Pengertian Slogan, Jenis, Contoh dan Cara Membuat Slogan Menarik

 

Samudranesia.id – Kami disini akan menjelaskan pengertian Slogan, Jenis, Contoh, perbedaan dengan tagline, Motto dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, namun juga akan memberikan tips cara membuat slogan sekolah, kesehatan dan lainnya yang menarik.

Kita sering menjumpai berbagai jenis iklan. Entah itu iklan di televisi, di samping jalan raya, di papan pusat informasi, di media sosial dan masih banyak lagi. Iklan yang baik memilki peluang bagus untuk mempromosikan produk atau layanan suatu produk.

Untuk mencapai hasil yang maksimal sangat sulit dicapai, iklan yang ditawarkan haruslah menarik perhatian seseorang dan membuat mereka tertarik dengan produk. Hal ini tentu saja bukanlah tugas yang mudah, dengan slogan periklanan yang menarikdapat meningkatkan efektivitas periklanan secara signifikan.

Slogan yang menarik adalah slogan yang pendek dan akan terus diingat oleh para calon konsumen, contohnya saja seperti iklan aqua yang selalu terbayang – bayang nadanya di dalam pikiran kita, sehingga membuat kita sangat sulit untuk melupakan slogan aqua dan akan terus menempel di otak kita.

Akan tetapi memiliki slogan yang pendek dan mudah diingat bukan perkara yang mudah, Bagian tersulitnya adalah mengungkapkan seluruh konsep emosional hanya dalam beberapa kata, yang dilakukan slogan tersebut.

Inilah sebabnya mengapa merek yang berhasil membuat slogan yang menarik patut dibanggakan. Mereka dapat mengungkapkan proposisi nilai mereka hanya dalam satu kalimat pendek.

Oleh karena itu untuk inspirasi kamu dalam membuat slogan yang menarik pada artikel ini kami akan memberikan beberapa informasi terkait pembuatan slogan yang menarik dan mudah diingat oleh para calon pembeli.

Apa itu Slogan?

Di dalam dunia bisnis, slogan adalah frasa atau kumpulan kata yang digabungkan dengan cara khusus yang mengidentifikasi produk atau perusahaan. Dalam banyak kasus, ini adalah semacam pernyataan misi.

Orang – orang menggunakan frasa iklan yang akurat dan tepat dalam percakapan sehari – hari serta frasa tangkapan dari buku dan film, seperti peribahasa, ucapan, dan unit fraseologis. Orang-orang mengingatnya selama beberapa dekade.

Biasanya slogan diucapkan di akhir iklan, atau ditempatkan di akhir pesan atau frasa. Jadi, slogan melakukan tugas meringkas, meringkas apa yang dikatakan dan ditulis sebelumnya.

Perusahaan membutuhkan slogan untuk alasan yang sama dengan penggunaan logo untuk iklan. Logo adalah representasi visual dari merek, dan slogannya adalah suara dan teks. Kedua format tersebut dirancang untuk menarik perhatian konsumen, untuk lebih mudah dipahami dan diingat daripada nama suatu produk atau perusahaan.

Selain pendek dan ringkas, slogan juga harus tidak mudah terhapuskan ( mudah diingat ). Karena waktunya sangat singkat, jadi mereka harus menarik dan menarik sehingga orang bisa mengingatnya.

Slogannya bisa berupa humor, sajak ritmis, atau referensi ke hal lain. Slogan – slogan tersebut juga harus memiliki kualitas untuk bertahan dan bertahan selama beberapa periode waktu. Ada beberapa slogan yang menarik tapi tidak bagus. Beberapa slogan bencana yang harus dihindari untuk bisnis adalah sebagai berikut

  • ” Good Luck ” oleh Uzbek Airlines,
  •  ” Lubang Anda adalah Bisnisku ” oleh sebuah perusahaan Ban,
  •  ” Come on Our Girls ” oleh FIFA World Cup Canada 2015.

Slogan diatas merupakan slogan yang tidak baik karena mengandung citra yang buruk di mata para konsumen dan justru akan menjadi boomerang untuk bisnisnya mereka sendiri.

Oleh karena itu slogan harus menciptakan daya tarik dan mempengaruhi orang. Kamu dapat menganggap slogan sebagai semacam undangan untuk membeli beberapa penawaran. Yang saya maksud dengan penawaran adalah produk / layanan perusahaan yang dapat menguntungkan mereka.

