Doa Agar Hujan Berhenti dan Cuaca Cerah Lengkap dengan Artinya

 

Samudranesia.id -Kemungkinan besar sebagian orang merasakan sangat kesal ketika hujan turun, apalagi orang tersebut, sedang mempunyai acara seperti, acara pernikahan. Nah jika memang begitu, kalian tidak perlu kesal lagi, karena sekarang ini kami mempunyai amalan yang bisa kalian lakukan salah satunya yaitu Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya (Lengkap).

Dengan mengamalkan doa ini tentunya kalian tidak akan merasakan kesal ketika sedang mempunyai acara, karena doa ini merupakan salah satu yang banyak sekali di gunakan oleh para pawang ujian, buat kalian yang ingin mengetahui doanya silahkan kalian simak berikut ini.

Ketika hujan turun merupakan salah satu berkah yang telah Allah SWT berikan kepada semua makhluk, baik yang mati, yang hidup yang padat sehingga yang mencair, selain itu banyak sekali manfaatnya yang dapat kita rasakan, salah satunya bagi para petani, karena turunnya hujan sangat lah dinanti-nantikan untuk pertumbuhan tanaman padi.

Namun berbeda dengan orang-orang yang hendak melaksanakan hajatan, maka turunnya hujan justru membuat penghalang atau musibah, karena suasana yang diharapkan adalah cuaca yang sangat cerah, atau bisa disebut dijauhkan dengan hujan.

Karena ketika hujan turun tentunya, akan membuat para tamu undangan berpikir kembali atau merasa males untuk datang ke acara hajatan tersebut dikarenakan cuacanya tidak mendukung.

Tentang Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya (Lengkap)

Mengalihkan hujan atau menghentikan hujan bukan hanya keinginan pawang hujan saja, akan tetapi kita semua berhak menghindarkan diri dari air hujan, seperti, membawa jas hujan, berlindung di tempat teduh, dibawah payung, dibawah pohon dan lainnya.

Karena dengan hal tersebut, kita semua dapat menghindari guyuran air hujan, walaupun turunnya hujan membawa berkah, namun itu hanya untuk para petani saja, akan tetapi bagi yang sedang mempunyai acara turunnya hujan tersebut merupakan salah satu gangguan yang dialami.

BACA JUGA  Amalan Doa Agar Mantan Minta Balikan Dalam 1 Hari, Ampuh!

Nah dengan begitu, silahkan kalian amalkan doa ini, agar kalian dapat mengelihkan hujan walaupun itu hanya sementara, karena dengan meminta pertolangan kepada Allah SWT lah yang bisa kita lakukan ketika hujan turun.

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam pribahasa, sekuat-kuatnya seseorang tentunya masih membutuhkan orang lain, dari kata-kata ini dapat kita ambil kesimpulannya, jadi setiap orang pasti membutuhkan pertolangan dari orang lain tidak bisa melakukanya sendiri.

Apalagi ini menganai hujan, tentunya kita hanya bisa berdoa kepada Allah SWT agar hujan tersebut di berhentikan, walaupun hanya sementara, nah jika kalian ingin mengemalkan doa tersebut silahkan kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Cara Penerapanya

Dalam beberapa hadist, setiap hendak turun sujan atau anging besar, Rosululloh SAW, selalu membaca doa atau melakukan seseuatu, bahkan sudah dijelaskan oleh imam abu bakr Al-Thuthusyi Al-Andalusi, dalam kitabnya al-Du’a al-Ma’tsûr wa ©dâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu.

1. Rasulullah ketika melihat awan hitam yang kelam (mendung tebal). Beliau akan bergegas meninggalkan semua pekerjaannya dan langsung membaca doa berikut ini (HR. Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi):

وروت عائشة رضي الله عنها أن النبي صلي الله عليه وسلم كان إذا رأي ناشئا في أفق السماء ترك العمل, وإن كان في الصلاة ثم يقول: ((اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا)) فإن أمطرنا قال: (اللهُمَّ صَيِّبًا هَنِيْئًا)

“Diriwayatkan Sayyidah Aisyah ra. sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian bersabda: “Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ”

Artinya : “ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini).”

