Doa Untuk Pengantin Baru Bahasa Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

 

Samudranesia.id – Dalam pembahasan kali ini kami akan menerangkan tentang Doa Pengantin, dan bagaimana keutamaan-keutamaannya menikah itu, silahkan kalian simak ulasan berikut ini sampai akhir, agar kalian mengetahui semuanya.

Dalam Ajaran isalam mendoakan orang yang menikah merupakan salah satu ucapan selamat kepada kedua mempelai. Selian itu juga doa-doa ini mempunyai arti dan harapan yang penuh dengan berkah untuk para pengantin yang akan menjalani rumah tangga.

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 32 yang berbunyi :

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Dan nikahkan orang-orang yang sendirian di antara kamu dan hamba-hamba sahayamu, laki-laki atau perempuan, yang shalih dan telah pantas menikah. Jika mereka miskin, Allah akan membuat mereka kaya dengan karunia-Nya. Allah itu Mahaluas pemberian-Nya dan Dia Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur : 32).

Ayat diatas menerangkan tentang orang yang menikah yang dimulai dari kata وَاَنْكِحُوا yang artinya dan menikah, dan dari bentuk imperatifnya yaitu nikah yang mengartikan bahwa itu semua merupakan hal yang wajib atau sangat dianjurkan bagi seluruh manusia.

Bahkan menurut para ulama, walaupun menikah adalah merupakan salah satu tindakan yang sangat dianjurkan, akan tetapi itu semua menjadi suatu kewajiban ketika kalian melalaikannya kalian akan mendapatkan dosa.

Hukum Menikah dalam Islam

Hukum Menikah dalam Islam

Dalam ajaran agama islam, menikah merupakan salah satu jenis ibadah yang sangat dianjurkan ketika setiap umat islam dalam keadaan mampu, baik secara mental, materi maupum fisik.

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam Al-Quran bahwa setiap manusia baik itu perempuan maupun laki-laki, sudah salin berpasang-pasangan dan adapun ayat yang menerangkan tentang hal tersebut diantaranya:

BACA JUGA  Bacaan Doa Agar Tidak Gugup Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

وَمِنْكُلِّشَيْءٍخَلَقْنَازَوْجَيْنِلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَ

ArtinyaDan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).”  (QS. Az-Zariyat: 49).

Pernihakan bukan hanya menjadi hal yang membahagiakan saja bagi semua yang terlibat dalam hal tersebut. Namun juga menjadi momen untuk saliang mendoakan satu sama lainnya. Karena dengan doalah pernikahan tersebut akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Selain itu pernikahan tersebut dapat membuka jalan pintu rezeki, dan jauh dari kesengsaraan. Doa pengantin juga merupakan ha yang kalian butuhkan dalam hal tersebut karena dengan berdoa kita semua meminta kepada Allah SWT agar senatiasa mendapatkan berkah sehingga hubungan rumah tangga tersebut menjadi sakinah ma’wadah warohmah.

Keutamaan dari Pernikahan

Keutamaan dari Pernikahan

Sebelum kalian mengetahui doa pernihakan, alangkah baiknya kalian mengetahui keutaman-keutamaan dari pernikahan, sebuah pernikahan adalah salah satu momen atau hal yang paling indah dalam hidup seluruh umat islam, baik itu muslimah maupun muslim.

Bahkan dalam agama islam sudah menjelaskan keutaman-keutaman pernikahan tersebut dan adapun keutaman tersebut diantaranya :

Hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, : “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Didalam hadits tersebut menerangkan bahwa keutamaan paling besar dari sebuah pernikahan yaitu untuk menyempurnakan agama, sebagaimana para ulama teleh menjelaskan bahwasannya agama seseorang akan rusak oleh dua hal yaitu : perut dan kemaluan.

Karena perut dapat mengarahkan seseorag pada sifat sarakah, dan sedangkan kemaluan akan mengantarkan pada perzinahan, oleh karena itu ketika kita sudah menikah maka kita dapat membentengi diri dari salah satu hal tersebut yaitu perzinahan.

Selain keutamaan diatas masih ada keutamaan lainnya, yaitu janji Allah SWT untuk mengcukupi orang-orang yang telah menikah, namun hal tersebut lah yang menjadi salah satu alasan untuk tidak menikah, karena tidak mempunyai modal untuk memenuhi akaq pernikahanya.