Perbedaan Slogan dan Tagline

Slogan adalah frase menarik yang menarik perhatian pelanggan sebagai bagian dari kampanye pemasaran perusahaan. Tujuan slogan adalah membuat orang membeli produk perusahaan tertentu. Jika perusahaan menawarkan lebih dari satu produk, maka akan ada lebih banyak slogan.

Sedangkan untuk tagline tidak mengacu pada produk atau  jasa tertentu. Tagline dibuat untuk seluruh perusahaan dan merek terlepas dari merek yang ditawarkan perusahaan. Sebuah slogan bersifat permanen.

Nike, perusahaan pakaian olahraga terkemuka di dunia, menggunakan dua frasa. ” Just Do it ” dan ” There no finish line ”, pertama adalah slogan, dan kedua adalah tagline perusahaan.

Perbedaan Slogan dan Motto

Slogan adalah frasa yang menarik untuk kampanye pemasaran perusahaan untuk menarik perhatian pelanggan. Tujuannya untuk menciptakan imbauan agar mereka mau membeli produk atau jasa perusahaan.

Slogan harus menciptakan daya tarik dan mempengaruhi orang. Kamu dapat menganggap slogan sebagai semacam undangan untuk membeli beberapa penawaran. Yang saya maksud dengan penawaran adalah produk / layanan perusahaan yang dapat menguntungkan mereka.

Motto, di sisi lain, menunjukkan keyakinan dan nilai inti perusahaan yang dimilikinya sebagai merek atau institusi. Moto terdiri dari keyakinan dan cita-cita yang menunjukkan perilaku suatu kelompok tertentu secara keseluruhan.

Misalnya, negara, institusi, kota, merek memiliki semboyan khusus dan itu akan menunjukkan keyakinan dan perilaku inti mereka. Moto negara bagian Nebraska adalah ” Kesetaraan di depan hukum ” dan slogan Apple adalah ” Berpikirlah berbeda. ”

Jenis – jenis Slogan

Slogan juga mempunyai beberapa jenis yang tentunya masing – masing jenis slogan tersebut akan berbeda pula tentang pengaplikasiannya. Untuk menambah wawasan kamu seputar slogan, berikut kami jabarkan beberapa jenis slogan yang tentunya dapat menambah wawasan kamu seputar pengunaan slogan.

  • Slogan Periklanan

slogan periklanan adalah untuk memberi penekanan pada kampanye pemasaran produk / layanan tertentu, daripada menampilkan citra merek secara keseluruhan. Tujuan slogan iklan adalah untuk menciptakan hubungan antara pengalaman produk perusahaan, dan manfaat yang akan diterima pelanggan setelah menggunakannya.

Misalnya, berikut ini adalah contoh yang baik untuk membuat jembatan antara produk perusahaan dan pengalaman yang akan diterima pelanggan setelah membelinya.

” Kekuatan impian ” oleh Honda

” Fresh and Juicy ” oleh Frooti,

” Open Happiness ” oleh Coca-Cola.

  • Slogan Bisnis

Slogan bisnis adalah jenis informasional dan menekankan pada keseluruhan bisnis. Tujuan slogan bisnis adalah untuk menunjukkan nilai-nilai berbeda dari merek Anda di tempatnya.

Baik itu kesempurnaan, kecantikan, revolusi, kepercayaan, dan lain – lain, berikutini  adalah contoh merek bisnis yang menunjukkan kepercayaan diri dan pemberdayaan. sebagai contoh sebagai bahan referensi kamu membuat slogan bisnis.

” Dollar Shave club ” oleh Shave Time,

” Bir terbaik di dunia ” oleh Carlsberg,

” Finger-licking-good ” oleh KFC

” Cintai lekuk tubuh Anda ” dengan slogan Zara,

BACA JUGA  Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Contoh dan Cara Menentukannya

” Always Ready ” oleh Pantene,

  • Slogan Deskriptif

Sesuai dengan namanya, slogan deskriptif adalah apa yang bisnis kamu lakukan, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk gambar. Jika ingin membedakan merek kamu dari pesaing, maka slogan deskriptif adalah pilihan yang baik.

Jika kamu tidak ingin menyebut nama tetapi mendiskusikannya, maka slogan deskriptif akan berguna. Tetapi harus renyah, pendek, dan tepat. Jika kamu membuat slogan deskriptif, jangan membuatnya membosankan atau umum. Berikut beberapa contoh sebagai bahan referensi kamu membuat slogan yang deskriptif.

