20 Wisata Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi untuk Healing

 

Samudranesia.id – Jawa Barat merupakan provinsi yang letaknya berada dekat dengan dua provinsi besar yaitu DKI Jakarta dan  Banten. Ada banyak wisata Jawa Barat yang sangat recommended untuk dikunjungi, terutama di Bogor dan Bandung.

Wilayah Jawa Barat sendiri begitu luas, terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota. Adapun suku utama di Jawa Barat sendiri adalah Sunda, Cirebon serta perpaduan Melayu-Betawi. Jawa Barat juga memiliki bentang alam yang menakjubkan, mulai dari pegunungan hingga pantai. Penasaran ada wisata apa saja di sini?

Destinasi Wisata Jawa Barat yang Populer

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Ke Jawa Barat jangan lupa untuk pergi ke Kebun Raya Bogor yang luasnya kurang lebih ada 87 hektar. Kebun Raya ini memiliki koleksi sekitar 15.000 jenis tumbuhan. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung dan sering menjadi tujuan utama adalah bunga langka Raflesia Arnoldi.

Jika Anda datang di saat yang tepat, maka bisa saja Anda melihat bunga itu sedang mekar. Berpiknik di Kebun Raya Bogor di bawah pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun tentu menyenangkan.

Anda juga bisa melihat Istana Bogor yang megah dimana halamannya dipenuhi dengan rusa yang dibiarkan hidup bebas. Kebun Raya Bogor terletak di Jalan Haji Djuanda, Kota Bogor dan biaya masuknya sekitar Rp 14.000 untuk wisatawan domestik

2. Hutan Raya Djuanda

Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda memiliki luas sekitar 590 hektar dan merupakan kawasan konservasi. Taman ini pun juga berfungsi sebagai kawasan wisata alam dan penelitian. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Taman Hutan Raya Djuanda.

Ya, baik Anda maupun pengunjung bisa jogging, melihat kera yang berlarian, memberi makan rusa di penangkaran, menjelajahi gua-gua peninggalan tentara Jepang dan Belanda, mengagumi keindahan Air Terjun Curug Omas, menikmati pemandangan, atau bersantai di tempat tidur gantung.

Taman Hutan Raya Djuanda sendiri berlokasi di Dago Pakar, Kota Bandung dengan harga tiket masuk hanya Rp 12.000 saja.

3. Taman Begonia

Taman Begonia

Wisata Jawa Barat 2022 selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Begonia yang dikenal memiliki berbagai macam bunga indah dan tertata rapi. Beberapa koleksinya adalah begonia, bunga celosia, bunga kosmos, geranium, melampodium, salvia, vinca, petunia, dan masih banyak lagi.

Selain bunga, ada juga sayuran dan buah-buahan yang ditanam di Begonia Garden seperti brokoli, terong, labu kuning, cabai rawit, tomat, jeruk, dan jagung. Anda diperbolehkan membeli sayuran dan buah-buahan ini sebagai oleh-oleh.

Taman Begonia bisa Anda temukan di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung dengan harga tiket masuknya Rp 10.000 saja.

4. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

 

Geopark Ciletuh adalah tempat wisata yang sangat lengkap sebab di sini Anda bisa menemukan semuanya seperti gunung, hutan, air terjun, sawah, pantai dan masih banyak lagi.

UNESCO baru-baru ini mengumumkan Geopark Ciletuh di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, sebagai salah satu Geopark New Global.

Jika Anda pecinta air terjun, Geopark Ciletuh adalah tempat yang tepat karena Anda dapat melihat banyak air terjun yang indah dengan karakteristik yang berbeda. Tempat-tempat tersebut sangat instagramable sehingga Anda bisa mengambil banyak foto cantik di setiap spotnya.

BACA JUGA  20 Tempat Wisata Majalengka yang Hits dan Rekomen Untuk Dikunjungi!

5. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Wisata Jawa Barat satu ini berada di pesisir Samudra Hindia atau selatannya Jawa Barat. Lokasi wisata berada di sekitar 60 km ke arah selatan dari kota Sukabumi.

