Contoh Teks Mc Sholat Idul Adha Singkat dan Lengkap Terbaru 2022

 

Samudranesia.id – Diulasan ini kami berikan beberapa Contoh Teks Mc Sholat Idul Adha Singkat dan Lengkap Terbaru 2022 singkat dan lengkap. Untuk itu buat kalian orang sunda bisa membaca artikel ini hingga selesai, karena ada contoh MC Idul Adha Bahasa Sunda.

Sholat Idul Adha merupakan salah satu ibadah yan telah disunahkan oleh Rosululloh SAW, yang mana biasanya dilakukan oleh setiap umat islam pada 10 Dzulhijjah, Selain itu tentunya akan diperlukan pembawa acara atau MC agar memandu pelaksanaan sholat Idul Adha secara tertib.

Setiap MC atau pembawa acara akan membutuhkan sebuah Teks MC Sholat Idul Adha, dan sebuah susunan agar bisa memberitahu semua orang tata cara sholat Idul Adha.

Nah namun apabila anda dipilih menjadi seorang MC atau pembawa acara, dan belum pernah menjadi MC atau pembawa acara sholat Idul Adha, bahkan belum sepat menemukan sebuah Teks yang ingin dibawakannya.

Kalian tidak perlu kawatir didalam artikel samduranesia.id ini kami telah menyediakan Teks MC sholat Idul Adha dengan dua bahasa. Bagaimana keren bukan? Anda tinggal memilihnya saja dibawah ini, Teks mana yang ingin anda pilih bahasa sunda atau bahasa indonesia.

Kumpulan Teks Mc Idul Adha Bahasa Indonesia dan Sunda

Kumpulan Teks Mc Idul Adha Bahasa Indonesia dan Sunda 

Seperti yang mana telah saya bahas, bahwa didalam artikel ini saya telah mendiakan berbagai Teks Mc Idul Adha untuk anda gunakan, baik itu bahasa indonesia dan bahasa sunda. Jadi ketika anda ingin belajar silahkan anda bisa memilih salah satu dari kedua bahasa tersebut dan lalu, menyalin Teks MCnya dibawah ini.

Contoh Pertama Menggunakan Bahasa Indonesia

Contoh Pertama Menggunakan B.Indo

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama, marilah ucapkan kalimat tahmid, Alhamdulillah, sebagai bukti bahwa kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga pada hari kemenangan ini kita semua bisa berkumpul di masjid yang kita cintai ini dalam keadaan sehat wal-afiat.

BACA JUGA  Teks Khutbah Jumat Minggu Pertama Ramadhan 1443H Terbaru 2022

Shalawat berbingkaikan salam tiada lupa kita curah dan sanjungkan kepada Nabiyullah kekasih Allah, sayyidina wa maulana Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan syafa’at beliau di Hari Kiamat nanti.

Yang sayaa hormat, Bapak Kepala Desa (…….) Beserta Perangkatnya
Yang saya hormat, Bapak Ketua BMA Desa (……..) Beserta Perangkatnya
Yang saya hormat dan mulyakan Imam Masjid (……..) Desa (……..) Beserta Perangkatnya
Serta jamaah Sholat Idul Adha yang insya Allah dirahmati oleh Allah SWT;

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Ada beberapa hal yang kiranya perlu kami sampaikan menjelang pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha. Namun sebelum itu, diharapkan kepada para jamaah yang masih berada di luar masjid untuk segera memasuki masjid dan mengisi shaf bagian terdepan terlebih dahulu.

Dan diharapkan kepada segenap warga yang masih berada di rumah untuk bergegas mendatangi masjid karena pelaksanaan Sholat Idul Qurban akan segera dimulai. Adapun waktu pelaksanaan Sholat Idul Adha akan dimulai pukul 07.30 WIB.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya selaku pembawa acara untuk menyampaikan susunan kegiatan kita pada hari ini, 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

  1. Pembukaan
  2. Laporan Ketua Panitia Kurban Masjid (……..)
  3. Sambutan Kepala Desa (…..)
  4. Pelaksanaan Sholat Idul Adha Berjamaah berserta Khutbah (…….)
  5. Penutup

Marilah kita masuki acara pertama yaitu pembukaan. Supaya mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmallah. Bismillahirrohmaanirohiim.

Kita beranjak menuju acara kedua yaitu laporan ketua panitia kurban masjid desa (…..) yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak(……) Kepadanya disilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Kita masuki acara ketiga yaitu sambutan yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Kepala Desa(….) Kepada Yth Bapak(……) disilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha yang berbahagia;

Kita masuki acara inti yaitu pelaksanaan Sholat Idul Adha. Adapun yang bertindak sebagai Imam adalah  (……) dilanjutkan dengan penyampaian khutbah Idul Adha oleh Ustadz(…..) serta bilalnya yaitu Bapak/Saudara(…..)

Terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha berjamaah yaitu sebanyak 2 rakaat. Jumlah takbir pada rakaat pertama adalah sebanyak 7x, dan takbir pada rakaat kedua sebanyak 5 kali.

BACA JUGA  Contoh Teks MC Bahasa Sunda Pendek Singkat Terbaru 2022 (Lengkap)

Adapun bacaan yang dianjurkan di antara takbir yaitu “Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.”