” Simpan Uang ” oleh Walmart,

” Kami tidak akan menjual anggur sebelum waktunya ” oleh Paul Masson,

” Segelas setengah dalam setiap setengah pon ” oleh Dairy Milk,

  • Slogan Persuasif

Slogan persuasif adalah ketika kamu mencoba meyakinkan pelanggan bahwa mereka harus memilih produk atau layanan yang kamu miliki. Jika berencana membuat slogan persuasif, buatlah sebagus mungkin.

Beri tahu kepada mereka mengapa merek kamu dapat dipercaya, dan dapat diandalkan. Ikutilah gaya berjualan dalam slogan persuasif. Berikut ini beberapa contoh sebagai bahan referensi kamu membuat slogan yang persuasif.

” Have it your way ” oleh Burger King,

” Istirahat, dan makan kit-kat ” oleh Kit-Kat,

” Karena Anda layak ” oleh L’Oreal,

  • Slogan Kreatif

Slogan kreatif biasanya digunakan untuk meningkatkan respons dan daya ingat pelanggan. Perusahaan menggunakan slogan kreatif untuk meningkatkan standar. Artinya, tim pemasaran harus berpikir di luar kotak.

Ini mungkin terlihat lebih mudah, tetapi sebenarnya tidak. Saat kamu membuatnya, jangan terlalu memikirkan pelanggan apakah mereka memahaminya atau tidak. Berikut ini beberapa contoh sebagai bahan referensi kamu membuat slogan yang kreatif.

” Tide’s In, Dirt’s out ” oleh Tide

” Rasanya sangat enak, kucing memintanya dengan namanya ” oleh Meow Mix

” Mungkin dia terlahir dengan itu, mungkin itu Maybelline ” oleh Maybelline

  • Slogan Emotif

Tujuan slogan emotif adalah untuk meningkatkan emosi para calonn konsumen. Akan tetapi kita membutuhkan penelitian psikologis yang hebat untuk mendukungnya. Slogan emosional lebih dari sekedar menjual produk atau jasa yang kamu miliki. Berikut ini beberapa contoh sebagai bahan referensi kamu membuat slogan yang emotif.

” Desain untuk kesenangan berkendara ” oleh BMW

” Di mana mimpi menjadi kenyataan ” oleh Disneyland,

” Berlian selamanya ” oleh DeBeers,

Pentingnya Slogan

Di dalam dunia bisnis, slogan adalah frasa atau kumpulan kata yang digabungkan dengan cara khusus yang mengidentifikasi produk atau perusahaan. Setelah beberapa tujuan yang sudah dijelaskan diatas dari dibuatnya slogan, berikut ini beberapa alasan mengapa slogan penting untuk merek dan pemasaran.

A. Kesadaran Merek

Jika kamu mampu membuat dan menerapkan slogan produk kamusecara efektif, maka itu tidak hanya akan memperluas kesadaran merek kamu. Tapi itu juga akan membuat orang mempercayai merek kamu. Jika slogannya menarik dan menarik, itu akan menjadi kepribadian merek kamu.

B. Mengungkap Tujuan Perusahaan

Tujuan dari slogan yang efektif adalah untuk memberi tahu orang-orang tentang tujuan perusahaan. Apa yang diinginkan perusahaan di balik tirai laba; bisa jadi patriotik, emosional, atau religius. Ketika slogan mengekspos tujuan perusahaan kepada orang biasa, maka pelanggan akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan merek dengan cara yang unik.

C. Bedakan Merek Kamu

Slogan tidak hanya terbatas pada frasa yang menarik dan kalimat yang menarik perhatian. Slogan semacam itu membedakan merek kamu dari pesaing. Saat orang pergi berbelanja, frasa menarik dari slogan kamu akan mengingatkan mereka pada merek kamu. Kemungkinan besar mereka akan memilih merek kamu daripada merek lain.

Jika kamu telah menulis slogan yang efektif dan menerapkannya dengan baik. Ini akan menyampaikan pesan yang sama tentang perusahaan seperti yang kamu inginkan, dan orang akan melihat gagasan yang sama tentang merek seperti yang kamu inginkan.

Misalnya, jika target demografis kamu adalah remaja, kamu ingin mereka memandang merek kamu sebagai merek yang muda dan modern. Di sisi lain, jika demografinya sudah matang dan tua, kamu ingin mereka menganggap merek kamu jujur ​​dan memiliki nilai inti.

Prinsip untuk Membuat Slogan

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan slogan yang baik dan profesional. Kamu dapat secara intuitif membuat slogan yang bagus dan kemudian menyesuaikannya berdasarkan pedoman copywriting. Berikut adalah beberapa prinsip untuk slogan.

