10 Film Indonesia Horor Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

 

Samudranesia.id – Saat ini ada banyak sekali rekomendasi film Indonesia horor yang bisa Anda temukan baik di netflix ataupun portal streaming film lainnya. Semuanya pasti setuju kalau film dengan genre horror merupakan salah satu genre terpopuler di negeri ini.

Bukan karena Indonesia terlalu mempercayai mitos, tapi karena keberadaan film horor itu sendiri memang bisa memicu adrenalin pada penontonnya hingga ke titik maksimum. Inilah alasan utama kenapa banyak sekali orang yang menyukai film-film horor seperti ini.

Hingga saat ini ada ribuan film horor yang sudah diproduksi di Indonesia. Namun tidak semua film horor tersebut bisa memberikan ketegangan yang maksimum kepada para penontonnya. Hanya ada beberapa saja yang terbukti bisa membuat penonton menjerit ketakutan akibat kejutan-kejutan misteri di dalam film.

10 Rekomendasi Film Indonesia Horor Terpopuler Sepanjang Masa

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ada 10 Rekomendasi film Indonesia bergenre horor yang paling populer sepanjang masa. Penasaran apa saja deretan film tersebut? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya pada poin poin di bawah ini.

1. Leak (1981)

Leak (1981)

Rekomendasi pertama dari kami adalah film Leak yang dirilis pada tahun 1981 lalu. Film ini mengambil latar di Bali yang merupakan tempat keberadaan leak itu sendiri. Semuanya pasti tahu kalau mitos leak ini sangat kental di Bali. Perlu dipahami keberadaan film satu ini tidak lepas dari novel Leak Ngakak.

Novel satu ini berkisah tentang perempuan asal Amerika Serikat sedang melakukan penelitian terkait ilmu hitam di Bali. Karena ketertarikan nya terlalu berlebihan wanita tersebut sampai bisa bertransformasi menjadi leak. Namun di masa lampau film satu ini pernah dicekal karena dianggap terlalu seram.

BACA JUGA  Sinopsis dan Link Nonton High and Low The Worst X Cross

2. Pocong 2 (2006)

Pocong 2 (2006)

Film bergenre horor mulai mereda kembali di Indonesia sejak tahun 2006 lalu. Hal ini diawali dengan kemunculan film Pocong 2 yang rilis pada tahun sama. Uniknya meskipun dinamai Pocong 2 film ini bukanlah sekuel dari Pocong 1.

Keberadaan film Pocong 2 ini adalah akibat dari tidak lulus sensor nya film Pocong 1 oleh Komisi Perfilman Indonesia atau KPI. Jadi film perdananya memang tidak pernah dirilis ke khalayak umum. Pocong 2 sendiri menjadi salah satu film horor tersukses di dunia perfilman dalam negeri.

3. Malam Jumat Kliwon (1986)

Malam Jumat Kliwon (1986)

Kalau Anda adalah sosok yang berani boleh juga menonton film Malam Jumat Kliwon yang dirilis pada tahun 1986 lalu. Film satu ini dibintangi oleh aktris legendaris Suzanna. Aktris satu ini merupakan Maestro perfilman horor dalam negeri yang sudah diakui kredibilitasnya aktingnya.

Film tersebut mengisahkan sosok wanita bernama Ayu yang tidak bisa menyelesaikan proyek novelnya. Iya akhirnya pindah ke kota dan menetap di sebuah rumah besar namun kosong dan lama tidak ditinggali. Dari rumah inilah kemudian Ayu merasakan hawa mistis yang sangat menyeramkan.

4. Kuntilanak (2006)

Kuntilanak (2006)

Rekomendasi film horor selanjutnya adalah kuntilanak yang dirilis pada tahun 2006. Semuanya pasti setuju kalau kuntilanak adalah hantu yang paling populer di Indonesia. Hantu satu ini umumnya menampakan diri sebagai sosok wanita dengan pakaian serba putih dan rambut panjang.

Film Kuntilanak sendiri mengambil latar di kota Yogyakarta. Tidak main-main ada banyak bintang papan atas yang dilibatkan dalam proyek film satu ini. Diantaranya adalah Evan Sanders Julie Estelle Ratu Felisha Ibnu Jamil dan deretan artis populer lainnya.

5. Keramat (2009)

Keramat (2009)

Rekomendasi film Indonesia horor Selanjutnya adalah Film Keramat yang dipublikasikan pada tahun 2009 lalu. Satu ini mengusung konsep yang berbeda dengan jenis film horor yang pernah ada sebelumnya. Selamat menggunakan sudut pandang Handled Camera sehingga penonton dibuat seolah-olah sedang berada di tempat yang sama.