Di Pelabuhan Ratu Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai menikmati alam. Namun jika Anda suka berselancar ada juga tempat khusus untuk bermain. Di sekitar Pelabuhan Ratu, setidaknya ada sembilan titik lokasi untuk surfing.

Mulai dari Pantai Samudra, Batu Guram, Sunset Beach hingga Ujung Genteng. Setiap pantai memiliki ombak dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Selain keindahan alam dan area Surfing, Pantai Pelabuhan Ratu juga populer untuk ritual pesta laut. Dalam ritual ini, masyarakat adat membuang kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga

Selanjutnya, ada wisata Jawa Barat yang berlokasi di Purwakarta, namanya Taman Air Mancur Sri Baduga. Destinasi satu ini menjadi objek wisata favorit warga karena di pagi hari, taman sering digunakan untuk berolahraga.

Sementara jika sore hari, pancaran lampu yang menghiasi air mancur akan menjadi hiburan yang luar biasa. Pertunjukan dancing fountain yang diadakan setiap Sabtu malam tak kalah memukau dengan yang ada di luar negeri.

Selain menikmati keindahan air mancur, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner. Di dekat Taman Air Mancur Sri Baduga banyak terdapat warung dan makanan tradisional lainnya. Taman Air Mancur Sri Baduga terletak di Situ Buleud, Kabupaten Purwakarta dan gratis untuk masuk.

7. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di lereng Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Pada awalnya, Kebun Raya Cibodas didirikan untuk meneliti pohon Kina di Indonesia. Kini selain meneliti tumbuhan, wisata satu ini juga menjadi kawasan konservasi dan wisata alam.

Di sini, Anda bisa menimba ilmu dengan mempelajari beragam koleksi tumbuhan, melihat bunga sakura bermekaran jika datang di waktu yang tepat, menikmati udara segar dan sejuk, mengagumi keindahan kolam air mancur, atau bermain air di Curug Ciismun.

Penasaran dengan keindahan dari Kebun Raya Cibodas? Datang saja ke Desa Cimacan, Pacet, Kabupaten Cianjur.

8. Ranggon Hills

Ranggon Hills

Ranggon Hills terletak di kaki Gunung Salak dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Keindahan dari Ranggon Hills ini semakin sempurna karena dipadukan dengan berbagai fasilitas foto yang dibuat di sini.

Bisa dibilang Ranggon Hills adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang Instagramable. Jika Anda ingin bermalam di Bukit Ranggon, pengelola juga memiliki camping ground dan Anda dapat menyewa tenda.

Anda bisa tidur nyenyak sambil menyaksikan keindahan wisata Bukit Ranggon. Adapun lokasi Ranggon Hills sendiri ada di Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

9. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Di kota Ciater, utara Bandung, Jawa Barat ada sebuah pemandian air panas yang sangat menarik dikunjungi.

Pemandian Air Panas Ciater ini berasal dari sumbernya langsung atau dari gunung berapi Tangkuban Perahu di dekatnya.

Sejumlah resor dan spa menyalurkan mata air panas ini ke kolam pemandian alami. Di Pemandian Air Panas Ciater ini ada beberapa resor yang semuanya menawarkan tiket masuk bagi tamu yang ingin menghabiskan hari dengan bersantai.

10. Air Terjun Curug Cimahi

Air Terjun Curug Cimahi

Wisata Jawa Barat selanjutnya yang tidak kalah menarik dikunjungi adalah Air Terjun Curug Cimahi yang terletak di ketinggian 1.050 mdpl. Air terjun ini berasal dari Sungai Cimahi, sehingga dinamakan dengan Curug Cimahi.

Dari tempat parkir Anda harus menuruni 687 anak tangga untuk mencapai lokasi air terjun. Tapi tenang saja, jika lelah, di beberapa titik ada perhentian bagi Anda yang ingin beristirahat. Anda bisa memulihkan tenaga sambil menikmati keindahan panorama.