  • Singkat? Idealnya, slogan memiliki 2 hingga 7 kata.
  • Apakah ada pesan emosional? Panggilan, pernyataan, pertanyaan, motivasi untuk melakukan sesuatu.
  • Mudah diingat? Aliterasi, sajak, dan metafora yang indah membuatnya mudah dan menyenangkan untuk menghafal slogan, bahkan jika kamu belum pernah membeli produk yang diiklankan dalam hidup kamu.
  • Polos? Hindari istilah profesional dan ilmiah, frasa yang sangat ambigu, bahasa Inggris, bahasa gaul. Dan sebaliknya – jika audiens target kamu memahami dan menyukai kata-kata ini – silakan menggunakannya.
  • Tepat? Ungkapan harus menyampaikan pesan kamudan tidak kehilangannya di balik keindahan.
  • Tidak ada slogan atau pesan seperti itu di mana pun? “Kualitas unik dengan harga murah?” – Sungguh? Tidak perlu asli, tetapi mengulangi prangko usang bahkan lebih buruk.
  • Apakah slogan tersebut merujuk pada audiens target kamu? Berbicara tentang rasa sakit dan harapannya dalam bahasanya? Setiap pesan iklan memiliki penerima, dan pesan ke alamat yang salah hanya membuang-buang uang.

Bagaimana Cara Membuat Slogan Iklan untuk Menarik Pelanggan?

Bagaimana Cara Membuat Slogan Iklan untuk Menarik Pelanggan

Proses pembuatan slogan iklan secara kasar dapat dibagi menjadi dua tahap analitis dan kreatif. Tahap analitik adalah pengumpulan dan analisis informasi. Tugas tahap ini adalah memahami apa yang perlu disampaikan dan bagaimana caranya . Tahap kreatif adalah pencarian bentuk . Di bawah ini adalah contoh algoritma pengembangan.

Tahap analitis

  • Tentukan objek slogan. Ini dapat dibuat untuk merek , perusahaan, produk atau layanan tertentu, kampanye iklan, acara yang digunakan dalam periklanan karakter. Definisi objek memungkinkan kamu untuk memahami tentang apa slogan itu seharusnya.
  • Periksa objeknya (merek, perusahaan, produk). Cari tahu fitur utama, kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan pesaing. Karakteristik ini akan memungkinkan kamu untuk menentukan apa yang harus difokuskan.
  • Tentukan tugas slogan. Misalnya meningkatkan penjualan, memastikan kesadaran, menarik pengunjung.
  • Pelajari audiens target. Cari tahu karakteristik khalayak sasaran. Pahami apakah khalayak sudah mengenal produk atau perusahaan, berapa derajat loyalitasnya terhadap produk atau perusahaan tersebut. Nada pesan dan isi slogan bergantung pada audiens sasaran. Jadi, slogan untuk produk baru tidak boleh abstrak – jika tidak, orang tidak akan mengerti tentang apa itu.
  • Tentukan saluran komunikasi di mana slogan akan digunakan (televisi, internet, pers dan lain-lain). Sejumlah saluran komunikasi memberlakukan pembatasan ukuran slogan.
    Tentukan bagaimana slogan iklan akan digunakan – dalam isolasi atau eksklusif bersama dengan elemen tertentu – video, gambar. Slogan yang berdiri sendiri biasanya lebih spesifik dan flamboyan. “Pecandu” berhak untuk tidak terlihat tanpa video atau gambar “miliknya”.

Penting untuk mencatat semua informasi secara tertulis agar dapat kembali lagi. Dengan menjawab setiap pertanyaan secara detail, kita mendapatkan gambaran lengkap tentang apa dan bagaimana seharusnya slogan tersebut disampaikan. Tetap mengenakannya dalam bentuk yang diinginkan.

Panggung kreatif

  • Pelajari solusi dari pesaing utama. Ini akan menghindari pengulangan dan menonjol dari orang lain. kamu bahkan dapat bermain dengan slogan pesaing, tetapi dengan sangat hati-hati. Inilah yang dilakukan perusahaan, menyatakan: “Kami adalah yang kedua, tetapi kami sedang berusaha.”
  • Kumpulkan opsi sebanyak mungkin. Proses pembuatan ide dijelaskan di bawah ini.
  • Periksa semua opsi untuk konsistensi dengan penghitungan yang diperoleh selama analisis. Hapus varian yang gagal validasi.
BACA JUGA  PayPal, Pengertian, Fungsi & Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank

Proses pembuatan slogan periklanan adalah kreativitas dan analitik. Pada saat yang sama, dalam proses menemukan solusi kreatif, penting untuk tetap berada dalam kerangka kerja yang ditentukan oleh tugas. Kami juga mencatat bahwa solusi siap pakai harus diuji pada perwakilan audiens target, dan juga diuji keunikannya.

