Kode Bank BRI Syariah ke BSI Terbaru 2022 dan Bank Syariah Lainnya

 

Samudranesia.id – Saat melakukan transfer bank, transaksi yang dilakukan tidak cukup hanya dari transaksi sesama bank, namun juga dilakukan antar bank yang berbeda. Nah, untuk memudahkan Anda melakukan transfer, diperlukan kode transfer antar bank seperti kode Bank BRI Syariah dan jenis bank berbeda lainnya.

Setiap bank di Indonesia memiliki kode khusus sebagai menjadi identitas mereka yang berguna untuk menunjang kemudahan transaksi antar bank, begitu pun dengan BRI Syariah. Nasabah yang akan kirim uang dari bank berbeda, mereka harus mengetahui kode bank syariah tersebut.

Hanya saja, kegunaan kode bank diperlukan untuk transaksi antar bank via ATM. Sebab, jika transfer dana dilakukan via iBanking ataupun mBanking, maka tidak memerlukan informasi kode tersebut karena sudah secara otomatis diinput oleh bank.

Kode Bank BRI Syariah 2022

Kode Bank BRI Syariah 2022

Kode bank diperlukan untuk melakukan transfer dana ke rekening BRI Syariah ke bank lain dari ATM BRI. Adapun saat ini BRI Syariah memiliki kode bank 422.

Walau sudah terjadi merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), kode setiap rekening bank sebelumnya masih tetap sama. Bagi nasabah antar bank di luar BRI Syariah harus mencantumkan tiga digit kode tersebut sebelum memasukkan nomor rekening BRI Syariah tujuan.

Tanpa mencantumkan kode bank BRI Syariah 2022, transaksi antar bank ke BRI Syariah dari bank manapun, baik BCA, BNI, Mandiri pasti tidak akan berhasil. Transaksi ini tidak hanya berlaku untuk kirim uang via ATM, tetapi juga dari metode perbankan lainnya.

Kode ini menandai identitas setiap bank dan menjadi kode unik pada supplier site bank. Inilah mengapa saat melakukan transaksi dengan bank lain, pengguna harus memasukkan tiga digit kode bank untuk mempermudah proses transaksi.

Bank BRI Syariah Pasca Merger

Bank BRI Syariah Pasca Merger

Dilansir dalam ir.bankbsi.co.id, BRI Syariah secara resmi mengubah kegiatan perbankan kovensional menjadi kegiatan perbankan berbasis syariah Islam pada 17 November 2008. Pasca regulasi, terjadi peleburan antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dengan PT Bank BRI Syariah Tbk di bulan berikutnya.

Merger tersebut diberlakukan mulai 1 Januari 2009. Pada 2012, BRI Syariah menjadi pionir bank syariah di dunia yang menghadirkan layanan mobile banking yang menjangkau empat pasar digital, yaitu Google Play Store untuk Android, Apple Store untuk iOS, App World, dan Nokia Store.

BACA JUGA  Kenapa Brimo Gagal Memuat Saldo? Ini 5 Cara Mengatasinya

Selain itu, pada 1 Februari 2021 Bank Syariah Indonesia mengakuisisi BRI Syariah bersama dengan BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah. Dengan ini, nasabah siapa saja yang akan melakukan transfer rekening ke BRI Syariah wajib menggunakan kode yang telah tertulis di atas.

Fungsi Kode Bank

Fungsi Kode Bank

Tidak hanya BRI Syariah, semua bank di Indonesia memiliki kode uniknya masing-masing. Kode bank dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk kedudukan bank Indonesia. Sementara itu, kode bank untuk luar negeri akan menggunakan kode swift.

Kode bank tersebut membuat sistem kirim dana antar bank menjadi lebih mudah teridentifikasi oleh setiap bank. Bagi Anda yang sering melakukan transfer antar bank melalui ATM ataupun SMS Banking, tentu sudah familiar dengan kegunaan kode tersebut. Tapi sebenarnya, apa fungsi dan kegunaan dari kode bank? Berikut ulasannya.

1. Identifikasi Setiap Bank

Kode pada bank digunakan oleh setiap bank untuk proses identifikasi, sehingga transaksi antar rekening tidak akan berhasil tanpa kode tersebut. Kode bank BRI Syariah Indonesia dibuat untuk membedakan bank satu dengan lainnya, serta berguna untuk menghindari kesalahan transaksi pada bank.

