19 Wisata Kuningan Terbaik 2022 dan Wajib Dikunjungi!

 

Samudranesia.id – Kuningan adalah kabupaten di Jawa Barat yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Bahkan, wisata Kuningan lebih banyak menawarkan alam yang memikat seperti dataran tinggi, camping ground, hingga wisata tematik lainnya.

Saking banyaknya wisata yang berhubungan dengan alam, satu minggu melakukan penjelajahan saja tidak akan cukup. Itulah kenapa dianjurkan untuk menyimak pembahasan di bawah ini agar memiliki gambaran tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuningan

Pelesir ke Kuningan tidak akan cukup dilakukan dalam waktu satu hari saja. Ada banyak tempat yang harus dijelajahi agar perjalanan di Kuningan tidak membosankan. Cek salah satu dari daftar ini untuk acuan sebelum meluncur ke sana.

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional gunung Ciremai merupakan tempat wisata yang sangat dilindungi sehingga ketika masuk ke dalamnya memang harus berhati-hati. Tidak akan ada biaya untuk masuk tetapi harus menjaga kondisi yang ada di sekitar.

Biasanya tempat wisata Kuningan ini digunakan untuk menikmati keindahan dari alam yang masih sangat alami dan terjaga. Tetapi juga sering digunakan juga untuk tempat atau lokasi perkemahan. Namun pastikan untuk melakukan izin terlebih dahulu.

Karena ini merupakan taman nasional kemungkinan besar akan masih mudah ditemukan hewan liar yang ada di sana. Jadi ketika melakukan penjelajahan disarankan untuk selalu berhati-hati.

Lokasi Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  01.00-20.00 WIB
Tiket Masuk Gratis

2. Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu

Desa wisata merupakan salah satu hal yang cukup lumrah dan mudah ditemukan di kawasan Kuningan. Tempat wisata Kuningan ini menawarkan banyak sekali potensi seperti keindahan aktivitas tradisional yang dilakukan oleh warga.

Selain itu juga bisa menikmati berbagai jenis kuliner tradisional yang dijual oleh warga sekitar. Tempat ini cocok sekali untuk mereka yang ingin sekedar hilang dari kepenatan atau menjauh dari kebisingan yang ada di kota besar.

Lokasi Jalan Cibuntu, Seda, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 16.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp5.000 per orang

3. Curug Landung

Curug Landung

Wisata Kuningan jenisnya ada banyak namun sebagian besar merupakan Curug ataupun air terjun yang ukurannya tidak terlalu besar. Salah satu jenis Curug yang cukup terkenal adalah Curug Landung yang saat ini sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar.

Curug ini terlihat sangat indah dan di bagian bawahnya juga mengalir sungai yang bisa digunakan untuk tempat bermain air. Untuk bisa datang ke sini memang disarankan pagi hingga siang hari untuk menghindari kesulitan trekking.

Lokasi Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  07.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp10.000 per orang

4. Curug Kahuripan

Curug Kahuripan

Sudah menjadi rahasia umum jika kawasan wisata Kuningan dipenuhi dengan berbagai air terjun yang sangat menarik. Terlebih kawasan ini juga terdapat banyak sekali pegunungan dan juga bukit yang sangat indah.

Curug Kahuripan adalah satu dari beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di sana. Lokasi ini cukup mudah untuk dijangkau. Meski demikian di bagian sekelilingnya masih sangat alami sehingga cocok untuk tempat berburu foto.

5. Paralayang dan Paragliding Warujimun Citangtu

Paralayang dan Paragliding Warujimun Citangtu

Ada dua aktivitas yang bisa dilakukan di sini yaitu pertama adalah menikmati keindahan alam dari ketinggian. Bagian persawahan yang ada di bawah atau pusat kota yang berada di kejauhan akan terlihat dengan sangat jelas.

Aktivitas kedua yang bisa dilakukan di sini adalah melakukan paralayang ataupun paragliding. Jadi bisa menikmati keindahan alam yang ada di bawah dengan menggunakan alat khusus bersama dengan ahlinya.

Biasanya apabila ingin bermain ini tidak akan dilepas sendiri karena akan ada pemainnya. Jadi wisata ini cocok sekali untuk mereka yang ingin menguras adrenalin yang mereka miliki.

Lokasi Jalan Cileuweung, Citangtu, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk Gratis untuk masuk, kecuali ikut menggunakan alat untuk terbang

6. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan

Beberapa curug mungkin tidak dikelola dengan baik atau belum dikembangkan oleh warga sekitar ataupun pemerintah setempat. Namun, curug ini biasanya sudah dikembangkan dengan sangat baik. Jadi fasilitas yang ada di sekelilingnya sudah sempurna.