Cara Membuat Slogan yang Menarik

Cara Membuat Slogan yang Menarik

Setelah mengetahui informasi tentang penjelasan slogan, jenis slogan, dan pentingnya slogan, saatnya kamu untuk mencoba membuat slogan sebagai latihan maupun untuk perusahaan kamu, berikut adalah panduan – panduan yang bisa kamu lakukan untuk membuat slogan yang menarik dan berkesan.

  • Langkah 1. Sorot Manfaat Utama

Jika produk merek yang kamu tawarkan memiliki beberapa fitur yang unik, maka kamu harus menyebutkan dan menyorotnya secara kreatif ke dalam slogan. Ketika orang mengetahui manfaat suatu produk, maka mereka akan mengingatnya saat mereka membutuhkannya, sehingga dapat membangun kepercayaan kepada para calon pembeli.

” Ada hal – hal yang tidak bisa dibeli dengan uang ” oleh MasterCard

  • Langkah 2. Pilih Tema Slogan

Harus ada tema yang mendasari slogan kamu. Bisa dalam berbentuk humor, fiksi, horor, atau mengacu pada hal lain. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas terdapat banyak sekali tema yang dapat kamu gunakan untuk referensi slogan yang akan kamu buat nanti. Contohnya dibawah ini merupakan slogan yang digunakan oleh verizon selaku perusahaan wireless.

” Can You Hear Me Now? ” Oleh Verizon

  • Langkah 3. Jaga Kesederhanaan

Makna yang mendasari slogan tidak boleh hilang dalam diksi dan harus sederhana. Sehingga slogan yang kita buat nanti tidak keluar dari topik dan tidak terkesan dilebih – lebihkan, Misalnya kamu akan membuat slogan tentang perusahaan yang bergerak dibidang otomatif, maka slogan tersebut harus sesuai dengan fitur yang dimiliki perusahaan tersebut dan tidak melebihkan.

” Apa yang terjadi di sini, tetap di sini ” oleh Las Vegas

  • Langkah 4. Bersikap Konsisten

Harus ada konsistensi dan hubungan antara apa yang kamu tawarkan dan seperti apa slogannya. Seharusnya tidak terdengar seperti sedang menawarkan sesuatu yang lain dan mengangkat sesuatu slogan  yang berbeda. Oleh karena itu slogan yang dibuat harus tetap konsisten.

” oleh General Electric”

  • Langkah 5. Tetap Jujur

Yang terpenting, slogan tidak boleh dangkal. Slogan yang dibuat  harus sederhana, jujur, dan konsisten ​​dengan menceritakan dengan tepat tentang apa produk itu. Sehingga para calon pembeli sudah mempercayai produk yang ditawarkan melalui slogan yang telah kita buat.

” Finger licking good ” oleh KFC

  • Langkah 6. Menguji slogan menggunakan survei

Ketika telah memilih beberapa opsi slogan, kamu perlu mengujinya dan menemukan yang paling cocok. untuk mengujinya kamu dapat mewawancarai teman dan kenalan atau mengumpulkan kelompok fokus dari pakar independen. Tetapi metode ini cukup mahal dan tidak selalu memberikan hasil yang diinginkan.

Memilih pengujian menggunakan survei online, akan menghemat banyak waktu, mendapatkan opini audiens target secara langsung dan mendapatkan data yang representatif. Membuat dan melakukan survei akan mempermudah tugas kamu.

Cara Membuat Slogan Kerja dalam Tim

Cara Membuat Slogan Kerja dalam Tim

Biasanya perusahaan menyerahkan kepada biro iklan atau copywriter lepas untuk slogan tersebut. Pengembangan slogan adalah bisnis multi – tahap, dan kamu membutuhkan seseorang tidak hanya dengan pengalaman periklanan, tetapi juga dengan pemikiran kreatif.

Tapi kamu bisa mencoba menulis slogan sendiri, kenapa tidak. Lagi pula, siapa yang tahu merek dan produk lebih baik dari kamu, serta audiens target mereka?

Kami mengesampingkan konstruktor dan generator slogan – ini adalah dasar untuk ide, tetapi bukan ide itu sendiri. Gunakan algoritme pengembangan slogan berikut dan coba buat selusin opsi yang kemudian dapat diuji dalam grup fokus.

