Penyebab Jam Tayang Berkurang dan Solusi di Tahun 2022

 

Samudranesia.id – Kalian harus mengetahui mengenai Penyebab Jam Tayang Berkurang, karena sebagai seorang youtube sejati perlu mengetahui setiap masalah yang ada di Youtube. Yuk, simak penjelasan sebagai berikut ini.

Platform youtube sudah menjadi kebutuhan bagi setiap youtuber dan konten kreator dalam memperoleh penghasilan, namun banyak sekali kendala para youtuber yang dialami, misalnya tentang jam tayang youtube mereka yang berkurang. Hal seperti ini pastinya mmebuat banyak youtuber bingung bagaimana cara mengatasinya.

Jika kalian adalah youtuber pemula dan konten kreator dan sedang mengalami masalah hal yang sama tentang jam tayang youtube berkurang maka dalam artikel ini akan mengulas persoalan masalah tersebut. Sehingga jika anda sedang mengalami masalah seperti ini, bisa anda simak ulasannya sampai habis ya.

Tentu bagi kalian hal ini menjadi masalah yang serius, terlebih bagi kalian sebagai pemula sangat membutuhkan persyaratan monetisasi untuk memperoleh penghasilan, sehingga masalah jam tayang sangat perlu untuk diperhatikan. Langsung saja simak pembahasan kali ini mengenai Penyebab Jam Tayang Berkurang.

Jam Tayang Youtube Dan Manfaatnya

Jam Tayang Youtube Dan Manfaatnya

Perihal jam tayang di youtube, kalian harus memahami sebelumnnya tentang jam tayang. Jam tayang atau waktu menonton adalah laporan yang memperlihatkan data yang terkumpul dari youtube, dimana jumlah waktu berasal dari penonton yang meluangkan waktu untuk menonton video bukan penonton yang meninggalkan video setelah di klik.

BACA JUGA  6 Aplikasi Kejar Jam Tayang YouTube, Auto Nambah 4k Jam Tayang

Karena syarat memonetization channel diberatkan sebanyak 4000 jam tayang dan 1000 subscriber, lalu bagaimana jika kalian mengalami jumlah jam tayang tidak bertambah justru berkurang, maka dalam artikel ini akan mengulas tentang penyebab mengapa jam tayang youtube berkurang.

Tentunya jika anda memiliki jam tayang yang banyak akan membuat keuntungan bagi channel youtube anda. Sehingga hal – hal seperti ini pastinya tetap perlu anda perhatikan agar channel youtube yang anda miliki dan bisa memiliki penghasilan yang banyak.

Penyebab Jam Tayang Youtube Berkurang

Penyebab Jam Tayang Youtube Berkurang

Sebagai seorang youtuber tentunya ini menjadi hambatan dan sebuah tantangan yang besar. Bagaimanapun caranya memang harus tetap dilalui agar channel youtube anda tidak mati dan bisa berkembang.

Jam tayang menjadi masalah yang sangat serius dan perlu dicari solusinya agar youtube kalian mengalami perkembangan secara positif, berikut ini yang sering menjadi penyebab pada jam tayang youtube berkurang, sebagai berikut:

Video kalian disetting visibilitas

Penyebab yang sering terjadi dalam mempengaruhi jam tayang youtube berkurang adalah karena adanya  video kalian yang di setting visibilitas, artinya yang awalnya bersifat publik menjadi private video. Sehingga inilah yang menyebabkan jam tayang pada video youtube kalian berkurang. Maka jangan lupa untuk mengganti settingan pada video kalian.

Pengunjung tidak menonton video yang diputar

Sebelumnya artikel ini menjelaskan tentang jam tayang, jadi tidak heran jika terdapat penonton tidak menonton video yang diputar. Artinya jika kalian memninta teman untuk memutar video di channel kalian tanpa menonton secara terus menerus maka berikutnya atau 24 jam kemudian secara otomatis jumlah jam tayang kalian akan bertambah.

Namun jika dilakukan secara terus-menurus pada hari berikutnya maka youtube akan mendeteksi itu sebagai spam. Jika youtube mendeteksi sebagai spam, maka jumlah jam tayang yang kalian peroleh akan dihapus, biaanya youtube dalam melakukan proses pengurangan dapat dilihat pada 1 minggu berikutnya.

BACA JUGA  Cara Live Streaming Zoom di Youtube Untuk Meeting dan Webinar

Penonton tidak menonton video kalian lebih dari 30 detik

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan jam tayang di youtube berkurang adalah pegunjung video kalian tidak menonton lebih dari 30 detik. Bagi para pengunjung video youtube kalian yan tidak menonton lebih dari 30 detik, maka youtube akan menandainya sebagai spam.

Jam tayang yang berasal dari penonton yang hanya menonton beberapa detik saja, tidak bisa diakumulasikan dengan jumlah jam tayang yang sudah ada. Sehingga tidak dapat menambah jumlah jam tayang youtube melainkan akan mengurangi jam tayang youtube kalian

Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang Youtube

Bagi kalian para pemula youtube yang sudah ada iklan adsense tapi belum memenuhi syarat terbaru dari fitur youtube monetize maka akan dinonaktifkan otomatis setelah memperoleh email pemberitahuan.

Namun jika kalian telah memenuhi batas minimum persyaratan sebanyak 4000 jam tayang dan 1000 subscriber, maka kelayakan monetisasi akan ditinjau Kembali oleh youtube. Dalam artikel ini akan mengulas tentang cara yang bisa kalian lakukan dalam mendapatkan jam tayang 4000 sebagai batas minimum. Berikut ini adalah caranya

Thumbnail dan judul

Menggunakan thumbnail dan judul yang sedang relavan dengan kebutuhan penonton sangat berdampak besar padad ranking video dan memungkinkan untuk menambah jumlah viewers.

Dengan trik ini dapat membuat pengguna megklik video kita, serta gunakan gambar yang menarik dan relevan dengan isi konten kalian, agar penonton menyaksikan video kalian sampai habis, dikarenakan highlight yang didapatkan pada thumbnail

Menggunakan fitur cards

Fitur card adalah rekomendasi video anda lainnya yang akan muncul pada akhir video yang sedang ditonton pengunjung. Dengan adanya fitur cards ini akan menautkan langsung ke video lainnya atau bisa langkung ke playlist kalian, dan memberikan kemungkinan yang tinggi para penonton akan mengklik fitur cards dan melanjutkan menonton video kalian lainnya.

BACA JUGA  Cara Membuka Konten Batasan Usia di YouTube Android dan iPhone

Membuat playlist

Dengan membuat playlist pada video sejenis menjadi cara yang mudah dan terbaik agar para penonton tetap menyaksikan video kalian.

Dengan adanya pengkatogorian pada konten kalian akan membuat para penonton penasaran dengan konten kalian sehingga mereka akan melihat video kalian, yang nantinya akan terus-menerus dan berefek positif pada jam tayang kalian.

Penutup

Durasi penonton dalam menyaksikan video kalian, yang semakin lama maka akan dianggap semakin bagus, terlebih jam tayang sangat mempengaruhi perkembangan channel youtube kalian.

Dari ulasan artikel diatas dari penyebab jam tayang di youtube berkurang dan cara untuk meningkatkan jam tayang youtube kalian, semoga bisa membantu kalian sebagai pemula dalam dunia peryoutuban. Jangan lupa untuk Kembali ke artikel kami yang lainnya.