Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi di Tahun 2022, Ini Ciri-ciri & Tandanya

 

Samudranesia.id – Buat kalian yang sedang mencari informasi tentang Kapan Malam Lailatul Qadar 2022 tersebut, kalian tidak perlu cemas dan kebingungan, karena didalam artikel ini kami sudah memberikan informasi tersebut, yuk simak baik-baik penjelasan dibawah ini sampai akhir.

Malam tersebut merupakan salah satu momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat islam ketika bulan Ramadhan tiba, karena di malam tersebut, memiliki hal-hal yang sangat istimewa, dan selain itu juga malam tersebut merupakan hari memperingati peristiwa sejarah didalam islam, yaitu turunya kitab suci Al-Quran.

Dan kedatangan bulan tersebut biasanya terjadi ketika malam ganjil sepuluh hari terakhir dibulan suci Ramadhan, dan ketika dalam persidangan isbat kementrian agama, awal bulan suci Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal 3 april 2022.

Kemungkinan dapat kita presiksi malam tersebut akan jatuh pada tanggal 21 sampai 29, Ramadhan 2022, atau tanggal 23 sampai 1 mei 2022 mendatang, dan ketika malam tersebut seluruh umat islam di sunahkan untuk mengerjakan perkara yang baik, seperti membaca Al-Quran ( Tadarusan ), memperbanyak doa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagimana sudah dijelaskan didalam Al-Quran yang berbunyi

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا ۚ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya : “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui” [Ad-Dukhan/44 : 3-6]

Nah seperti yang sudah kami jelasakan diatas, ketika malam tersebut, tentunya banyak sekali keistimewahan didalamnya, dan jika kalian penasaran dengan keistimewahannya, kalian harus mengetahui tanda-tanda datangnya malam tersebut dibawah ini.

Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

1. Malaikat turun ke bumi

Ketika sudah masuk malam tersebut para malaikat akan turun kebumi dengan membawa kebaikan-kebaikan untuk seluruh umat islam, dan sebagaimana Allah Swt telah berfirman dalam Al-quran surah Al-Qadr ayat 1 sampai 3, yang kurang lebih artinya seperti ini. :

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turunlah para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan”.

2. Memiliki Udara Yang Sejuk

Tanda-tanda selanjutnya ketika malam tersebut, keadaan udara yang sangat nikmat dan sejuk, dan sebagaimana Rosululloh SAW pernah bersabda didalam hadits yang sudah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas رضي الله عنه yang kurang lebih seperti ini artinya :

Malam lailatul qadar merupakan malam yang sejuk, tidak panas maupun tidak dingin, di pagi harinya cahaya matahari berwarna merah dan lembut.” (HR. Ibnu Abbas)

3. Langit malam hari tampak bersih

Pada malam tersebut keadaan langit akan terlihat sangat bersih dan indah, tidak akan terlihat suatu penghalang, seperti awan dan yang lainnya, melainkan ketika malam tersebut suasana akan telihat lebih tenang dan sangat sunyi.

Sebagaimana Rosululloh  SAWpernah bersabda di dalam hadits yang kurang lebih seperti ini artinya. : Pada malam lailatul qadar langit akan nampak bersih, udara tidak dingin dan panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak, dan siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.” (HR. Ahmad).

4. Terjadi pada malam ganjil

Tanda-tanda selanjutnya yaitu malam tersebut akan jatuh pada malam ganjil, sepuluh hari akhir dibulan suci Ramadhan seperti tanggal 21 sampai tanggal 29, dan hal tersebut, sebagaimana Rosululloh pernah bersabda dalam hadistnya, yang kurang lebih seperti ini artinya :Rasulullah SAW berdiam diri di masjid pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda: Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Matahari tidak panas

Tanda-tanda yang terakhir yaitu, ketika di siang hari dimana matahari bersinar tidak begitu panas berbeda dengan hari-hari biasa, dan hal tersebut, sudah dijelaskan didalam hadits, yang kurang lebih seperti ini artinya, :

Pagi hari di malam lailatul qadar matahari tidak bersinar bagaikan bejana, sampai meninggi.” (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Daud)

Keutaman-keutaman Malam Lailatul Qadar

Ketika malam tersebut tentunya banyak sekali keutamaan dan maanfaat bagi kita semua, aplagi kita semua mengerjakan suatu perkara yang baik, maka kalian semua akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, nah jika kalian ingin mengetahui apa keutaman-keutamaan ketika malam tersebut, silahkan kalian bisa melihatnya dibawah ini.

  1. Apa bila kita semua mendapatkan malam tersebut baik lewat mimpi atau yang lainnya maka, dosa-dosa yang terdahulu sudah terhapus semua dan orang tersebut mendapatkan hidayah dari Allah Swt.
  2. Diturunkannya kitab suci Al-Quran, dimana Al-Quran tersebut merupakan salah satu petunjuk bagi umat manusia untuk membedakan mana yang hak dan mana yang batin.
  3. Kita semua akan mendapatkan kedamaian atau kesejahteraan menuhi malam tersebut sehingga keluarnya fajar ( waktu subuh )
  4. Malam tersebut merupakan salah satu malam kemuliaan yang lenih baik dari pada seribu bulan.

Akhir Kata

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Kapan Malam Lailatul Qadar 2022, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel kami sampai akhir, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya, selamat berjumpa kembali di artikel selanjutnya.