Analisis Pemasaran

Pengembangan pesan komunikasi apa pun, baik itu kampanye iklan federal, video atau slogan, dimulai dengan pengumpulan dan analisis informasi pemasaran. Sebaiknya kamu bertanya pada diri sendiri pertanyaan klasik:

  • apa yang kamu jual;
  • untuk siapa itu dibuat;
  • masalah pelanggan apa yang dipecahkan oleh produk;
  • apa yang ditunggu pelanggan dan apa yang mereka takuti;
  • bagaimana situasi di pasar, di ceruk;
  • mengapa perusahaan kamu lebih baik dari pesaing;
  • daripada mereka lebih baik dari kita;
  • apa yang menjadi keberatan pembeli;
  • emosi apa yang ditimbulkan oleh pengalaman memiliki produk kita, dan seterusnya.

Peta asosiasi

Sekarang, ketika banyak data tentang produk, situasi pasar, pesaing, keuntungan perusahaan. Kamu dapat mengatur curah pendapat berkumpullah sebagai sebuah tim dan mulailah menulis slogan dengan asosiasi pemetaan. Tuliskan semua kata yang relevan dengan merek perusahaan. Jangan menganalisis atau mengkritik, menulis semuanya, karena ide – ide keren seringkali tampak aneh pada pertimbangan pertama. Atur asosiasi, kelompokkan ke dalam kategori misalnya.

  • kualitas;
  • gambar;
  • manfaat unik;
  • layanan;
  • penampilan;
  • ulasan.

Generasi slogan

Sekarang coba gabungkan kata – kata menjadi kalimat, atau lakukan pencarian berdasarkan kata kunci. Pada saat yang sama, frasa itu sendiri bisa sederhana dan bijaksana, tetapi dengan sempurna menyampaikan esensi merek, bahkan pada beberapa tingkatan.

Idealnya, jika ungkapan tersebut cocok dengan pendapat pembeli sebenarnya. Jadi, slogan Yandex “Ada segalanya” secara sederhana dan akurat menyampaikan esensi dan memanfaatkan mesin pencarian. Setelah kamu menemukan pesan merek utama, kamu dapat bermain dengan formulir lebih lanjut. “Ada segalanya” atau “Ada hampir segalanya”.

Mempoles slogan yang dibuat

Pilih 10 – 15 opsi perasaan terbaik. Biarkan frase berbaring, ” meresap ” , dan proses itu sendiri akan tercermin di kepala kamu dan wawasan akan muncul lebih kuat lagi. Sekarang mulailah mengedit slogan yang tampaknya paling akurat bagi kamu.

Upayakan untuk mempersingkat frasa menjadi dua atau tiga kata: slogan ini akan lebih mudah diingat oleh pelanggan, tetapi ini bukanlah tujuan itu sendiri.

Jika ya, kamu dapat menggunakan teknik yang berbeda seperti aliterasi, merima slogan, dan sebagainya. Di sinilah kamumenginjak es tipis tidak mudah untuk mengucapkan slogan tanpa menjadi konyol. Tetapi jika berhasil, slogan itu akan memberi peluang seperti biasanya, karena kita dengan mudah dan mudah mengingat baris berima dari masa kanak – kanak.

Publikasikan slogan di depan umum

sekarang kamu harus mempublikasikan slogan itu sekarang. Untuk menghemat uang ,pengemasan, komunikasi, dan percetakan. pertama – tama lakukan publikasi kepada orang – orang yang nyata bukan dari kalangan karyawan untuk menilai slogan tersebut.

Tidak harus kerabat, kolega, atau mitra, seperti yang sering mereka lakukan – orang-orang ini terlalu tertarik dan mereka bukan target audiens untuk merek kamu.

Hal ini harus menjadi target pembeli dalam sasaran produk. Dan bahkan kelompok fokus semacam itu tidak memberikan gambaran yang akurat, karena dalam kelompok orang berperilaku berbeda dengan di toko. Berikut ini 5 bentuk slogan yang umum.

  • Afirmasi – slogan berbicara langsung tentang manfaat atau mengartikulasikan posisi merek. “Kami telah menjadi yang terbaik dalam hal ini sejak tahun 2000.”
  • Pertanyaan – slogan mengajak pembeli untuk berdialog. “Pilek? Gunakan obat kami. “
  • Banding – slogan ditujukan kepada pembeli secara pribadi. “Kamu pantas mendapatkan yang terbaik!”
  • Permainan kata – slogan “permainan kata-kata” dan permainan nama merek. Opel Corsa – Ya, dari corsa.
  • Metafora, hiperbola – slogannya berkabut dan bermakna, menambahkan puisi dan kemegahan pada pengalaman memiliki produk. “Kelola mimpi!”. “Yang tidak mungkin itu mungkin.”
BACA JUGA  Pengertian Kwitansi, Jenis, Ciri-ciri, dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Contoh Slogan Terbaik

Slogan terbaik adalah slogan yang telah membuktikan diri dan menjadi klasik, sekaligus mendapatkan kekuatan setiap tahun dan terus memompa merek.

