyikan Ribbon

Bagian ribbon ini bisa dimunculkan ataupun disembunyikan sesuai dengan keinginan. Artinya kamu bisa menyembunyikan apabila tidak membutuhkan dan akan muncul kan lagi apabila menginginkannya.

Untuk menyembunyikan atau memunculkan lagi biasanya hanya perlu menekan tombol CTRL + F1. Pada beberapa jenis laptop mungkin akan sedikit berbeda jadi bisa disesuaikan sendiri. Selain itu bisa juga dengan cara manual dengan menekan tombol di bagian samping dari ribbon.

Seperti yang sudah dibahas di atas, ribbon adalah salah satu menu dalam bentuk pita memanjang yang ada pada Microsoft office. Menu ini memiliki banyak sekali fungsi atau komponen yang ada di dalamnya sehingga setiap orang harus menguasai menu yang paling banyak digunakan.

Menu seperti ini biasanya memiliki sedikit persamaan antara jenis Microsoft word dan juga Microsoft Excel. Tetapi fungsi yang lebih spesifik akan sedikit berbeda sehingga akan memiliki banyak sekali perbedaan nama. Jadi ada baiknya untuk mempelajari semua menu secara maksimal.

Perlu diingat jika menu ribbon ini bisa dimunculkan dan juga dihilangkan atau disembunyikan. Jadi Apabila membutuhkan bisa muncul kembali dan apabila tidak membutuhkan bisa disembunyikan untuk memperlebar halaman pada komputer untuk penyuntingan.