Curug ini menawarkan keindahan alam yang sangat hebat. Selain suasana yang masih sangat alami air dari curug ini juga sangat dingin dan segar. Jadi bisa digunakan juga untuk bermain air sembari melakukan relaksasi.

Lokasi Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp10.000 per orang

7. Telaga Remis

Telaga Remis

Wisata Kuningan ini berupa telaga ataupun danau yang ukurannya tidak terlalu besar. Masih demikian keindahan alamnya dan di sekitarnya tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk melakukan healing.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari memancing atau melakukan aktivitas lainnya seperti piknik di bagian pinggiran serta berburu banyak sekali stok foto.

Lokasi Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  09.00 – 16.00 WIB
Tiket Masuk Mulai Rp10.000 per orang

8. Telaga Surian

Telaga Surian

Satu lagi tempat wisata Kuningan yang menyajikan kolam besar dengan pemandangan yang sangat indah. Telaga Suryani merupakan salah satu tempat terbaik untuk mereka yang suka sekali bersantai seperti sekedar memancing atau duduk-duduk saja.

Dengan suasana yang sangat tenang tempat wisata ini akan memberikan banyak sekali kenyamanan. Bahkan bisa berlama-lama berada di sini mulai dari pagi hari hingga sore hari.

Kawasan ini kemungkinan besar tidak akan ada orang yang berjualan di sekelilingnya. Jadi apabila ingin di sini dalam jangka waktu yang cukup lama disarankan untuk membawa makanan.

Lokasi Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Mulai dari Rp15.000 per orang

9. Waduk Darma

Waduk Darma

Waduk darma sering digunakan sebagai lokasi untuk bersantai seperti memancing atau sekedar duduk di pinggiran sambil menikmati angin yang semilir. Tetapi bisa juga digunakan untuk tempat penjelajahan sambil naik perahu.

Tempat wisata Kuningan terbaru ini cocok sekali dikunjungi saat akhir pekan atau saat hari libur karena biasanya akan sangat ramai. Jadi usahakan untuk tidak datang pada hari biasa karena biasanya tidak akan ada apa-apa di sini dan sulit untuk menyewa perahu.

10. Wisata Alam Cadas Gantung

Wisata Alam Cadas Gantung

Tempat wisata ini memang berupa batuan cadas yang tersusun di beberapa tempat. Selain itu konturnya juga cukup naik dan turun sehingga untuk bisa berada di kawasan ini sedikit membutuhkan trekking dari bawah ke atas.

Meski demikian tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini menawarkan banyak sekali hal yang menarik. Salah satunya adalah banyak sekali tempat untuk berfoto. Selain itu juga terdapat beberapa warung apabila ingin berwisata kuliner.

Lokasi Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Jam Operasional  09.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp10.000 per orang

11. Curug Payung

Curug Payung

Tempat ini dinamai Curug Payung karena bentuknya yang mirip sekali dengan payung. Air akan mengalir dari atas hingga membentuk suatu pola khusus yang sangat menarik. Meski ukurannya tidak terlalu besar tetapi sangat indah untuk dinikmati.

Apabila ingin menikmati tempat wisata yang sangat alami. Disarankan untuk datang ke sini dan menikmati keaslian yang masih terjaga dengan baik. Apalagi tempat wisata ini memang benar-benar ditujukan untuk healing.

Lokasi Gunung Manik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp10.000 per orang

12. Telaga Biru

Telaga Biru

Telaga Biru menjadi tempat wisata Kuningan terbaru 2022 yang paling banyak dicari saat ini. Alasan orang datang ke sini adalah menikmati alam yang masih sangat terjaga dengan baik. Selain itu juga menikmati udara segar dan air yang biru.

Salah satu wahana yang cukup banyak dicari di sini adalah ayunan. Terdapat ayunan yang berada di pinggiran kolam sehingga sering sekali digunakan sebagai lokasi berfoto dengan latar belakang air yang dipenuhi dengan ikan.

Biasanya tempat ini sangat ramai sehingga disarankan untuk datang pada hari biasa saja. Jika tidak kemungkinan besar akan sulit mendapatkan foto yang bagus karena harus antri dan bergantian.

Lokasi Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  07.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp10.000 per orang

13. Bukit Panembongan

Bukit Panembongan

Secara umum tempat ini merupakan kawasan perbukitan dengan pemandangan alam yang sangat sempurna. Namun oleh warga lokal dikelola dengan baik dan ditambahkan beberapa jembatan kayu yang mengarah ke beberapa pohon besar di bagian ujung.

Akhirnya tempat ini digunakan sebagai lokasi untuk berfoto-foto. Pengunjung yang masuk bisa langsung menjelajahi kawasan jembatan kayu dan ketika berada di ujung bisa mengambil foto dengan pemandangan yang sangat sempurna.

Saat terbaik untuk datang ke sini adalah ketika pagi hari ketika cahaya matahari belum terlalu terik. Jadi bisa menikmati keindahan alam tanpa terasa sangat menyengat pada kulit.