Jelas bahwa ada anggaran pemasaran yang sangat besar di balik ungkapan Nike atau Apple, tetapi apakah ungkapan yang buruk layak untuk dipamerkan dalam semua komunikasi dengan anggaran yang sangat besar?

Slogan Teratas Global

Slogan iklan terbaik berasal dari Amerika Serikat. Di sanalah industri periklanan menjadi seni independen dan memberi kami kesenangan untuk terus – menerus menemukan slogan-slogan baru yang menarik dalam iklan dan papan tanda. Jadi, seperti apa slogan iklan teratas itu: contoh yang telah menjadi tolak ukur.

  • Nike: “Lakukan Saja.”
    Sekarang, untuk pesan Nike yang lebih terkenal . “Just Do It” melayang di atas setiap produk dan acara yang dibuat atau disponsori Nike, dan itulah yang menjadikannya slogan resmi perusahaan.

Tidak butuh waktu lama untuk menyampaikan pesan Nike. Merek ini menjadi lebih dari sekadar pakaian atletik – merek ini mulai mewujudkan kondisi pikiran. Ini mendorong kamuuntuk berpikir bahwa kamutidak harus menjadi seorang atlet untuk menjadi bugar atau mengatasi rintangan. Jika kamu ingin melakukannya, lakukan saja. Hanya itu yang dibutuhkan.

Tapi sepertinya Kennedy + Weiden, agensi di balik slogan ini, tidak tahu sejak awal bahwa Nike akan mencap dirinya dengan cara ini. Faktanya, produk Nike dulunya melayani hampir secara eksklusif untuk pelari maraton, yang merupakan salah satu atlet paling hardcore di luar sana. Kampanye “Just Do It” memperluas corong, dan ini merupakan bukti positif bahwa beberapa merek perlu meluangkan waktu untuk membuat slogan yang mencerminkan pesan mereka dan beresonansi dengan target audiens mereka.

  • Apple: “Think Different.”
    slogan ini pertama kali dirilis dalam iklan Apple berjudul “Ini untuk Orang Gila, Berpikir Berbeda” – sebuah penghargaan untuk semua visioner yang dihormati sepanjang masa yang menantang status quo dan mengubah dunia. Ungkapan itu sendiri merupakan anggukan berani untuk kampanye IBM “Think IBM,” yang digunakan pada saat itu untuk mengiklankan ThinkPad-nya.

Segera setelah itu, slogan “Think Different” mengiringi iklan Apple di mana-mana, meskipun Apple belum merilis produk baru yang signifikan pada saat itu. Tiba-tiba, orang mulai menyadari bahwa Apple bukan sembarang komputer lama; itu sangat kuat dan sangat mudah digunakan sehingga membuat rata-rata pengguna komputer merasa inovatif dan paham teknologi.

Menurut Forbes , harga saham Apple naik tiga kali lipat dalam setahun setelah iklan tersebut dirilis. Meskipun slogan tersebut telah dihentikan, banyak pengguna Apple masih merasa berhak berada di antara mereka yang “berpikir berbeda”. Slogan Apple, Think Different, dengan logo apel putih

  • L’Oréal: “Karena Anda Layak.”
    Siapa yang tidak ingin merasa berharga? Orang-orang di L’Oréal bekerja dengan teori bahwa wanita memakai riasan untuk membuat diri mereka tampak “cantik” sehingga mereka merasa diinginkan, diinginkan, dan berharga. Slogan tersebut bukanlah tentang produk – ini tentang citra yang dapat diberikan produk tersebut kepada kamu. Pesan ini memungkinkan L’Oréal untuk mendorong mereknya lebih jauh dari sekadar utilitas sehingga dapat memberikan pesan yang jauh lebih kuat untuk seluruh konsep tata rias. Slogan Loreal, Karena kamu layak mendapatkannya