Kepada jamaah masjid, setelah melaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah sangat dianjurkan untuk tetap mendengarkan Khutbah Idul Adha dengan tertib dan tenang. Baiklah, kepada yang bertugas, dipersilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Alhamdulillah, kegiatan Sholat Idul Adha sudah selesai kita laksanakan, dan tibalah kita di acara penutup. Setelah kegiatan ini ditutup, para jamaah sekalian dipersilakan untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan kurban.

Sebagai informasi, kegiatan penyembelihan hewan kurban di masjid (…..) hari ini akan dimulai pukul 10.00 WIB. Marilah kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca hamdallah. Alhamdulillahirobbil’alamin.

Saya selaku pembawa acara memohon maaf atas segala khilaf dan salah, dan kepada Allah marilah bersama-sama kita memohon ampun. Taqoballahu minna wa minkum, taqobbal ya Kariim.

Akhirul kalam;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh Kedua Menggunakan Bahasa Sunda

Contoh Kedua Menggunakan B.Sunda

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Jamaah sholat Idul Adha anu dimulyakeun ku Allah SWT. 

Puji sinareng sukur urang panjatkeun ka hadirat Allah SWT, margi ku rahmat-Na urang masih dipasihan kasehatan sareng iman pikeun ibadah dina dinten Idul Adha ieu. Dina kaping 10 Dzulhijjah 1443 H, umat Islam ngadawuh takbir jeung ngalaksanakeun solat sunat Idul Adha berjamaah di masjid. 

Sholawat sinareng salam mugia salamina dicurahkeun ka jungjunan urang sadaya Nabi Muhammad SAW, mugia urang sadaya kenging syafaat ka jungjunan alam Nabi Muhammad SAW. ngitung amal-amal urang dina poe akhir. Amin Ya Robbalalami. 

Dina enjing anu kacida mulya ieu hayu urang sami-sami ngadugikeun takbir pikeun ngahirupkeun lebaran, sareng ngalaksanakeun sholat Idul Adha dua rakaat. Sakumaha anu kaunggel dina riwayat Abi Syaibah nétélakeun yén “Nabi shallallahualaihi wa sallam kaluar ti imah ka sawah tuluy takbir nepi ka anjog ka sawah. 

Manéhna terus takbir nepi ka réngsé solat. Réngsé solat, manéhna ngeureunkeun Takbir.” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah dina Al Mushannaf 5621). 

Para jamaah sholat Idul Adha anu sederhana tur diberkahan ku Allah SWT. Ngadegna di dieu mah taya lian ti tugas maca karangan Patugas Sholat Idul Adha taun 1443 H di Masjid.  Di handap ieu susunan patugas shalat sunnah Idul Adha taun 1443 H, di Masjid.

  1. Bilal :(…………) 
  2. Imam :(……..) 
  3. Wacana :(……..) 
  4. Petugas Pengambil Kas Amal: (………) 
    a. (……..) 
    b. (…….) 
    c. (…….) 
BACA JUGA  Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih dan Witir Sesuai Sunnah Lengkap

Sakitu anu didugikeun kana pancén anu ngagaduhan kasempetan pikeun mingpin urang sadaya dina ngalaksanakeun sholat Idul Adha 1443 H waktos ieu. Samentawis sateuacan ngalaksanakeun sholat Idul Adha, urang kedah ngingetkeun deui yén tata cara ngalaksanakeun sholat Idul Adha sami sareng sholat umumna. 
 
Niat ngado’a Idul Adha cukup ku ngucap dina jero haté, anu pangutamana mah dimaksad samata-mata karana ibadah ka Alloh SWT kalayan saikhlas-ikhlas haté miharep ridho-Na. Wilujeng Sholat Idul Adha 
 
Langkung sae sateuacan sholat Idul Adha, hayu urang sami-sami maos surat Al-Fatihah mugi-mugi ibadah sholat Idul Adha anu dilaksanakeun tiasa lancar sareng barokah.  Teu hilap ngado’a ka dulur-dulur urang Islam, para jamaah khususna anu nuju ngalaksanakeun ibadah haji. 
 
Mudah-mudahan kanggo umat Islam anu ngagaduhan kasempetan janten tamu Alloh dina taun ieu, dipasihan kalancaran sareng kasehatan dina ngalaksanakeun ibadah haji.  Ummul Kitab Al-Fatihah.

Jamaah Sholat Idul Adha Rohimakumullah. Hayu urang sami-sami ngalaksanakeun Sholat Idul Adha, kanggo para jamaah anu masih di luar, sim kuring ngajak sareung ngeusi rohangan masjid ieu.   Abdi pribados salaku panyatur nyuhunkeun dihapunteun upami aya kecap sareng basa anu lepat sareng teu nyunatan 

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Penutup

Itulah Teks Mc Idul Adha dengan menggunakan dua bahasa. Semoga kedua Teks Mc Idul Adha ini bisa membantu anda ketika dipilih menjadi MC atau pembawa acara. Dan saya minta maaf apa bila ada kata atau tulisan yang salah. Karena saya hanya apa yang saya ketahui.

Jika Teks tersebut bisa bermanfaat saya mengucakpan syukur, karena hal tersebut hanya datang dari allah, dan sebaliknya jika semua perkataan tersebut banyak yang salah itu datangnya dari diri saya sendiri, karena apa saya juga manusia, dimana manusia ini tempatnya luput dari kesalahan.