Ada banyak sekali kejutan mistis yang disajikan di dalam film satu ini. Dengan dukungan teknik kamera tersebut, Adrenalin dari masing-masing penonton jadi terpacu hingga titik maksimal. Mungkin inilah alasan kenapa Keramat menjadi salah satu film horor tersukses di Indonesia.

BACA JUGA  Link Nonton Film The Ancestral (2022) Sub Indo Full Movie HD

6. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Ada juga Film Perempuan Tanah Jahanam yang mulai ditayangkan di berbagai Bioskop dalam negeri pada tahun 2019 lalu. Meskipun terbilang masih baru film bergenre horor satu ini terbilang cukup sukses di kalangan para pecinta mistis.

Film ini berkisah tentang sosok wanita muda bernama Maya yang diperankan oleh Tara Basro. Dikisahkan Maya kembali ke desa asalnya  bersama dengan adiknya yang bernama di Dini. Rencananya dia ingin merintis usaha di desa kelahirannya tersebut.

Namun bukannya mendapatkan untung Maya justru malah mengalami berbagai kejadian mistis semenjak tinggal di desa kelahirannya tersebut. Setiap harinya Maya dan Dini senantiasa diganggu oleh penampakan penampakan seram di desa tersebut.

7. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam yang rilis pada tahun 2019 menjadi rekomendasi film Indonesia horor lainnya. Film satu ini berkisah tentang seorang wanita yang menjadi korban kekerasan seksual. Karena perjuangannya secara hukum sia-sia dia lantas mengambil jalan pintas untuk membalas dendam.

Film ini berkisah tentang Murni yang diperankan oleh Putri Ayudya. Dia mendapatkan kekerasan seksual dan membalas pelakunya dengan menggunakan santet. Pengalaman-pengalaman seram dari pelaku dan korban menjadi daya tarik tersendiri dari film satu ini.

8. Sunyi (2019)

Sunyi (2019)

Rekomendasi film terbaik selanjutnya adalah sunyi yang ditulis pada tahun 2019 lalu. Film satu ini berkisah tentang masa kelam para remaja yang terjebak dalam demoralisasi. Film berkisah tentang sosok anak SMA bernama Alex yang diperankan oleh Angga Aldi.

Alex yang terus mengalami bully di sekolahnya berteman dengan Maggie yang juga memiliki nasib sama. Meskipun tidak mengusung hantu secara langsung namun lonjakan adrenalin yang dihasilkan dari film ini sangat patut untuk Anda nikmati.

BACA JUGA  Nonton NCT Dream The Movie (2022) Sub Indo Full Kualitas HD

9. Surat dari Kematian (2020)

Surat dari Kematian (2020)

Rekomendasi kami selanjutnya adalah film Surat Dari Kematian yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Karena tergolong masih baru film satu ini mau kombinasikan antara kisah horor dengan kehidupan teknologi di masa modern.

Film satu ini mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa Jogja yang ingin melakukan riset terhadap berbagai kisah mistis di kota tersebut. Salah satunya Analisis terhadap hantu Rohana yang sangat populer di Jembatan Perawan Yogyakarta.

Namun ternyata dia panasan mereka malah mendatangkan pengalaman-pengalaman tidak mengenakkan. Setiap harinya kelompok mahasiswa tersebut terus digantung oleh hantu Rohana yang tidak terima tempat tinggalnya di ganggu.

10. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan (2017)

Rekomendasi belum tahu dari kami adalah film Pengabdi Setan yang rilis pada tahun 2017 lalu. Film ini bisa dianggap sebagai Masterpiece dari dunia perfilman horor Indonesia. Bagaimana tidak Pengabdi Setan berhasil meraih penghargaan pada festival film Indonesia pada tahun 2017.

Dalam kisah ini diceritakan sosok dua anak manusia yang lahir dari orang tua pemuja setan. Setiap hari ini mereka senantiasa dihantui oleh pengalaman pengalaman mistis yang tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat. Film satu ini sangat rekomended untuk Anda tonton.

Tadi rekomendasi film Indonesia horor yang sudah kami berikan di atas, mana yang pernah Anda tonton? Dibandingkan dengan film horor lainnya, beberapa nama di atas memiliki nilai lebih yang akan meningkatkan ketegangan Anda saat menontonnya.