BACA JUGA  Kumpulan Bacaan Doa Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir (Lengkap)

Padahalkan Allah SWT telah Berfirman dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 32 yang berbunyi :

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Dan nikahkan orang-orang yang sendirian di antara kamu dan hamba-hamba sahayamu, laki-laki atau perempuan, yang shalih dan telah pantas menikah. Jika mereka miskin, Allah akan membuat mereka kaya dengan karunia-Nya. Allah itu Mahaluas pemberian-Nya dan Dia Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur : 32).

Memenuhi Undangan Pernikahan

Memenuhi Undangan Pernikahan

Dalam agama islam, memenuhi undangan seorang muslim merupakan salah satu syariat, akan tetapi hal tersebut harus ada syaratnya, dan adapun syarat tersebut diantaranya yaitu :

  • Tidak terdapat maksiat yang tidak mampu dihilangkan dalam acara yang akan dilangsungkan.
  • Orang yang mengundang adalah seorang muslim,
  • Orang yang mengundang tidak terang-terangan dalam berbuat maksiat,

Namun, menurut para ulama ada satu undangan yang dianjurkan untuk memenuhinya yaitu undangan pernikahan, dan selain undangan pernikahan tidak pergi juga tidak apa-apa, akan tetapi, memenuhi undangan walimah, kalian dapat mengikuti syarat-syarat diatas.

Sebagaimana Rosululloh SAW telah bersabda dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh imam muslim yang kurang lebih artinya seperti ini :”Apabila seseorang di antara kalian diundang untuk menghadiri walimatul ’ursy (resepsi pernikahan, pen), penuhilah.” (HR. Muslim).

Dan bahkan dalam hadits lain Rosululloh SAW bersabda :”Barangsiapa yang tidak menghadiri undangan walimah/pernikahan, sungguh dia telah durhaka pada Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Muslim).

Kumpulan Doa Pengantin

Kumpulan Doa Pengantin

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwasannya kami akan memberikan kalian semua doa-doa pernikahan, dan adapun doa tersebut yaitu:

Doa Pernikahan yang diambil dari hadist Abu Hurairoh

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda, “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.”

BACA JUGA  Doa dan Amalan Agar Cepat Kaya Mendadak Menurut Islam

Doa Agar Pernikahan Mendapatkan Berkah

لاَ اِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ، اَسْاَلُكَ مِنْ بَعْدِ اَرْبَعِيْنَ وَ رَحْمَتُكَ، فَإِنَّهُمَا بِيَدَيْكَ لاَ يَمْلُكُهَا مِنْ اَحَدٍ غَيْرُكَ، وَ صَلِّ عَلٰی مُحَمَّدٍ وَ اٰلِهِ اَجْمَعِيْنَ.

Laa ilaaha illallaahu allaahu Akbar, as-aluka mim ba’di arbae’e’na wa rah’matuka, fa-inna humaa biyadaika laa yamlukuhaa min ah’adin ghairuk. S’allallaahu a’laa muh’ammadinw wa aalihi ajmae’e’n.

Artinya :“Tidak ada tuhan selain Allah, dan Allah adalah Yang Mahatinggi. Saya meminta Anda setelah empat puluh hari dan belas kasihan Anda, keduanya ada di hadapan Anda. Tidak ada yang memiliki kekuatan kecuali Anda dan memberkati Muhammad dan semua keturunannya”

Doa Agar Allah  SWT Memberkati Pasangan

 عَلَى الْخَيْرِ وَالْبَرَكَةِ، وَعَلَى خَيْرِ طَائِرٍ

‘Alal khair wal barokah, wa ‘ala khair tahir.

Artinya : “Semoga pernikahan ini mendatangkan kemakmuran, berkah, serta membawa pertanda baik”

Doa Untuk Orang Yang Baru Menikah

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : “Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (HR. Muslim).

Doa Pernikahan Yang Diambil Dari Hadist Ahmad

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad)

Doa untuk Pengantin Baru Setelah Akad

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa Pengantin Berserta Artinya (Lengkap). Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selamat berjumpa kembali di artikel selanjutnya. Terimakasih.