2. Kemudahan Transaksi

Kemujaan zaman telah menuntut segala kemudahan, kode bank tentu menjawab kebutuhan tersebut. Saat Anda akan transfer uang antar bank, mencantumkan kode bank dapat membantu masing-masing bank untuk mengetahui hak dan kewajibannya pada saat transaksi 2 pihak terjadi.

3. Pengiriman Uang Antar Bank

Melakukan kirim dana via ATM tentu membutuhkan kode bank agar transaksi bisa diproses. Misalnya, Anda akan transfer dari bank berbeda yaitu BNI ke rekening BRI Syariah, maka harus mencantumkan kode bank 422 di depan nomor rekening Bank Syariah, contohnya: 442456708974321565.

Cara Melakukan Transfer ke Rekening BRI Syariah

Cara Melakukan Transfer ke Rekening BRI Syariah

Saat akan melakukan pengiriman uang ke nomor rekening bank yang berbeda, maka diperlukan kode bank agar transaksi yang dilakukan dapat berhasil. Terutama ketika transfer dilakukan melalui mesin ATM.

Anda harus mencantumkan 3 digit angka kode bank BRI Syariah transfer di depan angka nomor rekening tujuan. Bagi Anda yang belum tahu, berikut langkah-langkah transfer dana ke nomor rekening bank BRI Syariah maupun dari bank lainnya.

1. Transfer Via ATM ke BRI Syariah

Transfer ke rekening BRI Syariah bisa menjadi salah satu cara efektif bagi nasabah yang tidak memiliki mBanking. Langsung saja kita simak panduan transfernya berikut ini.

  • Pertama-tama, datangi mesin ATM terdekat.
  • Masukkan ATM langsung pada mesin.
  • Pada pilihan bahasa, klik Bahasa Indonesia.
  • Masukkan PIN ATM Anda dengan benar.
  • Masukkan kode Bank BRI Syariah 422 diikuti nomor tujuan
  • Klik BENAR pada layar dan masukkan nominal transfer.
  • Pilih YA dan konfirmasi data transfer Anda tadi.
  • Jika sudah benar, klik YA/BENAR.
BACA JUGA  Cara Bayar Shopee via SMS Banking BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll

Proses transfer pun selesai. Jangan lupa cabut kartu dari ATM jika transaksi berhasil dan simpan struk pembayaran yang Anda lakukan tadi.

2. Transfer Via Mobile Banking ke BRI Syariah

Selain menggunakan mesin ATM, Anda juga bisa melakukan transfer dana ke BRI Syariah melalui mobile banking melalui aplikasi BRI Mobile yang disediakan Bank BRI. Caranya langsung saja buka aplikasi BRI Mobile. Setelah itu ikuti panduan transaksinya berikut ini.

  • Sebelumnya, pastikan anda sudah menginstal aplikasi BRI Mobile di perangkat smartphone.
  • Buka aplikasinya, klik menu Mobile Banking BRI.
  • Langsung ke menu TRANSFER.
  • Pilih opsi Bank Lain pada tampilan menu yang tersedia.
  • Kemudian pilih Bank BRI Syariah dengan kode 422.
  • Masukkan nomor rekening BRI Syariah tujuan.
  • Masukkan juga nominal transfer.
  • Setelah selesai dan memastikan tidak ada kesalahan, klik OK.
  • Transfer rekening Anda sudah berhasil.

Transfer via mobile banking akan lebih mudah dan minim kesalahan karena Anda tidak perlu antri ketika melakukan transaksi. Sehingga bila Anda tidak tahu kode Bank BRI Syariah berapa bisa melihatnya langsung pada daftar kode bank yang tersedia tanpa khawatir ditunggu orang berikutnya.

3. Transfer Via Teller Bank ke BRI Syariah

Di samping dua cara di atas, Anda juga dapat dengan mudah melakukan transfer dari bank lain ke rekening BRI Syariah melalui teller atau mendatangi kantor cabang. Biasanya, nasabah yang melakukan pengiriman dana dalam jumlah besar pada hari yang sama memang harus mengunjungi kantor cabang terdekat.