BACA JUGA  Bacaan Doa Terhindar Dari Fitnah Dajjal Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Dan ketika turun hujan, beliau bersabda: “Allahumma shayyiban nâfi’an.

Artinya: “ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan.” (Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi, al-Du’a al-Ma’tsûr wa ©dâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu, h. 170-171).

2. Rasulullah membuka atau menyingkap bajunya ketika hujan turun. Imam Abu Bakr al-Thurthusyi menjelaskan:

وروي مسلم في صحيحه، وأبو داود عن أنس قال: كان النبي صلي الله عليه وسلم إذا رأي المطر كشف ثوبه، وقال أبو داود: يحسر ثوبه عنه ثم اتفقا حتي أصابه، فقلنا: يا رسول الله، لم صنعت هذا؟ فال: لأنه حديث عهد بربه

“Diriwayatkan (Imam) Muslim dalam Kitab Shahihnya, dan (Imam) Abu Dawud, dari Anas, ia berkata: “Nabi ketika melihat hujan, beliau membuka bajunya.” (Riwayat lain dari Imam) Abu Dawud, (Anas) bekata: “Nabi menyingkap pakaiannya hingga terkena guyuran hujan.” Kami berkata: “Ya Rasulullah, kenapa tuan berbuat seperti ini?”

Rasulullah menjawab: “Karena hujan merupakan rahmat yang diberikan Allah” (Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi, al-Du’a al-Ma’tsûr wa ©dâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002, h. 170).

3. ketika Rasulullah SAW melihat awan mendung. Beliau memohon agar awan yang membawa hujan tidak menjadi penyebab azab atau bencana, tapi rahmat. Berikut riwayatnya (HR. Imam Ibnu Majah dan Imam al-Nasai):

وروي عن ابن المسيب أن رسول الله صلي الله عليه وسلم كان إذا رأي السحاب قال: (اللهُمَّ سَيْبَ رَحْمَةٍ وَلَا سَيْبَ عَذَابٍ)

“Diriwayatkan dari Ibnu al-Musayyab, sesungguhnya Rasulullah SAW ketika melihat awan, beliau bersabda: “Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin”

Artinya : “ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.” (Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi, al-Du’a al-Ma’tsûr wa ©dâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu, h. 170-171)

BACA JUGA  Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul Beserta Artinya (Lengkap)

Lafadz Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya (Lengkap)

Lafadz Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya (Lengkap)

اللهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari’

Artinya : “Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Doa tersebut menjelaskan betapa lemahnya manusia yang hanya bisa berdoa mengharapkan balas kasihan ketika berhadapan dengan kekuatan alam yang merupkan tajjaliy dari Allah SWT.

Bahkan hanya mengatur air pun manusia tidak sanggup menghadapinya, dengan begitu, kita menjadi manusia tidak perlu sombong, dan semoga Allah SWt menghindarkan air hujan yang menyebabkan musibah atau kerusakan, lainnya.

Nah itulah doa agar hujan berhenti, jika kalian sedang memiliki acara, seperti hajatan dan lainnya silahkan kalian amalkan doa yang sudah kami sediakan diatas, semoga doa tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya (Lengkap), semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan jika kalian ingin mengetahui doa-doa tersebut silahkan kalian bisa kunjungi semua artikel kami, karena didalam artikel sudah tersedia berbagai doa yang lainnya.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Contoh Teks Khutbah Jumat Bahasa Sunda Singkat dan Pendek kami sampai akhir, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Selamat berjumpa kembali di artikel kami selanjutnya dan jangan lupa terus ikuti artikel samudranesia.id agar kalian tidak tertinggalan informasi penting dan terbaru lainnya.