Lokasi Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  07.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Mulai dari Rp10.000 per orang

14. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh

Keindahan dari curug Ciseoh ini tidak perlu diragukan lagi karena menghadirkan suasana yang sangat nyaman. Apalagi lokasinya memang sedikit sulit untuk dijangkau sehingga masih terawat dengan rapi dan tidak ada yang rusak.

Saat terbaik untuk datang ke sini adalah ketika pagi hari atau menjelang siang. Karena lokasinya menuju ke kawasan gunung biasanya ketika sudah siang atau menjelang sore seseorang akan langsung diminta untuk pulang.

15. Sukageuri View

Sukageuri View

Tempat wisata Kuningan sebenarnya merupakan perbukitan yang sangat luas lalu di bagian atasnya ditambahkan beberapa wahana untuk berfoto. Selain itu juga dibangun beberapa fasilitas lain seperti toilet dan juga tempat untuk makan.

Tempat ini cocok sekali untuk menikmati keindahan alam sekaligus bersantai. Jadi memang selalu ramai saat akhir pekan atau hari libur tiba. Apalagi tempat ini memang selalu buka selama 24 jam.

Lokasi Jalan Raya Cisantana, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional  24 Jam
Tiket Masuk Mulai dari Rp5.000 per orang

16. Bumi Perkemahan Palutungan

Bumi Perkemahan Palutungan

Berkemah di sini cukup menarik karena lokasinya cukup luas dengan suasana yang masih sangat alami. Jadi cocok sekali untuk siapapun yang ingin menikmati akhir pekan dengan cara yang sedikit berbeda.

Meski merupakan bumi perkemahan beberapa fasilitas yang ada di sini cukup lengkap. Jadi bisa digunakan sebagai alternatif untuk melakukan proses penjelajahan.

Lokasi Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional 24 Jam
Tiket Masuk Sekitar Rp15.000 per orang, belum termasuk parkir

17. Bukit Lambosir

Bukit Lambosir

Kawasan perbukitan ini memperlihatkan pegunungan yang tidak terlalu tinggi di bagian belakang dan beberapa kawasan lembah. Jadi sangat cocok sekali untuk mereka yang ingin melakukan pelesir santai sekaligus mendaki.

Tempat ini tidak akan memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga disarankan untuk membawa makanan atau perlengkapan lain. Meski demikian kawasan sekitarnya juga sangat indah sehingga cocok sekali untuk berfoto-foto.

Apabila ingin datang ke sini disarankan untuk datang ketika akhir pekan karena akan terasa suasananya. Kawasan ini menjadi sedikit ramai sehingga risiko untuk mengalami tindak kejahatan juga kecil.

Lokasi Setianegara, Cilimus, Randobawagirang, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional 24 Jam
Tiket Masuk Sekitar Rp15.000 per orang, belum termasuk parkir

18. Persawahan Kadugede

Persawahan Kadugede

Sebenarnya tempat wisata Kuningan ini memang bukan benar-benar dibuat sebagai destinasi. Ini merupakan kawasan persawahan yang sangat panjang sehingga bisa dilewati kapanpun kamu mau.

Masih hanya dalam bentuk persawahan yang sangat panjang kualitas ataupun visual yang ada di sana sangat menarik. Tidak mengherankan jika seseorang bisa menikmati keindahan alam saat berhenti atau sekedar piknik santai di pinggirannya.

Lokasi Kaduela, Persawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional 24 Jam (direkomendasikan pagi hingga sore)
Tiket Masuk Gratis

19. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang

Cilengkrang memiliki potensi wisata yang sangat besar salah satunya adalah lembah yang berisi banyak sekali spot menarik. Di tempat ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari bermain di air terjun hingga menyusuri sungai.

Selain itu kamu juga bisa datang ke sini untuk menikmati pemandian air panas alami yang sudah dikelola oleh warga sekitar. Air panas yang keluar dari gunung ditempatkan pada kolam-kolam sehingga bisa langsung dipakai untuk mandi.

Tempat ini cocok sekali untuk melakukan relaksasi ataupun untuk pengobatan beberapa penyakit kulit. Itulah kenapa mas ke lokasinya sedikit terpencil wisata ini selalu dikunjungi oleh banyak orang.

Lokasi Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Jam Operasional 24 Jam
Tiket Masuk Sekitar Rp10.000 per orang, belum termasuk parkir

Wisata  Kuningan jumlahnya ada cukup banyak dan hampir semua adalah wisata alam yang sangat memikat. Jadi, mengunjungi salah satunya saja akan sangat kurang. Itulah kenapa rencanakan perjalanan dengan baik agar beberapa tempat unggulan bisa dikunjungi semuanya.