Sebab, transfer uang antar bank lewat ATM memiliki limit transfer yang lebih kecil dibanding transfer uang lewat teller. Cara ini juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak punya rekening bank atau jumlah yang ditransfer melebihi batas harian. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Datangi kantor cabang Bank BRI Syariah terdekat. Karena saat ini BRI Syariah sudah diakuisisi oleh Bank Syariah Indonesia (BSI), maka Anda bisa juga mendatangi kantor cabang BSI yang paling dekat. Siapkan juga biaya administrasi transfer antar bank sebesar Rp 6.500.
  • Ambil antrian dan isi formulir transfer uang. Lengkapi formulir dengan data diri lengkap, nomor rekening BRI Syariah tujuan, dan nominal uang yang akan ditransfer.
  • Tunggu beberapa waktu sampai nama/nomor antrian Anda dipanggil`
  • Setelah dipanggil, serahkan formulir tersebut kepada teller agar transaksi bisa diproses. Petugas teller akan menghitung uang yang akan Anda kirim sesuai dengan formulir yang diisi.
  • Jika transaksi berhasil, teller akan memberikan bukti transfer yang perlu Anda tanda tangani.
  • Transaksi pun selesai. Simpan bukti transfer tersebut sebagai tanda bukti transaksi berhasil.

4. Transfer Uang Saat Bank Tutup

Cara terakhir yang terbilang paling jarang diketahui orang adalah transfer bank BRI Syariah ketika bank tutup. Tidak menutup kemungkinan Anda perlu melakukan transaksi ketika bank sudah tutup. Agar Anda bisa tetap transfer uang walau tidak punya rekening sekali pun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

BACA JUGA  6 Cek Saldo BRI via ATM, SMS, Internet Banking, Mobile Banking, dll

Alternatif ini adalah dengan menggunakan wesel pos melalui minimarket yang buka selama 24 jam non stop. Pilihan ini bisa membantu Anda mengirim uang tanpa harus punya rekening. Namun tentu saja dikenakan biaya administrasi dalam setiap transaksi. Untuk itu, pahami syarat dan ketentuannya lebih dulu.

Daftar Kode Bank Syariah di Indonesia

Daftar Kode Bank Syariah di Indonesia

Selain kode Bank BRI Syariah, ada beberapa jenis bank Indonesia lain yang menyediakan layanan atau fasilitas berbasis syariat Islam. Bagi Anda ada keperluan transfer antar bank dengan tujuan Bank BRI Syariah maupun bank BSI lain, tentu harus mengetahui kode Bank Syariah Indonesia terlebih dulu.

Berikut ini adalah kode Bank Syariah Indonesia dan bank syariah lain yang ada di Indoesia untuk keperluan transfer antar bank.

Nama Bank Kode Bank
BSI (Bank Syariah Indonesia) 451
Bank Muamalat Indonesia 147
Bank Aceh Syariah 116
Bank Mega Syariah 506
Bank BJB Syariah 425
Bank BTPN Syariah 547
Bank BCA Syariah 536
Bank NTB Syariah 128
Bank Panin Dubai Syariah 517
Bank Aladin Syariah 947
KB Bukopin Syariah 521
Bank Victoria Syariah 405

Selain itu, berikut juga kode transfer bank untuk BPD Syariah dan Unit Usaha Syariah (UUS) :

Nama Bank Kode Bank
Bank Permata Syariah 013
Bank Danamon Syariah 722
Bank BTN Syariah 200
Bank OCBC NISP Syariah 028
Bank Niaga Syariah 022
Bank DKI Syariah 724
Bank Sinarmas Syariah 734
Bank BPD D.I.Yogyakarta Syariah 112
Bank Jawa Timur Syariah 114
Bank Jawa Tengah Syariah 725
Bank Jambi Syariah 115
Bank Sumatera Utara Syariah 117
Bank Sumatera Barat Syariah 18
Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Syariah 120
Bank Riau dan Kepulauan Riau Syariah 119
Bank Kalimantan Timur Syariah 124
Bank Kalimantan Selatan Syariah 122
Bank Kalimantan Barat Syariah 123
Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Syariah 126

Itulah daftar kode Bank Syariah Indonesia dan berbagai jenis bank syariah lain di Indonesia. Ketahui nomor kode bank tersebut untuk keperluan transfer antar bank. Semua kode bank tersebut bisa dilihat langsung pada mesin ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, maupun kanal lainnya.

Dengan begitu, transfer dari rekening berbeda ke BRI Syariah bisa berlangsung lebih cepat selama mengetahui kode Bank BRI Syariah 422. Proses transfer pun bisa lebih mudah, lancar dan mencegah terjadinya hambatan yang tidak dinginkan.