15. BMW: “Didesain untuk Mengemudi Kesenangan.”
BMW menjual mobil di seluruh dunia, tapi di Amerika Utara, sudah lama dikenal dengan slogan – nya, “The Ultimate Driving Machine”. Frasa ini dibuat pada tahun 1970-an oleh biro iklan yang relatif tidak dikenal bernama Ammirati & Puris dan, menurut blog BMW , diarahkan pada Baby Boomers yang “sudah lulus kuliah, menghasilkan uang dan siap menghabiskan dolar yang diperoleh dengan susah payah. Cara apa yang lebih baik. untuk mencerminkan kesuksesan kamu daripada mobil premium? “

Slogan yang lebih baru, “Didesain untuk Kesenangan Berkendara”, dimaksudkan untuk memperkuat pesan bahwa nilai jual terbesar mobilnya adalah bahwa mereka adalah kendaraan performa yang mengasyikkan untuk dikendarai. Pesan itu bersifat emosional, dan konsumen dapat membeli untuk membayar titik harga tinggi.

  • Audi: “Vorsprung durch technik” (“Kemajuan Melalui Teknologi”)
    “Vorsprung durch technik” telah menjadi slogan utama Audi di Jerman di mana pun di dunia sejak 1971 (kecuali di Amerika Serikat, dengan slogan “Truth in Engineering”). Sementara frasa tersebut telah diterjemahkan dalam beberapa cara, kamus online LEO menerjemahkan “Vorsprung” sebagai “kemajuan” atau “memimpin” sebagai “jarak, jumlah yang digunakan seseorang untuk unggul dalam sebuah kompetisi.” Audi secara kasar menerjemahkannya sebagai: “Kemajuan melalui teknologi.”

Audio 80 (seri B1) generasi pertama diluncurkan setahun setelah slogan tersebut pada tahun 1972, dan mobil baru tersebut merupakan cerminan yang brilian dari slogantersebut dengan banyak fitur teknis baru yang mengesankan. Sepanjang tahun 1970-an merek Audi memantapkan dirinya sebagai produsen mobil yang inovatif, seperti dengan mesin lima silinder (1976), turbocharging (1979), dan penggerak empat roda quattro (1980). Ini masih mencerminkan merek Audi saat ini.

  • Dunkin ‘Donuts: “America Runs on Dunkin'”

Pada bulan April 2006, Dunkin ‘Donuts meluncurkan upaya reposisi paling signifikan dalam sejarah perusahaan dengan meluncurkan kampanye iklan baru bernilai jutaan dolar di bawah slogan “America Runs on Dunkin.” Kampanye ini berkisar pada kopi Dunkin ‘Donuts yang membuat orang Amerika sibuk tetap bersemangat saat mereka dalam perjalanan.

“Kampanye baru ini adalah perayaan hidup yang menyenangkan dan sering kali unik, menunjukkan orang Amerika merangkul pekerjaan mereka, permainan mereka, dan segala sesuatu di antaranya – disertai setiap langkah oleh Dunkin ‘Donuts,” baca siaran pers resmi dari peluncuran resmi kampanye tersebut. .

Sepuluh tahun kemudian, apa yang disadari oleh orang-orang di Dunkin Donuts yang mereka lewatkan adalah perayaan dan penghormatan terhadap pelanggan mereka yang sebenarnya. Itu sebabnya, pada tahun 2016, mereka meluncurkan kampanye “Keep On”, yang mereka sebut interpretasi modern dari slogan sepuluh tahun.

“Ini adalah gagasan bahwa kami adalah rekan kamu dalam kejahatan, atau kami seperti wingman, teman kamu dalam perjuangan harian kamu dan kami memberikan energi positif melalui makanan dan minuman tetapi juga secara emosional, kami percaya pada kamu dan kami percaya. di konsumen, ” kata Chris D’Amico , SVP dan Direktur Kreatif Grup di Hill Holiday.

  • McDonald’s: “I’m Lovin ‘It”
    Kampanye “I’m Lovin ‘It” diluncurkan pada tahun 2003 dan masih bertahan hingga saat ini. Ini adalah contoh bagus dari slogan yang beresonansi dengan target audiens merek. Makanan McDonald’s mungkin bukan pilihan tersehat kamu, tetapi menjadi sehat bukanlah manfaat yang dijanjikan McDonald’s – kamu akan menyukai rasa dan kenyamanannya.

Akhir Kata

Setelah mempelajari seluruh artikel, kami menyadari bahwa slogan sangat penting bagi perusahaan atau produk yang kamu hadirkan. Tetapi ada berbagai jenis slogan untuk berbagai jenis bisnis dan produk.

Jika kamu mengikuti tips – tips di atas, maka kami yakin kamu bisa membuat slogan yang bagus, menarik, dan catchy. Penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.