BACA JUGA  14 Wisata Bandung Lembang Terbaik dan Terbaru 2022

Kadang-kadang ada monyet yang melompat-lompat di antara pepohonan. Sementara jika malam hari Air Terjun Curug Cimahi akan berwarna warni seperti pelangi. Air Terjun Curug Cimahi sendiri terletak di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua, Bandung Barat.

11. Pemandian Air Panas Sari Ater

Pemandian Air Panas Sari Ater

Terletak  di lereng Gunung Tangkuban Perahu, Pemandian Air Panas Sari Ater memiliki sumber mata air panas yang langsung berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Anda bisa memilih untuk berendam di kolam alami atau di kolam buatan.

Selain itu, Pemandian Air Panas Sari Ater juga sudah dilengkapi dengan wahana hiburan seperti kolam terapi ikan, gokart, ATV, sepeda air, flying fox, air terjun mini dan taman bermain anak. Pemandian Air Panas Sari Ater terletak di Desa Sari Ater, Ciater, Kabupaten Subang.

Harga tiket masuknya Rp 28.000 sementara jika ingin berendam di kolam, maka akan dikenakan biaya lagi. Harganya bervariasi tergantung jenis kolamnya.

12. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang diambil dari bahasa Sunda. Danau satu ini lokasinya dekat dengan Kawah Putih.

Air di Situ Patenggang jernih karena tidak bercampur dengan belerang dan di danau ini juga Anda dapat menikmati keindahan alam, perkebunan teh dan Anda dapat mencoba kuliner lokal di sekitar danau.

Kalau Anda ingin sejenak refresh dan mencari ketenangan alam, maka Situ Patenggang ini adalah tempat yang cocok. Lokasi wisata ini ada di Desa Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

13. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua dibangun pada tahun 1980 dan di sini Anda dapat melihat hewan-hewan seperti kuda nil, rusa, zebra, jerapah, beruang, singa dan harimau. Anda bahkan bisa memberi makan hewan herbivora seperti rusa, zebra, dan kijang.

Kalau tertarik, Anda dapat membeli wortel dan sayuran dari penduduk setempat untuk memberi makan mereka.

Selain itu, Anda juga jangan melewatkan atraksi hewan yang seru dan lucu dimainkan oleh anjing laut, lumba-lumba, elang, dan harimau.Taman Safari Cisarua sendiri berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bogor.

14. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Wisata Jawa Barat satu ini sangat terkenal karena merupakan theme park yang menawarkan suasana tradisional Eropa. Di sini Anda bisa melihat bangunan bergaya Eropa, taman bunga Eropa, air mancur bergaya klasik, dan jembatan cinta untuk memasang gembok cinta.

Anda juga bisa menyewa kostum tradisional Belanda lalu berfoto dengan kostum tersebut. Uniknya, Farmhouse Lembang juga membangun Hobbiton Village, kampung tempat para hobbit tinggal, persis seperti yang ada di film-film.

Farmhouse Lembang terletak di Jalan Lembang, Lembang, Kabupaten Bandung. . Harga tiket masuknya Rp 20.000. Jam buka adalah 8 pagi – 9 malam.

15. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata satu ini masih merupakan gunung aktif dengan ketinggian 2.084 mdpl. Letusannya membentuk kawah yang kini menjadi objek wisata. Kawah ini masih menghasilkan uap belerang.

Salah satu kawahnya yaitu Kawah Domas memiliki sumber mata air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri terletak di Desa Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp 20.000.

16.  Curug Cikaso

Curug Cikaso

Wisata Jawa Barat bernama Curug Cikaso ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki keindahan yang masih alami. Adapun hal yang menarik dari curug ini adalah, untuk menuju ke lokasi, Anda bisa memilih jalan kaki atau naik perahu menyusuri Sungai Cikaso.

Adapun biaya sewa perahu sendiri adalah Rp 120.000 namun akan lebih murah jika Anda berbagi biaya dengan teman.

BACA JUGA  20+ Destinasi Wisata Bogor Terbaik dan Terbaru 2022, Wajib Tahu!

