Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Berserta Artinya (Lengkap)

 

Samudaranesia.id – Buat kalian yang hatinya selau cemas dan memikirkan hal yang tidak penting, tentunya kalian harus mengamalkan Doa Menenangkan Hati dan Pikiran, karena dengan mengamalkannya insya Allah pikiran dan hati kalian akan tentang, yuk simak artikel ini sampai akhir agar kalian bisa membacanya dan mengafalkan doa tersebut.

Selain itu juga tentunya roda kehidupan manusia akan selalu berputar, dan disetiap putaran tersebut mempunyai cerita baik itu duka, senang dan juga sedih, namun cerita sedih ini yang sering sekali dirasakan oleh semua manusia.

Selama manusia masih hidup tentunya akan terus berubah, terkadang ada dibawah dan terkadang ada diatas, bahkan manusia akan merasakan lebih pintar dari yang lainnya, karena perubahan tersebut, merupakan salah satu hal yang sering sekali kita rasakan selama masih hidup.

Namun perubahan tersebut dapat kita ubah dengan satu hal yang bisa kita lakukan yaitu ketenangan hati dan pikiran kita, selama hal tersebut dapat kita atasi, pastinya kalian tidak akan merasakan perubahan dari diri kalian semua, seperti kalian tidak akan merasakan sombong atau merasakan lebih pintar dari orang lain.

Tentang Doa Menenangkan Hati dan Pikiran

Tentang Doa Menenangkan Hati dan Pikiran

Ketenangan hati dan pikiran sangatlah dibutuhkan dalam segala situasi, tidak hanya sedang tertimpa kesulitan atau musibah saja, melainkan ketenangan juga perlu kita lakukan ketika kita semua berhasil mencapai segala suatu agar tidak menjadi hal yang buruk.

Dalam agama islam, ketenangan serta keteguhan hati yaitu merupakan salah satu senjata bagi semua orang yang beriman, sebagaimana sudah banyak sekali kisah-kisah yang menujukkan ketuguhan hati dan pikiran yang begitu tenang.

Ketika orang tersebut mempunyai ketenangan tentunya mereka semua mempunyai keyakinan kepada Allah SWT, sambil terus berusaha dan tidak mudah merasa cemas atau gelisa.

Walaupun ketenangan itu bukan lah perkara yang sangat mudah untuk dilakukan, namun mengapa kalian tidak mencoba mengamalkan doa-doa yang dapat membuat hati kalian tenang seperti contohnya, doa yang sudah kami sediakan dibawah ini, dan adapun doa diantaranya,

Amalan Penenang Hati

Amalan Penenang Hati

Selain membaca doa ketenangan hati, seseorang yang sedang merasakan keresahan juga bisa menghilangkannya dengan menjalankan amanal penenang hati ini.

BACA JUGA  Kumpulan Doa Sehari-hari Beserta Artinya Untuk Anak Umat Islam

1. Mengerjakan shalat tahajud. Mendapat ketenangan hati tentunya akan didapatkan setelah melakukan amalan shaleh. Dalam kondisi hening, sunyi dan tenang, mengerjakan shalat tahajud akan membuat seseorang lebih khusuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadis, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: “Sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab: ”Shalat tahajud.” (HR Muslim).

2. Bersabar. Dalam menghadapi masalah, usahakan untuk tetap sabar dalam menghadapinya, karena setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Sebagai penguat, Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya : “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153).

3. Membaca surat Yasin. Ini juga menjadi amalan penenang hati, karena faedahnya adalah mendapatkan hati yang tenang. Usai membaca surat Yasin, dapat dianjurkan dengan membaca doa ketenangan hati agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan.

4. Perbanyak istigfar dan dzikir. Keduanya menjadi amalan penenang hati, apalagi jika sering dilakukan. Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang, pertama dzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil”, dan kedua dzikir “la haula wala quwwata illa billah”. Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya : “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Rad: 28).

Kumpulan Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Berserta Artinya

Kumpulan Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Berserta Artinya

1. Doa Nabi Musa Ketika Menghadapi Fir’aun

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya : “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

BACA JUGA  Bacaan Niat Zakat Fitrah Arab, Latin Lengkap dengan Artinya

2. Doa Tentara Talut Ketika Melawan Tentara Jalut

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

3. Doa Dari Hadis Imam Thabrani

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

4. Doa Ketika Mampunyai Rasa Sedih, Cemas Dll

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal,”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

5, Doa Dari Hadist Bukhari dan Muslim

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَظِيمُ الحَليمُ ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيْمِ ، لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ، وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Laa ilaaha illalloh al-‘azhiim al-haliim, laa ilaaha illalloh robbul ‘arsyil ‘azhiim. laa ilaaha illalloh, robbus samaawaati wa robbul ardhi wa robbul ‘arsyil kariim.

Artinya : “Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Mahamulia.”

BACA JUGA  Inilah Bacaan Doa Agar Anak Nurut Perkataan Ibunya

6. Doa Lainnya

اللهم إني عبدك وابن عبدك وابن أمتك ناصيتي بيدك ماض في حكمك عدل في قضاؤك ، أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك أو أنزلته في كتابك أو علمته أحدا من خلقك أو استأثرت به في علم الغيب عندك أن تجعل القرآن ربيع قلبي و نور صدري وجلاء حزني وذهاب همي

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fiyya hukmuk, adlun fiyya qadla’uk, as’aluka bikullismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzalitahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a qalbi wanura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi.

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan AlQur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku.”

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Berserta Artinya (Lengkap), semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan jika kalian ingin mengetahui doa-doa tersebut silahkan kalian bisa kunjungi semua artikel kami, karena didalam artikel sudah tersedia berbagai doa yang lainnya.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Berserta Artinya (Lengkap) sampai akhir, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Selamat berjumpa kembali di artikel kami selanjutnya dan jangan lupa terus ikuti artikel samudranesia.id agar kalian tidak tertinggalan informasi penting dan terbaru lainnya.