Setibanya di Air Terjun Curug Cikaso Anda bisa berenang untuk merasakan kesegaran airnya. Jika hanya ingin berendam, warga sekitar menyediakan persewaan ban.

Air Terjun Curug Cikaso terletak di Desa Cibitung, kelurahan Surade, Kabupaten Sukabumi dan harga tiket masuknya sendiri amatlah murah, yaitu Rp 3.000 saja.

17. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Memiliki pasir lembut yang menakjubkan dengan ombak besar khas pantai selatan, Pantai Ujung Selatan ini jangan sampai Anda lewatkan. Suasana yang damai dan tentram membuat Anda merasa bahwa pantai ini seperti wisata pribadi.

Jika Anda ingin melihat keindahan pantai yang masih alami, Pantai Ujung Genteng adalah jawabannya. Hanya saja untuk datang ke wisata ini, Anda membutuhkan tenaga ekstra. Sebagian besar jalan menuju lokasi pantai masih off-road.

Namun minimnya penunjuk arah bisa diatasi dengan bertanya kepada warga sekitar. Semua usaha Anda selama perjalanan tidak akan sia-sia. Keindahan Pantai Ujung Genteng sungguh menakjubkan dan lokasinya terletak di Desa Gunung Batu, Ciracap, Sukabumi.

18. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan objek wisata andalan dari Jawa Barat. Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahannya saja, namun juga bisa berenang, bermain banana boat dan jet ski, snorkeling, menyewa perahu untuk berkeliling pantai, hingga menikmati sunset dan sunrise.

Di sekitar pantai terdapat restoran yang menawarkan menu seafood dan masakan sunda. Pantai Pangandaran juga sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya acara-acara besar seperti festival layang-layang internasional dan perayaan laut tradisional.

Pantai Pangandaran sendiri berlokasi di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran dengan tiket masuk Rp 10.000 per orangnya.

19. Green Canyon

Green Canyon

Tempat wisata Jawa Barat satu ini tidak kalah menariknya dari Pantai Pangandaran dan merupakan objek petualangan yang sayang untuk dilewatkan. Green Canyon adalah julukan yang diberikan untuk sungai hijau yang mengalir di antara tebing berbatu.

Anda bisa menikmati keindahan Green Canyon dengan menyewa perahu berkapasitas 5 orang (biaya Rp 200.000) atau dengan body rafting, yaitu hanyut di sepanjang aliran sungai dengan hanya mengenakan jaket pelampung.

Jika ingin mencoba body rafting, makanya bervariasi mulai dari Rp 185.000 hingga Rp 250.000 per orang dengan minimal 5 peserta. Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran. Biaya masuk sudah termasuk dalam biaya sewa perahu

20. Curug Nangka

Curug Nangka

Curug Nangka berada di lereng Gunung Salak dan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Bogor. Air terjun ini berada di ketinggian 750 mdpl. Di sini Anda bisa merasakan hawa sejuk dan melihat indahnya hutan pinus.

Dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Selain Curug Nangka yang terkenal, di kawasan ini juga terdapat Curug Daun dan Curug Kawung. Jika Anda punya waktu, Anda bisa mengunjungi ketiganya.

Air Terjun Curug Nangka sendiri terletak di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor. Harga tiket masuknya sangatlah murah, yakni Rp 7.500.

21. Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas awalnya adalah milik pemerintah Belanda. Setelah merdeka, perkebunan diambil alih oleh pemerintah Indonesia.

Teh hitam merupakan produk unggulan dari Perkebunan Teh Gunung Mas yang dijual dengan merek Teh Hitam Walini.

Selain mengagumi pemandangan yang indah dan menghirup udara segar, Anda dapat bersantai di cafe yang terletak di tengah perkebunan teh sambil menikmati teh hitam ditemani pisang goreng dan tahu goreng. Perkebunan Teh Gunung Mas terletak di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kalau Anda sedang berada di Jawa Barat, pantai Pangandaran, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bogor, Pantai Ujung Genteng dan daftar wisata Jawa Barat lainnya yang ada di atas bisa menjadi daftar yang perlu dikunjungi.